Cari Tutorial Yang Anda Butuhkan Disini

Segala tutorial cara hosting dan tentang website ada disini

Tutorial install Aplikasi atau CMS dari Softacolous

Tutorial install Aplikasi atau CMS dari Softacolous

Softaculous merupakan salah satu fitur auto-installer yang disediakan oleh JagoanHosting maupun Beon. Saat ini softaculous mendukung instalasi lebih dari 250 CMS. Melakukan instalasi menggunakan Softaculous sangatlah mudah. Secara garis besar, hanya dibutuhkan 2 (dua) langkah saja untuk melakukan instalasi sebuah CMS. 

Berikut akan di jelaskan tutorial install Aplikasi atau CMS dari Softacolous. Apabila anda ingin install Aplikasi atau CMS dari Softacolous dari cpanel bisa mengikuti langkah seperti yang ada di dalam panduan di bawah ini :


Step 1 : Login ke halaman cPanel. Anda bisa Login ke cpanel layanan anda dengan menggunakan link namadomain/cpanel atau bisa dari member area caranya anda login terlebih dahulu lalu masuk ke menu service, jika sudah pilih layanannya dan bagian bawah akan ada pilihan login to cpanel, pilih menu tersebut. Saat masuk ke halaman login ke cpanel masukkan data username dan password yang valid lalu klik log in. Setelah login ke cPanel, klik menu Softaculous yang berada dalam kategori “Software/Services”.


install Aplikasi Softacolous


Step 2 : Kemudian muncul halaman Menu Utama Softaculous. Untuk menginstall CMS, klik logo CMS tersebut yang ada di halaman utama Softaculous.

Sebagai contoh apabila ingin menginstall wordpress maka klik wordpress


install Aplikasi Softacolous


Step 3 : Kemudian muncul halaman overview instalasi CMS. Di halaman ini kita dapat melakukan pengecekkan apakah space hosting yang kita miliki masih cukup atau tidak untuk melakukan instalasi CMS. Pengecekan space hosting ini bisa dilihat di kolom “Space required”. Dimana “Available Space” harus lebih besar daripada “Required Space”. Untuk melanjutkan instalasi, klik menu “Install”.


install Aplikasi Softacolous


Step 4 : Halaman berikutnya adalah halaman untuk setting instalasi CMS. Kolom yang diberi tanda panah merah adalah kolom yang harus kita sesuaikan isiannya. Pertama adalah kolom “Choose Domain”, untuk kolom ini, isiannya tidak perlu dirubah apabila kita hendak melakukan instalasi di domain utama. Namun apabila kita hendak melakukan instalasi di subdomain atau addon, kita dapat melakukan penyesuaian dengan mengklik “tanda panah hitam” dan memilih di domain/subdomain manakah kita hendak melakukan instalasi.


install Aplikasi Softacolous


Kemudian isi kolom lainnya sesuai dengan kebutuhan, Setelah semua isian benar, klik “Install” untuk melakukan instalasi CMS.


install Aplikasi Softacolous


Step 5 : Kemudian kita akan dibawa menuju halaman “progress bar” instalasi. Tunggu sampai proses instalasi benar-benar selesai hingga indikator penuh dan menunjukkan angka 100%.


install Aplikasi Softacolous


Step 6 : Setelah progress bar penuh dan menunjukkan angka 100%, Softaculous akan membawa kita ke halaman Post-instalatian Overview. Klik “Return to Overview” untuk kembali ke halaman utama Softaculous.


install Aplikasi Softacolous


Demikian dari kami mengenai Tutorial install Aplikasi atau CMS dari Softacolous. Jika Anda membutuhkan bantuan lain terkait dengan Tips Hosting atau bantuan lain nya, silahkan langsung mengunjungi halaman Tips Hosting kami di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia. Tutorial ini akan selalu kami update setiap hari. Jika ada bagian dari tutorial kami yang tidak Anda temukan di halaman tersebut, maka silahkan langsung anda sampaikan melalui box comment di bawah ini. Dan semoga nantinya tutorial yang anda masukkan ke dalam box comment bisa secepatnya kami tampilkan di Halaman tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi halaman kami. Semoga tutorial ini bermanfaat dan bisa anda gunakan sewaktu – waktu saat anda membutuhkannya.


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?

Leave a Comment