Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

6 Elemen Rahasia Keberhasilan Email Marketing untuk Bisnis

Setelah tahu macam-macam email apa saja yang wajib dikirimkan ke pelanggan di artikel sebelumnya. Kini pasti kamu semakin penasaran, apa sih yang menjadi tolak ukur keberhasil sebuah email marketing? Bagaimana cara mengukurnya dan apa saja yang menjadi faktor keberhasilannya?

Email masih sangat berpengaruh terhadap penjualan sebuah bisnis online. Bagaimana tidak jika setiap kita memesan, membeli dan membayar kita akan menerima email dari penjual online. Bahkan di website yang kita datangi juga ada muncul form subscribe dimana kita bisa mengikutinya dan mendapatkan email subscribe dari bisnis online tersebut.

Agar sukses dengan strategi email yang dijalankan, kita harus fokus membantu keterlibatan penerima dan meminimalkan pelanggan yang tidak mau subscribe, sekaligus mempertahankan brand yang kita miliki.

Beberapa elemen yang menjadi tolak ukur keberhasilan email marketing sebuah bisnis sebagai berikut:

1. Waktu dan Frekuensi

Bagaimana sebuah email bisa menghasilkan konversi yang besar jika tidak disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik penerimanya. Salah-salah kita malah akan hanya menjadi SPAM bagi penerima atau subscriber kita. Salah satu yang penting saat hendak mengirim email yaitu waktu dan frekuensi pengirimannya.

Penting untuk kita melakukan segmentasi berdasarkan zona waktu untuk setiap subscriber yang kita miliki. Sehingga kita bisa menyesuaikan dan mereka menerima email di waktu yang tepat. Dengan begitu juga kemungkinan email akan dibuka dan menghasilkan konversi juga akan semakin besar.

Jika sebelumnya kamu pernah melakukan pengiriman email, maka coba untuk melihat bagaimana hasil dari pengiriman itu. Manakah waktu yang tepat dan manakah waktu yang tidak bisa dilakukan lagi.

Dan jangan mengirim email kepada pelanggan atau subscriber setiap hari. Jadwalkan saja agar setiap email bisa menjadi moment yang dinantikan oleh pelanggan.

2. Subject pengiriman email

Pentingnya sebuah subject bagi email marketing menjadi daya tarik utama untuk kemudian pelanggan mau membuka atau justru mengabaikannya. Pastikan untuk tetap menjaga subject email agar ramah terhadap pembaca. Bukan hanya sekedar menarik, tapi juga tidak terlalu panjang, agar semua pesan bisa tersampaikan, harusnya di bawah 50 karakter.

Subject akan menciptakan kesan dan menanamkan rasa percaya kepada pelanggan. Kita bisa melakukan A/B test untuk menguji apakah subject email kita bekerja dengan baik atau tidak bisa diulangi lagi.

3. Konten visual

Jika dulu email bisnis hanya berisi konten teks dimana banyak informasi yang sulit diterima, maka di era millennial ini itu seolah tidak berlaku lagi. Konten visual menjadi penggantinya. Dimana gambar dan bahkan video mendominasi konten email. Gunakan CTA untuk mengarahkan pengguna ke halaman yang kita inginkan, dimana mereka bisa membaca artikel atau konten lengkapnya.

Gunakan alat untuk mengoptimasi gambar yang akan digunakan. Sebab gambar dengan size yang besar akan memberatkan atau justru tidak akan muncul di dalam email. Terkadang browser juga tidak mendukung konten visual untuk tampil secara keseluruhan. Sehingga memang perlu dilakukan uji coba hingga pada akhirnya melakukan pengiriman.

4. Optimalisasikan untuk semua perangkat

Perkembangan gadget semakin pesat, dimana artinya pengguna bisa menggunakan lebih dari 1 gadget untuk membuka email yang kita kirimkan. Ini sebabnya, kenapa kita harus melakukan optimasi email untuk semua perangkat.

