Apakah kamu sedang mempertimbangkan .ID sebagai pilihan ekstensi domain website? Nah, sebenarnya banyak kelebihan domain ID yang bisa kamu dapatkan lho, Sob.

Mulai dari saat pembelian, pemakaian, sampai dengan ketika status masa berlakunya habis, kamu dapat merasakan berbagai manfaatnya.

Memang, apa saja sih kelebihan domain ID tersebut? Well, selain mudah digunakan, domain .ID biasanya juga memiliki harga cukup terjangkau.

Yuk cari tahu kelebihan domain ID lainnya dalam artikel ini!

Apa Itu Domain ID?

Tahukah kamu apa itu domain ID? Yup, domain ID adalah bagian dari website yang saling berkaitan, dan menjadi salah satu bagian ccTLD (Country Code Top Level Domain).

Secara lebih lanjut, jenis domain ini umumnya digunakan untuk website yang berdomisili atau berada di Indonesia. 

Bagi orang Indonesia, ekstensi domain ini tentunya bukan hal yang baru dan sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Hingga saat ini, domain ID sudah memiliki banyak jenis yang seluruhnya dikelola oleh lembaga khusus bernama PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). 

Itulah sebabnya, domain ID hanya bisa digunakan oleh perusahaan yang terakreditasi PANDI. 

Nah sebenarnya, selain ID, ada domain .COM yang juga paling banyak ditemukan dan digunakan di Indonesia. Lantas, apa perbedaan domain ID dan COM?

Sederhananya, perbedaan domain ID dan COM dapat dilihat dari segi kepemilikannya. Yup, hak kepemilikan .COM lebih bebas karena bersifat internasional.

Hal ini tentunya berbeda dengan domain ID yang dimiliki oleh website berlokasi di Indonesia saja.

Baca juga: Ini 18 Contoh Domain Selain .com yang Harus Kamu Tahu!

Jenis-jenis Domain ID

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, domain ID ini memiliki banyak jenis, Sob. Nah agar kamu lebih paham, berikut inilah jenis-jenis domain ID. Check it out!

1. Domain .AC.ID

Pertama, ada domain .AC.ID yang merupakan singkatan dari Academy Indonesia. Perlu diketahui, domain ini tidak bisa digunakan oleh instansi sembarangan lho, Sob.

Yup, sesuai namanya, domain .AC.ID ini umumnya memang digunakan untuk website perguruan tinggi, lembaga pendidikan, atau universitas di Indonesia.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan domain .AC.ID adalah KTP, SK pendirian lembaga dari kementerian, hingga surat keterangan rektor.

Selain itu, nama domain yang didaftarkan pun harus sesuai dengan nama lembaga pendaftar, Sob.

Sebagai contoh, lembaga UNAIR, maka nama domain yang dapat digunakan yaitu unair.ac.id.

2. Domain .BIZ.ID

Selanjutnya, ada domain .BIZ.ID yang bisa kamu gunakan dengan hanya membeli dan menyelesaikan pembayarannya tanpa memerlukan syarat tertentu, Sob.

Nah karena bisa digunakan secara bebas dan tidak membutuhkan persyaratan tertentu, maka domain ini sebenarnya cocok digunakan bagi para pelaku UMKM yang ingin memamerkan karyanya melalui website.

Di samping itu, domain ini juga bisa dimanfaatkan untuk website portofolio ataupun toko online, lho.

3. Domain .CO.ID

Berikutnya, ada domain .CO.ID yang juga termasuk salah satu jenis domain ID paling populer dan banyak digunakan untuk membangun website. 

Dengan menggunakan ekstensi domain ID ini, suatu website akan dianggap lebih kredibel, karena memiliki jaminan legalitas hukum yang memadai.

4. Domain .DESA.ID

Sesuai namanya, domain .DESA.ID merupakan domain yang khusus digunakan untuk membuat website desa

Nah untuk menggunakan ekstensi domain ID ini, perangkat desa setempat perlu mendaftarkan situsnya secara langsung melalui domain.go.id yang dikelola dan diatur oleh kominfo.

