10+ Plugin Berita WordPress Terbaik untuk Website Portal

plugin berita wordpress

Apakah kamu memiliki situs berita dan ingin membuat tampilannya terlihat lebih menarik? Kamu bisa coba memakai beberapa alat seperti plugin berita WordPress untuk memperbaiki tampilan situs website.

Pasalnya, pemanfaatan sebuah plugin berita akan membantu kamu mendapatkan tampilan website sesuai kebutuhan pengunjung. Selain itu, plugin yang ada juga sudah terintegrasi SEO untuk artikel berita.

Target dari situs berita sendiri berbeda dari situs website pada umumnya. Sehingga, pemilihan plugin yang tepat akan membantu kamu untuk mengelolanya dengan baik.

Apalagi WordPress terkenal sebagai salah satu platform yang pas untuk membuat situs berita.

Plugin Berita WordPress Terbaik

plugin wordpress untuk portal berita

Apakah kamu sedang bingung mencari plugin WordPress untuk portal berita? Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa plugin yang dapat kamu pilih baik secara gratis maupun berbayar, antara lain:

1. Simple News

simple news

Rekomendasi plugin dari WordPress yang dapat kamu gunakan untuk situs berita adalah Simple News. Jenis plugin ini cenderung ringan dan juga bersih. Bahkan, kamu juga bisa mengaksesnya tanpa biaya, loh.

Simple News menyediakan elemen dasar dengan isi judul, tanggal, gambar unggulan, kutipan, hingga tautan. Pada plugin satu ini kamu bisa mendapatkan empat ukuran gambar serta widget berbeda dengan gaya tunggal.

Pemanfaatan plugin Simple News akan membantu kamu mendapatkan serangkaian kode pendek untuk mengurutkan, mengkategorikan, serta menata berita. Jika kamu membutuhkan solusi yang lebih kompleks, cukup sisipkan CSS khusus saja. 

2. Live News

Salah satu plugin WordPress terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Live News. Live News menawarkan pembuatan situs berita dengan pemanfaatan news ticker (baris berita) tetap. Mulai dari berita terkini, siaran cuaca, dan informasi penting.

News ticker sendiri memiliki dua bagian di antaranya unggulan berwarna merah serta berita geser warna hitam. Untuk menempatkan gambar kecil sebelum dan sesudah teks, kamu bisa menambahkannya di bagian Sliding News.

Cek Konten Lainnya:
9 Plugin Instagram Wordpress Gratis Untuk Websitemu

Penggunaan Live News terdapat 46+ opsi untuk ticker. Proses perubahan warna dan tipografinya pun sangat mudah. Kamu juga bisa menyisipkan tautan serta memilih bagaimana cara membuka tab. Tentukan juga format waktu, jenis dan juga frekuensi pembaruan.

3. Aggregator WP RSS

WP RSS Aggregator

Sekarang ini peningkatan SEO mengikuti algoritma google yang cukup rumit. Apabila kamu ingin mendapatkan peringkat dengan cepat, salah satunya bisa coba dengan impor umpan RSS.

Proses impor ini menjadi fungsi dari WP RSS Aggregator. Tampilan feed RSS nya pun berlangsung secara otomatis. Aggregator WP RSS memiliki fungsi untuk membangun konten dengan jumlah tidak terbatas.

Impor dan juga menampilkan video YouTube pun dapat kamu lakukan. Kustomisasi bisa kamu sesuaikan dengan template desain situs yang diinginkan.

Tidak hanya itu, Agregator WP RSS sebagai salah satu plugin berita WordPress juga menyediakan blok Gutenberg WP RSS Aggregator bawaan. Jika sudah kamu masukkan ke halaman, maka akan muncul beberapa opsi di bagian panel kanan.

Aggregator WP RSS memang sangat baik untuk kamu gunakan di WordPress. Terlebih jika menggunakan versi berbayar (premium).

4. Latest News

Selanjutnya adalah Latest News sebagai salah satu plugin WordPress untuk menampilkan berita terbaru. Pemanfaatan plugin satu ini memungkinkan kamu untuk melakukan filter pada konten terposting di situs berita.

Plugin ini memiliki 8 tema bawaan sehingga tampilan berita terbaru akan muncul dengan berbagai gaya. Bagian paling bagus dari Latest News adalah fleksibilitasnya.

Latest News memungkinkan setiap penggunanya untuk memilih sumber berdasarkan kategori seperti postingan, halaman, ataupun jenis postingan khusus.

Kamu juga bisa filter postingan berdasarkan jenis konten, judul, tanggal, dan beberapa opsi lainnya.

5. WP News and Scrolling Widgets

wp news

WP News and Scrolling Widgets menjadi salah satu plugin WordPress gratis terbaik yang patut kamu coba. Pasalnya, WP News ini membangun arsip dan meningkatkan keterlibatan pengguna secara langsung, loh.

Tidak hanya itu, plugin juga memberikan penawaran widget berita bergulir serta thumbnail untuk menampilkan berita terkini pada situs yang kamu miliki.

Cek Konten Lainnya:
29+ Template WordPress Company Profile Perusahaan

Kelebihan dari WP News and Scrolling Widgets ini ialah memiliki kode pendek untuk menampilkan atau menyembunyikan konten berita. Hal ini sangat kompatibel sehingga dapat kamu sesuaikan dengan mudah.

