Mengenal Ekstensi Domain — Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, apa sih bedanya .co, .com, .id, dan sebagainya? Kenapa kok banyak banget akhiran dari alamat domain padahal mereka sama-sama di internet? Ternyata, ekstensi domain memang bermacam-macam dan memiliki fungsinya sendiri-sendiri, lho!

Ekstension domain merupakan akhiran dari setiap alamat domain di paling kanan sendiri. Ini menjadi penting sebagai identitas website kamu, lho!

Setiap ekstensi domain memiliki maknanya sendiri-sendiri dan menjadi identitas dari website itu. Jadi pastikan jika kamu mau membuat domain website kamu di Jagoan Hosting, pastikan kamu tahu makna dari setiap ekstensi, ya! Mari mengenal ekstensi domain!

Top Level Domain

mengenal ekstensi domain
gambar dari unsplash

Top Level Domain adalah domain utama yang digunakan di website. Berikut adalah contoh-contoh Top Level Domain yang umum:

  1. Ekstensi .com

Siapa tak mengenal ekstensi .com? Ini adalah ekstensi domain paling umum dan paling populer! Ketika kamu membuat website, pasti yang terlintas pertama adalah berakhiran .com, bukan? Tidak heran jika website dengan ekstensi domain .com sangat mendunia.

  1. Ekstensi .org

Ekstensi .org digunakan oleh website organisasi seperti organisasi nirlaba ataupun lembaga swadaya masyarakat.

  1. Ekstensi .net

Bagaimana dengan ekstensi .net? Kamu biasanya menemukan ekstensi domain .net pada website yang mengelola bisnis internet ataupun jaringan telekomunikasi.

  1. Ekstensi .edu

Tentunya kamu bisa menduga, kan? Ya, ekstensi .edu merupakan akhiran untuk website edukasi atau kependidikan.

Top Level Domain juga ada antar negara, lho!

Ada beberapa domain yang hanya bisa digunakan oleh warga negara tertentu. Ini untuk membantu mengetahui lokasi utama domain tersebut tinggal. Contohnya adalah .id sebagai domain Indonesia.

Top Level Domain lain yang bisa kamu gunakan!

Walaupun top level domain di atas sudah sangat populer, kenyataannya sangat sulit untuk menemukan nama website yang tersedia. Ini karena banyak spekulan alias pihak-pihak yang membeli nama domain untuk dijual lebih mahal.

Nah tidak ada salahnya kamu mencoba Top Level Domain lain yang mulai populer. Seperti apa saja, ya?

  1. .tech

Startup adalah bisnis teknologi yang semakin berkembang belakangan ini. Tentunya sejalan dengan kebutuhan nama website yang semakin meningkat karena sebuah usaha tentu membutuhkan website.

Jika nama startup atau usaha teknologi kamu tidak mendapatkan nama yang sesuai di TLD umum, maka kamu bisa mencoba ekstensi domain .tech! Selain lebih fancy, kamu juga bisa tampak selangkah lebih maju dan menunjukkan inisiasi millenials yang anti-mainstream!

  1. .site

Jika kamu memiliki website profesional atau kamu ingin memiliki portofolio dari profesi kamu, maka kamu bisa mencoba ekstensi domain .site. Selain tampak profesional, .site juga dianggap sebagai domain terbaru sehingga tampak berkesan up to date!

  1. .store

Merupakan pemilik bisnis atau usaha online? Nggak ada salahnya coba .store untuk domain kamu. Jelas sekali menegakkan eksistensi kalau bisnis kamu adalah bisnis online, bukan? Nggak terlihat abal-abal!

  1. .press

Merintis sebuah media baru dan ingin memukau para pembacamu? Cobalah untuk memanfaatkan domain .press! Ini adalah domain yang tergolong baru namun tidak kalah bergengsi. Dari membaca domain ini saja pengunjung sudah tahu apa ekspektasi mereka: sebuah berita berkualitas!

  1. .blog

Ekstensi domain .blog bisa digunakan untuk menunjukkan blog pribadi tetapi ingin go public dan lebih profesional. Kamu bisa menciptakan self-branding dari blog ini yang berisi tulisan-tulisan kamu dengan nama domain yang personal kamu banget! Ini sangat memungkinkan karena masih banyak slot nama di domain .blog yang bisa kamu pakai!

Sudah jelas kan apa perbedaan masing-masing ekstensi domain? Nah kabar baiknya, Jagoan Hosting sebagai layanan hosting terbaik dan server terbesar di Indonesia memiliki banyak sekali pilihan ekstensi domain. Mulai dari yang personal hingga spesifik seperti .co.id atau .ac.id! Harga bervariasi dengan layanan hosting yang prima bikin kamu nggak perlu repot cari-cari layanan hosting lagi. Kunjungi web kami untuk mulai membuat domain dari Rp 25.000 saja!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like