Apa itu Bahasa Pemrograman? Ini 15 Contoh & Jenisnya!

bahasa pemrograman
Photo by hitesh choudhary from Pexels

Kamu tentu akan mengenal macam-macam bahasa pemrograman ketika membangun sebuah website atau aplikasi. Bagi seorang pemula, Sob mungkin bingung dalam memilih mana yang tepat untuk digunakan. Namun, sebelum lebih jauh membahas setiap jenisnya, tahukah kamu apa itu bahasa pemrograman?

Nah, kali ini Jagoan Hosting akan memberikan penjelasan lengkap mengenai pengertian, jenis, hingga berbagai contoh bahasa pemrograman. Yuk simak artikelnya!

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Apa itu Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk membuat fungsi PC atau smartphone bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, bahasa pemrograman adalah bahasa yang  juga digunakan untuk menjalankan peralatan elektronik lainnya seperti, AC hingga pembuatan robot.

Bagi seorang programmer, tentunya sebutan bahasa pemrograman adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer. 

Sama seperti halnya manusia yang membutuhkan bahasa tertentu dalam berkomunikasi dan berinteraksi, programmer pun juga memiliki bahasa pemrogramannya sendiri untuk menjalankan fungsi komputer. 

Dari analogi tersebut dapat disimpulkan bahwa sederhananya, bahasa pemrograman adalah kumpulan perintah dan instruksi milik komputer bila ada manusia yang melakukan interaksi dengannya. Selain itu, bahasa pemrograman adalah rangkaian yang memiliki maksud, arti, dan juga simbol pada fungsi tertentu.

Maksud dari fungsi-fungsi bahasa dalam pemrograman adalah berjalannya suatu situs website, menulis perintah untuk PC komputer, mengembangkan games, hingga membuat berbagai aplikasi yang kini sering kita gunakan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Jenis Bahasa Pemrograman

Jenis Bahasa Pemrograman

Dari penjelasan mengenai bahasa dalam pemrograman di atas, kamu juga perlu mengetahui jenis bahasa pemrograman atau tingkatannya. Hal ini karena bahasa pemrograman adalah istilah yang tidak langsung ada begitu saja, bahasa tersebut diciptakan dan dikembangan sesuai dengan perkembangan zaman.

Berikut ini adalah tingkatan bahasa pemrograman yang sudah di rangkum oleh Jagoan Hosting:

Cek Konten Lainnya:
11+ Niche Blog Terbaik yang Ramai Visitor di 2024

1. Tingkat Rendah (low level language)

Jenis bahasa pemrograman pada tingkat paling rendah adalah bahasa mesin. Bahasa ini lah yang di gunakan pertama kali untuk membuat sistem digital.

Ini merupakan Bahasa tingkat rendah memiliki angka biner yaitu, angka 0 dan angka 1. Bahasa ini juga disebut dengan bahasa komputer asli karena memiliki bahasa mesin paling rendah.

2. Tingkat Tinggi (high level language)

Bahasa tingkat ini biasanya menggunakan bahasa yang sering di gunakan manusia, dan juga menggunakan bahasa instruksi dengan Bahasa Inggris seperti, print, if, atau case.

Instruksi yang menggunakan Bahasa Inggris ini biasanya justru membuat programmer mudah untuk menemukan kesalahan saat melakukan programming seperti, error, bug, dan debug.

Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu HTML, SQL, CSS, Phyton, Java, C++, C+, JavaScript, Visual Basic, Delphi, dan Turbo Pascal.

Cloud VPS

Baca juga: Kenali PWA (Progressive Web App) agar Website Lebih Cepat

Contoh Bahasa Pemrograman

bahasa pemrograman
Photo by olia danilevich from Pexels

Ada macam-macam bahasa pemrograman yang wajib di pelajari oleh programmer maupun web developer. Nah, contoh bahasa pemrograman adalah sebagai berikut:

1. Python

Python termasuk ke dalam bahasa di level tinggi dari macam-macam bahasa pemrograman lainnya. Hal ini karena kamu bisa mengembangkan dan membuat aplikasi dengan berbagai fungsi menggunakan Python. Python juga bisa di pelajari dengan mudah bagi pemula atau siapapun yang mengembangkan aplikasi.

2. Java

Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa dalam pemrograman yang memiliki karakter lebih versatile. Java ini mendukung semua perangkat, dari mulai PC hingga smartphone. Selain itu, Java juga mudah di pelajari oleh pengguna baru, sudah banyak contoh-contoh aplikasi di smartphone yang menggunakan bahasa Java.

3. JavaScript

Awalnya, Javascript merupakan bahasa yang di kembangkan khusus untuk website. Hal ini karena Javascript mulai di kembangkan di tahun 1994 saat internet dan website sedang berkembang. Sehingga, Javascript sekarang menjadi bahasa dalam pemrograman yang mampu membuat website menjadi menarik dan interaktif.

4. C#

C# adalah bahasa dalam pemrograman yang menggabungkan prinsip C dan C++ dan di kembangkan oleh Microsoft. Bahasa ini banyak di gunakan untuk video game dan juga platform Windows yang berjalan pada platform .NET. Kelebihan C# adalah fleksibel, powerful, dan mudah di gunakan oleh programmer.

