Saat akan membangun sebuah website, kamu bisa memilih dan mempertimbangkan kelebihan domain MY.ID untuk memperkuat representasi diri.

Domain adalah komponen yang penting dalam sebuah website karena dapat menggambarkan keseluruhan isi di dalamnya.

Maka dari itu, memilih nama domain yang unik dan spesifik perlu dilakukan agar website lebih mudah diingat oleh pengunjung, 

Nah, domain MY.ID bisa jadi salah satu pilihan yang tepat, Sob. Mengapa demikian? Biar makin paham, yuk simak ulasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Domain MY.ID?

Salah satu ekstensi dari Top Level Domain adalah MY.ID yang juga cukup populer digunakan pada website di Indonesia. Lantas, apa itu domain MY.ID? 

Domain MY.ID adalah salah satu ekstensi domain TLD yang diakui oleh Google dan resmi dikelola oleh PANDI (Pengelola Internet di Indonesia) pada tanggal 17 September 2019.

Lalu sebenarnya, domain MY.ID untuk apa? Saat ini, domain MY.ID adalah domain yang khusus diperuntukkan bagi website pribadi, seperti portfolio, alamat email, atau blog personal.  

Menggunakan domain MY.ID juga cukup mudah, Sob. Kamu hanya memerlukan email aktif saja, tanpa memerlukan verifikasi identitas seperti KTP atau paspor. 

Pengguna domain MY.ID cukup banyak lho, Sob. Sejak dirilis dan dikelola oleh PANDI, hingga kini, tercatat ada 2.491 pengguna dari 207 pengguna pada awal diluncurkan.

Mayoritas penggunanya merupakan kaum milenial yang kebanyakan menggunakan domain MY.ID untuk website personal. 

Baca juga: Ini 18 Contoh Domain Selain .com yang Harus Kamu Tahu!

Manfaat Menggunakan Domain MY.ID

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pada dasarnya, manfaat utama domain MY.ID adalah untuk website personal atau usaha mikro.

Sebab dengan menggunakan domain MY.ID, websitemu berpotensi tinggi untuk diakses sehingga mampu meningkatkan keuntungan lebih besar, Sob.

Hal ini mungkin terjadi karena karakteristik domain MY.ID yang cukup unik. Bagaimana bisa?

Pasalnya, pengunjung bisa langsung mengenali bahwa website milikmu berasal dari Indonesia, sehingga kamu pun bisa memperkenalkan brand lokal secara global. 

Adapun manfaat lain dari domain MY.ID adalah memiliki potensi yang tinggi untuk mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencari.

Alasannya, domain MY.ID adalah salah satu jenis domain ccTLD yang lebih spesifik apabila dibandingkan dengan domain gTLD. 

Dengan begitu, visitor Indonesia akan mudah menemukan website dengan domain MY.ID, Sob.

Hal ini dikarenakan mesin pencari mengutamakan website dengan domain berdasarkan lokasi di negara tertentu.

7 Kelebihan Domain MY.ID

Sampai di sini, mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya, apa kelebihan domain MY.ID?

Jangan khawatir Sob, di sini, Jagoan Hosting sudah merangkum beberapa kelebihan domain MY. ID. Check it out!

1. Pendaftaran Mudah

Pertama dan paling utama, kelebihan domain MY.ID adalah proses pendaftarannya yang sangat mudah.

Pasalnya setelah dikelola dan diawasi oleh PANDI, kamu cukup menyiapkan email aktif untuk mendaftar dan membeli domain MY.ID.

Yup, kamu tidak perlu mencantumkan identitas pribadi seperti KTP ataupun Paspor. 

2. Harga Terjangkau

Tahukah kamu, domain MY.ID ini juga cocok digunakan oleh pemula yang sedang ingin mengembangkan website dengan harga terjangkau lho, Sob.

Hanya dengan Rp20.000 saja, kamu sudah bisa berlangganan domain MY.ID ini di Jagoan Hosting.

Ini merupakan salah satu kelebihan domain MY.ID, sebab apabila dibandingkan dengan ekstensi domain lainnya, harga yang ditawarkan memang cukup murah.

3. Pilihan Nama Domain Sangat Beragam

Kelebihan domain MY.ID selanjutnya adalah tersedia beragam nama domain yang dapat kamu pilih secara bebas.

Dibandingkan dengan ekstensi domain lain seperti .COM, domain MY.ID memiliki banyak kuota, karena penggunanya masih terbilang sedikit.

