Cara Membuat Website Berita: Panduan & Contohnya!

membuat website berita

Di tengah menjamurnya media digital, website berita adalah salah satu platform yang digunakan banyak orang. Untuk memanfaatkan momen ini, kamu bisa lho belajar cara membuat website berita online gratis.

Yup, website berita sebetulnya tidak harus dikelola oleh perusahaan-perusahaan media besar saja yang berisikan isu-isu nasional.

Sob bisa membuat sebuah portal website yang berfokus mengulas tentang suatu topik atau bahkan wilayah tertentu, misalkan terkait topik fashion, kuliner, travel, dan lain-lain.

Tanpa perlu panjang lebar, yuk langsung saja simak cara membuat website berita hingga contohnya di artikel berikut ini!

Mengenal Website Berita

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuatnya, tahukah Sob apa itu website berita?

Secara umum, website berita adalah halaman website yang memuat informasi kejadian aktual atau terkini dalam skala nasional maupun internasional.

Adapun beberapa contoh website berita antara lain yaitu detik.com, tempo.co, kompas.com dan lain sebagainya. 

Nah biasanya, website berita memiliki beberapa kategori berita seperti keuangan, olahraga, berita internasional, politik, ekonomi, dan lain sebagainya.

Contoh Website Berita yang Bisa Jadi Inspirasi

Untuk membantumu dalam memahami pembahasan ini, berikut adalah beberapa contoh website berita yang sekaligus bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Forbes

website berita forbes

Jika sering mengikuti warta internasional, kamu pasti sudah tahu website berita Forbes.

Yup, Forbes adalah website berita yang tidak menampilkan banyak kategori dalam satu layar. Sehingga cocok buat kamu yang kurang suka melihat portal berita dengan banyak kategori. 

Forbes memilih menempatkan kategorinya berita pada samping kiri website atau hamburger menu.

Dengan penataan ini, layout Forbes terlihat simple dan minimalis, tanpa menghilangkan esensi berita yang ingin diwartakan. 

Selain itu, Forbes juga melengkapi berita-beritanya dengan headline berukuran sedang dan hero image untuk beberapa judul berita. 

Baca juga: Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

2. The New York Times

contoh website berita

The New York Times adalah website berita internasional milik Amerika Serikat dan merupakan salah satu portal warta terbesar di dunia. 

Portal berita ini cukup konsisten dengan desain vintage dengan menampilkan layout seperti koran.

Bahkan dalam penulisan beritanya, The New York Times menggunakan format hitam putih dan gambar minimalis, Sob. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Software Engineer? Tugas, Jenjang Karir & Gaji

Hal ini sejalan dengan tujuan mereka untuk menargetkan pembaca di kalangan orang dewasa yang familiar dengan visualisasi simpel dan minimalis. 

3. IDN Times

Jika sebelumnya kita sudah membahas portal warta internasional, sebenarnya, contoh website berita dalam negeri juga tak kalah bagus, Sob. Salah satunya adalah IDN Times.

Layout IDN Times cukup konsisten dengan warna yang menggambarkan visualisasi sederhana seperti hitam, putih dan merah, serta memiliki struktur yang baik dan modern.

Mereka juga melengkapi berita dengan hero image menggunakan penyajian slider agar lebih menarik. 

Uniknya lagi, IDN Times menggunakan sticky header agar pembaca dapat melakukan navigasi website lebih mudah.

Cara Membuat Website Berita

Nah kalau tertarik, sebenarnya kini sudah banyak cara membuat website berita online gratis yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis, Sob.

Salah satunya, kamu bisa membuat website berita ini dengan menggunakan CMS WordPress, lho.

Namun sebelum memulainya, pastikan kamu sudah memiliki nama domain, hosting, themes, dan plugin yang ingin digunakan ya, Sob.

Adapun penjelasan lengkap mengenai cara membuat website berita adalah sebagai berikut. Check it out!

1. Tentukan Jenis atau Topik Utama Berita

Cara membuat website berita yang paling utama tentukan jenis dan topik utama berita. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui secara spesifik topik apa yang menjadi konten website berita milikmu. 

