20+ Kerja Sampingan Bisa buat Karyawan hingga Mahasiswa

kerja sampingan

Saat ini, sudah jadi hal biasa bagi siapa saja untuk punya bisnis atau kerja sampingan. Tujuan mengapa seseorang memulai pekerjaan sampingan juga berbeda-beda. 

Sebagai contoh, pelajar atau mahasiswa biasanya memulai pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku. Dan buat para karyawan, adanya pekerjaan sampingan biasanya untuk menambah tabungan hingga melunasi hutang.

Apakah kamu saat ini juga sedang mempertimbangkan pilihan untuk memulai usaha sampinganmu sendiri? Kalau iya, tentu artikel ini jangan sampai kamu lewatkan. Karena di sini, kamu bisa temukan berbagai ide mulai dari kerja sampingan online hingga kerja sampingan dengan modal minim.

Kerja Sampingan yang Menguntungkan

kerja sampingan

Berikut ini adalah daftar ide kerja sampingan yang bisa kamu pertimbangkan untuk usahamu sendiri. Pilihlah yang paling pas dengan skill dan minatmu agar kamu bisa langsung mulai fokus membangun bisnisnya. Apa saja ya idenya?

1. Usaha konter PPOB

Ide pertama yang bisa langsung kamu coba sambil tetap ngantor atau kuliah adalah membuka konter PPOB. Meskipun ada embel-embel “konter”, sebenarnya ide ini tidak eksklusif hanya untuk kerja sampingan di rumah saja. Soalnya, sekarang kamu sudah bisa punya konter “berjalan” hanya dengan menggunakan aplikasi di HP.

Pilihan aplikasi PPOB saat ini juga ada banyak. Misalnya Unitedpay, Topindoku, MuraPay, dan Fastpay. Di samping itu, modal yang dibutuhkan juga tidak harus sampai jutaan. Banyak pelaku bisnis PPOB yang memulai usaha mereka hanya dengan modal ratusan ribu saja, kok.

Jadi, kalau kamu kebetulan punya uang menganggur yang jumlahnya lumayan, kamu bisa langsung gunakan dananya untuk memodali usaha PPOB. Lebih baik begitu daripada dipakai untuk jajan, kan?

2. Ikut program afiliasi

Rekomendasi ide kerja sampingan berikutnya adalah mengikuti program afiliasi, alias menjadi afiliator. Dalam program ini, kamu bisa mendapatkan komisi setelah kamu sukses menjual sebuah produk. Dan saat ini, ada semakin banyak platform yang menawarkan program ini, termasuk marketplace online seperti Shopee dan Tokopedia.

Cara kerjanya juga mudah. Kamu hanya perlu share link atau membagikan informasi mengenai sebuah produk yang mau kamu promosikan. Kemudian ketika terjadi klik dan penjualan lewat link yang kamu share, kamu akan mendapatkan komisi. Ditambah lagi, tak sedikit program afiliasi yang sifatnya gratis sehingga kamu tidak dikenai biaya pendaftaran sama sekali.

3. Jualan baju thrift

kerja sampingan untuk pelajar

Kata siapa tampil keren berarti harus pakai baju baru dan mahal setiap hari? Popularitas thrifting alias belanja baju secondhand, reject QC, atau sisa stok pabrik menunjukkan bahwa fashion keren adalah hak semua orang tanpa melihat harga bajunya.

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa mulai dengan membeli 1 bal dulu. Dan dalam setiap bal, jumlah baju yang bisa kamu dapatkan bisa mencapai puluhan. Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencuci, menyeterika, dan mengemas baju agar kembali layak untuk dijual.

Kalau kamu beruntung, kamu bahkan bisa menemukan baju-baju dengan brand ternama dan bahkan brand mahal, lho! Dengan modal harga pokok per baju yang sangat minim, kamu bisa jual bajunya dengan harga yang lebih tinggi tapi tetap jauh lebih murah daripada harga di store resminya. Makanya tak heran kalau banyak orang yang hobi thrifting, ya?

4. Buka jastip (jasa titip)

Ide kerja sampingan berikutnya yang bisa kamu jalankan sambil tetap bekerja atau kuliah adalah buka jasa titip (jastip). Salah satu contoh yang paling mudah dilakukan adalah jastip belanja dari brand-brand lokal yang laris manis dan sering kali gampang sold out.

Cek Konten Lainnya:
9+ Website Toko Online Gratis untuk Jualan Online

Karena banyak orang yang tidak mau repot rebutan belanja selayaknya pergi perang, adanya jastip bisa membantu mereka belanja dengan lebih mudah dan nyaman. Nantinya, kamu hanya perlu kenakan biaya jastip berdasarkan persentase dari harga barang atau mematok biaya jastip tertentu sesuai kesepakatan.

