Dasar coding – Coding adalah salah satu skill professional yang sangat dibutuhkan saat ini dalam dunia kerja. Dan, belajar coding ini gak hanya kamu harus kuliah atau ikut pendidikan formal aja, Sob. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari dasar coding, alias otodidak. Penasaran kan? Kira-kira apa saja ya yang perlu kamu persiapkan untuk belajar dasar coding? Simak beberapa tipsnya berikut ini, Sob!

dasar coding
gambar dari unsplash

Pelajari konsep dasar coding

Sebelum kamu memutuskan bahasa pemrograman apa yang mau dipelajari, kamu harus memahami dulu konsep dasar yang berlaku buat semua bahasa pemrograman. Misalnya:

  • Variabel: merupakan nama yang diberikan untuk metode penyimpanan informasi pada pemrograman. memanggil variabel berarti mengambil informasi yang tersimpan di dalamnya.
  • Struktur kontrol: menentukan variabel mana yang akan digunakan berdasarkan parameter yang ada. Misalnya seperti If, then, else yang memberi tahu program langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  • Struktur data: metode menyimpan dan mengakses data di komputer.
  • Sintaks: kumpulan aturan yang menentukan tata bahasa pemrograman.
  • Alat: software yang membantu kamu coding lebih cepat.

Pilih bahasa yang tepat

Sob, ketika kamu mau pilih bahasa pemrograman yang digunakan, kamu harus pahami dulu kegunaan dari masing-masing bahasa pemrograman itu. Sebab, ada banyak bahasa yang tersedia, sehingga jangan sampai kamu salah ya dalam menggunakannya. Untuk memudahkan kamu, berikut adalah rekomendasi bagaimana memilih bahasa pemrograman yang tepat.

  • Pengembangan Front End (JavaScript, HTML, dan CSS): Hampir setiap website pasti menggunakan HTML dan CSS. Lalu JavaScript digunakan untuk meningkatkan fungsionalitas dan interaktivitas situs kamu.
  • Pengembangan Back End (Python, C#, JavaScript, dan SQL): jika kamu tertarik dalam mengelola administrasi database, maka kamu bisa memulai dengan Python untuk pemula. Untuk bahasa C#, kamu akan dikenalkan ke dalam ekosistem .NET Microsoft. Lalu, untuk manajemen database biasanya yang digunakan adalah SQL.
  • Game 2D (JavaScript atau C#): JavaScript memungkinkan kamu menggunakan aplikasi seperti Phaser atau Construct 3. Lalu untuk C#, kamu akan menggunakan Unity 2D atau MonoGame.
  • Game 3D (C# atau C++): sebenarnya ada banyak pilihan bahasa pemrograman yang bisa kamu gunakan, tapi sebaiknya kamu memulainya dengan C# barulah pelajari C++. Alasannya, kamu jadi mudah mempelajari konsep pemrograman dasar tanpa harus berurusan dulu dengan manajemen memori dan kode level yang lebih rendah.
  • Machine Learning atau Data Science (Python): meskipun opsi yang ditawarkan pun juga banyak untuk analisis data dan ML, Python saat ini menjadi standar dari kebanyak programmer di bidang ini. Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan akan memaparkan ke kamu bagaimana pemrograman yang baik itu.

Install kode editor dan praktekkan langsung

Kode editor adalah alat perang yang perlu kamu siapkan dalam mempelajari dasar coding. Software ini biasanya dilengkapi dengan lingkungan pengembangan interaktif (IDE) yang bisa membantu kamu dalam melakukan coding. Setelah itu, barulah kamu bisa praktekkan langsung dengan menulis kode, mengubah kode untuk hasil yang berbeda, dsb. Hal ini bisa loh mengasah pikiran logis kamu. Buatlah proyek kamu sendiri, dan latih setiap harinya. 

Kesalahan dalam coding adalah hal wajar kok. Untuk bisa menemukan kesalahan dalam codingan kamu, sebaiknya gunakan debugger juga ya. Aplikasi ini bisa mengoreksi kesalahan kamu, jadi kamu bisa belajar dimana saja letak kesalahannya. Pokoknya, jangan berhenti dalam mempelajari dasar coding ya, Sob.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mempelajari dasar coding. Gimana, Sob? Jadi makin semangat kan belajar coding? Coba deh, sekarang kamu pikirkan apa tujuan kamu belajar coding dan pilih bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan. Misalnya, ketika kamu lagi mau buat website, bahasa pemrogramannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. 

Sama halnya, pas kamu mau pilih hosting untuk website, harus juga disesuaikan sama kebutuhan. Nah, ada nih Sob, hosting yang resource-nya bisa kamu tentukan sendiri. Apalagi kalau bukan Mix & Match punyanya Jagoan Hosting. Hosting yang satu ini dilengkapi tools yang memudahkan para developer untuk mengembangkan website, jadi cocok banget buat kamu yang baru belajar coding.

So, good luck and happy coding, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like