Jadi, pastikan untuk melakukan riset kepada pembaca untuk menentukan topik apa yang akan dipilih.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa tools seperti Google Trend atau Ubersuggest untuk mendapatkan sejumlah informasi.

Nah berbicara mengenai pembaca, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, Sob.

Pastikan untuk memahami mereka dengan mengetahui bagaimana kebiasaan audiens, apa saja yang mereka sering akses, dan device apa yang sering mereka gunakan untuk mengakses berita.

Dari data tersebut, barulah kamu bisa mempertimbangkan bagaimana website berita milikmu nantinya akan dikelola.

Baca juga: Pengertian Maintenance Website, Cara, dan Tujuannya

2. Pilih Platform untuk Mengembangkan Website

Berikutnya, pilihlah platform yang sesuai untuk website berita. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan platform yang  mudah digunakan untuk website berita, yaitu WordPress. 

Platform ini cukup mudah digunakan untuk sistem manajemen konten (CMS) termasuk untuk website berita. 

CMS WordPress juga memiliki kelebihan lain antara lain yaitu lebih user friendly, harga terjangkau, dan pengelolaanya yang cukup mudah tanpa harus memiliki skill pemrograman (coding). 

3. Pilih Domain dan Hosting Terbaik

Perlu diingat, sebelum menggunakan platform WordPress, kamu perlu memiliki domain dan hosting agar website berita dapat diakses secara online. 

Lebih jelas, domain adalah alamat website yang digunakan pembaca untuk mengakses website berita seperti, www.berita.com.

Sementara, hosting berfungsi untuk menyimpan file website secara online seperti konten, artikel, gambar, tema, plugin, widget, video, dan file lainnya. 

Cek Konten Lainnya:
20+ Contoh Coding Program Python untuk Pemula dan Mahir

Nah sebenarnya, untuk mendapatkan domain murah dan hosting murah tidak sulit, Sob.

hosting untuk web berita

Dalam hal ini, Jagoan Hosting bisa jadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan Domain Murah dan Hosting untuk Portal Berita.

Tidak hanya itu, dengan layanan Website Portal Berita ini, kamu juga bisa banyak benefit seperti:

  • Template Web Berita
  • Anti Spam Filter
  • Modern Website Builder
  • Easy-to-use SEO Tools
  • Converter for Media
  • Load Time Enhancer

Cara membuat website berita dengan layanan Jagoan Hosting juga akan lebih mudah, karena ada friendly support yang siap membantu kapanpun, selama 24/7, Sob.

4. Tentukan Tema

Jika sudah memiliki domain, hosting, dan juga platform WordPress, cara membuat website berita berikutnya adalah menentukan tema. 

Kamu bisa mengaksesnya melalui dashboard admin WordPress, klik menu Appearance lalu tekan submenu Themes, kemudian cari template sesuai dengan keinginan.

Selain itu, kamu juga bisa mengunggah template website dengan menekan tombol Upload Theme. 

Pastikan untuk memilih tema yang menarik ya, Sob. Pasalnya, tema website ini cukup penting untuk membangun estetika dan fungsi website berita.

Baca juga: 10 Contoh Desain Website Keren untuk Dijadikan Inspirasi

5. Instal Plugin

Selain tema, cara membuat website berita agar lebih optimal yaitu dengan menginstal plugin.

Adapun beberapa rekomendasi plugin yang dapat kamu gunakan untuk website berita adalah:

Plugin Media Sosial

Plugin penting yang tidak boleh diabaikan adalah plugin media sosial. Dengan menggunakan plugin tersebut, kamu bisa menambahkan link profil sosial media website berita. Dengan demikian, plugin ini dapat menambah trafik ke sosial media portal berita jika ada.

Plugin Mobile

Perlu diketahui, pengguna internet Indonesia masih banyak mengakses internet melalui mobile. Sehingga, kamu juga perlu mengatur website berita agar mobile friendly dengan plugin mobile di WordPress. 

Cara membuat website berita menjadi mobile friendly ini penting karena dapat memudahkan para pembaca untuk mengakses berita secara lebih mudah melalui mobile.

Plugin SEO

Selanjutnya, jika ingin tahu bagaimana cara membuat website berita yang SEO friendly, tentu kamu harus menggunakan plugin SEO, Sob.

