Di tengah berkembanganya promosi iklan melalui media sosial, Facebook Ads adalah salah satu kanal marketing yang paling patut kamu coba. Mengapa demikian? Sebab hingga kini, Facebook masih menjadi salah satu media sosial terbesar. Bahkan Indonesia sendiri merupakan negara penyumbang pengguna Facebook terbesar keempat di dunia.

Nah, jika kamu memiliki bisnis online, tak ada salahnya untuk memanfaatkan Facebook Ads lho, Sob. Untuk panduan lebih jelasnya, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Facebook ads?

Facebook ads adalah singkatan dari Facebook Advertising, merupakan sebuah fitur berbayar dari Facebook yang membuat iklanmu akan lebih tersebar untuk para penggunanya melalui postingan sebuah akun atau fanpage yang sudah kalian buat.

Facebook ads adalah cara pengiklanan yang digemari oleh banyak penggunanya karena menyediakan tarif beragam, sehingga dapat menyesuaikan kantong penggunanya. Namun, tentu saja, semakin tinggi budget yang kamu keluarkan, makan daya reach dari iklan kamu akan semakin luas.

Hal yang menarik dari Facebook ads adalah kamu bisa menentukan target iklan kamu dari awal membuatnya, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang kemampuan iklanmu tersampaikan pada pengguna Facebook lainnya.

Jenis Facebook ads

Ada banyak cara iklan di Facebook agar iklanmu lebih tersampaikan pada masyarakat luas, terutama para pengguna Facebook. Berikut adalah beberapa jenisnya yang akan memudahkan kamu belajar Facebook ads.

1. Facebook photo ad

Salah satu jenis Facebook ads adalah Facebook photo ad. Cara membuat Facebook ads ini, cukup dengan memilih beberapa foto yang kamu inginkan, tombol CTA, dan menuliskan link yang tersambung dengan website milikmu.

Jenis Facebook ads ini cocok banget buat kamu yang ingin mempromosikan produk-produk jualanmu, karena pasti perhatian pengguna Facebook akan terpusat pada foto-foto yang kamu suguhkan. Jadi, gunakan foto dengan resolusi terbaik dan warna yang powerful ya, Sob!

2. Facebook video ad

Untuk menarik pelanggan yang lebih banyak, maka menerapkan cara iklan di Facebook video ad adalah jawabannya.

Dengan batas maksimal video 240 menit, kamu sudah bisa menjelaskan mengenai produkmu serta layanan yang kamu berikan. Selain itu kamu juga dapat menarik pengguna Facebook untuk melakukan action tertentu.

3. Slideshow

Seperti layaknya presentasi, kamu bisa menggunakan fitur slideshow untuk mengkombinasikan teks, foto, suara, dan berbagai efek menarik untuk iklanmu agar lebih menarik banyak pengguna Facebook.

Cara iklan di Facebook ini memberikan kesempatan kamu membuat slide dari 3 hingga 10 halaman, lho. Sehingga informasi mengenai iklanmu akan tersampaikan dengan maksimal.

Baca juga: 5 Keuntungan Beriklan Menggunakan Instagram Story Ads: Ternyata Lebih Efektif dan Efisien!

Jenis selanjutnya untuk Facebook ads adalah carousel. Meskipun sekilas hampir mirip dengan slideshow, namun ternyata ada perbedaan yang cukup signifikan, lho. Dengan mengerti apa itu Facebook ads carousel, kamu bisa memilih jenis yang tepat untuk iklanmu.

Cara membuat Facebook ads berjenis carousel ini adalah kamu bisa memilih beberapa gambar untuk ditampilkan dalam satu kali tampilan saja, dengan link CTA yang berbeda di tiap fotonya. Sehingga, konversi dari beragam produk yang kamu tawarkan akan semakin tinggi, Sob.

5. Instant experience

Cara menggunakan Facebook ads dengan instant experience adalah seperti Instagram stories yang sudah lebih lama populer. Pengguna facebook bisa mengklik, menggeser gambar, atau bahkan menonton video yang kamu suguhkan dalam Facebook ads milikmu. Dengan tampilan full screen yang kece, tentu akan lebih menarik para audiens.

