Menjadi seorang software developer tidak hanya tentang coding atau menghasilkan sebuah aplikasi atau program. Seorang software developer tentunya harus memiliki dampak yang baik bagi lingkungan kerja dan apa yang dihasilkannya. Maka dari itu, pekerjaan ini juga memiliki etika profesi software developer yang diterapkan untuk menjaga profesionalitasnya. 

Jika kamu memilih karir sebagai software developer, penting untuk memahami apa saja etika profesinya. Berikut ini adalah etika profesi software developer yang sudah dikumpulkan oleh Jagoan Hosting. Sebelum kamu mulai terjun ke dunia teknologi sebagai software developer, simak dulu yuk! 

1. Berkontribusi untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik

Seorang software developer harus bisa mengembangkan sistem komputer yang dapat mengurangi dampak negatif terhadap masyarakat seperti, ancaman sosial dan keamanan, selain itu program yang dihasilkan juga harus memiliki standar tinggi dan bisa mempermudah aktivitas atau pekerjaan tertentu. 

2. Menghindari hal-hal yang membahayakan orang lain

Program pada sistem komputer pasti memiliki dampak tidak langsung kepada pengguna. Hal yang dimaksud adalah seperti, kehilangan data atau informasi. Sehingga seorang software developer harus meminimalisir resiko tersebut dengan mengikuti prosedur dan testing berulang kali. 

3. Jujur dan terpercaya, ini juga termasuk etika profesi software developer

Dalam menjalankan tugasnya, seorang software developer harus bersikap transparan, jujur dan terpercaya. Software developer dianggap melanggar etika profesi ini jika terbukti memalsukan data , menawarkan data tanpa sepengetahuan pihak terkait. Selain itu, software developer juga dapat terpercaya dengan skill dan jujur dengan keterbatasan yang dimilikinya. 

4. Menghormati setiap ide, karya dan menjaga aset intelektual 

Program yang dihasilkan oleh seorang software developer harus menjaga hak cipta, hak paten, rahasia dagang, perjanjian lisensi, dan dilarang keras untuk mengakui karya orang lain. Seorang software developer harus mengembangkan dengan menggunakan ide sendiri. 

5. Menghormati privasi orang lain juga jadi bagian etika profesi software developer

Seorang software developer harus memahami privasi dan bertanggung jawab untuk pengumpulan serta penggunaan informasi pribadi, data klien, informasi keuangan, data penelitian, hingga lisensi paten. Software developer diizinkan menggunakan data pribadi hanya untuk tujuan menurut kesepakatan bersama tanpa melanggar hak-hak individu maupun kelompok. 

6. Menerima saran dan ulasan demi mencapai hasil terbaik

etika profesi software developer
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Seorang software developer harus mampu menerima masukan saran, dan ulasan demi mencapai hasil terbaik dalam pengembangan program. Selain itu, seorang software developer juga harus mampu mengevaluasi pekerjaannya. 

7. Etika profesi software developer yang terakhir, berusaha untuk mencapai kualitas terbaik dari segi produk maupun pekerjaan

Menjadi orang yang terampil dan pantang menyerah menjadi salah satu faktor penting bagi seorang software developer untuk mencapai kualitas terbaik dari segi program yang sedang dikembangkan, maupun dalam pekerjaannya seperti, hubungan baik dengan software developer lainnya. Seorang software developer yang pantang menyerah akan menghadapi segala rintangan agar proyek yang dikerjakan mencapai kesuksesan.  

Itu dia etika profesi seorang software developer, tentu saja etika profesi tersebut harus dijalankan demi menciptakan kenyamanan dalam menjalankan sebagai seorang software developer.

Nah, setelah mengulas tentang etika profesinya, bagaimana denganmu? Sudah semakin mantap menjadi seorang software developer? Jika kamu tertarik atau tengah berproses menjadi seorang software developer profesional tidak ada salahnya jika kamu memulai dengan Jagoan Hosting untuk mengembangkan program pertamamu! 

Kamu bisa memanfaatkan layanan unggulan dari Jagoan Hosting yaitu, VPS X. Solusi untuk memenuhi kebutuhan dalam mengembangkan aplikasi atau program lainnya. Dengan VPS-X yang menjadi server terbaik saat ini, kamu bisa mengelola resources server yang dibutuhkan secara maksimal dan soal performa, tentu akan memenuhi ekspektasimu.

Jangan ragu yuk untuk mulai terjun sebagai software developer dengan Jagoan Hosting! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like