6. All in One SEO

Berikutnya, ada plugin berita WordPress terbaik yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja yaitu All in One SEO. Semua fitur dan optimasi yang kamu butuhkan untuk situs berita meraih peringkat teratas Google ada di plugin satu ini.

Pemakaiannya sendiri sangat ramah dan memberikan kendali penuh dari pengguna untuk mengirimkan konten pada Google Berita. Sehingga, kamu dapat mengatur postingan, halaman, dan jenis khususnya.

plugin seo untuk web berita

Jagoan Hosting memberikan produk Website Berita Siap Pakai yang dilengkapi dengan plugin SEO Premium. Jadikan berita kamu lebih terlihat dan kuatkan posisi di halaman pertama pencarian sekarang!

7. PushEngage

Sedang mencari plugin WordPress gratis yang dapat memberitahukan pengikut situs terkait update berita bisa kamu lakukan dengan memasang PushEngage. Melalui pemanfaatan ini, kamu bisa mengirimkan pemberitahuan melalui browser secara otomatis, loh.

8. Vertical News Scroller

Ingin memudahkan administrator dalam posting artikel di WordPress bisa kamu lakukan dengan pemasangan Vertical News Scroller. Pemakaian plugin ini memungkinkan kamu untuk menambah, mengedit, hingga menghapus item berita dari situs web.

Selain itu, kamu juga bisa untuk mengatur jumlah total berita, kecepatan pengguliran berita, tinggi dan lebar, font, hingga warna.

9.  XML Sitemap and Google News

Untuk pemakaian plugin berita tingkat lanjut kamu bisa coba menggunakan XML Sitemap and Google News. Pemakaiannya dapat memberikan umpan khusus dengan fungsi secara dinamis.

Cara kerja dari XML Sitemap and Google News sangat halus dari semua jenis plugin WordPress. Selain itu, situs ini cukup kompatibel apabila ingin menggunakan plugin caching WordPress untuk membuat situs website semakin cepat.

10. Ditty

ditty plugin

Mencari plugin untuk konten WordPress yang multifungsi kamu bisa memilih Ditty. Plugin satu ini memungkinkan penggunanya untuk membuat ticker berita khusus. Kamu juga bisa menampilkan beragam jenis konten termasuk posting blog baru ataupun teks khusus.

Cek Konten Lainnya:
33+ Tema WordPress Gratis (Pilihan Terbaik) di 2024

Penyesuaian opsi bawaan serta penggunaan HTML serta CSS untuk meningkatkan gaya lebih lanjut pun bisa kamu lakukan, loh. Saat ini, Ditty hadir dengan 3 mode yaitu Mode Gulir, Mode Slide, dan Mode Daftar.

Ekstensi premium untuk proses impor berita dari Facebook juga bisa kamu lakukan seperti Twitter, RSS Feed, Instagram, Facebook, dan beberapa sumber lainnya.

11. WP Latest Post

Jenis plugin yang terhitung baru dari WordPress adalah Latest Post. Penggunaannya memungkinkan kamu untuk menyaring konten dari mulai postingan hingga halaman pada tampilan berita.

Pada WP Latest Post juga terdapat tema bawaan yang akan membantu kamu untuk menampilkan berita. Selain itu, juga terdapat animasi otomatis sehingga pemilihan item berita dilakukan secara slider.

Dapatkan Plugin Premium untuk Website Berita di Jagoan Hosting

website portal berita

Kami tahu betapa melelahkannya merancang situs berita yang optimal. Tapi, tahukah kamu bahwa dengan Jagoan Hosting, semua yang kamu butuhkan sudah tersedia?

Dapatkan akses eksklusif ke:

  • Plugin Premium yang akan meningkatkan fungsionalitas situsmu.
  • Template Berita Terbaik yang akan membuat situsmu terlihat profesional dan menarik.
  • Kecepatan Tinggi yang akan membuat pengunjung tetap di situsmu.
  • Anti Spam Filter yang akan menjaga kontenmu tetap bersih dari gangguan spam.
  • Customer Service Bersertifikasi yang selalu siap membantu kamu.
  • Sudah dipercaya di berbagai portal berita besar
buat website berita

Tidak perlu lagi berkutat dengan detail teknis yang membingungkan. Kami ada di sini untuk membantu kamu sukses di dunia berita daring, segera Buat Website Berita sekarang!

Nah, itulah beberapa pembahasan terkait plugin berita WordPress yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Keseluruhan plugin sama bagusnya dan berpotensi baik untuk perkembangan situs.

Namun, kamu tetap perlu menyaring plugin manakah yang memiliki peranan paling besar dalam perkembangan situs berita. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
SEO WordPress
Read More
SEO WordPress, Biar Website Jadi Ramai Pengunjung
Meningkatkan optimasi buat website caranya bisa banyak banget, Sob. Salah satunya dengan menulis blog. Eits, tapi bukan cuma…
Plugin Comment Wordpress - jagoanhosting.com
Read More
5 Plugin Comment WordPress Gratis untuk Websitemu
Memiliki banyak pembaca di blog / website kita tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Dengan banyaknya pembaca, tak dapat dipungkiri akan…