Contoh Digitalisasi Pendidikan – Murid-murid jaman sekarang tampaknya lebih lihai dalam menggunakan teknologi untuk kemudahan aktivitas sehari-hari. Mulai dari dari pesan makanan dari supermarket online sampai urusan sekolah pun semua sudah bisa diakses langsung dari smartphone.

Tentunya hal ini juga menuntut sekolah dan perguruan tinggi untuk menerapkan digitalisasi pendidikan. Siswa-siswinya canggih, tentu pihak pendidik pun tidak mau ketinggalan, bukan? Sudah banyak institusi yang menerapkan contoh digitalisasi pendidikan di Indonesia.

Nyatanya, digitalisasi pendidikan sangat membantu untuk kemudahan administrasi baik bagi siswa, guru atau dosen, dan tenaga kependidikan. Manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang dan akan membantu Anda untuk mencapai sinergi antar semua civitas akademika secara daring.

Jagoan Hosting menawarkan Anda pilihan kebutuhan digitalisasi pendidikan yang cocok dengan institusi Anda. Jika Anda membutuhkan referensi, berikut adalah contoh digitalisasi pendidikan yang terbukti memberikan manfaat

1. E-learning, contoh digitalisasi pendidikan yang paling dasar

Salah satu indikator minimal digitalisasi pendidikan adalah platform e-learning. Platform ini membantu siswa untuk mengakses seluruh materi-materi yang dibutuhkan untuk pelajaran. Bukan hanya saat jam kelas saja, namun juga mendorong siswa belajar secara mandiri.

Platform e-learning sangat efisien bagi guru juga, lho. Guru dapat mengunggah materi tanpa harus membagikan satu per satu. Guru juga bisa memberikan penilaian secara digital sehingga raport per trimester atau semester pun tidak perlu lagi pergi ke sekolah atau mencetak banyak kertas.

2. Ujian online bisa menghemat biaya dan waktu

Contoh digitalisasi pendidikan yang mulai diterapkan secara masif adalah ujian online. Mulai dari tingkat nasional hingga per sekolah, kebijakan ujian online seolah menjadi standar kemajuan institusi pendidikan.

Bagaimana tidak, kemudahan ujian online untuk mengkalkulasi nilai yang didapatkan siswa dengan cepat serta langsung masuk ke database guru penguji yang bersangkutan menjadi daya tarik efisiensi pekerjaan tenaga pendidikan.

Tidak ada lagi mengoreksi tumpukan kertas, apalagi jika tulisan siswa sulit untuk dibaca!

3. Perpustakaan digital yang bisa diakses dengan akun sekolah

contoh digitalisasi pendidikan
Photo by Susan Q Yin on Unsplash

Perpustakaan digital sudah diterapkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia diikuti oleh beberapa institusi pendidikan perguruan tinggi dan sekolah menengah atas.

Kemudahan perpustakaan digital sangat dirasakan oleh siswa-siswi yang hendak meminjam buku tanpa harus repot administrasi. Cukup memesan buku secara online, lalu menunjukkan kode peminjaman di komputer sekolah yang terintegrasi.

4. Sistem administrasi, contoh digitalisasi pendidikan idaman siswa dan wali murid

Apa yang paling tidak disukai siswa dan wali murid? Administrasi yang bertele-tele!

Banyak siswa maupun mahasiswa yang membutuhkan surat perizinan, surat keterangan siswa aktif, hingga surat mengikuti kegiatan tertentu. Umumnya, kebutuhan ini mendadak sehingga semakin cepat semakin bagus!

Contoh digitalisasi pendidikan dalam bidang administrasi akan menjadi win win solution bagi tenaga administrasi dan siswa. Tenaga administrasi tidak perlu mencetak surat ataupun menunggu alur yang panjang hingga sampai di tangan siswa.

Langsung menyunting template yang tersedia agar sesuai dengan kebutuhan siswa dengan stempel digital, segera dikirim ke siswa melalui e-mail. Mudah sekali!

5. Layanan multimedia conference yang terintegrasi dengan situs sekolah

Pada saat sekolah jarak jauh, conference call bisa menjadi penyelamat agar siswa tetap mendapat dukungan dari guru. Meskipun masih bekerja sama dengan pihak ketiga, namun pemanfaatan conference call menjadi contoh digitalisasi pendidikan yang sangat berdampak.

Umumnya, siswa kesulitan belajar secara mandiri. Namun dengan interaksi real time guru dan siswa, kualitas pembelajaran akan naik dengan sangat drastis.

Bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan inspirasi dan dorongan untuk mengikuti jejak digitalisasi pendidikan? Anda tidak harus repot mencari developer atau memulai dari nol.

Jagoan Hosting menawarkan aplikasi pendidikan terbaik di Indonesia mulai dari website hingga aplikasi siap pakai. Tak perlu menunggu lagi, cukup daftarkan sekolah dan wujudkan digitalisasi sekolah sekarang juga. Kunjungi kami selengkapnya di sini dan pilih kebutuhan terbaik Anda!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like