Online Supermarket: Pilihan Tepat Belanja Tanpa Keluar Rumah

online supermarket

Bisnis grosir seperti online supermarket memang memiliki keunggulan utama: selalu dicari! Apalagi untuk ibu-ibu yang enggan untuk ke pasar, supermarket menjadi alternatif utama. Ruangan lapang, lengkap, hingga diskon beragam menjadi alasan untuk berbelanja di supermarket!

Tapi sayangnya, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berbelanja di supermarket! Seperti wanita karir yang mungkin harus bekerja penuh waktu atau anak kosan yang tinggal sendirian dan tidak memiliki waktu lapang untuk berbelanja. Belum lagi situasi pandemi penyakit yang menghalangi seluruh orang untuk berbelanja dan berkumpul atau bergerombol, tentu semakin membuat enggan untuk berbelanja.

Online supermarket hadir sebagai solusi dari gaya hidup yang mulai bergeser

solusi dari online supermarket
gambar dari unsplash

Di saat memesan makanan atau mengirim barang bisa dilakukan lewat smartphone, begitu pula kebutuhan untuk berbelanja yang mudah dan cepat. Keinginan konsumen untuk di rumah saja dan mendapatkan segalanya mendorong supermarket berlomba-lomba menawarkan layanan online shopping.

Online shopping untuk supermarket begitu mudah dan sederhana. Konsumen bisa melihat katalog-katalog belanjaan yang sudah disusun berdasarkan kategori yang tersedia, lalu memasukkannya ke dalam keranjang belanjaan. Nantinya saat konsumen ingin melakukan pembelian, mereka tinggal diarahkan masuk ke halaman checkout dan melakukan pembayaran.

Online supermarket bisa bekerja sama dengan kurir pihak ketiga seperti ojek online. Namun jika ingin memberdayakan sumber daya, maka supermarket terkait bisa mengalokasikan beberapa pekerja seperti driver untuk menjadi kurir pengiriman belanjaan.

Bentuk online supermarket

bentuk online supermarket
gambar dari unsplash

Jika kamu seorang programmer atau developer, kamu mungkin tertarik untuk menawarkan jasa online supermarket kepada pemilik bisnis. Bentuk-bentuk online supermarket sendiri umumnya terdapat 3, yaitu:

  1. Jasa online supermarket melalui ojek online

Ini adalah salah satu jenis berbelanja online yang kerap dilakukan karena praktis. Pemilik bisnis tinggal mengajukan kerjasama agar barang-barang supermarket tersedia di pilihan ojek online yang menawarkan belanja online.

  1. Mengelola berbagai supermarket sekaligus melalui satu aplikasi
Cek Konten Lainnya:
7 Tips Mudah Cara Jualan di Instagram

Contohnya adalah HappyFresh yang menawarkan jasa delivery kepada beberapa supermarket sekaligus. Saat kamu membuka HappyFresh, maka yang muncul adalah pilihan-pilihan supermarket yang bisa kamu belanja. Nantinya HappyFresh yang akan mengirimkannya kepada kamu.

  1. Website atau aplikasi khusus supermarket milik klien

Nah untuk penerapan jenis ini dianggap lebih nyaman dan praktis karena website maupun aplikasi benar-benar milik supermarket tersebut. Contohnya adalah Lemonilo yang menawarkan persediaan makanan sehat. Selain membeli lewat marketplace, konsumen bisa membeli lewat website tersendiri dengan harga yang lebih terjangkau daripada pihak ketiga.

Keunggulan dari website atau aplikasi khusus adalah lebih terintegrasi. Pemilik supermarket bisa dengan mudah update stok barang serta menerima resi maupun menganalisis hasil penjualan dalam satu waktu.

Selain itu tentunya menggunakan website atau aplikasi menambah kredibilitas supermarket, apalagi jika supermarket tersebut memiliki potensi untuk berkembang dan lebih maju!

Salah satu kebutuhan untuk menciptakan website atau aplikasi khusus untuk berbelanja online di supermarket adalah server terpercaya yang stabil. Seringkali banyak kasus seperti pembayaran terhambat atau loading yang lambat menyebabkan konsumen beralih ke supermarket lain. Tentunya Anda sebagai programmer atau developer tidak menginginkan pekerjaan Anda diragukan, bukan?

Inilah pentingnya Anda mulai memilih server terbaik dari Jagoan Hosting. Penyedia hosting terbaik di Indonesia, Jagoan Hosting bisa membantu kamu untuk menentukan web hosting apa yang paling sesuai untuk kebutuhan kamu. Mulai dari harga Rp 45.000/bulan, Jagoan Hosting siap membantu karir kamu sebagai programmer dan developer untuk mendapatkan kepercayaan klien dan portfolio kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
digitalisasi perbankan
Read More
Lebih Dekat dengan Digitalisasi Perbankan dan Manfaatnya Bagi Kita
Digitalisasi perbankan – Pastinya, Sobat Jagoan Hosting yang gemar menabung sudah tidak asing lagi dengan transaksi perbankan. Banyak…
Read More
Punya Hobi Keren? Saatnya Dari Meja Kerja Ubah Dunia dengan 5 Cara Jitu Ini
Anak muda jaman sekarang bisa dibilang ada saja yang ingin mereka kerjakan. Seolah ada banyak tempat yang ingin…