Apa itu Blogger? Fungsi, Penghasilan dan Bedanya dengan Blog

blogger adalah

Blogger adalah istilah yang bisa merujuk pada dua konotasi yang berbeda. Pertama, blogger sebagai platform dan blogger sebagai profesi. Keduanya tentu berbeda dan kamu harus bisa membedakan keduanya. 

Di Indonesia, penggunaan blogger juga terbilang sangat masif dan profesi blogger banyak diminati. Meski begitu, nyatanya masih cukup banyak orang yang belum memahami apa itu blogger. Baik sebagai platform ataupun profesi. 

Padahal, memiliki sedikit pemahaman tentang keduanya sangatlah bermanfaat. Terutama, bila kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis secara daring.

Nah, di artikel ini kamu bisa belajar lebih jauh seputar blogger. Yuk, simak informasinya sampai akhir ya, Sob! 

Apa itu Blogger? 

Pada dasarnya, blogger.com merupakan situs untuk membuat blog gratis. Hal ini selaras dengan pengertian yang ada di Arimetrics.com. 

Blogger.com is an online blog creation service created by Pyra Labs in 1998 and acquired by Google in 2003. Jadi, pada awalnya pencipta blogger.com adalah Pyra Labs dan kemudian Google ambil alih. 

Keberadaan blogger.com menjadi jawaban atas kebutuhan pengguna internet yang ingin mempublikasikan konten tanpa harus paham mengenai coding ataupun programming. 

Di dunia maya, kehadiran blogger memiliki manfaat yang lebih besar karena tidak hanya menjadi sarana publikasi konten semata. Akan tetapi, blogger menjadi sebuah jurnal online atau seperti diary yang bisa kamu isi sesuka hati. 

Konten yang ada di blogger.com pun bisa sangat beragam dan bervariasi. Kamu bisa mengisinya dengan teks, video, gambar, animasi, dan lain sebagainya. Selain itu, blogger pun memiliki variasi tampilan yang sangat beragam. 

Kamu bisa mengotak atik tampilan blog tergantung dari kebutuhan dan fungsi blog. Meski begitu, dalam implementasinya ada struktur blog yang standar dan banyak digunakan, yaitu:

  • Header
  • Main Blog
  • Navigation Bar 
  • Sidebar 
  • Footer 

Fungsi Blogger 

fungsi blogger

Fungsi utama blogger yakni sebagai platform atau media untuk berbagi informasi. Selain itu, masih ada banyak fungsi yang blogger miliki. Inilah berbagai fungsi tersebut:

1. Media Branding dan Berjualan 

Saat ini, manfaat blogger sudah lebih dari sekedar tempat sharing informasi saja. Lebih jauh blogger.com bisa menjadi media untuk melakukan branding yang terbilang efektif dan media untuk berjualan. Mengapa?

Sebab, blogger bisa menjangkau lebih banyak target konsumen dengan lebih cepat, efisien, dan irit biaya. Kamu bisa mengisi blog dengan banyak informasi terkait produk sekaligus sebagai tempat untuk transaksi. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Pasang Google Analytics di Wordpress bagi Pemula

2. Tempat untuk Membangun Komunitas 

Fungsi lain dari blogger adalah sebagai tempat untuk membangun komunitas tertentu. Ketika membuat konten kamu bisa mendapatkan feedback atau komentar dari pembaca yang juga tertarik dan memiliki preferensi sama dengan kamu. 

Nah, dari interaksi inilah kamu bisa membangun sebuah komunitas dengan minat yang sama. Apalagi jika jumlah traffic atau pengunjung blog besar, maka semakin besar pula komunitas yang terbangun.

3. Portofolio 

Jika kamu adalah pekerja profesional yang bergerak di bidang kreatif, maka bikin web portofolio adalah suatu keharusan. Dari portofolio inilah calon klien bisa melihat dan mendapatkan gambaran seperti apa hasil pekerjaan yang kamu lakukan. 

Cukup isi blog dengan berbagai karya dan hasil pekerjaan terbaik yang kamu miliki. Selain itu, berikan juga informasi mengenai data diri seperti pengalaman dan keahlian agar calon klien bisa semakin yakin dengan kapabilitas mu. 

Keunggulan Blogger sebagai Platform Blog 

keunggulan blogger

Popularitas blogger.com di seluruh dunia memang sangat besar dan masif. Hal ini tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang ia miliki dan membedakannya dengan berbagai platform lain. Inilah berbagai keunggulan blogger:

1. Free! 

Keunggulan utama yang membuat platform blogger.com unggul daripada lainnya adalah soal biaya. Platform lain memang ada juga yang menawarkan layanan gratis, hanya saja fiturnya terbatas. Hal ini tidak akan kamu alami di blogger. 

