12+ Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Buat Pemula

cara bisnis online

Di era yang semakin maju, bisnis online adalah salah satu usaha potensial dan memiliki banyak keuntungan. Akan tetapi, meski terlihat mudah cara bisnis online tergolong tricky karena persaingannya yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, kalau kamu tertarik untuk menggeluti bisnis ini ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Hal ini bertujuan agar bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan lancar dan tidak sampai gulung tikar karena tidak bisa memenangkan persaingan.

Persaingan dalam bisnis merupakan hal biasa. Namun, bersaing tanpa memiliki rencana akan membuat usaha kamu mudah gulung tikar. 

Lantas, bagaimana cara memulai bisnis online dari nol untuk para pemula itu? Yuk, simak langkah lengkapnya berikut ini ya Sob! 

Apa itu Bisnis Online? 

“Online business is any kind of business activity that happens over the internet. Running an online business can include buying and selling online or providing an online service.” 

Seperti yang ada di website Market Business News, bisnis online adalah segala kegiatan atau transaksi bisnis yang terjadi di internet. Kegiatan ini bisa mencakup jual beli secara online atau menyediakan jasa secara online. 

Kehadiran bisnis online saat ini tidak hanya memudahkan bagi para pembeli saja. Lebih dari itu, penjual bisa sangat terbantu dengan transaksi yang cepat, praktis, dan mudah lewat internet. 

Inilah yang kemudian membuat bisnis ini sangat cocok untuk pemula yang ingin memiliki sebuah usaha sendiri. Umumnya, ada beberapa jenis bisnis online yang berbeda tergantung platform yang digunakan, yaitu: 

  • Bisnis online via website 
  • Bisnis online via media sosial 
  • dan bisnis online via marketplace

Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga bisa kamu pilih sesuai preferensi.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Online

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menjalankan bisnis online. Diantaranya adalah: 

1. Modal dan Biaya Operasional Terjangkau 

Ketika menjalankan bisnis online, kamu akan cenderung membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Pasalnya, tidak akan ada biaya untuk menyewa atau membangun tempat usaha baru karena bisa memanfaatkan rumah. 

Selain itu, biaya operasional bisnis ini pun tergolong lebih murah daripada bisnis secara offline. Hal ini sejalan dengan yang ada di Entrepreneur.com. 

One of the biggest reasons entrepreneurs and small-business owners start online businesses is the minimal startup costs and the overall low operating costs. 

2. Marketing Fleksibel 

Keuntungan bisnis online selanjutnya adalah proses marketing atau pemasarannya yang lebih fleksibel dan variatif. Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa memanfaatkan banyak media yang ada di internet agar produk atau jasa laris dipasaran. 

Cloud VPS
Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Growth Hacking? Ini 10+ Strateginya

3. Konsumen Luas 

Karena memanfaatkan internet, jangkauan konsumen pun bisa lebih luas. Baik itu dalam atau luar negeri semua bisa melihat bisnismu dengan mudah. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa bisnis online semakin banyak peminatnya. 

10+ Cara Bisnis Online untuk Pemula 

cara bisnis online

Dengan berbagai keunggulan yang ada, memang bisnis online semakin hari semakin banyak peminatnya. Nah, jika kamu tertarik untuk memulainya juga, inilah beberapa cara bisnis online selengkapnya:

1. Tentukan Produk atau Jasa

Cara bisnis online pertama adala mulai dengan menentukan produk atau jasa apa yang ingin kamu jual di internet. Apakah ingin menjual makanan, minuman, baju, skincare, peralatan olahraga, atau lain sebagainya. 

Langkah pertama ini sangat penting agar kamu bisa menentukan dan memiliki gambaran seperti apa bisnis yang ingin kamu jalankan. Jika kesulitan menentukan bisnis apa yang ingin kamu jalankan, maka mulailah dari masalah atau hobi. 

Coba cari tahu permasalahan yang sedang banyak masyarakat alami kemudian cari ide untuk memecahkannya. Dengan menyediakan produk atau jasa yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, biasanya bisnis akan lebih mudah untuk laris. 

2. Business Plan

Setelah menentukan bisnis, maka kamu bisa mulai untuk membuat rancangan bisnis atau business plan. Untuk pemula sebaiknya buatlah rancangan yang sederhana dan tidak terlalu rumit terlebih dahulu. 

Keberadaan rencana bisnis bisa sangat membantu untuk menjadi pedoman jalannya bisnis. Isi business plan tidak perlu terlalu rumit untuk pemula, beberapa komponen yang harus ada di dalamnya adalah:

  • Deskripsi bisnis
  • Produk atau jasa 
  • Analisis pasar dan kompetitor 
  • Logistik 
  • Rencana produksi 
  • dan rencana keuangan. 

