Cara Mengaktifkan TikTok Shop dan Berbagai Tipsnya!

cara mengaktifkan tiktok shop

Cara mengaktifkan TikTok shop kini menjadi kata kunci yang paling sering dicari masyarakat. Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, sebab platform ini sendiri telah memiliki lebih dari 10 juta pengguna di Indonesia dan 732 juta di dunia. 

Itulah sebabnya, menggunakan TikTok dianggap sebagai salah satu peluang besar dalam menaikan engagement rate dunia bisnis.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara mengaktifkan TikTok shop, yuk simak penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Cara Daftar TikTok Shop

Siapa sih yang gak kenal platform TikTok? Selain digunakan untuk membuat konten, kini TikTok juga mempunyai fitur baru yaitu TikTok Shop yang hadir guna membantu kamu menjual produk melalui TikTok.

Saat ini TikTok adalah platform yang banyak penggunanya hampir semua sudah mengetahui TikTok. Pengguna Tik Tok sudah memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif di Indonesia dan 700 juta lebih pengguna aktif seluruh dunia.

Hal ini tentu peluang besar untuk kamu pelaku bisnis untuk mempromosikan produk di TikTok. Lalu bagaimana cara mengaktifkan tiktok shop? Dan, bagaimana cara daftar tiktok shop? Kemudian, tahukah kamu bagaimana cara membuat TikTok shop sampai cara aktifkan TikTok Shop? Simak di sini sampai habis, ya!

1. Login TikTok Shop

Secara sederhana, tata cara mengaktifkan TikTok Shop adalah sebagai berikut. 

  • Akses situs resminya
  • Daftar akun TikTok
  • Daftar sebagai seller lalu pilih “Sign Up with TikTok account”
  • Kamu juga bisa memilih “Sign up with email address”  jika ingin mendaftar melalui email.
Cek Konten Lainnya:
130+ Nama Bisnis yang Bagus, Unik & Keren

Setelah mengerti bagaimana cara daftar TikTok Shop, langkah selanjutnya yaitu login sebagai pengguna. Nah bagaimana sih cara membuat TikTok shop?

Sebelumnya, kamu perlu mengisi email atau nomor telepon, password, dan selanjutnya klik masuk. Kamu perlu menunggu hingga kode verifikasi muncul lalu masukkan kodenya hingga akhirnya bisa login

Baca juga: TikTok Ads: Jenis dan Panduan Cara Beriklan untuk Bisnis

2. Melengkapi Informasi Toko

Sebagai catatan, cara membuat TikTok shop juga mengharuskanmu untuk melengkapi informasi toko. Langkah ini tentunya dilakukan untuk memaksimalkan penjualan. Jadi, lengkapi semua informasi yang dibutuhkan dengan jelas.

Selain mengisi alamat dan nomor telepon di laman informasi toko, pastikan juga untuk memberikan tanda centang yang menandakan jika kamu sudah menyetujui akan adanya syarat daftar TikTok Shop.

Cara aktifkan TikTok Shop dapat kamu lanjutkan dengan klik “Start Your Business”. Sampai di sini, maka kamu sudah menyelesaikan cara daftar TikTok Shop.

3. Verifikasi TikTok Shop

Cara membuat TikTok Shop dapat kamu selesaikan dengan melakukan verifikasi KTP, passport, atau juga dokumen lainnya.

Langkahnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuka laman homepage TikTok Shop dan klik pilih verifikasi dokumen. Kemudian pilih upload dokumen. Kamu juga wajib untuk mengisi seller information sebelum melakukan aktivitas penjualan. 

Setelah itu kamu akan dibawa ke laman menu Verify Personal Information. Perlu diketahui, untuk proses verifikasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari kerja. 

4. Menambahkan Produk

Setelah penerapan cara mengaktifkan TikTok Shop telah berhasil, maka mulailah memasukkan produk yang ingin kamu jual di dalamnya.

Lengkapi nama item, deskripsi produk, merek, kategori produk, dimensi dan berat barang, harga hingga cara pembayaran yang kamu pilih. 