Pasalnya, seluruh fitur yang ada di blogger bisa kamu gunakan semuanya tanpa hambatan dengan gratis. Selain itu, tidak ada batas waktu layanan gratis ini jadi kamu bisa menggunakannya selamanya tanpa perlu pusing biaya. 

Jika kamu ingin menggunakan custom domain selain blogspot pun bisa, agar blog yang kamu kelola lebih kredibel dan terpercaya. Untuk custom domain blog kamu, bisa langsung cek domain dari Jagoan Hosting.

Baca juga: Cara Migrasi Blogger Blogspot Ke WordPress

2. Penggunaannya yang Mudah 

Kelebihan lain dari blogger adalah cara penggunaannya yang mudah dan tergolong tidak rumit. Blogger sangat cocok untuk pemula yang baru terjun ke dunia blogging. User interface yang ada sangat rapi dan mudah untuk kamu pahami. 

Tidak hanya itu, proses membuat blog pun tergolong sangat mudah. Kamu bahkan bisa membuatnya hanya menggunakan satu buah email saja. 

3. Kaya Fitur 

Meski gratis, blogger tetap memiliki banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten dengan menarik. Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan di blogger adalah: 

  • Widget
  • Earning Tabs 
  • Template Designer
  • Blogger Buzz
  • Stats Tab
  • Team Blogging
  • Blogging by Phone. 

4. Bisa untuk Monetisasi 

Kamu pun bisa memasang Google AdSense di blog jika ingin mendapatkan penghasilan atau monetisasi dari Google. Agar penghasilannya banyak, maka pastikan kamu bisa mendapatkan traffic dalam jumlah yang besar. 

Cek Konten Lainnya:
Beda PHP vs JavaScript, Mana yang terbaik?

5. Bisa Bersaing di Search Engine 

Terakhir, meski blogger yaitu platform yang gratis, nyatanya blogger tetap bisa bersaing di peringkat search engine. Pasalnya, Google Search Console memiliki dukungan pada blogger. 

Jadi kamu bisa mengoptimalkan SEO blog dan mendapatkan ranking teratas  di mesin pencarian. 

Mengenal Profesi Blogger dan Penghasilannya 

Jika sebelumnya kamu sudah mengenal blogger sebagai platform, kamu pun perlu mengenal blogger sebagai sebuah profesi. Pengertian blogger adalah seseorang yang mengelola blog dan aktif menulis di platform blog. 

A blogger generates engaging, relevant and original content for websites. They research different topics – sometimes within the same industry, sometimes not – and develop posts that appeal to a company’s (or their own) target audience. 

Seperti yang dilansir dari Freelancermap.com, blogger akan menghasilkan konten yang menarik, original, dan relevan untuk sebuah blog. Mereka akan meneliti topik yang berbeda-beda dan menulisnya dengan baik agar bisa menarik target audiens. 

Profesi sebagai blogger mulai populer pada tahun 2000-an. Untuk menjadi seorang blogger, kamu membutuhkan kemampuan untuk menulis dan membuatnya sebagai sebuah konten yang menarik. 

Lantas, berapa penghasilan blogger? Penghasilan blogger yaitu dari monetisasi iklan Google AdSense. Nah, biasanya blogger bisa mendapatkan 1 USD setiap ada 1000 pengunjung atau visitor blog. 

Semakin tinggi jumlah pengunjung, maka semakin besar pula peluang penghasilan yang kamu peroleh. Umumnya blogger yang sudah memiliki traffic tinggi dan konsisten bisa meraih penghasilan 5 sampai 10 juta rupiah per bulan. 

Cara Jadi Blogger

cara jadi blogger

Jika tertarik untuk menjadi blogger, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Inilah cara menjadi blogger pemula:

1. Tentukan Tujuan dan Buat Blog 

Pertama, tentukan tujuan membuat blog terlebih dahulu. Apakah untuk membagi informasi, sharing, sebagai diary, sebagai tempat promosi, sebagai portofolio, atau lainnya. Kemudian, cari niche atau topik konten yang memang ingin kamu tekuni.

Misalnya apakah tentang kesehatan, teknologi, berita, gaya hidup, fashion, ekonomi, atau lainnya. Jika sudah menentukan tujuan dan memilih niche blog, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat platform blog. 

Untuk membuat blogger caranya sangat mudah. Pertama, silahkan login ke blogger dengan menggunakan akun Gmail. Kemudian klik menu blog baru dan masukkan nama blog yang ingin kamu buat. 

