Apa itu Aged Domain? Cara Cek dan Mencarinya

aged domain

Membuat website bisa berada di halaman pertama google memang sudah menjadi keharusan. Namun untuk mengusahakan itu benar-benar mulai dari nol tentu saja tidaklah mudah.

Oleh karenanya jika kamu menginginkan  jalan pintas maka salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah lewat aged domain

Apakah kamu familiar dengan istilah tersebut? Jika belum maka wajib sekali kamu baca artikel ini sampai habis. Di sini segala sesuatu terkait topik yang satu ini akan dikupas tuntas dalam poin-poin berikut: 

Definisi Aged Domain

aged domain

Aged domain adalah sebuah domain yang sebelumnya sudah pernah seseorang pakai. Tapi kemudian ia menjualnya kepada orang lain karena berbagai alasan. Dengan kata lain aged domain itu lebih mudahnya bisa kamu sebut dengan domain bekas. 

Dalam konteks barang bekas, karena memang seiring dengan intensitas pemakaian dari pemilik sebelumnya menyebabkan kualitas barang jadi menurun. Apakah dalam domain bekas juga demikian?

Dalam hal ini, tolong jangan disamakan, sob.  Justru domain yang sudah berusia “tua” sangat diminati oleh para pebisnis online supaya dapat mencapai rank bagus secepatnya. Mengapa bisa demikian? Nanti kamu akan temukan jawabannya dalam poin pembahasan setelah ini. 

Kelebihan dan Kekurangan 

Supaya pemahamanmu semakin mendalam berikut apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh domain bekas : 

Kelebihan Aged Domain

1. Riwayat Panjang Dari Domain Memperbesar Peluang Memperoleh Nilai yang Bagus

Salah satu parameter yang cukup menentukan bagus tidaknya penilaian algoritma SEO terhadap suatu website adalah berdasarkan seperti apa riwayat sebelumnya. Pencapaian riwayat yang baik dari pemilik sebelumnya akan jadi semakin berharga seiring dengan pertambahan umur domain.

Cek Konten Lainnya:
Codeigniter vs Laravel: Pilih yang Mana?

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa bagi kamu yang memakai aged domain lebih diuntungkan. Dengan nilai yang lebih terjamin akan menghemat tenaga dan waktu untuk membuat website mampu bersaing.

2. Lebih Terjamin Mendapatkan Nama Domain yang Berkualitas

Secara umum, sob nama yang dimiliki oleh aged domain memiliki nama yang bagus. Bagus di sini dalam artian mampu memberikan kesan yang menarik bagi user sehingga mudah diingat.

Hal semacam ini tentunya bagaikan mendapatkan durian runtuh. Bisa jadi user-user yang dulu pernah mengakses akan kembali lagi. Bahkan tidak menutup kemungkinan merekomendasikan kolega-koleganya supaya mau masuk ke dalam website-mu

Penilaian SEO selain dari riwayat yang telah dilalui oleh website juga tergantung dari adanya backlink. Bagi kamu yang masih awam, jadi backlink itu adalah link /tautan yang tercantum dalam konten tertentu yang mengarah ke situs lainnya

Jumlah backlink akan menjadi acuan bagi algoritma SEO dalam memastikan seberapa kuat dan relevan topik yang sedang kamu bahas dalam konten. Dengan demikian semakin banyak backlink-nya maka akan semakin positif penilaiannya. 

Apalagi jika di dalam aged domain tersebut mencantumkan backlink dari situs-situs terkenal yang sudah sangat dipercaya oleh user-user lainnya. 

4. Dapat Dijadikan Aset Digital yang Sangat Berharga

Seperti yang sudah disinggung sekilas pada bagian “definisi”, aged domain akan selalu banyak yang mencarinya demi mendapatkan hasil yang lebih instan.  Sementara di sisi lain Hubspot menyatakan harga domain memiliki kecenderungan mengalami kenaikan per tahunnya.

Kondisi itu, sob yang dapat kamu manfaatkan bila suatu saat kamu mau menjual domain tersebut. Bayangkan betapa tingginya harga yang berhak kamu tetapkan karena usia pemakaiannya merupakan total dari kamu dengan pemilik sebelumnya. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu React Native? Pengertian, Kelebihan & Kekurangannya

5. Mendatangkan Pengunjung Dengan Lebih Cepat

Neil Patel mengemukakan bahwa 75% orang yang mencari informasi di internet hanya akan mengakses website  di halaman pertama.

Dengan demikian jika website-mu bisa berada di halaman pertama secepat mungkin maka semakin cepat juga lebih banyak pengunjung berdatangan. 

