Cari tutorial

Cara Migrasi Blogger Ke WordPress

Halo Sob! Kalian Pasti sangat familiar kan dengan Blogger, nah Blogger sendiri merupakan platform blogging yang mudah digunakan untuk memulai blog pertama kamu. Fitur yang ramah pengguna berikut kemudahan menambahkan konten membuat Blogger berhasil mejaring banyak pelanggan. Akan tetapi, bagi sebagian pengguna, fitur yang ditawarkan Blogger saja tidak cukup. Banyak dari mereka yang kemudian melakukan migrasi Blogger ke WordPress.

Berikut ini merupakan kelebihan WordPress Sob!

  • Display
    Blogspot memiliki theme dan wallpaper terbatas. WordPress memiliki ribuan theme serta beragam widget untuk membuat website kamu semakin menarik.
  • Kontrol Website
    Apabila kamu menggunakan website WordPress Hosting, kamu dapat lebih leluasa dalam melakukan pengaturan website. kamu dapat menetapkan apapun yang kamu inginkan.
  • Pengelolaan Mudah
    Pada dasarnya, WordPress memiliki kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola website melalui dashboard Admin Area yang telah disediakan.
  • Plugin dengan Berbagai Fitur Tambahan
    Jika kamu menggunakan WordPress, kamu akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun dengan plugin. Misalkan kamu ingin memperbaiki keamanan WordPress atau membuat website dengan builder. Semuanya dapat dengan mudah kamu lakukan.
  • Akses Website Lebih Cepat
    Seluruh file HTML Blogspot terdapat dalam satu tempat. Sedangkan pada WordPress terdapat di berbagai file database. Sehingga ketika  akses akan lebih cepat, file tertentu yang dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa load seluruh file HTML.

Bagaimana Cara Memindahkan Tanpa Merusak Ranking Google?

Tentu akan sangat disayangkan apabila kamu kehilangan peringkat teratas Google hanya karena memutuskan untuk migrasi ke WordPress. Padahal, sebenarnya kamu tidak perlu k

atir. Berikut kami rangkum panduan mudah cara migrasi Blogger ke WordPress untuk kamu


STEP 1 : Hosting WordPress untuk Website Kamu

kamu memerlukan hosting WordPress untuk menampung data website kamu. Pertama, pilihlah layanan hosting yang menyediakan layanan hosting Indonesia terbaik seperti Niagahoster. kamu juga perlu menyiapkan nama domain untuk blog WordPress baru kamu. Setelah kamu mengaktifkan hosting, instal WordPress di hosting melalui cPanel. Jika kamu belum mengetahui cara instal WordPress silakan ikuti panduan berikut ini.


STEP 2 : Export Data Blogger

Sebelum kamu migrasi  blogger ke WordPress baru. Ambil seluruh data Blogger kamu dan backup ke komputer dengan formal XML.

STEP 3 : Masuk ke admin Blogger > Setelan > Lainnya.


STEP 4 : Pada menu Impor & cadangan klik tombol Cadangkan Konten.


STEP 5 : Setelahnya akan muncul kotak dialog seperti berikut ini. Klik Simpan ke komputer untuk melanjutkan. Data kamu akan terunduh pada komputer/laptop dengan format XML.


STEP 6 : Import Blogger Ke WordPress

Setelah download data Blogger berhasil, silakan beralih ke WordPress kamu. Pastikan domain dan hosting kamu aktif dan telah terinstal WordPress.


STEP 7 : Masuk ke wpadmin area kemudian klik Tools > Import. Kemudian pilih Blogger. Kemudian Pilih Install Now di dashboard WordPress kamu.


STEP 8 : Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. kamu memerlukan plugin Blogger Importer untuk memindahkan file XML kamu ke website WordPress.


STEP 9 :Kemudian Aktifkan Plugin yang telah terinstall sebelumnya ya Sob!


STEP 10 : Setelah itu masuk pada menu Tools > Import dan jalankan Blogger Importer dengan klik Run Importer


STEP 11 : Jika aktivasi plugin telah kamu lakukan, selanjutnya unggah file XML yang sudah kamu unduh di komputer.


STEP 12 : Kemudian akan muncul informasi Author dari File XML Blogger yang telah diimport, setelah itu klik Submit untuk import ya Sob!


Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

 

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!