3. Melakukan Riset Pasar dan Kompetitor 

Sembari membuat business plan, cara memulai bisnis online lainnya yang tidak kalah penting adalah melakukan riset pasar dan kompetitor. Lewat riset pasar kamu bisa melihat seperti apa pasar bisnis yang akan nantinya kamu masuki. 

Selain itu, ini juga membantu untuk melihat seperti apa pesaing yang memiliki jasa atau produk sejenis. Coba analisis apa kelebihan dan kekurangan mereka. Dari data inilah kamu bisa menyusun strategi terbaik untuk mengalahkan mereka. 

4. Menentukan Target Pasar atau Konsumen 

Selain melakukan riset, hal lain yang penting adalah menentukan target pasar. Target pasar adalah sekelompok orang yang akan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Untuk menentukan target konsumen ini kamu bisa memulainya dengan menggunakan data demografi ataupun psikografi. Seperti contohnya gender, usia, gaya hidup, pekerjaan, status sosial, minat, pendapatan, dan lain sebagainya. 

5. Pilih Platform yang Tepat 

Platform yang tepat adalah salah satu cara bisnis online yang sangat penting dan tidak boleh kamu abaikan. Untuk bisnis online, ada banyak sekali platform yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan seperti membuat website, e-commerce, atau media sosial. 

Setiap platform ini memiliki banyak sekali kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baik dari segi cara penggunaan, fitur, maupun biaya. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan preferensi. 

6. Memaksimalkan Fitur dan Penggunaan Platform 

Setelah memilih platform, maka hal lain yang perlu kamu lakukan adalah memaksimalkan penggunaan dan fitur yang ada di platform tersebut. Hal ini penting agar proses jualan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Marketplace? Jenis, Contoh, Bedanya dari E-commerce

Optimasi ini bisa kamu lakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan memanfaatkan gambar, video, harga, deskripsi produk, rating, dan komentar. Berbagai fitur ini adalah jembatanmu untuk bisa berkomunikasi dan meraih hati konsumen. 

Semakin baik optimasi yang kamu lakukan, semakin besar pula kepercayaan mereka dengan bisnis yang kamu miliki. Alhasil, penjualan pun bisa meningkat. 

7. Membangun Reputasi Bisnis 

Reputasi bisnis berperan besar untuk meyakinkan pelanggan terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun reputasi bisnis yang baik. 

Reputasi ini bisa kamu maksimalkan dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, meraih prestasi di bisnis seperti penjualan yang besar, atau dengan memperhatikan informasi bisnis online dengan baik di internet. 

Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan feedback berupa review dan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Jika hasil feedback adalah positif, artinya bisnis sudah berjalan dengan baik dan bisa meyakinkan pelanggan lainnya.

domain untuk bisnis

Salah satu langkah meningkatkan reputasi bisnis adalah dengan membuat website. Segera miliki websitemu dengan mulai Cek Domain seperti .com atau pakai Domain ID Murah dari Jagoan Hosting untuk tingkatkan reputasi bisnis pakai website.

8. Email Marketing

Cara bisnis online pemula selanjutnya adalah membuat email marketing. Email marketing adalah salah satu langkah pemasaran yang bisa berdampak baik untuk penjualan bisnis. 

Lewat email marketing konsumen bisa mendapatkan update terbaru dari bisnismu. Baik itu berupa diskon, informasi, promosi, atau penawaran menarik lainnya. Dari sinilah pelanggan bisa senantiasa terhubung dengan bisnismu. 

email untuk bisnis

Keperluan email marketing akan berjalan maksimal jika kamu pakai nama email dengan nama bisnismu sendiri. Misalnya [email protected] akan lebih meyakinkan ketika kamu akan melakukan kegiatan email marketing.

Dapatkan Email Hosting Murah dari Jagoan Hosting agar campaign email marketingmu berjalan maksimal!

9. Buat Website Toko Online

Karena usahamu menggunakan platform digital, cobalah pertimbangkan untuk membuat website toko online, Sob.

Sebab dengan memilikinya, kamu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, menjangkau pasar secara lebih luas, mudah ditemukan di internet, dan lebih hemat. Tentu ini bisa menjadi salah satu cara memulai bisnis online yang bagus.

website bisnis online

Kemudian, pastikan untuk menggunakan hosting terbaik untuk mendukung performa toko online milikmu lebih maksimal, Sob.

Nah, penasaran apa layanan hosting berkualitas dengan harga terjangkau? Jangan khawatir, layanan Cloud Hosting Terbaik dari Jagoan Hosting bisa jadi solusi terbaik untukmu. Yuk cek penawarannya sekarang!

10. Promosi dengan Gencar 

Promosi adalah cara bisnis online lain yang sangat penting dan tidak bisa kamu abaikan. Sebab, seberapa efektif promosi yang kamu lakukan akan sangat berpengaruh pada penjualan dan perkembangan  bisnis. 

