30+ Contoh Blog Pribadi, Pendidikan & Makanan yang Menarik

contoh blog

Kalau kamu punya hobi nulis dan tidak tahu harus menuangkannya ke mana, maka membangun blog adalah solusinya. Ada banyak contoh blog yang berisikan hobi atau latar belakang dari masing-masing pemiliknya. 

Contohnya saja ada blog pribadi, blog pendidikan, blog makanan, dan ada juga yang menuangkan banyak ulasan menarik dalam blog bisnis milik mereka. Tidak hanya buat menuangkan pikiran dan berkarya saja. 

Blog seakan menjadi teman baik yang tidak bisa dipisahkan. Saking jatuh cintanya dengan blog, beberapa penulis bahkan sengaja membawa noted kemana-mana agar bisa mencatat poin penting yang terlintas di kepala. 

Kehadiran blog yang mereka miliki pun bisa menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup menjanjikan. Apalagi jika jumlah pengunjung semakin bertambah dari waktu ke waktu. 

Nah, bagi yang baru mau belajar membuat blog, silakan cek beberapa contoh blog inspiratif dalam artikel ini. 

Contoh Blog Pribadi Inspiratif dan Menarik 

Demi membuat blog milikmu sendiri dengan yang sesuai dengan hobi dan minatmu, kamu bisa cek sejumlah referensi dari beberapa blog milik orang lain yang sudah cukup terkenal. Berikut ini contohnya: 

The Naked Traveler

contoh blog traveler

Pertama adalah blog The Naked Traveler. Blog kenamaan ini adalah contoh yang cukup terkenal karena punya kisah perjalanan ke luar negeri tapi dengan budget yang minim. 

Bahkan bisa dibilang blog ini adalah travel blogger pertama di Indonesia. Awalnya ia hanya menulis catatan dalam setiap perjalanan. Trinity, pemiliknya sudah mulai membagikan kisah lewat blog pada tahun 2005. 

Sejak saat itu, banyak yang suka dengan kisah perjalanannya dan mampu menginspirasi banyak orang lewat tulisan-tulisannya. Blog ini pun berhasil membawa keberuntungan saat Trinity menerbitkan tulisan-tulisannya jadi buku. 

Ini dapat menjadi salah satu contoh blog yang menarik untuk kamu yang suka jalan-jalan. Cek blognya pada https://naked-traveler.com/.

Taylor Vowell

contoh blog pribadi

Contoh website blog pribadi inspiratif lainnya adalah situs milik Taylor Vowel. Melalui blog ini, kamu bisa belajar mengenai cara mengenalkan diri sembari menunjukkan pengalaman profesional. 

Kamu bisa mulai dengan pengalaman ringkas tentang kehidupan pribadimu melalui blog pribadi tersebut. Tentu harus menulisnya dengan menarik karena pembaca akan segera tertarik jika kehidupan pribadimu diringkas dengan unik. 

Pada bagian bawah halaman, Taylor Vowell meletakkan pengalamannya. Kamu pun bisa menemukan keahliannya dalam dunia pemasaran, desain produk, juga teknologi melalui situs ini. 

Jika ingin tahu contoh blog ini lebih lanjut, silakan cek https://taylorvowell.com/. Dijamin pengen bikin blog sendiri, deh!

Gary Sheng

Contoh blog WordPress selanjutnya adalah website pribadi milik Gary Sheng. Blog miliknya berisikan informasi riwayat pendidikan, project, juga pengalaman kerja yang pernah ia kerjakan. Kamu bisa menjadikannya sebagai inspirasi. 

Gary bisa menunjukkan keterampilan software engineering juga web development secara baik lewat desain websitenya. Kalau ingin membuat website pribadi yang simpel, bisa cek blog milik Gary Sheng di https://www.garysheng.com/. 

Anak Jajan

contoh blog pribadi

Dengan membaca nama blognya saja, kamu pasti sudah tahu kalau blog satu ini isinya seputar makanan juga wisata kuliner. Food blog ini milik Marius dan Veronica. Mereka berhasil meraih banyak penghargaan, loh!

Cek Konten Lainnya:
6 Fakta Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kecepatan Website Untuk Meningkatkan Traffic Pengunjung

Melalui blog-nya, mereka membagikan banyak hal menarik pada setiap kedai makanan yang telah mereka kunjungi. Isi kontennya pun sangat lengkap. Misalnya ada Rekomendasi Tempat Makanan, Kategori Tipe Makanan, Lokasi, dan lainnya.

Ini bisa jadi contoh blog pribadi tentang hobi yang apik buat yang suka jajan. Menariknya lagi, terdapat tambahan widget Google Translate yang bisa menerjemahkan blog ke berbagai bahasa! Cek https://anakjajan.com/ biar tahu!

