Saat Anda memilih software akuntansi untuk bisnis, pastikan Anda memahami kebutuhan dan mengetahui fitur apa yang harus dicari sebelum Anda memilih software yang tepat untuk bisnis.

Saat ini pasar penuh dengan aplikasi akuntansi yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda, dan memilih sistem terbaik untuk bisnis bisa sangat membingungkan.

Pastikan untuk memprioritaskan fitur yang Anda inginkan, berdasarkan kebutuhan akuntansi, kegunaan, dan harga yang bisa Anda jangkau.

Artikel ini mengkompilasi beberapa fitur penting dalam software akuntansi untuk membantu Anda memilih sistem terbaik untuk bisnis Anda.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih software akuntansi untuk bisnis

Piutang dan hutang dagang

Setiap sistem akuntansi yang baik memungkinkan Anda untuk mencatat piutang, atau uang dari pelanggan Anda yang belum terbayar, dan hutang, atau uang yang belum Anda bayar ke vendor Anda.

Software akuntansi akan membantu Anda mengelola piutang dengan lebih efisien, yang mencakup pembuatan faktur profesional, pengiriman pengingat pembayaran, dan pencatatan otomatis ke lapora keuangan.

Software akuntansi yang baik juga akan membantu Anda mengawasi hutang Anda, seperti tagihan vendor dan biaya operasional, dan menawarkan pengingat untuk memastikan bahwa Anda membayar semua hutang tepat waktu.

Mudah Digunakan

Kemudahan penggunaan merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika membeli sistem akuntansi. Software yang mudah digunakan memberi Anda dasbor yang menunjukkan grafik yang memberikan status keuangan perusahaan Anda.

Melihat kas masuk atau keluar dari perusahaan selama enam bulan terakhir, tagihan terutang kepada perusahaan atau tagihan yang harus dibayar oleh perusahaan, dan semua aktivitas pengguna di satu tempat sangat membantu. Pilihlah software akuntansi yang menyederhanakan pembukuan dan akuntansi Anda.

Transaksi Multi-Mata Uang

Internet telah mengurangi jarak antara konsumen dan bisnis. Hari ini, bahkan perusahaan kecil melayani konsumen dari luar negeri.

Jika Anda memiliki klien atua konsumen seperti itu, pastikan bahwa perangkat lunak akuntansi yang Anda pilih memfasilitasi transaksi multi-mata uang. Itu juga harus menangani nilai tukar mata uang asing dan konversi sesuai dengan standar laporan keuangan yang berlaku di Indonesia dan juga harus menunjukkan transaksi ini dalam mata uang  rupiah.

Apakah Bisa Digunakan Secara Online?

Generasi baru pemilik bisnis lebih suka menggunakan software akuntansi online. Mereka ingin tetap berhubungan dengan data keuangan bisnis mereka saat bepergian dan mengirim faktur email ke konsumen dari mana pun mereka berada.

Software akuntansi berbasis cloud atau online untuk usaha kecil memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dengan staf mereka atau akuntan untuk mempercepat proses pada bisnis.

Akses kapan saja dan di mana saja ke data keuangan terbaru membantu mereka dalam pengambilan keputusan.

Integrasi Dengan Software Bisnis Lainnya

Jika Anda ingin memilih software akuntansi terbaru, Anda harus berhati-hati dalam memilih. Pilih software yang akan terintegrasi mulus dengan rangkaian software bisnis lainnya, misalnya aplikasi kasir, integrasi ke toko online, atau akun bank Anda.

(Jika Anda belum memiliki toko online, Anda bisa menggunakan layanan terbaik dari jagoanhosting.com untuk membuat toko online Anda sendiri)

Memilih software akuntansi tanpa mempertimbangkan implikasi serius dari pilihan Anda dapat membahayakan bisnis Anda dan dapat mengganggu kelancaran usaha.

Selain itu, di masa mendatang, Anda dapat membeli software bisnis tambahan untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Jadi, membeli software akuntansi yang fleksibel dan mudah diintegrasikan adalah hal yang sangat penting.

Pastikan Data yang Anda Simpan Aman

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, tren pasar saat ini adalah menggunakan software akuntansi berbasis cloud. Anda juga harus berinvestasi pada alat tersebut dan bukan pada yang berbasis desktop. Masa kejayaan software akuntansi berbasis desktop memudar dengan cepat.

Dengan software akuntansi online, Anda dapat menyimpan data keuangan bisnis di server eksternal. Hal sangat aman dari bahaya fisik apa pun, terutama risiko dari kesalahan human error yang biasa Anda lakukan.

Banyak pemilik bisnis ragu untuk menyimpan data keuangan mereka di server eksternal. Namun, sebenarnya ini lebih aman di sana daripada di server Anda sendiri.

Pakar keamanan pengembang software menjaganya. Mereka menggunakan teknologi terbaru untuk mengamankannya. Dan ini harus menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih paket perangkat lunak.

Dukungan Pelanggan

Beralih ke software akuntansi baru yang mudah digunakan atau canggih, mungkin menjadi pengalaman yan tidak nyaman bagi semua orang yang terlibat.

Pastikan bahwa dari waktu ke waktu Anda atau staf mendapatkan dukungan dari seorang ahli. Panduan pengguna produk di situs web terkadang tidak akan memiliki semua jawaban.

Tingkat dukungan pelanggan yang ditawarkan oleh produsen perangkat lunak akuntansi adalah salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih software akuntansi.

Jika staf Anda tidak puas dengan perangkat lunak, itu akan menunda transisi dari sistem lama ke yang baru.

Harga Software Akuntansi

Harga, untuk pemilik usaha kecil, selalu menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli software akuntansi. Mereka tidak dalam posisi untuk membayar biaya lisensi yang tinggi untuk menggunakan software akuntansi.

Jika Anda mencari software akuntansi yang memiliki harga terjangkau dengan fitur terbaik dan dukungan pelanggan yang hebat, Anda bisa menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi terbaik di Indonesia dengan harga yang paling terjangkau dan cocok untuk setiap jenis dan skala bisnis di Indonesia. Hanya dengan 200 ribu rupiah Anda bisa mendapatkan semua fitur yang Anda perlukan. Satu harga untuk semua fitur.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like