Kekurangan Aged Domain

Dengan berbagai nilai positif dari di atas apakah lantas dalam head to head antara aged domain vs new domain, pemenangnya mutlak adalah aged domain. Jawabannya belum tentu karena domain jenis ini masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan.

1. Besarnya Biaya yang Harus Kamu Keluarkan

Jika kamu baca-baca baik poin “domain bekas sebagai aset digital” maka seharusnya kamu dapat memahami kalau harga belinya pasti akan mahal.

Mahal di sini bukan cuma karena sudah terjamin nilai SEO-nya. Tingkat popularitas dan kelangkaannya pun turut berpengaruh melambungkan harga.  Dengan demikian, hanya pebisnis dengan modal besar yang mampu menjangkaunya.  

2. Belum Tentu Dapat Nama Domain yang Cocok Dengan Apa yang Kamu Mau

Tidak seperti domain baru yang dapat kamu atur sesuai keinginan, dalam aged domain tidaklah demikian.

Nama sudah ditetapkan dari sananya sehingga tidak mungkin bisa diganti. Adanya keterbatasan inilah, sob yang menyebabkan memilih nama domain bekas menjadi cukup tricky karena mempertimbangkan : 

  • Kesesuaian antara nama dengan jenis konten yang akan kamu isikan dalam website.
  • Domain belum tentu berasal dari Indonesia sehingga bisa jadi nama yang dipakai belum tentu mudah diingat dan diucapkan.
  • Bagaimana reputasi website saat domain masih berada di bawah pemilik yang lama. 

Alternatif Aged Domain

domain

Jagoan Hosting menawarkan pilihan domain baru yang tak terbatas dengan ragam ekstensi, memberikan kesempatan untuk menciptakan identitas daring yang unik.

Dengan domain baru, kamu dapat membangun merek dari awal tanpa harus menghadapi risiko terkait dengan Aged Domain. Dengan memilih Domain Murah dari Jagoan Hosting, kamu dapat menyesuaikan nama domain sesuai keinginan dan membangun reputasi online yang kuat dari awal

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Roundcube, Kelebihan, dan Cara Menginstalnya

Cara Mencari Aged Domain Berkualitas

Kamu tentu tidak mau bukan, sudah keluar banyak uang untuk membeli aged domain tapi hasilnya malah zonk karena salah memilih. Supaya jangan sampai terjadi kepada kamu, sob mari perhatikan cara cek aged domain yang benar berikut: 

Kunjungi Dulu Tempat yang Menyediakan Layanan Jual Beli Domain Bekas

Supaya kamu tahu apa saja nama domain bekas yang masih tersedia kunjungi website yang melayani penjualannya. Beberapa contoh website tersebut antara lain : 

  • Domcop.com
  • Expireddomain.net
  • Moonsy.com
  • Registercompass.com
  • Domainhq.co.id

Pilih Beberapa Lalu Cek Kualitas Aged Domain Tersebut 

Setelah masuk dalam website yang sudah disebutkan di atas, pilihlah beberapa nama yang menurutmu bagus dan cocok dengan konten buatanmu. Kemudian lakukan pengecekan kualitas sebagai cara mencari domain age berikutnya.

Terkait pengecekan ini, sob perlu kamu tahu dulu bahwa untuk menilai kualitas metriks, ada beberapa parameter yang menjadi acuannya yaitu :  

  • Domain Authority
  • Page Authority)
  • Indeks yang google berikan
  • Usia domain  
  • Jumlah backlink
  • Trust flow dan citation flow (TF/CF)

Parameter di atas penting kamu tahu karena masing-masing memiliki platform website untuk melakukan pengecekan. Berikut lebih detailnya : 

  • Apabila kamu mau mengecek otoritas domain dan halaman serta jumlah backlink. Pakailah moz.com. 
  • Jika yang ingin kamu periksa adalah usia domainnya maka akseslah duplichecker.com. Secara umum , kualitas domain bekas bisa disebut bagus apabila sudah melebihi 2 tahun.
  • Sementara kalau mau melihat seperti apa rekam jejak suatu domain, pakai archive.org.

Aged domain memang ampuh untuk melambungkan ranking website secara cepat. Tapi tetap sesuaikan dengan kemampuanmu. Kalau memang dana yang kamu miliki masih terbatas, sebaiknya jangan memaksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
site domain
Read More
8 Alasan Pentingnya Memakai Domain .SITE untuk Bisnis Kamu
Domain .SITE merupakan salah satu yang terkenal dan banyak digunakan karena dipercaya mampu mencegah website dari potensi hacking…
bedanya hosting dan domain
Read More
Perbedaan Domain dan Hosting serta Fungsinya pada Website
Berbicara mengenai website tentu tidak lepas dari istilah domain dan hosting. Keduanya berperan vital untuk membuat sebuah halaman…