Agus Mulyadi

Blog milik Agus Mulyadi ini juga cukup menarik untuk dibahas. Mengenai blognya, ada banyak kisah keseharian juga esai ringan yang ia terbitkan. Kerennya lagi, blog miliknya terdaftar dalam 25 blog terbaik di Indonesia versi PanduanIM.com. 

Selain itu menjadi salah satu dari 20 blog paling berpengaruh di Indonesia versi Klikmania.net. Serta masih memiliki beberapa penghargaan lain yang menjadikannya cukup menarik untuk jadi inspirasi. 

Contoh blog milik Mas Agus Mulyadi ini bisa jadi contoh dalam hal gaya penulisan. Bisa dibilang gaya penulisannya cukup unik dan tidak hanya berisi hal-hal besar melainkan berisi hal biasa dari kehidupannya sehari-hari. 

Ingin tahu blognya? Langsung cek https://www.agusmulyadi.web.id/. 

Kevin Anggara

Mulai karir di blog tahun 2011, sampai saat ini Kevin Anggara masih punya blog yang bisa jadi referensi. Banyak hal yang bisa kamu dapat di sini seperti kegiatan sehari-hari, catatan perjalanan, dan lainnya. 

Kevin Anggara mampu menuangkan kemampuan menulis dengan sangat baik sehingga tulisannya ringan dan mudah dibaca. Tapi isinya nggak cuma bercanda aja, ada yang bernada serius juga, loh! Cek https://www.kevinanggara.com/ biar tahu!

Iwan Banaran

Salah satu blog pribadi dengan niche otomotif dapat kamu cek ke blog milik Iwan Banaran. Dari segi penampilan, isinya sangat padat dengan iklan. Tapi tidak heran karena kontennya memang sangat berkualitas. 

Buat penggemar otomotif khususnya roda dua, maka blog ini bisa jadi opsi terbaik untuk portal informasi terkini. Iwan pun seolah tidak pernah kehabisan ide untuk mengembangkan kontennya. Bisa kamu cek di https://www.iwanbanaran.com/. 

Fall for DIY

contoh blog pribadi

Ingin membuat barang-barang unik sendiri? Fall for DIY adalah jawaban yang tepat. Francesca berhasil menghias blog pribadi dan menjadikannya cukup menarik untuk kamu kunjungi. 

Tampilan contoh blog ini bersih dan fresh. Banyak hal seputar DIY dan kerajinan tangan dari bahan yang sebelumnya tak terpakai. Ada banyak kategori mulai dari hiasan interior, hiasan pesta, fashion, dan peralatan kantor di sini!

Contoh Blog Pendidikan

Nah bagi yang punya latar belakang profesi di dunia pendidikan atau punya ketertarikan di sana, website atau situs ini mungkin bisa jadi inspirasi. Berikut ini contohnya: 

Kelas Pintar

contoh blog pendidikan

Blog pendidikan milikmu bisa jauh lebih baik jika kamu cek Kelas Pintar. Di sini ada banyak layanan juga konten edukatif untuk siswa, guru, serta para orangtua di Indonesia. 

Blognya berisikan banyak artikel informatif juga inspiratif mengenai dunia pendidikan. Kamu pun bisa menjumpai banyak artikel dengan topik penting seperti strategi belajar, cara menghadapi ujian, juga perkembangan pendidikan di Indonesia. 

Ainamulyana.blogspot.com

Masih punya domain non-TLD tapi situs pendidikan ini udah punya banyak pengunjung. Blog satu ini punya judul Pendidikan Kewarganegaraan serta jargon AINA.

Tidak hanya memuat Pendidikan Kewarganegaraan saja. Tapi juga ada banyak peraturan-peraturan di sekolah yang terbaru dalam blog ini. Langsung cek saja https://ainamulyana.blogspot.com, ya!

GuruSD

contoh blog pendidikan - guru sd

Sama dengan nama yang mereka gunakan, website GuruSD memang cocok buat kamu kunjungi kalau ingin membangun website milikmu sendiri. Ini cocok juga dikunjungi siapapun yang ada di dunia pendidikan tingkat dasar. 

Artikel-artikel yang tersaji dalam blog ini bisa kami katakan cukup menarik. Misalnya pembahasan contoh soal, tips mengajar, sampai dengan kabar terbaru di dunia pendidikan. 

Cek Konten Lainnya:
Laravel Scheduler: Cara Menjalankan Cron Job Task Scheduling

Contoh Blog Makanan

contoh blog makanan

Jika ingin mengambil langkah menjadi seorang food blogger, tentu website yang kamu bangun harus melihat beberapa referensinya lebih dulu. Nah, sebagai inspirasi coba deh cek beberapa contoh ini: 

MyFunFoodiary

Selanjutnya untuk inspirasi situs yang isinya banyak informasi tentang makanan enak dan unik adalah MyFunFoodiary. Situs ini sudah ada sejak Juli 2012. Walaupun bukan pekerjaan utamanya, pemiliknya selalu rutin mengunggah konten. 

