Dedicated IP: Ini Fungsi dan Kelebihannya

dedicated ip

Tahukah kamu mengenai dedicated IP? Apakah sama dengan jenis IP lainnya? IP address atau alamat IP sendiri merupakan serangkaian angka yang menjadi identitas perangkat dan terhubung ke internet atau jaringan lainnya.

IP address ini ibarat nomor rumah yang pastinya berbeda dengan milik orang lain. Adanya alamat IP ini juga untuk memastikan data akan terkirim ke alamat yang benar.

Alamat IP atau Internet Protocol ini terbagi atas dua jenis yaitu dedicated dan shared IP. Pada artikel ini, kita akan banyak membahas yang pertama.

Perbedaan Shared IP dan Dedicated IP

Tapi sebelum itu, kamu juga harus tahu terlebih dahulu apa perbedaan antara keduanya. Berikut ini penjelasannya:

1. Shared IP

Shared IP adalah alamat IP yang digunakan untuk banyak website sekaligus. Jadi, beberapa website memiliki IP address yang sama. Karena banyak yang memakainya, maka kinerja shared IP ini sedikit lebih berat. 

Web server masih harus mengarahkan permintaan pengguna (computer user) ke website yang tepat. Berbeda dengan dedicated yang bisa langsung mengarahkan ke website tertentu.

Selain itu, menggunakan shared IP juga lebih beresiko. Misalnya saja, ada website orang lain yang kena blacklist karena spam, maka website kamu secara otomatis juga akan terblacklist. Tentu saja hal ini sangat merugikan.

Selain itu, kerugian lainnya yaitu shared IP membuat kamu tidak bisa menggunakan SSL (Secure Sockets Layer).

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Profesi Network Architect (Arsitektur Jaringan) di Indonesia

2. Dedicated IP

Sementara itu, dedicated IP adalah alamat IP hanya untuk satu website saja. Penggunaannya lebih menguntungkan daripada shared IP, karena memiliki kontrol penuh website atau domain. Tidak bercampur dengan milik orang lain.

Selama kamu tidak melakukan kesalahan apapun, maka website pasti aman-aman saja. Kamu tidak akan kena getah karena kesalahan orang lain. Untuk website milik perusahaan besar, umumnya menggunakan jenis IP yang satu ini.

Selain itu, situs e-commerce, toko online, web keuangan, atau website-website lain yang membutuhkan banyak data sensitif dan trafik yang tinggi pasti menggunakan IP dedicated.

Fungsi dedicated IP yang sebenarnya adalah mengizinkan kamu mengakses domain atau website dengan lebih mudah. Selain itu, jenis IP address satu ini biasanya disediakan oleh penyedia VPS atau dedicated hosting IP.

Perbedaan IP Transit dan Dedicated

Sebenarnya ada satu lagi IP yang mungkin tidak pernah kamu kenali sebelumnya, yaitu IP transit. Adapun pengertian IP transit atau internet transit adalah layanan lalu lintas data pada jaringan ketiga milik penyedia layanan internet.

IP transit menggunakan protokol BGP (Border Gateway Protocol). Jadi, penggunanya harus membayar terlebih dahulu supaya mendapatkan akses khusus.

Hal ini berbeda dengan alamat internet dedicated. Memang pada dedicated untuk satu website saja, tetapi tidak akan bisa mendapatkan jalur khusus yang membuat proses penggunaan internet menjadi lebih cepat.

Misalnya kamu memiliki sebuah website, dengan memanfaatkan IP transit tentu saja aksesnya menjadi lebih cepat daripada hanya menggunakan alamat dedicated. Apalagi dengan shared IP, sangat jauh lebih cepat.

Kelebihan Dedicated IP

Menggunakan IP address yang satu ini sangat menguntungkan. Sebab, ada banyak sekali kelebihan dan keunggulannya yaitu:

Cek Konten Lainnya:
Wajib Tahu, Sob! 5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2020!