5. Jualan secara online

kerja sampingan online

Ide usaha sampingan lain yang sudah sukses dicoba banyak orang dan layak buat kamu lirik adalah jualan secara online. Kamu bisa jual produkmu sendiri atau jadi reseller. 

Kemudian, jual produk-produk tersebut melalui platform toko online-mu sendiri. Apalagi, sekarang sudah ada banyak jasa pembuatan toko online dengan harga yang rama di kantong untuk kamu manfaatkan. Di samping itu, kamu juga bisa berjualan lewat platform online marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. 

Tentu saja masing-masing opsi tadi punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Terlepas dari apakah kamu mau jualan lewat website toko online sendiri atau via marketplace, pastikan kamu pahami dulu keduanya agar kamu bisa tentukan opsi yang paling pas, ya!

Baca juga: 5 Cara Membuat Website Toko Online Mudah untuk Pemula!

6. Jadi dropshipper

Alternatif lain buat kamu yang mau berjualan secara online adalah dengan menjadi dropshipper. Pada dasarnya, sebagai dropshipper kamu juga menjual barang dari supplier. Hanya saja, bedanya sebagai dropshipper kamu tidak perlu membeli barang untuk dijadikan stok di gudangmu.

Dengan menjadi dropshipper, artinya kamu bisa langsung mulai jualan tanpa harus punya stok barang dulu. Artinya, kamu juga tidak perlu repot-repot mengelola stok barang karena nantinya barang yang dibeli lewat kamu akan dikirimkan langsung oleh supplier-mu.

7. Buat warkop sederhana

Ide kerja sampingan berikutnya adalah membuat warung kopi alias warkop. Namanya juga warkop, kamu tidak perlu repot-repot menyewa ruko dan mendesain interiornya agar terlihat keren dan kekinian. Bahkan kamu juga bisa memulai usaha warkopmu sendiri di garasi atau space kosong depan rumah.

Selain menyediakan berbagai minuman, kamu juga bisa menyajikan beragam jenis cemilan seperti gorengan atau snack bungkusan yang berukuran mungil. Agar tidak merepotkan, kamu bisa bekerja sama dengan tetangga untuk membuatkan cemilan sehingga kamu bisa fokus menyajikan minumannya saja.

8. Katering sarapan

kerja sampingan

Untuk kamu yang berstatus karyawan, mungkin kamu sudah melihat sendiri bagaimana orang-orang di kantor lebih memilih skip sarapan. Kalaupun ada, biasanya mereka juga memilih beli sarapan di luar kemudian dimakan di kantor sebelum memulai kerja.

Nah, hasil pengamatan tersebut tentu bisa kamu manfaatkan sebagai peluang kerja sampingan, kan? Bahkan, kamu tidak perlu repot-repot cari pembeli karena kamu bisa langsung menjadikan rekan-rekan di kantor sebagai target pasaramu.

Untuk menjalankan usaha ini, kamu tidak harus memasak sendiri, kok. Kamu juga bisa bekerja sama dengan tetangga yang akan memasakkan menu sarapan dan kamu hanya perlu menjualkan makanannya. Untuk keuntungannya, kalian bisa gunakan skema bagi hasil sesuai kesepakatan.

9. Jasa desain grafis

kerja sampingan desain grafis

Kalau kamu kebetulan punya keahlian desain grafis, tentu saja ide yang satu ini sangat layak buat kamu coba. Makanya, tak heran kalau banyak mahasiswa program desain komunikasi visual (DKV) atau program serupa yang menjadikannya sebagai ide dan peluang kerja sampingan mahasiswa.

Menariknya, kamu juga bisa mendapatkan gaji dalam dolar dengan menyediakan jasa desain grafis, lho. Soalnya, saat ini ada banyak platform marketplace freelancer online yang memang secara spesifik menarget para freelancer, termasuk desainer grafis. Dan lewat platform tersebut, kamu akan dipertemukan dengan para calon klien dari berbagai negara di seluruh dunia.

10. Jualan cemilan dan aneka kue

Tertarik dengan ide usaha sampingan di bidang kuliner? Peluang yang satu ini sebenarnya sangat luas dan menjanjikan, terutama karena opsinya yang sangat beragam. Dan di samping usaha katering sarapan di kantor, kamu juga bisa coba berjualan cemilan dan aneka kue kering maupun basah.

Cek Konten Lainnya:
Peluang Usaha : 12 Cara Merubah Hobi Kamu Jadi Bisnis (Infografis)

Untuk sehari-hari, kue basah ataupun jajanan pasar bisa jadi opsi menu yang layak dicoba. Apalagi, kue basah dan jajanan pasar cukup mengenyangkan sehingga bisa jadi obat lapar sebelum jam istirahat. Sedangkan untuk kue kering, kamu bisa tawarkan di momen-momen khusus seperti menjelang puasa dan lebaran.