Media promosi yang saat ini sedang naik daun adalah media sosial dan Google Ads. Dari kedua media ini kamu bisa mendapatkan calon konsumen dengan jauh lebih efektif, cepat, dan efisien. 

11. Patuhi Regulasi dalam Berbisnis 

Hal lain yang harus kamu perhatikan ketika menjalankan bisnis online adalah soal regulasi atau izin edar produk. Hal ini sangat penting terutama jika kamu menjual produk seperti makanan, kosmetik, skincare, hingga obat-obatan. 

Regulasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa produk yang kamu tawarkan kepada pelanggan memang aman dan tidak berbahaya. Beberapa izin yang harus kamu penuhi adalah seperti label halal dari MUI dan label aman dari BPOM. 

Cek Konten Lainnya:
Google AdSense: Cara Daftar & Syarat agar Diterima

12. Bentuk dan Jaga Loyalitas Pelanggan 

Cara bisnis online lain yang perlu kamu lakukan adalah dengan membentuk dan menjaga loyalitas pelanggan. Tidak hanya konsumen baru saja, pelanggan lama adalah kunci dari bisnis yang sukses dan senantiasa berkembang. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga loyalitas mereka. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah seperti menawarkan produk baru, mengirimkan kupon diskon atau voucher, dan memberikan layanan pelanggan yang baik. 

13. Konsisten dan Fokus 

Terakhir, agar cara bisnis online sukses serta bisa senantiasa berkembang, jangan pernah lepaskan konsistensi dan fokus. Konsistensi dan fokus akan sangat berguna untuk mempertahankan bisnis di tengah persaingan. 

Karena seperti yang kamu tahu, persaingan bisnis online memang semakin besar setiap harinya. Jika kamu tidak memiliki fokus, konsistensi, dan kerja keras akan sulit untuk bisa memenangkan persaingan tersebut. 

Penutup 

Itulah berbagai cara bisnis online untuk seorang pemula yang bisa kamu simak. Pada dasarnya, bisnis online sudah menjelma menjadi sebuah usaha yang sangat menguntungkan saat ini dengan fleksibilitas dan berbagai kemudahannya. 

Akan tetapi, persaingan di dalam bisnis ini pun semakin besar setiap harinya. Artinya, jika ingin memenangkan persaingan kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk membuat bisnismu menjadi yang terbaik. 

Bikin Website untuk Bisnis Online

Agar bisnismu bisa bersaing lebih baik dari para kompetitor, kamu perlu punya banyak platform bisnis agar semua channel marketing bisnismu bisa ditemukan oleh semua pelangganmu.

Salah satu channel marketing yang bisa dimanfaatkan adalah dengan website yang bisa menggunakan strategi SEO dan Ads.

website untuk bisnis online

Kamu bisa pilih Jagoan Hosting untuk onlinekan bisnis pakai website dengan dukungan performa tinggi. Segera pakai Hosting Terbaik yang dibuat khusus untuk bisnis prioritas dengan layanan eksklusif yang sudah dipercaya 30.000 bisnis.

Dengan inovasi, kreativitas, dan keras kamu bisa memiliki bisnis online yang sukses dan memiliki penjualan yang tinggi. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berbisnis online juga?

Frequently Asked Question (FAQ) 

1. Apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis online?

Ada banyak hal yang diperlukan untuk memulai bisnis online, hal tersebut adalah ide bisnis, platform untuk berjualan, business plan, riset pasar dan kompetitor, target konsumen, promosi, regulasi bisnis, hingga menjaga loyalitas pelanggan. 

2. Apa keuntungan dari bisnis online?

Bisnis online memberikan keuntungan bagi para pelakunya. Seperti modal dan biaya operasional yang terjangkau, fleksibilitas dalam pemasaran, serta jangkauan konsumen yang lebih luas. 

Inilah yang mendorong banyak pengusaha dan pemilik usaha kecil untuk terjun ke dunia bisnis online yang semakin populer. Artinya, persaingan di dalam bisnis ini pun juga menjadi semakin tinggi setiap harinya. 

3. Apa saja jenis bisnis online?

Umumnya, ada sejumlah jenis bisnis online yang berbeda tergantung platform yang digunakan, yaitu: 

  • Bisnis online via website 
  • Bisnis online via media sosial 
  • dan bisnis online via marketplace. 

Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga bisa kamu pilih sesuai preferensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Kamu Belum Memulai Bisnis Online? Tenang, Ini Waktumu!
Dalam 20 tahun terakhir banyak orang yang menggunakan internet sudah mengubah pola piker mereka dalam membeli dan menjual…
strategi bisnis era digital
Read More
Tips Menyusun Strategi Bisnis di Era Digital dengan Website
Dalam era percepatan teknologi, pelaku usaha wajib memiliki strategi bisnis di era digital. Ini menjadi hal yang krusial…