Cara Membuat Linktree Paling Mudah & Aplikasinya

aplikasi sosial media di smartphone

Penggunaan Linktree kini sudah semakin populer terutama di kalangan pelaku bisnis online. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri mengingat manfaat dan cara membuat Linktree yang praktis dan mudah bagi semua orang. 

Linktree dapat ditemukan dengan mudah pada informasi atau bio di suatu akun media sosial, seperti Instagram.  danya layanan ini memungkinkan seseorang untuk membagikan link dengan mudah dan praktis. Menarik bukan?

Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai cara membuat Linktree dan fungsinya. Simak sampai akhir, ya!

Apa Itu Linktree?

Linktree adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna membuat sebuah halaman website berisi sekumpulan tautan. Fitur yang disediakan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan dan melakukan personalisasi halaman.

Pada umumnya, Linktree digunakan untuk meletakkan kumpulan tautan media sosial sebuah bisnis. Hal tersebut akan memudahkan pelanggan untuk menemukan platform media sosial yang disukai. Biasanya, pebisnis akan meletakkan tautan Linktree mereka di bio setiap media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya. 

Selain itu, Linktree juga bisa digunakan untuk mengumpulkan link kategori produk. Dengan demikian, pembeli dapat menemukan produk yang diinginkan dengan mudah. 

Fungsi Linktree

Fungsi Linktree sangat signifikan untuk membantu para pebisnis online mengumpulkan tautan mereka, baik media sosial, platform jual beli, maupun kategori produk. Berikut adalah beberapa fungsi Linktree:

  • Membantu merapikan beberapa tautan dan meletakkannya secara terorganisir di satu halaman.
  • Memudahkan orang lain atau pelanggan untuk menemukan tautan terkait bisnis online.
  • Membantu mengidentifikasi channel yang paling berpotensi mendatangkan konsumen.
  • Salah satu indikator untuk menentukan efektivitas pemasaran digital yang dilakukan.
Cek Konten Lainnya:
Cara & Syarat Centang Biru di Instagram dan Facebook

Baca juga: Panduan Cara Membuat Instagram Bisnis Lengkap untuk Pemula

Cara Membuat Linktree

Selain menawarkan kemudahan untuk mengumpulkan koleksi tautan, cara membuat Linktree juga mudah dan cepat. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Berikut cara membuat Linktree adalah:

Mengunjungi Website Linktree

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara membuat Linktree adalah mengunjungi websitenya. Namun, jika kamu sudah memiliki akun, silahkan klik tombol Login. Klik pada tombol “Get started for free” jika kamu belum memiliki akun Linktree.

Cara Membuat Linktree

Mendaftar Akun Linktree

Memasukkan data yang diperlukan untuk mendaftar akun, mulai dari username, email, dan password. Pastikan untuk memberi tanda checklist pada Terms and Conditions dan klik Sign Up with Email.

Cara Membuat Linktree

Menambahkan Informasi Akun

Cara membuat Linktree berikutnya adalah mengisi informasi akun, terkait nama dan kesukaan. Linktree telah menyediakan pilihan dan silahkan pilih berdasarkan tujuan pemakaian akun Linktree kamu.

Cara Membuat Linktree

Memilih Plan Penggunaan Linktree

Selanjutnya, kamu akan diminta memilih plan untuk akun Linktree, mulai dari versi gratis sampai versi premium. Pada tutorial cara membuat Linktree ini, silahkan klik pada pilihan Free (gratis) dan klik Sign up for Free.

Cara Membuat Linktree

Apabila kamu tertarik untuk mencoba plan lainnya silahkan memilih versi Linktree berbayar. Perbedaan dari setiap plan terletak pada kelengkapan fitur yang tersedia. Berikut adalah harga untuk paket akun Linktree:

  • Free: Gratis tanpa biaya bulanan
  • Starter: mulai dari Rp25.000 – Rp39.000
  • Pro: mulai dari Rp59.000 – Rp75.000
  • Premium: mulai dari Rp179.000 – Rp220.000

Verifikasi Alamat Email

Tahap terakhir dari cara membuat Linktree adalah melakukan verifikasi email. Hal tersebut berfungsi untuk mengaktifkan akun kamu sebelum penggunaan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram dan Syaratnya

Cara Menggunakan Linktree

Setelah memahami cara membuat Linktree, kamu bisa langsung memanfaatkan fitur yang tersedia di akun Linktree. Berikut adalah cara menggunakan Linktree untuk membuat tautan baru:

Cek Konten Lainnya:
Unique Selling Point (USP): Manfaat, Contoh, Cara Menerapkan

1. Tampilan Dashboard Akun Linktree

Setelah melakukan verifikasi email, kamu akan langsung diarahkan pada tampilan Dashboard Linktree. Terdapat beberapa menu yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Links: digunakan untuk menambahkan link baru.
  • Appearance: digunakan untuk mengatur tampilan Linktree, seperti pengubahan profil dan teman.
  • Settings: digunakan untuk mengatur sejumlah jenis fitur, seperti integrasi email, affiliate program, banner, dan lainnya.
  • Analytics: digunakan untuk menampilkan data dari klik.
  • Upgrade: digunakan untuk melakukan upgrade jenis paket Linktree.