11. Jadi admin media sosial

kerja sampingan online

Pentingnya media sosial bagi bisnis saat ini rupanya juga membuka peluang kerja sampingan, lho! Soalnya, kamu bisa menyambi ngantor atau kuliah dengan menjadi admin media sosial. 

Sebagai admin, kamu biasanya hanya perlu meng-upload konten yang sudah disediakan pada waktu yang telah ditentukan. Di samping itu, tugasmu adalah membalas komen dan DM yang masuk. Simpel, kan?

Bahkan, tak sedikit mahasiswa atau anak sekolahan yang mencoba ide pekerjaan sampingan yang satu ini, terutama mereka yang memang melek media sosial. Karena waktu dan effort-nya yang minim, kamu bahkan juga bisa jadi admin untuk beberapa akun sekaligus agar cuanmu makin besar, lho!

Baca juga: 7 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan & Punya Prospek!

12. Isi survei online

kerja sampingan mahasiswa

Isi survei ternyata bisa menghasilkan uang, lho! Bahkan, peluang pekerjaan sampingan yang satu ini sebenarnya sudah bukan hal baru. Bahkan, kamu bisa temukan banyak platform survei online penghasil cuan seperti Mobrog, PanelPlace, dan SurveyOn.

Jenis survei yang perlu kamu isi juga bervariasi. Biasanya, survei-survei tersebut di buat oleh brand atau perusahaan untuk tujuan riset pasar. Dan kamu juga tidak perlu khawatir data dirimu tersebar karena survei-survei tersebut biasanya juga bisa diisi secara anonim, kok.

13. Jadi YouTuber

Seperti yang sudah kamu lihat sampai saat ini, menjadi content creator di YouTube alias YouTuber memang menjanjikan dari segi pemasukan. Akan tetapi, kamu tidak harus selalu melihat para YouTuber tenar seperti Atta Halilintar atau Ria Ricis agar bisa menghasilkan uang dari konten YouTube-mu, kok.

Cukup dengan membangun channel YouTube dengan niche jelas dan konsisten membuat konten yang relevan, kamu bisa membuka jalan untuk memonetisasi channel-mu. Kalau sudah bisa di monetisasi, kamu bisa mengizinkan Google untuk memasang iklan di video-videomu ataupun mendapatkan pemasukan dari endorsement maupun afiliasi.

Baca juga: 10 Cara Trending di YouTube, Yuk Coba Tips Ampuhnya!

14. Sedia jasa penulis freelance

Apabila kamu punya skill menulis, ide kerja sampingan yang satu ini jelas layak untuk dicoba. Kamu bisa sediakan jasa menulis artikel untuk website atau blog orang lain, bahkan kamu juga bisa mendapatkan klien dari luar negeri, lho!

Selain menulis artikel, penulis freelance juga ada yang menyasar segmen-segmen tertentu. Misalnya sebagai copywriter freelance yang membuat copy atau konten berupa teks untuk media sosial (misalnya caption di Instagram), hingga menulis buku dengan sistem kontrak lepas. Ada beberapa pilihan pekerjaan sampingan untuk penulis di antaranya:

  1. Menulis artikel untuk blog dan situs web
  2. Menulis konten untuk media sosial
  3. Membuat ulasan produk
  4. Menulis konten untuk buletin atau newsletter
  5. Menulis konten untuk ebook
  6. Menulis cerita pendek, sajak, puisi, dan teks fiksi lainnya
  7. Membuat deskripsi produk
  8. Membuat artikel berita
  9. Membuat konten web seperti halaman landing page dan halaman tentang
  10. Membuat konten video untuk Youtube dan platform media sosial lainnya

15. Jadi evaluator untuk media sosial

Belum pernah dengar pekerjaan evaluator media sosial? Padahal, sebenarnya profesi yang satu ini juga menjanjikan, lho. Pada dasarnya, sebagai evaluator media sosial nantinya kamu akan di minta untuk mengevaluasi akun media sosial, terutama yang berkaitan dengan konten — teks, gambar, sampai video.

Peluang kerja sampingan yang satu ini paling cocok buat kamu yang melek tren dan konten di media sosial. Dan karena kebanyakan klien yang membutuhkan evaluator media sosial berasal dari luar negeri, kamu juga perlu menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Cek Konten Lainnya:
Yuk Kenali Lebih Jauh Apa Itu Blockchain dan Cryptocurrency!

