Digitalisasi UMKM: Arti, Manfaat dan Strateginya

digitalisasi umkm

Belakangan ini, digitalisasi UMKM makin digencarkan demi beradaptasi dengan era baru yang dibawa oleh kemajuan teknologi.

Maraknya penggunaan internet untuk berbagai kebutuhan membuat munculnya tuntutan bagi pelaku usaha untuk ikut menyesuaikan. Maka, pelaku UMKM juga perlu ikut terjun ke ekosistem digital.

Yuk, Sob, kenali lebih lanjut mengenai manfaat digitalisasi dan strateginya.

Apa Itu Digitalisasi UMKM?

Digitalisasi merupakan proses pengubahan pengelolaan bisnis dari sistem konvensional ke digital. Proses perubahan tersebut meliputi berbagai aspek, mulai dari komunikasi, interaksi, hingga pemanfaatan teknologi untuk kegiatan bisnis.

Jadi, digitalisasi bukan sekedar praktik penggunaan teknologi dalam suatu usaha, tapi juga penerapan teknologi dalam berbagai kegiatan. Misalnya untuk pemantauan cash flow, pengelolaan keuangan, hingga transaksi belanja bahan baku.

Sehingga penerapan teknologi berperan dalam meningkatkan kelancaran dari proses bisnis. Hal tersebut sesuai dengan tujuan digitalisasi UMKM untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja usaha. 

Terlebih lagi, belakangan penggunaan media internet telah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari.

Bahkan muncul pula peralihan berbagai aktivitas menjadi serba online. Mulai dari komunikasi, pencarian informasi, promosi, hingga transaksi semua dapat dilakukan melalui internet.

Manfaat Digitalisasi UMKM

Meskipun berbagai lini kehidupan telah beralih ke serba internet, masih banyak pelaku UMKM yang enggan untuk melek teknologi. 

Padahal, ada banyak manfaat dari digitalisasi UMKM yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan bisnis, meliputi:

1. Memperluas Jaringan Pemasaran 

Penggunaan kanal digital untuk promosi memberikan kesempatan bagi bisnis milikmu untuk dikenal oleh lebih banyak orang. Hal ini karena pengguna internet mencakup sebagian besar populasi dari seluruh dunia.

Alhasil, pemasaran produk UMKM tidak perlu lagi terbatas untuk pelanggan lokal. Kamu bisa menjangkau pelanggan dari berbagai wilayah Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Cek Konten Lainnya:
Dear Guru, Simak 6 Kiat Sukses Kelas Online!

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan berbagai kampanye promosi secara online. Mulai dari membuat akun media sosial, hingga membangun website untuk toko online.

2. Efisiensi Anggaran

Digitalisasi dapat menjadi langkah pengembangan bisnis secara optimal, termasuk untuk pelaku UMKM dengan keterbatasan modal.

Hal tersebut berkat tersedianya berbagai kanal potensial yang bisa kamu jadikan sebagai media pemasaran secara gratis. Sebut saja media sosial dan channel YouTube.

Peralihan ke toko online juga bisa menjadi solusi ideal bagi pelaku UMKM yang belum memiliki lokasi strategis untuk menjual produk. 

Kamu juga tidak harus menghabiskan banyak anggaran untuk membuat toko online, kok. Kamu hanya perlu membeli domain, berlangganan hosting, lalu mengelola website. 

3. Meningkatkan Branding

Penggunaan media online memungkinkan kamu untuk bisa memperkenalkan produk UMKM secara jauh lebih meluas. Melalui berbagai kanal yang tersedia, kamu bisa meningkatkan promosi tanpa menyebabkan pemborosan anggaran.

Selain itu, memiliki perwakilan online seperti website dan media sosial, akan memberikan kesan profesional yang baik untuk meningkatkan citra UMKM.

Citra yang baik berperan penting dalam menjaga loyalitas pelanggan. Pasalnya, masyarakat sekarang lebih suka menggunakan produk dari brand kredibel dan dapat mereka akses secara online.

4. Mencegah Hilangnya Pangsa Pasar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, masyarakat sekarang punya kecenderungan lebih nyaman memilih produk yang tersedia secara online. 

Hal tersebut terlihat dari peningkatan peminat berbagai transaksi secara online, mulai dari belanja online, pesan antar makanan, hingga transportasi.

Maka jika usaha kamu tidak menyesuaikan dengan tren tersebut, ada kemungkinan besar untuk mengalami kehilangan pelanggan. Bukan itu saja, pangsa pasar untuk usaha milikmu bisa diambil oleh kompetitor yang menerapkan digitalisasi.

5. Meningkatkan Pendapatan

Berbagai kegiatan usaha mulai dari pengadaan produk, hingga pemasaran, pada dasarnya bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Demikian pula halnya dengan digitalisasi.

Penerapan teknologi dan penggunaan internet memungkinkan UMKM untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalankan usaha, seperti pembukuan yang lebih efisien dengan aplikasi dan pemantauan stok secara praktis. 

Cek Konten Lainnya:
4 Cara Efektif Bangun Bisnis Ramah Lingkungan untuk Tingkatkan Profit

Tersedianya perwakilan digital seperti website juga memberikan berbagai manfaat bagi pelanggan, termasuk mempermudah proses transaksi. 