Jadi, kamu juga tidak perlu bingung mengecek dan mengganti nama domain yang diinginkan, Sob.

Baca juga: 11 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

4. Branding Identitas Diri

Mengingat domain MY.ID cocok digunakan bagi website personal, tentu kamu dapat memanfaatkannya untuk merepresentasikan dirimu, Sob.

Dengan kata lain, dalam hal ini, kelebihan domain MY.ID adalah dapat menjadi salah satu media untuk branding identitas diri yang ingin kamu bangun.

Namun tentunya, kamu juga harus membuat konten yang relevan pada website ya Sob untuk memaksimalkan kelebihan domain MY.ID ini.

5. Tingkat Kecepatan Akses DNS Cukup Tinggi

Kelebihan domain MY.ID berikutnya adalah memiliki akses yang lebih cepat, sehingga meningkatkan peluang untuk muncul di halaman pertama pada search engine.

Lalu, mengapa domain MY.ID bisa memiliki akses yang lebih cepat? Pasalnya, DNS yang dimiliki berada di Indonesia dan diawasi langsung oleh PANDI.

Alhasil, visitor bisa mengakses website lebih cepat dan lebih hemat bandwidth. Di samping itu, pengunjung pun akan lebih nyaman selama mengakses websitemu.

Di sisi lain, hal ini juga dapat mengurangi bounce rate, sekaligus meningkatkan performa SEO website yang kamu miliki.

6. Optimasi SEO Lebih Mudah

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, salah satu kelebihan domain MY.ID adalah dapat meningkatkan performa SEO.

Dengan kata lain, kamu pun dapat melakukan optimasi SEO secara lebih mudah, Sob.

Hal ini dapat terjadi karena ekstensi domain MY.ID sudah diakui Google secara resmi, sehingga pemilik website pun tidak perlu menggunakan pihak ketiga seperti webmaster tools.

7. Peluang Muncul di Halaman Utama Pencarian Tinggi

Domain MY.ID adalah salah satu domain yang mendapatkan klasifikasi dari Google sebagai domain yang berasal dari Indonesia.

Dalam hal ini, kelebihan domain MY.ID yaitu apabila terdapat pengunjung di Indonesia yang melakukan pencarian, maka peluang website yang memiliki domain MY.ID pun lebih tinggi untuk muncul di halaman pertama Google.

Baca juga: 8 Alasan Pentingnya Memakai Domain .SITE untuk Bisnis Kamu

Cara Mendapatkan Domain MY.ID

Setelah mengetahui manfaat dan kelebihan domain MY.ID, kini saatnya kamu menyimak cara mendapatkannya, Sob.

Mendapatkan domain MY.ID ini pun tidak sulit, kamu hanya perlu membeli dan registrasi pada penyedia domain id murah seperti Jagoan Hosting, dengan cara sebagai berikut.

1. Login atau masuk ke website jagoanhosting.com.

2. Setelah itu, pilih menu domain & license, dan akan terbuka halaman seperti ini:

3. Tentukan nama domain dan ekstensi yang ingin kamu gunakan, misalnya Jagoanhostingtest.MY.ID 

Kelebihan Domain MY.ID

4. Klik cek domain untuk mengecek ketersediaannya. Jika tersedia, klik tambahkan ke keranjang belanja dan lanjutkan.

5. Kamu juga bisa menambahkan layanan hosting juga jika belum memilikinya. Setelah itu, klik Lanjutkan. 

Kelebihan Domain MY.ID

6. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan rincian harga yang harus dibayar untuk menggunakan domain MY.ID tersebut. 

Kelebihan Domain MY.ID

7. Kemudian, isi data yang diperlukan atau cukup login member di Jagoan Hosting ya, Sob! 

8. Klik bayar sekarang, dan pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. 

9. Selesai, kamu sudah mendapatkan domain MY.ID sesuai dengan kebutuhanmu! Kamu juga bisa mengecek status aktifnya pada halaman member ya, Sob. Selamat mencoba! 

Itulah penjelasan tentang pengertian dan kelebihan domain MY.ID untuk sebuah website. Kini Jagoan Hosting menyediakan Domain Gratis khusus MY.ID dan BIZ.ID yang cocok untuk bisnis dan website personalmu.

Domain MY.ID bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau dan pilihan nama yang tersedia juga lebih banyak. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat, ya!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like