16. Jadi blogger

Ide yang satu ini bisa jadi alternatif buat kamu yang juga hobi menulis. Cara mendapatkan uangnya adalah dengan memonetisasi blogmu melalui berbagai platform, seperti Google Ads, endorsement, ataupun afiliasi.

Agar blogmu bisa menghasilkan uang, sebenarnya butuh waktu yang cukup lama. Soalnya, kamu perlu membangun blogmu dulu dan mengisinya dengan berbagai konten yang sesuai dengan niche-mu. Tapi begitu blogmu sudah bisa di monetisasi, kamu tak perlu khawatir lagi karena uang akan datang dengan sendirinya, lho!

Baca juga: Tips Blogging untuk Pemula dan Kesalahan yang Harus Dihindari

17. Jualan bibit tanaman

Meskipun jarang dilirik sebagai peluang kerja sampingan bagi karyawan ataupun pelajar, sebenarnya berjualan bibit tanaman bisa menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, lho. Apalagi jika kamu bisa bekerja sama dengan petani lokal untuk penyediaan stok bibit tanaman dengan harga yang terjangkau.

Usaha bibit tanaman sendiri sebenarnya juga punya pasar yang luas. Selain teman kerja di kantor ataupun tetangga, kamu sebenarnya juga bisa menjualnya pada masyarakat umum. Bahkan, jualan bibit tanaman juga bisa dilakukan secara online.

18. Budidaya ikan lele dalam ember

Siapa sangka ide yang satu ini bisa jadi peluang usaha sampingan, bahkan jadi ide kerja sampingan untuk pelajar juga. Soalnya, metode budidaya ikan dalam ember alias budikdamber ini jauh lebih hemat dan mudah dilakukan, sehingga cocok buat kamu yang punya modal kecil.

Ditambah lagi, budikdamber ini sebenarnya tidak bisa dilakukan dengan jenis ikan apapun. Alasan mengapa lele bisa di budidayakan dengan metode ini adalah karena lele bisa bertahan hidup meskipun dalam kondisi kadar oksigen yang minim. Plus, lele juga merupakan salah satu jenis ikan yang banyak di konsumsi masyarakat.

19. Buka jasa iklan online

Pergeseran media marketing dari pemasaran tradisional secara offline menjadi pemasaran digital secara online juga mengubah peta peluang usaha, termasuk peluang untuk kamu jadikan sebagai potensi kerja sampingan. Soalnya, kamu bisa menawarkan jasa iklan online atau digital advertising.

Tentu saja kamu juga harus punya knowledge yang memadai untuk memulai usaha yang satu ini. Artinya, modal yang kamu punya bukan hanya sebatas modal saldo atau kartu kredit agar bisa mulai mengiklankan produk atau bisnis klien, ya!

20. Jadi influencer

Buat kamu yang hobi main medsos dan punya banyak follower, membangun personal brand-mu sebagai seorang influencer atau KOL (key opinion leader) akan sangat menguntungkanmu, lho! Karena begitu kamu di nilai audiens memiliki influence alias pengaruh, kamu bisa mendapatkan cuan lewat endorsement ataupun promosi berbayar (paid promote).

Meski begitu, kamu juga perlu membekali dirimu dengan skill bermedsos sebagai influencer. Misalnya belajar soal engagement rate, yang pasti akan di tanya oleh calon klien yang mau kerja sama endorse denganmu.

21. Fotografer/Videografer

Freelance fotografer dapat bekerja untuk berbagai jenis klien, termasuk media, perusahaan, klub olahraga, organisasi nirlaba, dan orang-orang biasa. Mereka dapat mengambil gambar dari berbagai jenis acara, seperti pesta, konvensi, pertunjukan, dan acara lainnya.

Pilih Ide Kerja Sampingan yang Sesuai Skill-mu

Nah, itu tadi ide-ide kerja sampingan yang bisa kamu coba terapkan untuk menambah penghasilanmu. Tentu saja masing-masing ide tadi punya kelebihannya sendiri-sendiri, dan butuh skill tertentu yang bahkan sangat spesifik. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pilih ide pekerjaan sampingan yang paling pas dengan skill-mu, dan bukan hanya berdasarkan potensi cuan yang bisa kamu dapatkan saja, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
strategi pemasaran
Read More
Apa itu Strategi Pemasaran Produk? Fungsi, Keunggulan & Contoh
Untuk mengembangkan suatu bisnis, tentu kamu perlu beberapa strategi pemasaran yang tepat demi menarik hati konsumen. Meski demikian,…
ide nama perusahaan
Read More
90+ Ide Nama Perusahaan yang Bagus & Cara Buatnya
Apakah kamu ingin membuat perusahaan baru? Pastikan kamu memperhatikan nama perusahaan dengan baik. Kali ini, kita akan membahas…