Berbagai keuntungan tersebut dapat mengarah pada peningkatan penjualan, sehingga pendapatan bisnis juga meningkat.

Strategi Digitalisasi UMKM

Setelah mengerti pentingnya digitalisasi UMKM, maka selanjutnya kamu perlu mengambil langkah untuk menerapkannya.

Berikut beberapa strategi yang bisa membantu peralihan dari upaya offline ke online:

1. Membangun Website dan Brand

Langkah pertama dalam strategi go online adalah mengadakan website sebagai perwakilan UMKM. Kemudian, barengi langkah tersebut dengan membangun brand.

Pasalnya, branding memegang peran penting bagi bisnis online. Kamu bisa mengikuti beberapa kiat berikut untuk membangun branding.

Membuat logo yang mencerminkan identitas brand. Idealnya, logo memiliki desain yang tidak terlalu rumit sekaligus punya keunikan tersendiri.

Membangun website yang mampu mewakilkan brand secara akurat. Website UMKM akan berperan sebagai garda depan dalam persaingan dunia online. 

Sebenarnya, membangun website untuk toko online bukan hal yang sulit. Kamu hanya perlu membeli domain dan hosting. Kemudian tinggal mengelola website yang sudah jadi, seperti membuat konten dan meningkatkan traffic.

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Nah, buat kamu yang merasa enggan karena kurang paham teknologi, Jagoan Hosting menyediakan domain dan web hosting yang bisa kamu pakai dengan mudah.

Layanan kami menawarkan solusi ideal bagi kamu yang tidak ingin repot urusan teknis. Selain tersedia paket hosting lengkap yang siap pakai, Jagoan Hosting juga memberikan layanan support team 24/7.

2. Berinvestasi dalam SEO

Meskipun sudah punya website toko online yang kece, tidak ada jaminan bahwa web tersebut akan mendapatkan banyak pengunjung. 

Nah, supaya website tidak berakhir sepi, kamu perlu memastikan bahwa website mendapatkan ranking tinggi dalam hasil pencarian. 

Pasalnya, website yang menduduki tiga ranking tertinggi pada hasil pencarian diperkirakan mendapatkan lebih dari 50% traffic. 

Lebih lanjut lagi, mengutip dari Shane Barker, 90% pengguna internet tidak pernah mengunjungi web pada halaman kedua hasil pencarian.

Maka dari itu, kamu perlu berinvestasi untuk SEO (Search Engine Optimization). Pengertian SEO sendiri yaitu berbagai proses untuk mengoptimalkan website sehingga mendapatkan ranking tinggi dalam hasil pencarian.

Cek Konten Lainnya:
Ini Dia 5 Tips yang Bisa Membantumu Membangun Startup Bidang Game

Dalam prakteknya, SEO meliputi berbagai hal, mulai dari riset keyword, penerapan SEO on page, dan SEO off page.

3. Gunakan Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness

Setelah memiliki website dan akun media sosial khusus UMKM, kamu bisa mulai menggunakannya untuk meningkatkan brand awareness.

Bagi UMKM, media sosial menawarkan banyak keuntungan. Bahkan, media sosial disebut-sebut merupakan strategi digital marketing yang paling efektif untuk memperkenalkan brand dan produk milikmu.

Hal tersebut tidak terlepas dari masifnya jumlah pengguna media sosial. Untuk meningkatkan brand awareness, kamu perlu membuat profil media sosial yang menarik dan menyusun strategi konten.

Digitalisasi UMKM Lebih Mudah Bersama Jagoan Hosting

Kehilangan pelanggan karena ketidakmampuan bersaing online? Tidak lagi! Kini, hadir solusi untuk melangkah maju.

Beralihlah ke Jagoan Hosting sekarang juga! Dengan layanan web hosting dan domain kami, digitalisasi bisnismu akan menjadi lebih mudah dari yang pernah kamu bayangkan.

Dengan platform yang andal dan dukungan teknis yang handal, kamu dapat membangun kehadiran online yang profesional dan menarik untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Jangan biarkan bisnismu tertinggal dalam era digital ini. Mulailah langkah pertamamu menuju kesuksesan online bersama Jagoan Hosting!

FAQ

Bagaimana cara promosi UMKM yang masih baru?

Kamu bisa menggunakan kombinasi dari beberapa taktik pemasaran digital. Misalnya dengan menerapkan SEO dan menggencarkan promosi melalui media sosial.

Apakah UMKM wajib punya website?

Idealnya, UMKM perlu memiliki website sebagai perwakilan dalam dunia online. Apalagi adanya website juga memudahkan pelanggan untuk mengakses bisnis dan meningkatkan kredibilitas.

Strategi pemasaran apa yang paling bagus?

SEO, konten marketing, email marketing, social media marketing, dan pengiklanan merupakan jenis strategi pemasaran yang paling banyak digunakan. Kamu bisa menerapkan strategi tersebut sebagai langkah digitalisasi UMKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
project manager adalah
Read More
Mengenal Project Manager, Tugas dan Tanggung Jawab
Project manager adalah pekerjaan dengan tugas penting dalam suatu proyek. Pasalnya, mereka harus memimpin berjalannya proyek dari awal…
Read More
Produktif Berbisnis Saat Krisis
Banyak usaha yang terpaksa rugi karena adanya masa krisis, contohnya di tengah pandemi COVID-19 ini. Baik itu kehilangan…