Apa itu Webmail? Ini Fitur dan Kelebihannya

Webmail

Dengan adanya sistem bekerja work from anywhere seperti saat ini, email menjadi media yang sangat penting untuk melakukan pertukaran informasi. Apalagi sekarang kamu sudah bisa mengakses email email tersebut lewat perangkat manapun berkat adanya webmail. Apakah kamu sudah tahu, sob apa maksud dari istilah tersebut?

Jika belum tahu maka tepat sekali kamu baca artikel berikut sampai tuntas. Mari simak pembahasan lengkapnya di sini: 

Definisi Webmail

One.com, menjelaskan webmail adalah sebuah metode yang memungkinkan kamu mengakses akun email kapan pun dan dari perangkat manapun. 

Ini bisa terjadi karena layanan akses email berbasis website sehingga kamu tidak usah mengunduh aplikasi ke dalam perangkatmu. Cukup masukkan alamat web-nya ke dalam browser lalu masukkan alamat email dan password

Berbagai Nilai Positif dan Negatif yang Dimiliki Oleh Webmail

Supaya kamu lebih paham soal topik yang satu ini, tentunya tidak cukup kalau hanya tahu sebatas definisi. Oleh karenanya, kamu juga perlu tahu seperti apa kelebihan dan kekurangannya menurut pemaparan dari business lend di bawah ini 

Kelebihan Webmail

Fleksibilitas

Sisi positif dari webmail yang paling utama terletak pada fleksibilitasnya. Kamu tidak harus membawa perangkat laptop-mu ke mana-mana. Kamu tetap dapat masuk ke dalam akun emailmu lewat perangkat laptop/PC lainnya selama ada koneksi internet.

Kondisi semacam ini sangat membantu bagi pekerja freelance  yang tiba-tiba mendapatkan tugas untuk melakukan revisi secara mendadak. 

Cek Konten Lainnya:
Mengenal IPV4: Jenis, Kelas & Bedanya dengan IPV6

Namun sebagai pengingat, sob jangan lupa untuk segera logout dari akun email bila kamu mengaksesnya bukan dari perangkatmu sendiri. 

Sebagai tambahan, aspek fleksibel bukan hanya berbicara soal keleluasan untuk masuk lewat perangkat manapun. Fleksibilitas dari email berbasis web juga mencakup pada jenis browser yang kamu gunakan. 

Misalnya saat pertama kali membuat akun email pakai browser mozilla firefox, kamu tetap dapat mengaksesnya walaupun lewat google chrome

Gratis

Beberapa penyedia layanan webmail memberikan akses email beserta fitur-fiturnya secara cuma-cuma. Inilah mengapa beberapa webmail dapat dipakai oleh semua kalangan. 

Tempat Penyimpanan yang Besar

Walaupun beberapa layanan webmail tersedia gratis, kamu tidak perlu khawatir mengenai tempat penyimpanannya. Kapasitas yang tersedia cukup besar sehingga kamu masih dapat mengirimkan file yang berukuran gigabyte sekalipun. 

Kekurangan Webmail

Tergantung Penuh Pada Koneksi Internet

Perhatikan pada poin kelebihan dari webmail yang menjelaskan soal fleksibilitas. Di situ tertera dengan jelas bahwa kamu bisa mengakses akun selama ada koneksi internet. Dengan demikian kamu sudah pasti mengalami kesulitan apabila koneksimu saat itu sedang buruk. 

Gangguan Iklan

Pada provider yang memberikan layanan webmail secara gratis, memperoleh pendapatannya lewat bekerja sama dengan pengiklan. Dengan demikian, kemungkinan kamu akan merasa tidak nyaman /terganggu dengan hadirnya pesan-pesan sponsor tersebut. 

Fitur-Fitur Webmail Tergantung Provider-nya

Untuk membahas tentang fitur, artikel akan melakukan pembahasan berdasarkan jenis provider. Alasannya karena tiap provider tersebut punya kekhususan masing-masing.

Gmail

Jika membicarakan soal webmail tentu gmail tidak bisa dilepaskan dalam daftar nomor satu karena popularitasnya. Tercatat oleh demandsage pada tahun 2024 ada 1,8 miliar pengguna aktif provider ini. 

