Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Paling Mudah

cara membuat email pakai domain sendiri

Hai Sob, Membuat email dengan domain sendiri bisa kamu lakukan secara mudah. Pertama adalah dengan memahami apa yang disebut dengan domain dan juga hosting. Hal ini akan sangat berguna ketika membuat email.

Mungkin kamu sudah sering melihat ketika mendapatkan email menggunakan alamat perusahaan. Misalnya @tokopedia.com, @shopee.com, @namabisnismu @jagoanhosting.com atau yang lainnya. Sebenarnya nama tersebut bisa tetap kamu buat dengan mudah.

Caranya tentu dengan menggunakan domain dan juga hosting tersendiri. Dengan menggunakan kedua hal ini maka kamu bisa mendapatkan nama sesuai dengan keinginan.

Meski begitu, kamu juga harus bisa masuk ke dalam sistem untuk membeli nama domain. Hal inilah yang akan menjadi branding dari perusahaan baik itu di bidang produk dan jasa untukmu.

Pengertian Domain dan Hosting

Menurut cloudflare.com domain adalah sebuah teks yang digunakan oleh pengguna sebagai alamat dari sebuah laman dalam mesin pencari. Domain erat kaitannya dengan alamat IP pengguna dan juga akses website dari software klien. 

Sebuah contoh yang paling mudah misalnya google.com. Hal itu merupakan sebuah nama domain atau alamat website. Tidak hanya pada halaman website, domain juga sudah merambah pada layanan email.

Jadi, kamu bisa membuat alamat email dengan nama perusahaanmu sendiri. Email domain adalah salah satu hal yang sangat penting pada dunia bisnis sekarang ini sebagai identitas dari perusahaan. 

Sedangkan hosting adalah sebuah layanan pada internet atau online yang berfungsi untuk menyimpan data website dan juga email sehingga nantinya bisa diakses kembali oleh pengguna.

Menurut Technopedia, hosting merupakan layanan yang menyediakan daya penyimpan dan komputasi. Sederhananya, hosting merupakan sebuah rumah dari website sedangkan domain adalah alamat rumahnya pada dunia maya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Value Proposition Canvas, Komponen & Cara Buatnya

Cara Membuat Email Domain Sendiri di Gmail

membuat email dengan domain sendiri di gmail

Produk Google yakni Gmail juga merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer dan banyak penggunanya. Kamu pasti sering menggunakannya untuk berbagai keperluan email pribadi ataupun email bisnis.

Namuni, kamu harus tahu bahwa sekarang Gmail sudah bisa memberikan layanan membuat email dengan domain sendiri sehingga bisa menggunakan gmail untuk membuka email kamu. Caranya adalah dengan setting POP3 dan SMTP.

1. Masuk ke Akun Gmail 

Pertama adalah harus memiliki akun Gmail. Apabila belum, silahkan membuat atau sign up terlebih dahulu. Sebelum bisa membuka email domain sendiri kamu harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu.

2. Klik Setelan

Selanjutnya masuk ke menu Settings dengan icon gerigi pada pojok kanan atas dan klik lihat semua setelan. Kamu akan masuk ke menu baru.

3. Pilih Menu Akun dan Impor

Dalam menu Akun dan Impor terdapat link tambahkan akun email. kamu bisa mengkliknya. Selanjutnya, akan masuk ke menu tambahkan lalu ketik alamat email domain sendiri yang ingin kamu masukkan. 

Contoh domain email [email protected] sebagai contoh membuat email dengan domain sendiri. Email ini juga harus tersedia terlebih dahulu sehingga kamu tinggal hanya membukanya. Klik Berikutnya.

4. Masuk Halaman Konfirmasi

Kamu bisa mengklik Impor Email dari akun saya yang lain (POP3) selanjutnya bisa melakukan klik Berikutnya.

5. Masukkan Setting POP

Caranya adalah dengan mengisi beberapa kolom yang kosong. Mulai dari nama pengguna isi dengan [email protected]. Masukkan juga kata sandi yang biasanya terdiri dari gabungan huruf dan angka.

Server POP bisa memasukkan nama domain sendiri yaitu planed.com. Kamu bisa membeli domain ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Port isi dengan 110. Kamu bisa mencentang pengaturan email yang diinginkan. 

7. Klik Tambahkan Akun

Klik Tambahkan Akun dan akan muncul pilihan. Kamu bisa memilih, Ya, saya ingin bisa mengirim email sebagai [email protected]. Klik Berikutnya dan akan muncul kembali halaman baru dengan melakukan centang Anggap sebagai alias. 

Proses ini adalah bagian terakhir untuk setting POP. Selanjutnya kamu bisa melakukan setting SMTP.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu OKR? Manfaat, Komponen, dan Contoh

8. Mengirim Email Melalui Server SMTP

Kamu akan melihat beberapa kolom kosong dan harus mengisinya sebagai berikut. 

  • Server SMTP: planed.com
  • Port : 587
  • Nama pengguna : [email protected]
  • Sandi : Masukkan kombinasi sebelumnya
  • Klik: Sambungan aman menggunakan TLS
  • Tambahkan Akun

9. Kode Verifikasi

Selanjutnya kamu akan mendapatkan kode verifikasi ke alamat email dengan domain khusus tersebut. kamu bisa masukkan dan klik tombol verifikasi. Itulah cara menghubungkan email domain ke Gmail. 

