Pandemi membuat semua orang beradaptasi dengan menjaga jarak dan hidup lebih higienis. Pola konsumsi masyarakat pun juga berubah drastis. Sebelumnya kegiatan apapun dilakukan secara offline tatap muka, lalu beralih pada transaksi secara daring.

Situasi ini dapat menjadi kesempatan yang baik untuk membuat keputusan bisnis, mengingat adaptasi kebiasaan baru ini nampaknya akan berlanjut terus hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Sebagai seorang pelaku usaha atau ingin berbisnis harus jeli membaca peluang bisnis bisnis di era pandemi. Sehingga dapat melakukan perubahan pola pikir agar tetap mempertahankan bisnis yang sudah ada serta menyesuaikan kebiasaan baru.

Ada banyak peluang usaha pasca pandemi yang dapat kamu coba, di antaranya:

1. Bisnis Urban Farming

Diberlakukannya aturan kerja di rumah atau work from home (WFH) membuat masyarakat harus putar otak saat untuk menerapkan ketahanan pangan secara mandiri (swasembada pangan).

Sehingga aktivitas berkebun seperti memelihara tanaman hidroponik, budidaya ikan lele, dan urban farming kini semakin digemari. Untuk itu, saat ini merupakan kesempatan yang tepat bagi penyedia bibit, pengajar atau konsultan peternakan dan pertanian agar dapat meraup untung lebih dengan menekuni bisnis terkait edukasi urban farming bagi masyarakat perkotaan.

2. Bisnis Baju Rumahan

Pandemi membuat banyak brand terkenal seperti Neiman Marcuss, Louis Vuitton, dan Rolex gulung tikar. Namun sebaliknya, permintaan akan baju rumahan meningkat dikarenakan meningkatnya aktivitas di rumah saja (work from home) selama pandemi. Hal inilah yang dapat menjadi kesempatan bagi produsen dan distributor pakaian santai, pakaian rumah dan baju tidur seperti piyama, daster, celana pendek dan lain sebagainya untuk dapat menarik pelanggan.

Misalnya saja bisnis fesyen Mouza Indonesia yang mengalami peningkatan permintaan gamis dan daster. Sebelumnya Mouza hanya memproduksi pakaian muslimah seperti gamis, namun agar tetap bertahan di pandemi ini Mouza mencoba memproduksi daster dan terbukti hasilnya cukup memuaskan.

3. Bisnis Herbal

COVID-19 berlangsung hingga sekarang membuat masyarakat semakin meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat. Konsumsi asupan suplemen herbal yang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan imunitas tubuh pun meningkat, khususnya suplemen alami yang harganya relatif terjangkau. Hal ini adalah kesempatan bisnis yang bagus bagi produsen, distributor maupun reseller dan retailer suplemen alami untuk meningkatkan omset bisnisnya. Herbilogy adalah salah satu contoh pionir produsen suplemen alami yang merasakan peningkatan permintaan di masa pandemi corona.

Setelah membaca peluang-peluang bisnis di era pandemi ini, apakah bisnis kamu berpotensi untuk dikembangkan atau kamu tertarik untuk meraih kesempatan-kesempatan di atas? Jika ya, tidak ada salahnya kamu mencoba mengembangkan bisnis ke bidang-bidang tersebut.

Untuk memastikan bisnismu berjalan secara efisien dan efektif dengan budget terbatas di masa pandemi ini, kamu harus mencoba menggunakan software dengan otomasi fungsi-fungsi rutin dan merepotkan seperti proses penggajian dan monitor kinerja karyawan. Aplikasi Gadjian dan Hadirr berbasis sistem cloud dapat menjadi solusi yang tepat bagi bisnismu dalam memastikan operasional bisnis dapat berjalan lancar, khususnya di masa pandemi yang belum berakhir seperti sekarang. Tunggu apa lagi? Yuk cobain HRIS cloud Gadjian & absensi cloud Hadirr sekarang juga, GRATIS!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like