Yup, plugin ini dapat membantu pembaca untuk menemukan website melalui search engine dan meningkatkan trafik website berita. 

Adapun beberapa plugin yang bisa kamu gunakan, untuk meningkatkan SEO pada website berita di antaranya yaitu Yoast SEO, Broken Link Checker, Redirection, dan W3 Total Cache.

Plugin Backup

Plugin berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah plugin backup. Hal ini dilakukan sebagai cara membuat website berita agar terhindar dari kehilangan data yang dapat merugikan pemilik website maupun pelanggan. 

Plugin Keamanan

Banyaknya kejahatan di internet seperti serangan hacker, maka keamanan website adalah satu hal yang paling utama dan harus diperhatikan. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Cek Kecepatan Website dan 10 Tools Terbaiknya

Adapun salah satu cara melindungi website adalah dengan memasang plugin keamanan pada WordPress.

Dalam hal ini, banyak pilihan plugin yang menyediakan berbagai fitur keamanan mulai dari perlindungan dari serangan malware, hacker, atau brute force.

plugin untuk web berita

Kamu bisa dapatkan semua Plugin terbaik untuk website berita di platform Website Portal Berita dari Jagoan Hosting.

6. Buat Konten Berita yang Menarik

Content is a king adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan peran penting konten pada website.

Pasalnya, cara membuat website berita tidak akan sukses tanpa adanya konten yang menarik.

Selain bertujuan untuk mendapatkan pengunjung, langkah ini juga penting agar website berita milikmu bisa bersaing dengan para kompetitor.

Lantas, bagaimana cara membuat konten yang menarik? Dalam hal ini, kamu bisa memulainya denga riset kata kunci yang banyak dicari oleh calon audiens. 

Nah pada dasarnya, jika seseorang mencari sebuah kata kunci di Google, berarti mereka sedang mencari atau mengharapkan jawaban.

Jadi, pastikan konten-konten yang kamu buat dapat menjawab kebutuhan audiens ya, Sob! 

Baca juga: Tips Membuat Konten Menarik untuk Blog: Praktis untuk Semua Jenis Blog

7. Lakukan Optimasi SEO

Jika konten sudah dibuat, kamu bisa memulai untuk optimasi SEO agar website berita yang milikmu lebih mudah ditemukan di search engine seperti Google. 

Penerapan cara membuat website berita ini tidak hanya dengan memasang plugin SEO, tetapi juga melakukan optimasi SEO on page maupun SEO off page dan Google News.

Adapun beberapa contoh optimasi SEO yaitu membuat sitemap, riset kata kunci, optimasi gambar atau pun video, optimasi internal link, back link, dan lain-lain.

8. Lakukan Optimasi Kecepatan Website

Selain membuat situs menjadi mobile friendly, kecepatan website berita juga dapat meningkatkan kepuasan pengunjung lho, Sob. 

Biasanya, jika website berita membutuhkan loading yang lama, maka akan meningkatkan bounce rate dan menurunkan kepuasan dari pengunjung. 

Oleh karena itu, kamu harus melakukan optimasi kecepatan website dengan mengaktivasi caching, konfigurasi, mengelola gambar, maupun file lainnya yang tersimpan pada website.

Itu dia cara membuat website berita dan contoh-contohnya yang bisa Sob jadikan sebagai inspirasi.

Dalam membangun website, penting bagi kamu memerhatikan tema hingga kualitas konten agar dapat menyaingi portal website lainnya.

Maka dari itu, pastikan Sob telah mengikuti langkah-langkah membuat website di atas, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
kecepatan website
Read More
6 Fakta Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kecepatan Website Untuk Meningkatkan Traffic Pengunjung
Tantangan terbesar yang di hadapi oleh seorang newbie dalam hal bisnis online adalah bagaimana memiliki website menarik yang…
digitalisasi kampus
Read More
Kenali 7 Manfaat Digitalisasi Kampus untuk Pendidikan
Sebelum pandemi, beberapa kampus sudah menerapkan sistem digitalisasi untuk mempermudah keberlangsungan belajar mengajar mahasiswa dan dosen. Setelah pandemi,…