Secara umum, kamu akan memperoleh fitur-fitur berikut saat memakai gmail : 

  • Dilengkapi dengan tempat penyimpanan berukuran besar sehingga kamu dapat menerima atau mengirim file yang juga berukuran besar.Jika ternyata ukuran file melebihi daya tampung maka sistem akan langsung membuat koneksi dengan google drive.
  • Terdapat fitur GTalk supaya kamu, sob dapat berkomunikasi secara lebih cepat dengan teman kontakmu. 
Cek Konten Lainnya:
Software Animasi Gratis, Kunci Utama Latihan jadi Animator

Yahoo Mail

Selain Gmail, jangan lupakan provider yang juga cukup ternama yaitu Yahoo. Provider yang berdiri pada tahun bulan Januari 1994 ini memiliki fitur-fitur yang meliputi : 

  • Terhubung dengan yahoo messenger supaya kamu dapat melakukan percakapan secara real time.
  • Bentuk user interface yang bagus secara visual sekaligus user friendly
  • Kapasitas penyimpanan yang besar. 

Outlook

Bagi kamu angkatan milenial pasti tahu kalau sebelum nama outlook dipakai, provider ini lebih dikenal dengan sebutan “hotmail”. Kamu tidak perlu meragukan soal fitur karena pembuatnya juga merupakan salah satu perusahaan raksasa teknologi Microsoft. Fitur-fitur yang ada di sini antara lain :  

  • User interface yang elegan secara visual dan mudah dipahami pemula.
  • Fitur untuk merapikan file lewat membuat folder.
  • Menyediakan kalender, kontak,dan jadwal supaya sistem kerjamu semakin tertata rapi. 
  • Terintegrasi dengan tools office online

Zoho Mail

Sebenarnya layanan webmail yang dapat kamu pakai tidak berhenti pada yang sudah dimiliki oleh domain perusahaan tertentu. Kamu pun sekarang sangat bisa memakai webmail dengan nama domain kamu sendiri. Salah satu layanan tersebut adalah zoho mail. 

Walaupun sebenarnya provider berikut lebih bersifat premium tapi tetap menyediakan akses secara gratis. Hanya saja versi gratis lebih serba dibatasi di mana platform pengelolaan email berbasis website-mu hanya dibatasi 25 user. Masing-masing user cuma mendapatkan jatah kapasitas penyimpanan sebesar 5GB.

Meskipun mungkin saat ini kemampuanmu masih sebatas versi gratis, jangan khawatir. Kamu tetap akan memperoleh beberapa fitur yang keren ini : 

  • Fitur untuk merapikan file lewat folder.
  • Fitur filter untuk menyaring file mana saja yang perlu diprioritaskan muncul. 
  • Fitur pencarian pintar supaya lebih mudah menemukan email yang tertimbun.
Cek Konten Lainnya:
Keamanan Data Whatsapp, Benarkah Mereka Merekam Percakapan Pengguna?

Kalau kamu mau mendapatkan akses yang lebih banyak, tidak sampai harus merogoh kocek terlalu dalam. Cukup dengan 2 USD ( sekitar Rp 31.462,00), sob kamu sudah bisa memperoleh fitur-fitur lanjutan semacam : 

  • Fitur IMAP dan POP
  • Melakukan forward email
  • Sinkronisasi aktif
  • Kapasitas penyimpanan 30 GB dengan batasan lampiran file maksimal 30 MB

Mengelola Email Dengan Lebih Profesional

kelola webmail lebih mudah

Tentunya kalau kamu mau membuat bisnis digital yang lebih profesional, sangat tidak disarankan memakai email gratisan. Di mata customer, bisnismu akan terlihat tidak meyakinkan dan bahkan bisa jadi dianggap bisnis abal-abal.

Oleh karena itu mau tidak mau, kamu harus melakukan kustom nama alamat email. Terkait itu maka sangat tepat sekali kalau kamu segera dapatkan kemudahan mengelola webmail di Email Hosting dari Jagoan Hosting. 

Sebagai gambaran, ini adalah layanan kustom email yang Jagoan Hosting berikan

email hosting untuk bisnis

Bagaimana ? apakah kamu sudah cukup mengerti dengan konsep dan aplikasi dari webmail. Kalau untuk keperluan sehari-hari atau bisnis yang masih baru, silakan pakai versi gratis. Namun kalau nanti taraf bisnismu sudah semakin berkembang maka segera upgrade ke versi berbayarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek ip domain website
Read More
Cara Cek IP Domain Website dan Tools Gratisnya
IP website adalah alamat unik yang dimiliki setiap jaringan komputer, baik ponsel, laptop, maupun PC. Karena unik, setiap…
software
Read More
Apa itu Software? Fungsi, Ciri, Jenis & Contohnya
Jika kamu merupakan pengguna setia komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah software. Jelas saja, sebab arti…