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Facebook Ads dan Panduan Iklan untuk Bisnis

Dengan memanfaatkan fitur TikTok Shop ini tentunya kamu dapat membuat bisnis online yang bisa menjangkau pasar dan konsumen secara lebih luas. Namun perlu juga diperhatikan bahwa butuh strategi tepat dalam memasarkan produk yang kamu jual. 

5. Menghubungkannya dengan Rekening Bank

Berikut adalah langkah terakhir dari cara mengaktifkan TikTok Shop. Hal yang harus perlu lakukan yaitu menghubungkan akun TikTok Shop kamu dengan rekening bank. Caranya adalah dengan mengklik pilihan ‘link bank account’ pada laman homepage.

Lalu, lanjutkan segala proses yang diperlukan seperti mengisi form dan lain-lain. Maka selanjutnya, kamu akan berhasil menghubungkan rekening bank dengan akun TikTok Shop milikmu Sob!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Facebook Ads dan Panduan Iklan untuk Bisnis

Tips Membuat TikTok Shop Laris Manis

Setelah cara mengaktifkan TikTok Shop berhasil, tentu kamu juga perlu mengetahui bagaimana tips untuk membuat dagangan kamu cepat laris. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Optimasi Katalog Produk

Cara membuat TikTok Shop kamu laris manis sekaligus untuk meningkatkan penjualan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat katalog produk.

Kamu perlu melakukan optimalisasi agar produk dapat terlihat semenarik mungkin agar pembeli tertarik dengan produk yang kamu jual. 

Pastikan untuk meng-upload foto produk dengan kualitas yang tinggi, yang pastinya bagus dan seragam agar katalog terlihat rapi.

Selain itu, pastikan juga judul produk memuat secara jelas informasi dasar produkmu. Lengkapi bagian deskripsi dengan jelas sehingga pembeli tidak akan ragu untuk membeli produkmu.

2. Rajin Mempromosikan Produk

Cara membuat TikTok Shop kamu laris manis selanjutnya adalah dengan rajin melakukan promosi dari produkmu. Kamu harus memikirkan strategi marketing yang tepat dan cocok untuk mempromosikan produk milikmu.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Conversion dalam Marketing? Jenis & Cara Hitung Ratenya

Kamu bisa memulai dengan mencoba untuk membuat konten-konten video di TikTok yang sesuai dengan minat dan kesukaan target pasar produk kamu. 

Pelajari konten dari kompetitor yang sudah ada untuk dijadikan referensi. Tambahkan deskripsi brand produkmu pada bagian bio di profil TikTok.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan informasi Call To Action atau CTA berupa katalog produk TikTok Shop atau website toko online agar bisa diarahkan langsung ke tokomu dan akan menaikkan traffic.

Selanjutnya jika kamu mempunyai budget lebih, kamu bisa juga memanfaatkan TikTok Ads untuk memaksimalkan promosi produkmu.

3. Kerjasama dengan Influencer 

Cara membuat TikTok Shop kamu laris manis selanjutnya adalah dengan memperluas target pasar dengan memanfaatkan dan bekerjasama dengan jasa influencer atau kreator dalam meningkatkan penjualan produkmu. 

Kamu perlu membuat kerjasama dengan para kreator melalui video atau live streaming. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan engagement di akun bisnis TikTok Shop.

TikTok juga memiliki jasa affiliate program yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan konten promosi produkmu dan mendapat keuntungan yang lebih besar lagi.

Demikian penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara mengaktifkan TikTok shop. Melalui banyaknya jumlah pengguna dari platform ini, TikTok dianggap memiliki peluang besar dalam sektor perdagangan. Yuk simak informasi lainnya tentang bisnis dan teknologi hanya di Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
domain email
Read More
Ini Bedanya Domain Email Bisnis dan Domain Email Gratis, Sob!
Domain email — Di zaman seperti sekarang ini, siapa sih yang nggak pernah menggunakan email? Email sudah menjadi…
website freelance
Read More
25+ Website Freelance Indonesia dan Luar Negeri Terbaik
Mencari tambahan sekarang bukan lagi hal yang sulit. Pasalnya, ada banyak sekali website freelance yang bisa kamu manfaatkan…