Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

7 Jenis Email Bisnis yang Harus Masuk Listmu

Email bisnis?

Apakah masih berlaku di era yang serba media sosial seperti saat ini? Bukankah lebih banyak email yang terabaikan oleh pelanggan yang menerima dari sebuah bisnis?

Eits, jangan keburu nge judges dulu ya gaes. Karena nyatanya…

Sebanyak 196 billion email terkirim setiap harinya. Dimana lebih dari 77% konsumen bisnis di seluruh dunia mengutamakan email untuk komunikasi bisnis mereka. 71% pembayaran belanja online melalui mobile phone dilakukan karena pelanggan menerima email berupa invoice.

Ini artinya, memasarkan, membeli dan juga membayar tagihan pun masih sangat banyak dilakukan melalui email. Bukankah ini berarti email marketing masih sangat berlaku dan sangat efektif untuk bisnis online.

Bagaimana dengan bisnis onlinemu?

Nah, kini email apa saja yang bisa kamu kirimkan kepada calon pelanggan maupun pelangganmu yang sudah loyal dengan bisnismu?

1. Welcome email

Welcome mail menjadi email yang harus segera dikirmkan kepada pelanggan atau mereka yang mensubscribe di website kita. Dengan email ini, kita menyambut mereka, memperkenalkan diri dan menyampaikan berbagai informasi tentang apa yang akan dikirimkan melalui email ini. Ucapkan terima kasih karena telah mensubscribe ataupun membeli produk secara online. Kamu bisa menjelaskan sedikit saja tentang apa dan bagaimana bisnismu.

2. Announcements

Email berfungsi untuk mendekatkan pelanggan dengan bisnis kita. Melalui emailkita bisa menginformasikan apapun, menyampaikan pemberitahuan atau mengirimkan konten terupdate. Bukan hanya email seputar promosi. Kita bisa mengirimkan postingan blog atau launching produk terbaru. Update apapun dari blog atau website bisa dikirimkan melalui email ini.

3. Products

Produk terbaru yang kamu miliki sampaikan juga dengan email bisnis. Kamu bisa juga membuat email untuk meminta pelanggan emreview produk terbarumu. Mengajak mereka untuk mencoba trial dan memberikan kesannya. Bukan hanya menjelaskan apa dan bagaimana produk terbarumu, libatkan juga pendapat dari pelanggan yang sudah mencoba lebih dulu.

4. Survey

Setiap bisnis tentu membutuhkan pendapat dan masukan bahkan dari pelanggan sekalipun. Survey dilakukan untuk mendapatkan banyak pendapat dan melibatkan pelanggan dalam kemunculan berbagai bentuk produk terbaru bisnis kita. Email survey juga membantu kita mengetahui apa yang mereka inginkan, dan apa yang membuat mereka mau mensubscribe email kita.

5. Newsletter

Newsletter menjadi pilihan email selanjutnya. Selain lebih informatif dan menarik, karena lebih banyak konten visual yang dikirimkan. Jadwalkan kapan kamu akan mengirimkan email untuk pelanggan di dalam listmu. Bisa setiap minggu atau setiap bulan. Pastikan untuk mengetahui dan melihat bagaimana interaksinya.

6. Giveaways dan Freebies

Setiap orang itu suka dengan apapun yang “GRATIS” atau “BONUS”. Nah, ini bisa dicoba untuk bisnismu. Kamu bisa memberikan bonus kepada pelanggan yang sudah mensubscribe di website atau blogmu.

7. Thankyou

Yang terakhir adalah email ucapan terima kasih. Bagaimanapun pelanggan, mereka yang membuat bisnis kita tumbuh dan berkembang. Berikan ucapan terima kasih untuk setiap aktivitas yang mereka lakukan. Mulai dari order, subscribe sampai dengan saat mereka memberikan feedback. Kamu juga bisa memberikan email saat hari penting atau hari besar. Memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah loyal juga menjadi kewajiban kamu lo.

Nah, dari beberapa email di atas, email mana yang sudah pernah kamu kirimkan kepada pelangganmu?

Belajar mengirim email kepada pelanggan. Tidak lengkap rasanya saat email bisnismu tidak terkirim, masuk folder SPAM atau tidak aman.

Nah, dari situlah setiap email bisnis harus dilengkapi dengan tools yang bisa mendukung aktivitas itu. Seperti halnya Email Hosting dari Jagoanhosting.com. Email Hosting diciptakan untuk mereka yang ingin fokus mengembangkan strategi marketing dengan menggunakan email.

Dengan menggunakan email hosting, kamu bisa menentukan ingin memiliki berapa account email untuk admin bisnismu. Kamu bisa menciptakan email bisnis dengan nama domainmu sendiri. Dan kamu bisa memastikan bahwa emailmu tidak akan masuk ke folder SPAM.

Email hosting membantu banyak bisnis menjalankan aktivitas marketing bisnis mereka. Dengan meningkatkan engagement dengan pelanggan dan yang pasti meningkatkan konversi penjualan.

Jadi, sudah bisa dilihat kan, bagaimana jika kamu memilih email hosting untuk menjadi partner bisnis onlinemu. Email bisnismu akan semakin mudah dan menghasilkan. Dan dengan email juga bisnismu akan semakin berkembang dengan baik.

So, tunggu apalagi?

Nelsi Islamiyati

  • cindy oliviaa

    Dapatkan Bonus Menarik Setiap Harinya di metroqq
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5%
    • Bonus Referal 10% + 10%
    PIN BBM: 2BE32842