1. Traffic Website lebih Lancar

Bagi pemilik website, menggunakan IP dedicated memang sangat menguntungkan, sebab membuat traffic website menjadi lebih lancar. Terutama jika website tersebut memiliki lalu lintas traffic yang sangat banyak.

IP dedicated bisa menampung traffic dalam jumlah yang sangat besar. Hal yang tidak bisa shared IP lakukan karena tidak dapat menerima lonjakan trafik yang dahsyat.

Sebagai contoh, masing-masing IP memiliki limit 25 mbps, maka kecepatan tersebut dapat digunakan secara penuh di dedicated. Sedangkan, jika di shared pastinya harus dibagi-bagi lagi ke pengguna lainnya.

2. Kecil Kemungkinan IP Terkena Blacklist

Sekarang, misalnya saja kamu memiliki shared IP. Kemudian, ada website milik orang lain berisi konten-konten yang melanggar undang-undang.

Karena kamu menggunakan alamat IP yang sama dengan orang tersebut, maka website kamu juga akan kena getahnya. 

Jika satu website atau IP terblokir, maka IP lainnya pasti akan terblokir juga. Apabila 10 IP habis, maka kesepuluh IP tersebut habis tak bersisa.

Selain itu, suatu negara biasanya akan memblokir IP dari suatu negara karena alasan-alasan tertentu. Kalau IP kamu masuk ke dalamnya, maka secara otomatis akan terblokir juga.

Berbeda halnya jika kamu menggunakan IP dedicated. Sekalipun IP lain melakukan aktivitas ilegal atau bermasalah, IP address kamu tidak akan kena blokir.

3. Memiliki Kontrol Penuh Ke Server

Ketika kamu menggunakan IP dedicated, maka kamu bisa mempunyai kontrol penuh ke server. Bahkan kamu bisa melakukan apa saja dengan server tersebut.

Sebagai contoh, kamu bisa  mengelola server secara remote, menjalankan server game, menggunakan FTP untuk mengirim file dengan lebih cepat, dan lain sebagainya. Hal seperti ini tidak akan bisa kamu lakukan jika menggunakan shared IP.

Cek Konten Lainnya:
5 Aplikasi Terbaik Untuk Transfer File Dari Android ke PC Tanpa Kabel

4. Pengiriman Email Lebih Baik

Biasanya layanan hosting juga memiliki layanan pengiriman email. Contoh alamat emailnya [email protected].

Nah, apabila alamat email tersebut bersumber dari IP dedicated, maka ada banyak keuntungannya. Kamu bisa mengirim email dengan lebih banyak daripada shared IP

Selain itu, dengan menggunakan jenis IP address yang satu ini, kamu lebih mudah mengontrol email tersebut. Sebab, kamu sepenuhnya memiliki email tersebut, tidak terbagi dengan pengguna lain.

Rekomendasi Hosting Dedicated IP Terbaik

dedicated hosting

Jika kamu ingin membuat website yang IP address berupa dedicated, maka Jagoan Hosting adalah pilihan terbaik. Jagoan Hosting menyediakan paket hosting dedicated dengan kualitas terbaik.

Ada dua paket IP dedicated yang bisa kamu pilih, yaitu paket diamond dan paket jade. Pada paket diamond, satu server untuk satu pelanggan sehingga kamu bebas mengelolanya. 

Sedangkan untuk paket jade, kamu akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap dengan kontrol sepenuhnya ada pada kamu.Jadi, tunggu apa lagi sob? Dapatkan Hosting Dedicated IP di Jagoan Hosting sekarang juga. Informasi selengkapnya bisa kamu lihat langsung di halaman web Jagoan Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
OpenSID Adalah
Read More
Apa itu OpenSID? Keunggulan dan Cara Install di cPanel
OpenSID adalah sebuah sistem informasi desa berupa platform yang digunakan oleh pemerintahan desa dalam mengelola keuangan. Aplikasi ini…
Read More
Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Topologi & Manfaatnya
Jaringan komputer adalah suatu koneksi yang menjadi alasan mengapa Sob bisa mengirimkan data dari jarak jauh. Ya, koneksi…