Merancang Strategi Pemasaran Produk untuk UMKM

strategi pemasaran produk umkm

Terlepas konten dapat kamu kemas dalam berbagai bentuk tapi tidak dapat disangkal kalau yang berbentuk video kemungkinan besar akan lebih disukai. Ini benar adanya sesuai survei dari hubspot yang menyatakan 72% konsumen memang menyukai konten promosi yang berformat video. 

Maka dari itulah sedikit banya kamu harus mulai memakai video marketing untuk semakin mempertajam strategi pemasaran produk UMKM yang kamu lakukan.

Strategi Marketing UMKM dengan Video

Namun supaya potensi dari video untuk promosi lebih maksimal ada beberapa strategi yang perlu kamu tahu: 

Pastikan Kamu Sudah Tahu Tujuan dari Konten Video yang Dibuat

Sebagaimana perancangan konten pada umumnya, dalam membuat video pun kamu juga harus paham apa tujuannya. Kalau kamu sudah tahu apa tujuannya maka akan lebih mudah menantinya dalam menentukan isi kontennya akan seperti apa.

Bagi kamu yang masih awam kemungkinan akan berpikir kalau tujuan bukankan sudah pasti promosi agar konsumen mau beli?

Tidak salah tapi kalau isi kontenmu seperti itu-itu saja akan membuat audiens jadi sebal dan mereka bisa jadi akan langsung mengacuhkanmu begitu saja.

Masih ada tujuan lain dalam pembuatan konten video, tidak hanya hard selling dengan menawarkan produk secara terang-terangan. 

Masih ada tujuan yang disebut soft selling yaitu kamu memperkenalkan diri kepada audiens dengan lebih elegan. Misalnya lewat konten-konten edukatif maupun konten yang menghibur, tidak ada unsur komersial sama sekali.   

Cek Konten Lainnya:
Ajak Seluruh Stakeholder, Jagoan Hosting Adakan House Warming

Menentukan Target Audiens yang Cocok

Mau sebagus apapun kamu membuat konten tapi kalau tidak cocok dengan target konsumennya maka sampai kapanpun tidak akan membuat mereka tertarik.

Oleh karenanya penting sekali dalam merumuskan strategi pemasaran produk UMKM pada video marketing sekalipun, kamu juga paham siapa target audiensmu. 

Cara termudah meriset audiens mana yang paling tepat adalah lewat membandingkan dengan kompetitor yang bergerak di bidang yang sama. Lihat bagaimana perilaku audiens yang berinteraksi di situ lalu coba jabarkan secara tertulis karakteristik mereka. 

Buat Alur Cerita Dengan Jelas

Tidak mengherankan kalau konten video lebih disukai karena yang ada di sini tersedia paket lengkap mulai dari audio, visual, dan tulisan. Namun juga karena hal itulah, video menjadi lebih komplek untuk kamu buat dalam strategi pemasaran produk UMKM.

Pertimbangkan Budget 

Kamu mungkin memiliki idealisme untuk membuat konten video yang sekeren mungkin agar audiens terpukau, Tapi tunggu dulu, apakah budget yang kamu punya sekarang sudah mencukupi untuk itu?

Jangan memaksakan diri kalau belum mampu karena nanti akan lebih banyak memberikan dampak buruk kepada bisnismu. 

Strategi UMKM dengan Website Marketing

Dengan adanya website, UMKM dapat menjangkau pelanggan potensial dari seluruh dunia.

Namun, membuat website marketing tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar website dapat berfungsi dengan baik dan menarik minat pelanggan. Pertama, website harus memiliki tampilan yang menarik dan mudah dinavigasi.

Pelanggan harus dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus berlama-lama mencarinya.

Kedua, website harus memiliki konten yang berkualitas. Konten yang menarik dan bermanfaat akan membuat pelanggan tertarik untuk kembali ke website dan membeli produk yang ditawarkan.

Cek Konten Lainnya:
Update Tren Teknologi dan Talent Digital Bareng Komunitas

Konten juga harus dioptimalkan untuk mesin pencari agar website dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Ketahui Lebih Banyak Strategi Marketing untuk UMKM

Ingat bahwa strategi pemasaran produk UMKM yang dibahas di sini tujuannya untuk perkembangan usaha ke arah yang lebih baik secara bertahap. Justru terburu-buru akan membuatnya layu sebelum berkembang. 

Materi di atas yang dijelaskan baru sebagian kecil saja. Kalau kamu mau tahu lebih dalam lagi soal strategi pemasaran produk UMKM, tidak usah khawatir.

Jagoan Hosting ada event keren yang bertajuk UMKM Merdeka yang akan memberikanmu materi yang isinya daging semua, dibawakan oleh tutor yang tidak kalah kerennya.

Yuk join webinar UMKM Merdeka vol. 2 bareng Tugujatim.id dan Beon Intermedia!

Kita bakal bahas strategi pemasaran yang lagi trending nih, seperti pemanfaatan sosial media, website marketing, dan konten video.

Kita juga bakal ditemenin sama speaker keren,

Mayang Lestari dari Beon Intermedia,

Hilga Damayanti UI/UX Designer, dan

Imam Ghozali Videografer.

Acaranya bakal digelar Jumat, 8 September 2023 jam 3 sampai 5 sore WIB via zoom meeting.

Yang pasti acaranya GRATIS! Jangan sampai ketinggalan ya, siapa tau bisa dapet insight baru buat usaha kamu.

Yuk, daftarkan dirimu lewat link berikut ini:

Bit.ly/MerdekaUMKM02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
sukuran jagoan hosting
Read More
Sukuran Jagoan Hosting, Badminton sekaligus Kolaborasi Startup
Sukuran Jagoan Hosting, Pertandingan Badminton sekaligus Ajang Kolaborasi Startup Acara Suka Ria Badminton Jagoan atau Sukuran Jagoan Hosting…
event start up
Read More
EXOTEC : Exhibition of Technology and Community
Tahukah kalian kalau puncak acara dari FTIf Festival 2016 hanya tinggal menghitung hari? Rangkaian acara FTIf Festival 2016…