Halo para pebisnis Indonesia! Menurutmu, seberapa besar prospek otomasi di tengah kondisi pandemi seperti saat ini? Kali ini Mimin akan sedikit membahas peluang otomasi tersebut dari sudut pandang marketing, khususnya dilihat dari segi consumer behavior. Penasaran? Simak baik-baik ya, Sob!

Eits, buat kamu para developer handal, informasi ini juga akan sangat berguna! Akan ada informasi peluang kerja yang besar untuk kamu para Sobat Jagoan Hosting!

Corona dan screen time masyarakat

gambar dari unsplash

Kamu pasti udah sadar kalau penggunaan gadget semakin meningkat di saat pandemi. Contoh sederhananya aja nih, Sob. Sejak pandemi, penggunaan laptop dan handphone pasti jadi makin sering. Bukan hal yang salah kok, Sob. Ini wajar banget karena semua hal harus dilakukan secara online. Maka dari itu, nggak heran kalau screen time kita jadi makin sering.

Mulai dari ngurusin kerjaan sampai scrolling Instagram mantan! EH!

Uniknya, peningkatan screen time ini jadi merubah kebiasaan masyarakat. Ini dia yang akan kita bahas dari sudut pandang consumer behavior!

Prospek otomasi terkini

Kalau kita lihat dari sudut pandang consumer behavior, perubahan perilaku masyarakat yang jadi lebih sering menggunakan gadget menjadi tanda bahwa sebenarnya ada prospek otomasi yang besar di tengah pandemi ini. Kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan secara offline sekarang dialihkan menjadi online. Bahkan untuk hal-hal sederhana seperti belanja kebutuhan sehari-hari.

Dari satu contoh ini aja, kamu tentu mulai sadar kalau prospek otomasi bisnis itu sangat besar. Mimin jelasin lebih detail di poin selanjutnya, ya!

Apa saja yang harus diotomasi?

Karena adanya perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat ketiak pandemi, maka alur dan strategi bisnis juga harus berubah. Melakukan otomasi adalah salah satu perubahan yang bisa kamu lakukan untuk bisa survive di tengah pandemi. Bahkan, dengan otomasi kamu bisa menciptakan peluang baru di kala pandemi seperti saat ini.

Lalu, apa aja yang memiliki prospek untuk diotomasi?

  1. Bidang kesehatan

Sejak pandmei, banyak orang jadi takut untuk mengunjungi fasilitas kesehatan. Nggak salah sih, tapi hal ini memberikan dampak negatif untuk kesehatan mereka. Akses kesehatan jadi terasa lebih sulit. Kamu bisa melakukan otomasi untuk prosedur yang bisa dilakukan oleh mesin dan teknologi digital lainnya. Misalnya dengan melakukan otomasi pada sistem pendaftaran, pengarsipan, dan lain sebagainya.

  1. Bidang pendidikan

Bidang pendidikan juga punya prospek otomasi yang besar. Nggak cuma pihak sekolah yang harus bisa melakukan otomasi, para pemilik lembaga bimbingan belajar pun juga harus bisa melakukan otomasi agar bisa survive di saat pandemi.

  1. Bidang industri

Bidang industri adalah bidang yang punya prospek otomasi paling besar. Otomasi bisa mempermudah para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis. Otomasi juga bisa membuat proses produksi hingga penjualan menjadi lebih praktis dan hemat biaya.

Terlepas dari situasi pandemi, otomasi udah jadi tuntutan

Terlepas dari situasi saat ini, baik pandemi ataupun nggak, otomasi itu udah jadi hal wajib yang harus dilakukan. Bukan cuma untuk para pebisnis, tapi semua pihak harus mulai melakukan otomasi. Kenapa? Karena dengan kemajuan teknologi saat ini, otomasi bisa mempermudah pekerjaan kita semua.

Untuk kamu para pebisnis, pengelola pendidikan, atau bahkan para pemilik fasilitas kesehatan, yuk segera lakukan otomasi. Pandemi nggak akan jadi penghalang, malah secara consumer behavior otomasi menjadi salah satu strategi yang pas untuk dilakukan! Segera hubungi para developer handal yang bisa membantu kamu melakukan otomasi.

Untuk para Sobat Jagoan Hosting, tunjukkan portofolio terbaik kamu. Jadilah developer keren di balik otomasi di berbagai bidang! Jangan lupa untuk menggunakan layanan dari Jagoan Hosting untuk mendukung proses otomasi yang kamu kerjakan. Gunakan fitur Help Me Choose untuk mendapatkan saran paket layanan yang paling pas dengan kebutuhan kamu! Jagoan Hosting, jagonya Cloud Hosting Indonesia dan VPS Terbaik!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like