Profesi Game Developer Siapa yang dari kecil suka bermain game? Dari kecil pasti kita tidak asing lagi dengan game, bahkan saat ini bermain game menjadi salah satu hobi yang sedang trend saat ini.

Tidak hanya itu, bermain game menjadi salah satu olahraga yang dikompetisikan sampai kancah internasional atau yang biasa disebut dengan e-sport. 

Tapi tahukah kamu jika dibalik games yang memiliki banyak pilihan dan bisa kamu temukan di toko aplikasi smartphone-mu, ada sosok developer yang membuatnya tampak apik dan menarik untuk di-install yaitu, game developer.

Jika, kamu tidak hanya gemar bermain game tetapi juga ingin menjadi seorang game developer, pas banget karena Jagoan Hosting akan mengulas apa saja yang dikerjakan oleh seorang game developer

Peran dan tanggung jawab seorang game developer

profesi game developer
Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Seperti namanya, game developer memiliki tugas utama merancang sebuah konsep dari video games baik di smartphone, website maupun komputer.

Seorang game developer akan menuliskan konsep atau draft dari game yang ingin diciptakan mulai dari plot sampai tingkat kesulitannya. Mulai dari menciptakan karakter, alur cerita, menyusun desain dan mekanisme, serta mendokumentasikan proses hingga testing bisa menjadi makanan sehari-harimu jika kamu menjadi seorang game developer. 

Area pekerjaan game developer mencakup pembuatan audio, desain grafis permainannya, seni visual dan juga produk aplikasinya.

Dari peran dan tanggung jawab seorang game developer tidak hanya memahami berbagai konsep namun juga dituntut untuk memiliki kemampuan coding dan juga programming. 

Mau menekuni profesi game developer? Kuasai keterampilan dan kemampuan berikut

Gimana nih setelah mengetahui peran dan tanggung jawab game developer? Apakah kamu semakin tertarik? Eits, tunggu dulu!

Seorang game developer harus memiliki keterampilan dan kemampuan selain coding dan programming.

Berikut adalah keterampilan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh game developer yang bisa menjadi gambaran kalo kamu tertarik menjadi seorang game developer. 

  • Menguasai setidaknya 1 bahasa pemrograman dan game engine. Misalnya, bahasa pemrograman berbasis web (HTML5), Unity game sebagai engine utama. Mengerti bahasa pemrograman dan game engine lainnya. Misalnya, C++, HTML, Python, MySQL. 
  • Mengerti version control software yang merupakan software untuk bekerjasama dengan programmer. 
  • Memahami algoritma dan juga pengetahuan yang luas tentang library yang dapat ditambahkan oleh game engine.
  • Memiliki selera seni yang tinggi untuk menciptakan desain game yang menarik bagi pengguna. 

Kepribadian seorang pengembang gim

profesi game developer
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Tidak hanya dituntut untuk menguasai hard skill, seorang game developer juga harus menguasai soft skill.

Seperti, berpikir analitis dengan menggunakan logika untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan komunikasi ini bisa digunakan oleh game developer untuk menyampaikan ide, berdiskusi dengan rekan kerja seperti, programmer maupun designer. Terakhir, seorang game developer harus mampu berpikir kreatif dan selalu mengutamakan orisinalitas di setiap karya yang dihasilkannya. 

Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai game developer, si pengembang permainan untuk para gamers. Kamu juga bisa mewujudkan mimpimu sebagai seorang game developer dengan Jagoan Hosting!

Berbekal website portofolio yang kamu bangun dengan hosting rekomendasi dari Jagoan Hosting, sudah saatnya orang lain mengenalmu dan memakai keahlianmu. Kamu pun mendapatkan keuntungan dari itu. Jagoan Hosting siap support siapapun untuk kebutuhan hosting sebagai website ataupun server terbaik sebagai pendukung keahlianmu

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like