Cara Membuat Email dengan Menggunakan Akun cPanel

CPanel adalah sebuah layanan untuk melakukan kontrol terhadap server, email, dan juga website. CPanel merupakan singkatan dari control panel hosting. Kamu bisa mendapatkan kontrol website dalam satu aplikasi. 

Fiturnya sangat menarik dan juga mudah untuk mengoperasikannya. Kamu bisa mempermudah dalam mengelola website, email, domain, instalasi CMS, dan lain sebagainya. 

Selanjutnya kamu bisa mulai menggunakan cPanel Sob untuk mengelola website. Termasuk juga cara membuat email dengan domain sendiri untuk kamu yang punya layanan Hosting dengan panel cPanel seperti di Hosting Murah Unlimited dan Cloud Hosting dari Jagoan Hosting.

1. Masuk ke cPanel

Kamu bisa mengetikkan CPanel pada browser dan nanti akan berada pada urutan pertama dalam halaman pencarian. Login terlebih dahulu dengan menggunakan akunmu. 

Perlu kamu ketahui bahwa akun ini berbayar, sehingga kamu harus memilih beberapa paket yang sesuai dengan kebutuhan. 

2. Klik Email Accounts

Setelah masuk ke halaman utama maka akan tersedia berbagai pilihan menu mulai dari email dan juga yang lainnya. 

3. Masukkan data Email

Kamu bisa langsung mengetikkan nama email termasuk juga domain yang sudah terdaftar. masukkan password, dan data lainnya. Untuk kuota email terdapat pilihan yaitu 1024 MB atau unlimited. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya email akan langsung terhubung ke CPanel sehingga kamu bisa langsung melakukan pemantauan.

Membuat Email Pakai Domain Sendiri dengan Email Bisnis

pentingnya pakai email profesional

Bayangkan jika kamu masih menggunakan alamat email umum seperti gmail atau yahoo untuk bisnismu. Email gratisan terlihat kurang profesional dan kurang menggambarkan brand bisnismu dengan baik.

Sekarang, bayangkan memiliki alamat email yang berakhir dengan nama brand bisnismu sendiri, seperti “[email protected]”. Ini akan membuat bisnismu terlihat lebih profesional, tepercaya, dan mengesankan di mata klien dan pelanggan.

Cek Konten Lainnya:
Cepat dan Praktis, Ini 7 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia!
email bisnis

Inilah saatnya untuk mengambil tindakan! Dengan layanan Email Hosting Murah dari Jagoan Hosting, kamu bisa memiliki alamat email dengan nama brandmu sendiri.

Dapatkan keuntungan dari fitur-fitur seperti Webmail yang mudah digunakan, kapasitas untuk mengirim ratusan email per hari, sinkronisasi yang lancar, dan tingkat keamanan tinggi untuk melindungi data bisnismu.

Segera tingkatkan citra bisnismu dan dapatkan email kustomisasi yang lebih bergengsi dengan Jagoan Hosting!

Manfaat Bikin Email Pakai Domain Sendiri

manfaat membuat email pake domain sendiri

Membuat email dengan domain sendiri sebenarnya sangat menguntungkan untuk pengguna. Mulai dari terlihat profesional, email lebih aman dan terpercaya, cocok untuk bisnis, dan lain sebagainya. 

1. Branding Perusahaan

membangun branding

Semua usaha pastinya membutuhkan branding. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan awareness dan pemahaman masyarakat terhadap usaha tersebut. Ambil contoh misalnya Unilever.

Masyarakat sudah paham karena brand perusahaan besar tersebut telah melekat dengan pangsa pasarnya sendiri. Hal ini juga mempengaruhi penjualan dan daya jangkau sebuah perusahaan.

2. Fasilitas Keamanan dan Penyimpanan

Hal lainnya yang penting apabila menggunakan domain sendiri adalah mendapatkan keamanan email yang terjamin dan juga kapasitas penyimpanan yang besar. Keamanan merupakan hal yang penting dalam hal korespondensi.

Kamu gak mungkin dong ingin rahasia perusahaan bocor ke orang lain apabila menggunakan layanan yang tidak valid. Selain itu email juga biasa menggunakan lampiran dalam kapasitas yang besar sehingga cocok menggunakan email domain.

3.  Kredibilitas Pengguna

Tentunya kamu sebagai pemilik perusahaan ingin terlihat kredibel di mata klien. Untuk itu kamu harus membangun reputasi salah satunya dengan menggunakan email yang representatif. 

Cukup dengan melakukan pembelian domain dan juga hosting untuk kebutuhan utama perusahaan, maka menggunakan nama branding usaha akan membuatmu terlihat lebih terpercaya. 

Itulah beberapa cara membuat email dengan domain sendiri termasuk juga berbagai keuntungannya. Membuat domain email tidaklah sulit, hanya perlu membeli beberapa layanan website dan email di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Simak, 5 Tips Instagram Ads yang Harus Kamu Tau!
Tips Instagram Ads Instagram Ads merupakan sebuah fitur yang sangat powerfull dan efektif apabila dimanfaatkan dengan benar untuk…
SEO marketplace
Read More
15 Tips Menerapkan SEO Marketplace untuk Memaksimalkan Trafik
SEO marketplace adalah salah satu cara terbaik yang bisa kamu coba untuk membantu meningkatkan traffic website sekaligus mendatangkan…