Jika sudah, pilih URL atau alamat blog yang kamu inginkan dan klik simpan. Blog pun sudah jadi dan kamu siap untuk mengisinya dengan konten. 

hosting untuk blog

Agar performa blog mu jadi maksimal, kamu perlu menggunakan hosting dengan performa tinggi. Di Hosting Murah dari Jagoan Hosting siap mengonlinekan blogmu yang pakai platform blogger dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Mendesain Tampilan dan Layout 

Setelah blog selesai dibuat, mulai desain tampilan dan layout blog sesuai keinginan. Blogger.com memiliki beberapa tema atau template yang bisa kamu gunakan. Cukup pilih salah satu desain tersebut dan terapkan pada blog. 

Cek Konten Lainnya:
Ini 9+ Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional

Jangan lupa juga untuk mengatur beberapa elemen dan komponen pendukung lain yang ada di blog. Seperti widget, sidebar, konten, header, dan lain sebagainya. Tampilan blog sangat penting untuk menarik minat pengunjung dan pembaca. 

Oleh karena itu, pastikan kamu membuatnya semenarik mungkin. 

3. Buat Konten 

Kemudian mulai isi blog dengan konten yang original, berkualitas, dan bagus untuk mendatangkan pengunjung atau traffic. Agar konten berkualitas, kamu harus mau mencari topik yang bagus dan kemampuan menulis yang tinggi. 

4. Bangun Hubungan dengan Blogger Lain 

Agar blog yang kamu miliki semakin berkembang, kamu bisa bekerja sama dengan blogger lain. Kolaborasi ini bisa bermanfaat untuk mempelajari ilmu baru dan memperluas network. 

5. Konsisten 

Terakhir, pastikan kamu konsisten dalam membangun blog. Pasalnya, blogger bukanlah profesi yang bisa langsung kamu dapatkan hasilnya. Pertumbuhan traffic harus kamu usahakan secara bertahap dan konsisten. 

Agar bisa konsisten, kamu bisa membuat jadwal upload konten yang rutin. Dengan mengikuti jadwal tersebut, nantinya kamu bisa memiliki konsistensi upload blog yang baik. 

Perbedaan Blogger dan Blog 

Ada istilah yang sering disalah pahami oleh banyak orang, yaitu blogger, blog, dan blogging. Ketiganya adalah hal yang jelas berbeda. Blog merujuk pada halaman pribadi atau website yang memiliki konten. 

Konten ini bisa berupa gambar, artikel, video, hingga audio. Blogger yaitu orang yang membuat, memiliki, atau mengelola blog. Sementara itu, blogging adalah aktivitas atau kegiatan blogger ketika mengelola dan membuat konten di blog. 

Itulah informasi mengenai blogger yang bisa kamu pahami. Pada dasarnya, blogger adalah istilah yang bisa merujuk pada dua hal, yaitu platform dan profesi. Jadi, apakah kamu tertarik juga untuk menjadi seorang blogger?

FAQ 

1. Blogger kerjanya apa?

Pekerjaan blogger adalah membuat dan mengelola konten di blog secara konsisten. Konten ini bisa berupa teks atau artikel, video, gambar, ataupun audio. 

2. Apakah perbedaan blog dan blogger?

Blog adalah platform atau halaman pribadi atau website yang memiliki konten yang berupa gambar, artikel, video, hingga audio. Sementara itu, blogger adalah orang yang membuat, memiliki, atau mengelola blog. 

3. Apa perbedaan blogger dan youtuber?

Umumnya blogger adalah orang yang membuat konten berupa tulisan seperti artikel di platform blog. Sementara itu, Youtuber adalah orang yang membuat konten berupa video dan kemudian mempublikasikannya di aplikasi Youtube. 

4. Bagaimana cara menjadi seorang blogger?

Ada beberapa cara menjadi seorang blogger, yaitu: 

  • Tentukan Tujuan dan Buat Blog 
  • Mendesain Tampilan dan Layout  
  • Buat Konten
  • Bangun Hubungan dengan Blogger Lain  
  • Konsisten
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tahapan membuat website
Read More
6 Tahapan Membuat Website Lengkap untuk Pemula, Tanpa Ribet!
Saat ini, penggunaan website semakin dibutuhkan banyak orang. Jika kamu termasuk yang memerlukannya, memahami tahapan membuat website menjadi…
mongodb adalah
Read More
Apa itu MongoDB? Keunggulan, dan Cara Install di Windows
Bagi kamu yang tertarik untuk terjun dalam dunia pemrograman dan juga pengolahan data, pernahkah mendengar tentang apa itu…