Di sini ada banyak referensi tempat makan di Jakarta dan beberapa kota lain. Setiap hari blog ini berhasil mencapai 21.000 page view loh!

Lulaby Spoon

Pemiliknya adalah Cindy Lulaby yang memang terkenal sebagai salah satu food blogger. Saat membuat konten, ia dibantu oleh June yang merupakan partner-nya. Tidak hanya review aja, di sini lengkap menyediakan harga dan jam bukanya. 

Dengan begitu, Lulaby Spoon bisa menyediakan informasi yang lengkap buat para pembaca. Setiap pembaca pun akan terbantu karena bisa menyesuaikan budget serta waktu mereka. 

Eat and Treats

Kami pun merekomendasikan Eat and Treats adalah salah satu contoh lain yang kami sarankan. 

Sampai sekarang, blog ini sudah memperoleh 200.000 page views loh! Kalau penasaran lebih jauh, silakan cek Instagram @eatandtreats buat foto makanan penutup dan dessert. 

Tinysalt.studio

contoh blog makanan

Selanjutnya ada Tinysalt.studio yang merupakan situs dengan niche makanan yang tampilannya elegan. Di sini ada banyak resep yang menarik untuk dicoba. 

HeyTheresia

Konten yang tersedia dalam blog ini seputar makanan juga resep makanan. HeyTheresia bisa jadi pilihan kalau banyak yang kehabisan ide buat menghidangkan makanan di rumah. Utamanya untuk sajian Indonesia. 

Minimalist Baker

Contoh situs makanan yang cukup menarik lainnya adalah Minimalist Baker. Di sini ada konten masakan sederhana dan cocok buat foodie yang ogah dengan resep rumit. 

Konten yang tersaji pun biasanya terdiri dari resep yang hanya punya 10 bahan, porsinya 1 mangkuk, dan hanya butuh waktu masak kurang lebih 30 menitan aja!

Contoh Blog Bisnis

Punya ketertarikan menulis tentang bisnis? Kamu juga bisa kok membuat website dan blog yang memberikan inspirasi bisnis, tips, trik, dan analisis mendalam mengenai suatu bisnis. Buat contohnya cek sini: 

Blog Bisnis Jagoan Hosting

contoh blog bisnis

Contoh blog bisnis yang pertama adalah Blog dari Jagoan Hosting. Selain membahas tentang teknologi, blog Jagoan Hosting juga punya kategori bisnis yang membahas seputar tips dan strategi bisnis.

Max Manroe

Kalau kamu punya rencana buka bisnis, maka coba aja lihat situs Max Manroe. Di dalamnya ada banyak ide usaha juga bisnis online. Kalau masalahnya pada modal, di sana ada artikel bisnis modal kecil yang bisa kamu jangkau.  

Majoo.id

Ingin mewujudkan mimpimu berwirausaha? Bisa lebih mudah kalau cek Majoo.id. Majoo punya banyak konten misalnya tren bisnis, tips, edukasi, kisah sukses, dan lainnya. Kategorinya pun beragam. Langsung cek aja kalau penasaran!

Strategi Manajemen

Demi pengelolaan bisnis yang lebih baik, maka Strategi Manajemen bisa menjadi website untuk mendapatkan informasi tentang pengelolaannya. Ada banyak konten seperti strategi bisnis, entrepreneurship, juga yang lainnya. 

Juragan Cipir

Contoh blog selanjutnya adalah Juragan Cipir. Di sini ada banyak ide, tips, juga referensi usaha utamanya bisnis online. Ada juga forum diskusi untuk mendapatkan lebih banyak ilmu buat mengembangkan usahamu. 

Waralabaku

Selanjutnya ada blog yang juga kami sarankan sebagai inspirasi. Namanya Waralabaku. Website ini bisa bantu kamu yang ingin mendalami tentang usaha franchise atau waralaba. 

FnB Preneur

Kami juga menyarankan kamu untuk cek FnB Preneur. Di sini mereka lebih fokus terhadap bisnis makanan juga minuman. Mulai dari makanan dari negara lain, makanan sehat, juga makanan yang tengah tren saat ini. 

Cermati

contoh blog bisnis

Ingin tahu informasi tentang keuangan, bisnis, juga investasi? Website Cermati memang bisa jadi pilihan. Sebenarnya perusahaan yang punya web ini menawarkan jasa teknologi keuangan. Tapi mereka bisa membangun website yang menarik. 

Cek Konten Lainnya:
10 Plugin Ongkos Kirim Terbaik dan Gratis untuk Toko Online

Alona

Memulai bisnis bisa kok dengan modal kecil. Biar tahu caranya, mending cek website Alona. Di sini ada banyak inspirasi buat kamu yang ingin memulai usaha, terutama usaha online. Rico Huang adalah pemilik dari website ini!