Cek Konten Lainnya:
Plan Poker: Bantu Mengestimasi Item Product backlog Saat Planning Meeting

5. PHP

Yang paling terkenal dari berbagai contoh bahasa pemrograman adalah PHP. PHP juga menjadi salah satu bahasa yang sering di gunakan pada website. Contohnya, PHP di gunakan pada Content Management System (CMS) seperti, WordPress dan Joomla. PHP ini juga di gunakan oleh social media terkenal seperti Facebook. 

Baca Juga: Pengertian PHP, Fungsi, Syntax dan Contoh Penulisan

6. C

C juga sering di sebut dengan bapak bahasa dari bahasa pemrograman komputer lainnya. Bahasa C ini memiliki kelebihan salah satunya adalah struktur data yang terstruktur, sehingga mudah di kembangkan oleh pengguna. Namun, C juga memiliki kekurangan di mana tidak jarang terjadi kebingungan karena banyaknya fleksibilitas penulisan dan operator.

7. R

R adalah bahasa yang berbasis interpreter, jadi eksekusi atau pengaplikasian fungsinya di tulis dengan bahasa R terutama aplikasi/fungsi yang membutuhkan program code yang panjang dan membutuhkan waktu yang relatif lama.

8. Objective-C

Objective-C ini adalah bahasa pemrograman yang di gunakan oleh Apple untuk mengembangkan sistem operasi OS X dan iOS serta di gunakan untuk mengembangkan API Apple. Namun, tidak hanya Apple yang menggunakannya. Android juga menggunakan bahasa ini untuk mengembangkan sistem operasinya.

9. Swift

Sama seperti Objective-C, Swift juga di gunakan sebagai bahasa pengembang Mac, iOS dan menjadi platform utama Apple. Swift ini memang di rancang sebagai hubungan macam-macam bahasa lainnya yaitu, Objective-C. Kelebihan dari Swift adalah memiliki manajemen memori yang bagus dan menjamin programmer tidak akan khawatir tentang manajemen memori.

10. Matlab

Bahasa pemrograman Matlab adalah bahasa pemrograman yang di gunakan untuk menganalisa komputasi numerik. Matlab sering di gunakan dalam mengembangkan website, dan kebanyakan bahasa komputer Matlab menggunakan bahasa di bidang Matematika dan Statistika.

11. TypeScript

Bahasa pemrograman Typescript memiliki karakter tambahan fitur strong-typing dan konsep pemrograman OOP klasik (class, interface). Typescript juga di sebut sebagai super set dari JavaScript. Hal ini karena Typescript di bangun berdasarkan bahasa JavaScript.

Cek Konten Lainnya:
Yuk Lebih Dekat dengan PHP Web Framework Laravel

12. VBA

VBA di gunakan oleh Microsoft Office untuk mendesain dan membangun program visual basic. Kelebihan dari VBA adalah memiliki kemampuan handling yang baik, berorientasi objek, dan mengusung konsep single inheritance. Siapapun bisa menggunakannya dalam pengembangan. Bahkan VBA mampu menghapus informasi pada memori yang sudah tidak terpakai.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Captcha, Jenis, dan Fungsinya pada Website

13. Ruby

Ruby merupakan bahasa yang memiliki struktur sintaks sederhana. Banyak developer website menggunakan Ruby, dan membuat Ruby menjadi salah satu bahasa komputer yang populer dan banyak di minati.

14. Scala

Scala adalah bahasa pemrograman yang memiliki komputasi data berbasis klaster. Perusahaan seperti, Twitter, Linkedin, dan Netflix menggunakan scala untuk mengembangkan aplikasinya.

15. Script

Script ini di buat berdasarkan ECMAScript yang juga biasanya di gunakan untuk mengembangkan website atau software berbasis Adobe Flash Player. Saat ini Script tengah melakukan pembaruan bahasa, di mana yang paling terakhir adalah Action Script 3.0, yang juga terkenal di programmer Indonesia dan di gunakan untuk melakukan coding.

Dari macam-macam bahasa pemrograman di atas, mana yang paling sesuai dengan target project kamu? Tambahkan di kolom komentar artikel di bawah ini ya, Sob! 

Buat kamu yang masih bingung setelah membaca macam-macam bahasa pemrograman di atas kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut, bagaimana cara belajar pemrograman web dari Jagoan Hosting

Setelah mempelajari bahasa pemrograman, khususnya jika kamu kini sedang mengembangkan website, Jagoan Hosting hadir untuk membantu project kamu dengan produk hosting murah atau VPS murah dengan performa mumpuni.

Kamu bisa bikin websitemu semakin keren dan profesional. Dengan unlimited hosting kamu bisa mendapatkan hosting murah yang tersedia dari berbagai paket mulai Rp9.000/bulan. Kamu juga dapat Gratis Domain 1 Tahun serta premium fitur lainnya secara gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
membuat website dengan google sites
Read More
Tutorial Membuat Website dengan Google Sites, Simak Caranya!
Memahami cara membuat website dengan Google Sites sangat diperlukan. Apalagi, jika kamu ingin membuat situs web gratis yang…
wix vs squarespace
Read More
Perbedaan WiX vs Squarespace, Pilih yang Mana?
Bingung memilih website builder yang cocok dengan tema konten dan tujuan kamu? Berikut ini perbandingan WiX vs Squarespace…