5. Domain .GO.ID

Domain .GO.ID merupakan singkatan dari Government Indonesia yang digunakan oleh pemerintah Indonesia dan instansi pemerintahan sipil.

Jadi tentunya, tidak bisa sembarangan orang bisa menggunakan domain ini ya, Sob!

Baca juga: 11 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

6. Domain .ID

Kemudian, ada domain .ID yang penggunaannya lebih fleksibel daripada AC.ID ataupun .GO.ID karena kamu hanya perlu melakukan pembayaran pada penyedia hosting atau domain ini.

Selain itu, domain .ID juga cocok digunakan untuk segala jenis website, Sob. Inilah mengapa, domain .ID adalah salah satu domain yang paling banyak digunakan oleh pengembang maupun pemilik website di Indonesia. 

7. Domain .MY.ID

Domain .MY.ID adalah domain yang digunakan untuk website personal. Hal ini didapatkan dari nama MY yang merujuk pada personal atau kepemilikan.

Oleh karena itu, pengguna domain ini umumnya adalah pemilik blog atau website pribadi.

8. Domain .NET.ID

Domain .NET.ID merupakan ekstensi dari domain khusus yang melayani bidang telekomunikasi dan internet. 

Sama seperti domain AC.ID dan .GO.ID, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi suatu instansi untuk dapat menggunakan domain ini, di antaranya yaitu KTP dan Surat Izin Usaha Telekomunikasi.

9. Domain .OR.ID

Domain .OR.ID adalah jenis ekstensi dari domain ID yang digunakan khusus untuk organisasi, komunitas, lembaga, atau yayasan tertentu. 

Adapun syarat untuk menggunakan ekstensi domain .OR.ID ini adalah KTP serta surat kerja internal organisasi yang bersifat legal dan resmi.

10. Domain .PONPES.ID

Sesuai namanya, domain .PONPES.ID ini digunakan untuk website resmi pondok pesantren.

Sama seperti domain .AC.ID, untuk menggunakan domain ini, sebuah lembaga harus mengumpulkan beberapa persyaratan seperti, KTP dan  Surat Keterangan Kepala Sekolah.

Selain itu, nama domain yang diregistrasikan pun harus sama dengan nama pondok pesantren tersebut.

Sebagai contoh, pondok pesantren Al-Manar maka nama domain yang dapat digunakan yaitu almanar.ponpes.id.

Baca juga: Perbedaan Domain dan Hosting serta Fungsinya pada Website

11. Domain .SCH.ID

Kepanjangan dari ekstensi domain .SCH.ID adalah school yang dalam bahasa Indonesia berarti sekolah.

Untuk penggunannya sendiri, ekstensi domain .SCH.ID ini diperuntukkan bagi lembaga pendidikan formal seperti TK, SD, SMP, hingga SMA.

Adapun persayaratan penting dari penggunaan domain ini adalah lembaga pendidikan tersebut sudah mengantongi SKPD atau Satuan Kerja Perangkat pada masing-masing wilayah.

12. Domain .WEB.ID

Sama halnya dengan .ID, ekstensi domain .WEB.ID juga bisa digunakan untuk berbagai macam website, baik itu web pribadi maupun lembaga. 

Namun, berbeda dengan domain .ID yang tidak membutuhkan persyaratan tertentu, kamu perlu melampirkan KTP untuk dapat menggunakan .WEB.ID, Sob.

Kelebihan Domain ID

Lalu sebenarnya, apa yang membuat domain ID banyak digunakan? Apa karena memang website dengan domain ID berada di Indonesia? Wah, tentu tidak, Sob!

Yup, selain memiliki banyak jenis, domain ID juga menyimpan berbagai kelebihan, lho. Apa saja? Adapun beberapa kelebihan domain ID adalah sebagai berikut.

1. Mudah Dioptimasi

Meski hanya bisa digunakan di Indonesia, ekstensi domain ID sudah resmi diakui oleh Google. Oleh karena itu, kamu pun dapat mengoptimasinya dengan mudah, melalui webmaster tools.

Dengan kelebihan domain ID ini, tentu hal yang paling penting adalah kemudahannya untuk optimasi SEO.

Pasalnya, domain ID tentu akan banyak menggunakan kata kunci lokal yang telah disesuaikan dengan asal website, yaitu Indonesia.