Contoh Blog Fashion

contoh blog fashion

Nah kalau ini bakal sangat membantu para fashionista. Banyak loh orang yang sangat concern dalam dunia fashion mendedikasikan pengetahuannya pada blog mereka. Berikut ini contoh blog yang cocok untuk pecinta fashion: 

Guy Overboard

Pemiliknya adalah Riccardo Onorato. Guy Overboard ini menjadi salah satu blog mode buat pria yang berukuran plus dan fokus pada positivitas tubuh. Ada juga kategori ‘Budaya’ yang membuat pembaca bisa punya pengetahuan lebih luas lagi!

Manuella Vitulli

Berasal dari Viaggio, Manuella Vitulli berhasil membangun blog inspirasional buat semua pecinta fashion. Sebagai seorang penulis lepas, ia mencari banyak inspirasi fashion dan menuangkan idenya ke dalam websitenya sendiri. 

Inthefrow

contoh blog fashion

Situs Inthefrow atau Front Row juga menjadi salah satu contoh situs yang bermanfaat bagi para fashionista. Pemiliknya Victoria Magrath yang menjadi pemenang dari banyak penghargaan serta memiliki gelar PhD. Modis. 

Ape to Gentleman

contoh blog fashion

Menghadirkan gaya abadi pada mode juga gaya hidup kontemporer, Chris Beastall membangun Ape to Gentleman. Bagi para pria yang ingin memahami tren fashion dan berbagai tips dan triknya, website ini sangat cocok dikunjungi. 

Zoella

Diluncurkan pada tahun 2009, Zoella merupakan blog fashion milik Zoe Sugg. Blog ini awalnya sekadar dibangun untuk mendukung hobinya. Tapi sekarang mereka sudah punya kantor sendiri dan sudah ada tim yang terus menyampaikan berita fashion. 

The Blonde Salad

Situs ini bisa dibilang sebagai salah satu contoh blog jualan online karena setelah empat tahun membangun blognya, Chiara Ferragni yang menjadi pemiliknya mengembangkan merek pribadi sendiri untuk menjual pakaian, alas kaki, dan aksesori.

Cek website di: https://www.theblondesalad.com/en/. 

Gabi Gregg- OG Fat Girl

Siapa bilang cantik tidak bisa dimiliki oleh wanita plus size. Gabi Gregg berusaha menunjukkan hal tersebut dengan menciptakan blog ini. 

Blog ini tidak hanya menginspirasi Gabi untuk tampil lebih percaya diri dengan tubuhnya. Namun, secara tidak langsung juga membantu wanita plus size lainnya untuk tampil fashionable meskipun size pakaiannya tidak sama seperti supermodel langsing.

Cek website di :https://gabifresh.com . 

Bikin Blog di Jagoan Hosting

wordpress blog

Itulah kumpulan contoh blog yang bisa jadikan inspirasi buat kamu yang ingin bikin blog. Kamu bisa miliki blog pribadimu dengan mulai cek domain agar blogmu lebih profesional.

Setelah domainmu tersedia, kamu bisa langsung beli Hosting Murah di Jagoan Hosting yang sangat cocok untuk website Blog yang disupport tema dan plugin premium.

FAQ

1. Blog isinya apa saja?

Bisa berbagai topik mulai dari topik otomotif, review, artikel tutorial, resep masakan, traveling, fitness, fashion, kesehatan, dan banyak lagi. 

2. Gimana cara membuat blog?

Membuat Blog Bisa menggunakan platform blog seperti Blogger, WordPress, Wix, Serendipity, Pyro, dan banyak lagi. 

3. Blog gratis apa saja?

Contoh blog gratis yang bisa kamu coba adalah WordPress, Medium, Tumblr, Wattpad, Wix, Blogger, Penzu, dan Webs. 

4. Blog itu buat apa?

Fungsi dari blog yakni buat mewadahi ide juga konten dari penulis juga pengelola blog. 

5. Apa keuntungan dari membuat blog?

Adapun manfaat dari blogging bisa menyalurkan kreativitas, personal branding, membuat online presence, serta bisa memperoleh penghasilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
algoritma pemrograman
Read More
Apa itu Algoritma Pemrograman? Fungsi, Cara Kerja & Contohnya
Tampaknya, sudah menjadi rahasia umum jika industri teknologi sedang berkembang dengan pesat-pesatnya hingga hari ini. Oleh karena itu,…
Korean Drama Start-Up
Read More
Fakta Menarik Drama Start-Up: Ternyata Pakai Agile Juga, Sob!
Kamu lagi ngikutin drama Start-up? Ayo, Ngacung! Kamu Tim Han Ji Pyeong atau Nam Do San nih, Sob?…