Karena cara kerjanya seperti Instagram stories, sehingga fitur ini lebih berfokus pada promosi untuk pengguna seluler Facebook.

6. Koleksi

Berikutnya, cara menggunakan Facebook ads adalah menggunakan koleksi, dimana merupakan fitur yang masih berhubungan dengan instant experience. Koleksi juga berukuran full screen dan lebih berfokus pada iklan di seluler.

Kamu bisa menampilkan katalogmu menggunakan jenis koleksi bersamaan dengan foto ataupun video, Sob. Ini akan memudahkan pengguna Facebook untuk mengenali penawaran dari produkmu dan konversi yang diberikan juga cukup tinggi.

Jenis iklan facebook

Setelah menjelaskan tentang jenis facebook ads, ada pula jenis iklan facebook. Adapun jenis iklan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Page likes

Kamu bisa memulai promosi produkmu dengan meningkatkan jumlah likes dalam Facebook fanpage mu. Karena, semakin banyak likes, maka para pengguna akan semakin mempercayai kualitas dari layanan dan produk yang kamu tawarkan.

2. Page post engagement

Untuk belajar Facebook ads adalah kamu perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai post engagement. Hal ini guna meningkatkan reputasi dari post yang kamu buat, Sob. Misalnya dengan likes, comment, atau share sehingga akan meningkatkan engagement dari postingan kamu.

3. Click to website

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan link website dalam postingan kamu berbentuk tombol CTA (call to action) sehingga bisa langsung mengarah ke website kamu.

Bagi kamu yang belum punya website untuk usahamu, Jagoan Hosting punya solusinya. Mulai dari website sederhana sampai website bagi perusahaan yang dijamin keren, semua bisa kamu dapatkan mulai Rp9 ribu per bulan dan sudah gratis domain .com! Cek lebih lengkapnya di sini.

4. Event responses

Facebook ads jenis ini dikhususkan buat kamu yang sedang mengadakan sebuah acara tertentu dan membutuhkan target market tertentu.

5. Website conversion

Website conversion adalah langkah lain untuk mengarah ke website milikmu, selain click to website. Jenis iklan ini biasanya digunakan untuk mempromosikan sebuah acara atau toko langsung beli sehingga fitur yang ditawarkan seperti checkout, leads, atau registration.

6. App install/engagement

Kalau kamu membutuhkan promosi untuk aplikasi buatanmu, maka ini adalah cara iklan di Facebook yang tepat untukmu. Dengan fitur tersebut, kamu bisa mengajak pengguna Facebook untuk meng-install aplikasi buatanmu.

Baca juga: TikTok Ads: Jenis dan Panduan Cara Beriklan untuk Bisnis

Cara kerja Facebook ads

Saat belajar Facebook ads, mempelajari cara kerjanya adalah suatu hal penting. Yup, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan sebelum kamu mengiklankan produk atau layananmu melalui Facebook ads, Sob. Hal tersebut antara lain sebagai berikut.

Pertama, tentu saja kamu harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu, karena ini merupakan faktor penting untuk keberhasilan Facebook ads-mu. Kedua, siapkan akun business manager pada Facebook yang akan kamu gunakan untuk beriklan.

Berikutnya siapkan akun khusus untuk memulai proses beriklanmu. Jangan lupa menyiapkan cara pembayaran yang kamu inginkan juga, ya! Jika sudah, siapkan pages Facebook yang digunakan untuk tersambung dalam iklan yang akan kamu tawarkan. Terakhir, kamu bisa mulai beriklan deh!

Kelebihan Facebook ads

Facebook ads adalah salah satu cara beriklan yang memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Meningkatkan brand awareness

Semakin sering iklanmu muncul di beranda ataupun news feed, maka akan membuat pengguna Facebook tertarik dengan iklan yang kamu buat. Dengan begitu, kelebihan Facebook ads adalah meningkatkan brand awareness.

Jadi, tidak ada salahnya kamu membayar iklan agar produkmu semakin melejit, Sob. Dengan strategi yang tepat, bukan tidak mungkin mereka menjadi pelanggan tetapmu nantinya.

