Kamu penggemar game online dan juga seorang programmer? Cobain deh jadi programmer game online! Selain developer game, profesi yang satu ini kayaknya nggak bakal pernah mati selama internet masih ada, ya nggak?

Biar nggak cuma ngabisin kuota, tapi juga bisa jadi sumber pemasukan. Seru kan?

Nah, kalau dulu game online identik dengan warnet dan harus bayar per jam, sekarang kamu bisa melakukan itu langsung dari laptop kamu. Apalagi sekarang sudah ada game online yang praktis dimainin langsung dari smartphone!

Nggak main-main Sob, 16.5% masyarakat Indonesia menghabiskan waktunya dengan main game online! Apalagi saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Bisa dibayangin kan seberapa impactful pekerjaan programmer game online?

Nah kalau kamu udah tertarik mencoba, kayaknya kamu perlu tahu dulu nih tugas programmer game online. Ternyata mereka nggak cuma asal coding atau bikin karakter, tapi cukup kompleks!

Sebagai penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia, kali ini Jagoan Hosting bakal kasih tahu kamu tugas programmer game online yang bisa jadi referensi kamu sebelum memulai langkah besar kamu! Simak sampai habis ya!

Apa sih tugas utama programmer game online?   

Namanya juga programmer, tentu aja tugas utamanya programming, Sob!

Salah satunya seperti menganalisa sistem dan program dalam game online dan mengetik logika-logika dengan bahasa pemrograman. Tapi, posisi ini masih dibagi-bagi lagi, sob.

Bekerja dalam tim tentu membutuhkan kerjasama yang baik. Masing-masing posisi memiliki tugasnya sendiri-sendiri tapi masih berkesinambungan. Siapa aja sih yang ada di dalam tim?

1. Ada lead programmer, si pemimpin!

Tugas lead programmer adalah mengelola tim dan memimpin tim programming juga bertanggung jawab besar untuk mengendalikan semua tugas tim lainnya.

Jabatan ini biasanya dipegang oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dan tahu seluk beluk dunia game.

2. Tim engineer, apa ya tugasnya?

developer game online

Bertanggung jawab dalam inti game!

Misalnya core system, physics, graphics API, rendering, dan lain-lain. Bisa dibilang yang bikin game online jadi bisa dinikmati oleh tim bagian engineer!

3. Selanjutnya ada graphics programmer

Tugasnya memprogram bagian 3D modeling karakter game, memberi visual effects, dan graphics optimization, butuh keahlian besar untuk menjadi graphics programmer, Sob!

Nah, kalau kamu suka dengan karakter-karakter game online yang lagi kamu mainin, berterima kasihlah kepada mereka!

4. AI programmer, ada yang udah pernah dengar?

Yup! AI alias Artificial Intelligence programmer itu yang biasanya memprogram game agar dapat berpikir seperti layaknya manusia.

Seiring berjalannya waktu, game online semakin canggih, maka dari itu tugas AI programmer ini paling dicari dan dibutuhkan. Hayo, siap nggak untuk jadi posisi ini?

Tugas programmer game online lainnya yang mungkin belum kamu ketahui

developer game online
Photo by Florian Olivo on Unsplash

Pernah nggak sih kamu kepikiran kalau ternyata mereka juga bertanggung jawab menyusun anggaran biaya untuk kebutuhan programming? Yap, mereka juga melakukannya!

Selain itu, karena pasti mereka membutuhkan program-program orisinil yang dibeli dari perusahaan. Programmer juga wajib banget uji coba software game onlinenya, agar aman dan tak terhindar dari virus atau kelebihan muatan.

Hmm ternyata kerjaan mereka nggak melulu soal programming ya, Sob!

Itu tadi tugas programmer game online yang wajib kamu tahu. Sudah mulai mengincar beberapa posisi? Jangan lupa bikin portfolio kamu dulu ya di website pribadi kamu!

Kamu bisa cobain hosting terbaik Indonesia di Jagoan Hosting! Mulai dari 10.000 per bulan, kamu bisa dapatkan rekomendasi cloud hosting yang pas untuk kebutuhan website kamu! Anti lelet dan anti lemot, dijamin bikin kamu lolos memukau calon rekruiter di perusahaan game online yang kamu incar, Sob! Tunggu apa lagi, mulai langkah besar kamu dengan ngintip di sini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like