Pada tahap ini, kamu sudah bisa mulai menambahkan link untuk membangun halaman Linktree. Silahkan klik tombol “Add new link”.

Cara Menggunakan Linktree

Silahkan mengisikan informasi tautan yang akan dibagikan, yaitu judul dan URL. Misalnya, kamu akan membuat halaman Linktree untuk jenis paket bisnis JagoanHosting sebagaimana tampak di gambar berikut.

Kamu bisa menambahkan link lain dalam satu halaman Linktree yang sama dengan mengklik tombol “Add new link”.

Selain itu, kamu bisa memastikan tampilan dari halaman Linktree yang dibuat melalui preview di sisi kanan.

Cara Menggunakan Linktree

3. Membagikan Linktree

Langkah terakhir dari cara menggunakan Linktree adalah membagikan link yang sudah dibuat. Klik tombol Share pada bagian pojok kanan atas. Kamu bisa memilih untuk dibagikan sesuai jenis platform, mulai dari sosial media, Email, WhatsApp, atau menggunakan QR Code.

Cara Menggunakan Linktree

Baca juga: Jangan Takut Mahal, Ini Biaya Iklan di Instagram!

Aplikasi Lain Sejenis Linktree

Linktree mungkin menjadi pilihan yang paling banyak ditemukan khususnya di bio media sosial sebuah akun. Akan tetapi, kamu juga bisa mencoba beberapa aplikasi lain sejenis Linktree. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Campsite

Selain Linktree, keberadaan Campsite juga populer di kalangan pebisnis ataupun untuk penggunaan secara pribadi. Tampilan halaman pada Campsite juga hampir mirip seperti Linktree. Namun, fitur untuk melakukan kustomisasi tampilan pada Campsite dapat dilakukan pada versi gratis.

Cek Konten Lainnya:
Tajir Melintir! Yuk Kenalan dengan 5 Pemilik Website Terkaya di Dunia

Swipop

Platform Swipop hadir sebagai alternatif kedua dari Linktree. Layanan ini memungkinkan pelanggan bisnis kamu melakukan transaksi secara langsung di Instagram meskipun masih terbatas dengan metode akun Stripe. Sayangnya, cara pembayaran Stripe masih belum didukung di Indonesia.

Shor.by

Bosan dengan tampilan Linktree atau Campsite yang hanya menampilkan deretan tautan? Kamu bisa mencoba Shor.by yang memungkinkan penggunanya menambah deskripsi singkat terkait bisnisnya. 

Platform ini juga memungkinkan pengguna menambahkan aplikasi chat dalam satu tampilan, seperti Telegram dan WhatsApp.

ContactInBio

Alternatif berikutnya juga masih memiliki tampilan mirip seperti pada Linktree. Akan tetapi, layanan ini memungkinkan pengiriman pesan ke akun ContantInBio. Kelebihan tersebut tentu memudahkan pebisnis untuk mengurangi pesan spam di email atau aplikasi chat.

Linkfly

Layanan yang dikembangkan oleh LinkFly mulai banyak digunakan karena User Experience (UX) yang mereka tawarkan. Aplikasi sejenis Linktree ini lebih banyak digunakan untuk mendukung kampanye Digital Marketing. 

Kelebihan dari LinkFly terletak pada fleksibilitasnya untuk memungkinkan satu link dapat diakses pada sistem operasi berbeda (Android dan iOS).

Nah, itulah pembahasan mengenai cara membuat Linktree dan manfaatnya untuk bisnis online kamu. Linktree adalah pilihan tepat untuk mengorganisir kumpulan tautan yang kamu miliki, khususnya terkait bisnis. 

Selain Linktree, ada beberapa pilihan lain yang bisa digunakan dengan sejumlah fitur yang tentunya juga berbeda. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba Linktree atau aplikasi lainnya, Sob?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Wow! Sistem HRD Berbasis Cloud Dorong Efisiensi Bisnis
Hampir sebagian besar karyawan di divisi HRD pasti merasakan betapa rumitnya urusan administrasi karyawan. Seperti data diri, keluarga,…
apa itu afiliasi
Read More
Apa itu Afiliasi? Inilah Contoh, Keuntungan & Cara Melakukannya
Afiliasi adalah salah satu program bisnis yang akhir-akhir ini cukup banyak dibicarakan. Tak jarang, bisnis ini dijadikan sebagai…