2. Membentuk target yang efektif

Kelebihan berikutnya dari Facebook ads adalah bisa membentuk target yang efektif. Pasalnya kamu dapat menentukan target iklan yang ingin kamu tuju. Mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, ketertarikan, semua bisa diatur saat pembuatan iklan dalam Facebook ads.

Dengan begitu, target yang diinginkan akan lebih terarah dengan jangkauan lebih luas, sehingga iklan produkmu akan sampai pada audiens yang tepat pula.

3. Budget dapat diatur sesuai kebutuhan

Dengan biaya terbatas pun kamu tetap dapat menikmati fitur keren dari Facebook ini lho, Sob. Yup, kelebihan Facebook ads adalah kamu bisa beriklan menyesuaikan budget yang kamu miliki dan tetap dapat meningkatkan engagement dari produk yang kamu tawarkan.

Agar iklanmu semakin mencapai banyak pengunjung, maka jangan lupa untuk menggunakan caption menarik agar semakin banyak audiens tertarik dengan layanan atau produk kamu.

4. Bisa menggunakan gambar atau video dalam iklan

Untuk citra yang lebih menarik, kamu bisa menggunakan berbagai gambar atau video sebagai cara membuat iklan di Facebook. Seperti yang dijelaskan dalam jenis-jenis Facebook ads di atas, kamu dapat menggunakan berbagai jenis media untuk mengiklankan produkmu.

Cara membuat iklan di Facebook Ads

Cara membuat iklan di Facebook ads cukup mudah dan nggak ribet lho, Sob. Kamu cukup ikuti cara-cara di bawah ini dan iklanmu akan terpasang dengan sempurna!

1. Masuk ke halaman Facebook Ads

Pertama-tama, cara membuat iklan di Facebook ads adalah tentu kamu harus masuk ke halaman Facebook ads. Ini merupakan salah satu langkah penting dalam pengiklananmu. Jangan lupa untuk masuk ke Facebook manager terlebih dahulu sebagai wadah untuk melihat keberhasilan iklanmu nantinya.

2. Tentukan berbagai hal yang berkaitan dengan iklan buatanmu

Selanjutnya, Facebook ads adalah platform yang menyediakan tempat untuk pemfokusan target. Jadi, dalam tahap ini kamu bisa mulai memilih jenis Facebook ads yang ingin kamu gunakan, menentukan berbagai tujuan iklanmu, dan memilih nama iklan serta tujuan trafik.

Kamu juga dapat menampilkan berbagai promo menarik guna meningkatkan engagement dari audiens. Tentukan target audiens dari iklan yang kamu tawarkan dan jadwal penayangan dari iklanmu.

Setelah semua beres, mulailah menuliskan caption serta memasukkan berbagai foto dan video yang kamu inginkan. Kampanye iklanmu sudah hampir selesai!

3. Lakukan pembayaran

Langkah terakhir dalam cara membuat iklan di Facebook ads adalah melakukan pembayaran. Kamu bisa memilih antara kartu kredit atau pun kartu debit, dan cukup masukkan nomornya ke kolom yang telah disediakan. Facebook ads mu telah siap berlayar!

Baca juga: Apa itu Social Media Marketing? Definisi, Jenis, dan Strategi

Tips sukses iklan di Facebook Ads

Sebagai saran dari kami, ada beberapa tips sukses supaya iklanmu menarik banyak pelanggan baru, Sob! Berikut tipsnya.

  1. Kenali terlebih dahulu karakter dari calon target audiens sebelum kamu membuat iklan di Facebook ads.
  2. Gunakan caption, foto, video, dan bentuk yang menarik agar dapat membuat audiens penasaran dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.
  3. Cari cara yang tepat untuk mengkonversikan calon pelanggan menjadi pelanggan tetap yang menghasilkan banyak keuntungan.
  4. Terakhir, maksimalkan semua fitur yang terdapat dalam Facebook ads.

Itu dia panduan lengkap tentang Facebook Ads yang bisa kamu pelajari secara mudah. Bagaimana, tertarik menggunakannya, Sob? Kuncinya, pilih audiens yang tepat serta siapkan konten berkualitas ya, Sob. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like