Fotografi Produk, Elemen Kesuksesan UMKM Tingkatkan Penjualan

Produser Which Test Won’s The Live Event, Justin Rondeau mengatakan jika fotografi produk memegang peranan penting dalam meningkatkan jumlah penjualan produk pada sebuah toko online.

Sayangnya hingga saat ini masih banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih mengabaikan hal ini. Selain karena pengetahuan mereka soal fotografi masih minim, banyak juga yang menganggap untuk menghasilkan foto produk yang bagus dibutuhkan peralatan yang lengkap dan mahal.

Fotografer profesional muda asal kota Malang, Septa Twi menjelaskan untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas tidak dibutuhkan peralatan mahal, cukup dengan menggunakan benda yang ditemui sehari-sehari.

“Tips dari saya adalah siapkan produk yg ingin difoto. Siapkan lighting, lampu belajarpun juga bisa yang penting dapat memberikan pencahayaan yang cukup. Kombinasikan semenarik mungkin dengan warna produk, penataan produk dan detail. Perhatikan juga benda-benda yang berhubungan. Pakai kertas kalkir atau akrilik untuk melembutkan cahaya yang menyebar. Kalau bisa, bagian sekelilingnya harus gelap supaya produk lebih dominan,” tutur pemuda yang berkecimpung di dunia fotografi sejak 2014.

Septa juga memaparkan kriteria foto produk yang menarik agar diminati oleh pembeli. “Kriteria foto produk yang baik adalah foto yang terlihat detail, komponen dan gaya fotonya baik. Foto juga harus memadukan warna supaya serasi dan menarik, dan yang terakhir pemahaman terhadap pengetahuan produknya.

Septa menyarankan untuk foto produk dapat dilakuan sendiri tanpa bantuan fotografer. Kuncinya adalah harus sering banyak praktik agar dapat belajar dari kesalahan.

“Pengalaman pasti seru dan macem macem ketika sedang motret produk, semakin banyak kita memotret, semakin banyak kita tahu kekurangan kita bagian mana agar kita dpaat memperbaikinya nanti,” paparnya.

Cek Konten Lainnya:
Pengertian Paid Promote dan Bedanya dengan Endorse

Septa memaparkan materi tentang pentingnya foto produk dalam kegiatan roadshow #PahlawanDigital yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting, perusahan hosting terbaik yang didukung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika dan Dinas Koperasi dan UKM kota Malang.

Kegiatan roadshow ini bertujuan untuk mengajak UMKM go digital dan memanfaatkan teknologi untuk menambah value produk mereka. Jagoan Hosting sendiri dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan hosting termurah yang selalu memberikan promo menarik setiap harinya.

 

2 comments
  1. yang penting penampilan dulu, elegan dan menyakinkan .. Apapun produknya atau pemasarannya, kemasan memang daya tarik yang luar biasa,
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
menggunakan cloud object storage
Read More
Pertimbangkan Dulu Yuk Waktu dan Kebutuhan Kamu Sebelum Menggunakan Cloud Object Storage !
Menggunakan Cloud Object Storage – Hai Sob! Wah, siapa nih yang punya situs pribadi tapi kapasitas penyimpanannya masih…
marketing mix 7p
Read More
Apa itu Marketing Mix 7P? Konsep & Contohnya untuk Bisnis
Apa itu marketing mix 7P? Marketing mix 7P adalah strategi pemasaran atau marketing sebuah bisnis agar bisa mencapai…