2. Aman Digunakan

Mengingat domain ID hanya bisa digunakan oleh website yang telah teregistrasi oleh PANDI, tentu keamanannya sangat terjamin, Sob.

Apalagi beberapa jenis domain seperti .AC.ID, .NET.ID, dan .OR.ID pun memiliki beberapa persayaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh lembaga pengaju.

Dengan kelebihan domain ID ini, tentu apabila terjadi pelanggaran pun tentu akan ditindaklanjuti oleh PANDI, Sob.

Baca juga: Ini Bedanya Domain Email Bisnis dan Domain Email Gratis, Sob!

3. Harga Terjangkau

Kelebihan domain ID selanjutnya adalah harganya yang sangat terjangkau. Sebagai contoh, jika menggunakan domain .MY.ID, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya berlangganan mulai dari Rp12.000 dalam 1 tahun, lho!

Namun tentunya, biaya berlangganan ini akan disesuaikan kembali dengan jenis website dan domain yang kamu gunakan ya, Sob.

4. Kredibel untuk Bisnismu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kelebihan domain ID adalah sebuah website akan dianggap lebih kredibel saat menggunakannya, Sob.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa untuk menggunakannya, diperlukan sejumlah syarat administratif yang harus dipenuhi.

Jadi, penggunanya pun tidak bisa mempublikasikan konten ataupun menggunakan domain tersebut secara sembarangan. 

5. Akses Lebih Cepat

Berikutnya, mengingat domain ID hanya menggunakan server yang berada di wilayah Indonesia, maka aksesnya pun cepat dan cenderung stabil apabila dibandingkan dengan domain lain.

Selain itu, karena khusus digunakan di Indonesia, maka trafiknya juga tidak akan terlalu tinggi, sehingga dalam hal ini, kelebihan domain ID adalah load dan kecepatannya lebih stabil.

6. Menunjukkan Identitas Geografis

Kelebihan domain ID selanjutnya adalah sebuah website akan memiliki identitas geografis yang lebih spesifik.

Hal ini dikarenakan domain ID hanya digunakan untuk website yang berasal dari Indonesia, sehingga bisa digunakan sebagai identitas negara.

7. Syarat Pembeliannya Mudah

Walau harus melengkapi beberapa persyaratan administrasi, namun dokumen yang diperlukan pun sebenarnya tidak rumit dan cukup mudah. 

Kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah dokumen seperti Paspor, Akta, KTP, SIUP, Hak Paten, dan surat-surat lainnya yang berhubungan dengan bisnis milikmu.

Kemudahan pembelian inilah yang akhirnya juga menjadi salah satu kelebihan domain ID, Sob.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain, Ini Cara Ceknya

8. Banyak Kuota Nama

Tahukah kamu bahwa salah satu kelebihan domain ID adalah banyaknya kuota nama yang disediakan?

Yup, dibandingkan dengan .COM, domain ID memiliki banyak kuota nama serta kata kunci lokal yang potensial untuk mengoptimasi SEO lho, Sob.

9. Banyak Pilihan Jenis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu kelebihan domain ID adalah memiliki banyak jenis, seperti, .AC.ID, .SC.ID, .OR.ID, .WEB.ID, dan lain sebagainya.

10. Pembekuan Akun Bertahap

Kelebihan domain ID yang terakhir adalah kemampuannya dalam pembekuan akun bertahap.

Jadi, ketika masa berlaku dari domain ID sudah habis, maka website tidak akan langsung dimatikan. 

Namun sebaliknya, proses pembekuan website akan dilakukan secara bertahap, mulai dari auto renewal periode selama 35 hari, redemption period selama 30 hari, dan pending delete yang dengan jangka waktu 7 hari.

Itu tadi beberapa kelebihan domain ID yang perlu kamu tahu, Sob. Ternyata menggunakan ekstensi ini sangat menguntungkan, ya?

Nah, tertarik membeli domain ID yang murah dan mudah untuk bisnismu? Dapatkan Domain ID Murah di Jagoan Hosting sekarang! Yuk pilih jenis domain ID yang kamu mau!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like