Melakukan optimasi mulai dari desain sampai dengan konten yang ditampilkan. Akan membuat audiens memahami maksud dari email yang kita kirimkan. Dan pesan penjualan juga akan menciptakan konversi yang lebih besar lagi.

5. Buatlah personalisasi

Yang terakhir adalah yang tidak kalah penting, yaitu membuat personalisasi. Dimana kita membuat konten yang relevan dengan apa yang mereka ikuti sebelumnya. Misalnya saja, ketika mereka subscribe ke blog tertentu, kita bisa melakukan segmentasi dimana membuat konten yang relevan dengan apa yang mereka minati. Dengan membuat personalisasi email dalam kampanye email kita, maka email kita akan menjadi lebih efektif dan memberikan kemungkinan konversi yang lebih besar terhadap penjualan. Setelah membuat konten yang relevan, kita bisa membuat CTA yang diarahkan ke produk atau artikel terkait di dalam blog.

6. Tingkatkan keamanan email untuk bisnis

Email marketing merupakan bagian dari kegiatan penjualan yang sangat penting di era digital. Bukan hanya kecepatan yang diharapkan, sebab ada hal krusial lain yang wajib dipenuhi oleh kita sebagai pebisnis. Ya, keamanan dalam melakukan transaksi via email maupun menyebarkan informasi melalui email. Keamanan menjadi sebuah hal yang pastinya juga kamu gencarkan saat harus berkomunikasi dengan pelayanan bisnis yang kamu ikuti. 

Misanya saja, saat kamu berlangganan hosting Indonesia atau membeli domain di salah satu provider di Indonesia, yaitu Jagoan hosting Indonesia. Kamu pastinya ingin segala bentuk transaksi dan komunikasi terjaga dengan aman bukan? Ya, itu sebabnya Jagoanhosting memberikan kemudahan untuk kamu yang ingin meningkatkan keamanan berkomunikasi.

Dengan cara mengirimkan ticket melalui member area masing-masing pelanggan. Hal ini akan meminimalisir atau menghapus keraguan keamanan komunikasi kamu via email. Setiap pelanggan memiliki login ke member area masing-masing. Di sanalah semua informasi seputar layanan, knowledge base sampai dengan menu kirim ticket ke Customer Service tersedia. Jadi, komunikasi pelanggan dengan Jagoanhosting akan jauh lebih aman. Hal ini pulalah yang bisa menjadi pertimbangan saat hendak memilih layanan yang mendukung bisnismu, yaitu memilih layanan yang menjamin keamanan email untuk aktivitas bisnismu.

7. BONUS TIPS!

Yang tidak boleh ketinggalan dari berbagai tips di atas adalah pemilihan partner yang akan membantu kita memaksimalkan email marketing bisnis kita. Sudah pasti kita tidak ingin membuat email yang kita kirimkan menjadi email SPAM dan diabaikan oleh pelanggan. Salah satu yang kita butuhkan adalah email hosting yang akan membantu kita memaksimalkan email bisnis menjadi lebih baik.

Mulai dari email dengan nama domain bisnis kita, memiliki account email lebih dari 1 untuk admin bisnis yang kita miliki, sampai dengan keamanan email yang akan membantu komunikasi dengan pelanggan.

Jika sudah begini, email hosting menjadi kebutuhan yang seolah tidak bisa lagi diabaikan. Sebab, email menjadi kebutuhan yang amat sangat penting bagi sebuah bisnis online. Ya, sekali lagi jangan biarkan email marketing bisnismu menjadi penghambat kesuksesan penjualan.

Nah begitulah setidaknya beberapa element penting yang tidak boleh diabaikan oleh pebisnis yang menggunakan email sebagai media mereka berkomunikasi dan memaksimalkan penjualan.

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Inilah saatnya bisnis onlinemu menjadi lebih besar lagi dan tentu saja dengan memaksimalkan potensi dan memilih partner email hosting yang pas.

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +