Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Cara Membuat Toko Online

Cara Membuat Website Toko Online Sendiri Dengan Mudah

Mau buat toko Online? Tapi bingung apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website toko online? Tenang, artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang cara membuat website online shop, optimasi, hingga apa saja yang dibutuhkan untuk membuat toko online kamu sendiri, Mau tahu caranya? Yuk Simak!

1. Tentukan Nama Toko Online

Branding Toko Online
Ingat! Nama Toko Kamu adalah Branding Bisnis Kamu

Nama toko sangat penting untuk online shop kamu, Nama toko ini sama halnya dengan merk/brand milik kamu, Maka dari itu kamu diharuskan membuat nama toko online yang baik dan mudah diingat oleh customer.

Nama toko sendiri menjadi kunci pertama bagaimana kesuksesan toko online kamu. Maka dari itu sebaiknya gunakan nama toko yang singkat dan relevan dengan produk yang kamu jual. 

Saat menentukan nama toko perhatikan juga ketersediaan nama domain, Apakah masih tersedia atau sudah ada yang punya. Jika nama tokoh yang kamu incar sudah dimiliki oleh orang lain, maka sebaiknya kamu menggunakan nama toko yang lainnya, Atau kamu bisa menggunakan cara menentukan nama toko berikut ini :

  • (Merek Anda) + (produk utama). Contoh: DewiRajut
  • (Kata kerja) + (produk utama). Contoh: CariTravel
  • (Merek Anda) + (nama industri). Contoh: RajaProperti
  • (Kata kerja) + (merek Anda). Contoh: CetakKusuma
  • (Kata kerja) + (produk utama) + (kota) : CariSepedaMalang

Ingat! Sebelum menentukan nama toko cek ketersediaan nama domainnya, Kamu bisa melakukan cek dan pembelian domain murah di Jagoan Hosting. Kamu bisa mendapatkan domain dengan harga murah dan tentunya 100% kepimilikan domain.

2. Tentukan Hosting untuk Website Toko Online Kamu

Performa Website Toko Online
Performa server sangat berdampak pada kesuksesan Toko Online

Hosting menjadi hal yang terpenting untuk online shop kamu, Saat ingin membuat website toko online Kamu harus mengerti tentang bagaimana kebutuhan hosting untuk toko online, Karena hosting menjadi penentu bagaimana performa website toko online kamu. Apakah cepat diakses, dan gak mudah down saat banyak customer. Berikut spesifikasi menimal server hosting untuk toko online :

1 Core CPU dan 1GB RAM

Minimal spesifikasi hosting kamu adalah 1 Core CPU dan 1GB RAM. Spesifikasi tersebut digunakan pada website untuk trafik Low sampai medium.

Untuk  trafik medium sampik high trafik menimal adalah 2 Core CPU dan 2GB RAM. Atau kamu bisa menggunakan VPS Indonesia namun buat kamu yang belum menguasai managed server sangat tidak recomended menggunakan

Disk Space 2GB

Minimal diskspace untuk sebuah online shop adalah 2GB, Dibawah itu not recomended. Karena sebuah online shop akan menggunakan banyak diskspace untuk menyimpan gambar.

Kamu pasti paham setiap produk yang ditampilan di etalase toko online kamu, tidak mungkin menampilkan hanya satu gambar, pasti ada beberapa gambar sebagai pendukung gambar utama. Itulah mengapa minimal diskspace untuk toko online adalah 2GB

Corporate Hosting

Menggunakan SSD Storage

Hosting yang kamu pakai untuk toko online wajib menggunakan penyimpanan SSD. Karena hosting yang menggunakan SSD memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Hosting yang menggunakan HDD.

Sebaiknya sebelum melakukan pembelian hosting, Lihat terlebih dahulu media penyimpanannya menggunakan SSD atau HDD.

Unlimited Inodes

Inodes adalah jumlah file yang tersimpan pada akun hosting kamu, Sudah disinggung saat buat toko online pasti akan menggunakan banyak gambar, Maka dari itu hosting untuk toko online setidaknya memiliki fitur unlimited inodes.

Corporate Hosting

Dengan spesifikasi tersebut, rata – rata harga yang ditawarkan oleh beberapa provider hosting diatas 100Ribu perbulan. Namun kamu bisa menggunakan Hosting Khusus Toko Online dari jagoan hosting.

Kamu bisa mendapatkan hosting dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang lebih murah. Cukup dengan 75Ribu kamu sudah mendapatkan hosting dengan spesifikasi 2 Core CPU, 2GB RAM, 10GB SSD Storage, dan Unlimited Inodes.

Dengan spesifikasi tersebut toko online kamu memiliki performa yang luar biasa, Baik dari segi kecepatan website, performa server yang minim down karena trafik, dan diskspace yang besar untuk menyimpan segala jenis file kamu.

3. Tentukan CMS Toko Online Kamu

Saat ingin membuat website toko online kamu harus menentukan CMS, CMS atau Content Management System adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web.

CMS memudahkan kamu dalam mengelola toko online kamu, Lantas apa CMS toko online terbaik? Mimin sih merekomendasikan menggunakan CMS wordpress, Berikut alasan mengapa kamu harus menggunakan CMS WordPress untuk Toko Online Kamu

  1. Gratis dan Open Source
  2. Mudah dipahami dan dikelola sekalipun orang awam
  3. Banyak tutorial tentang wordpress di internet
  4. Memiliki banyak dukungan (theme, plugin, dll)
  5. Mudah dioptimasi

Bagaimana cara Membuat Toko Online dari WordPress?

Untuk membuat website toko online dengan menggunakan wordpress caranya cukup mudah, Karena kamu tak perlu ekstra mengerti bahasa pemrograman, Karena sudah banyak tools dan plugin yang siap membantu kamu untuk membuat online shop kamu. Berikut Tutorial cara membuat toko online dengan wordpress :

Cara Membuat Website Toko Online Sendiri

  1. Pertama Instal wordpress

    Instal CMS wordpress di hosting kamu, Bisa melalui tools SoftaculousProses Instalasi WordPress Toko Online

  2. Kemudian Masuk ke Dashboard WordPress

    Masuk dashboard wordpress bisa dengan login ke website melalui url namasitus.com/wp-admin dan gunakan user yang sesuai saat instal wordpress.Dashboard WordPress Toko Online

  3. Install Plugin Woocommerce

    Plugin woocomerce adalah plugin untuk membuat toko online. Caranya yaitu pilih menu WordPress Plugin -> Add New. Kemudian cari plugin Woocommerce, Lalu instal dan aktifkan plugin woocommerce.Instal Plugin Woocommerce Toko Online

  4. Selanjutnya Setting Plugin Woocommerce

    Setelah terinstal dan teraktifasi maka kamu akan diarahkan ke halaman setting plugin Woocommerce. Kamu setting sesuai dengan Toko Online Kamu hingga proses setting selesai.Setting Plugin Woocommerce Toko Online

  5. Setelah selesai, Upload produk Toko Online

    kamu bisa melakukan upload produk milik kamu menggunakan plugin WooCommerce, Caranya pilih menu WordPress Products -> Add NewAdd Produk Toko Online

  6. Selanjutnya Membuat Postingan Produk

    Setelah masuk ke halaman post produk kamu bisa menambahkan judul produk, deskripsi produk, kategori hingga harga jual produk. Jangan lupa menambahkan featured image produk dan image galeri produk. jangan lupa untuk publishUpload Produk Toko Onlie

  7. Melihat Hasil Postingan Upload Produk

    Untuk melihat hasil upload produk, tekan view pada bagian atas postingan tadi setelah melakukan publish. Atau bisa melalui url namasitus.com/product/nama-product. Kamu bisa mengulangi langkah nomor 5,6,7 untuk memperbanyak product di toko online kamu.
    Hasil dari Buat Toko Online

  8. Selesai, Cara Melihat Keseluruhan Produk Toko Online

    Untuk melihat keseluruhan produk kamu bisa menuju link namasitus.com/shopTampilan Toko Online

Itulah Cara membuat Toko Online sendiri dengan mudah, Dengan wordpress dan bantuan plugin WooCommerce kamu bisa membuat toko online kamu sendiri dengan mudah.

Dengan plugin woocommerce kamu bisa menentukan harga pengiriman, metode pembayaran,  membuat kode kupon untuk diskon produk, Kamu juga bisa melihat order yang masuk dari toko online kamu beserta report hasil penjualan di toko online kamu.

Untuk melakukan custom website toko online, Kamu bisa menggunakan Jasa Buat Website yang bisa melakukan customisasi dan membuat toko online kamu menjadi lebih baik. Kamu juga bisa mencari atau membeli theme wordpress khusus onlineshop dan melakukan customisasi sendiri.

Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul tentang tutorial cara membuat toko online.

Bagaimana cara menentukan harga pengiriman?

Plugin Woocommerce sendiri sudah memiliki fitur untuk menentukan sendiri harga pengiriman. Namun kamu bisa menggunakan Plugin Raja Onkir untuk menentukan ongkos kirim dari berbagai kurir di Indonesia.

Apakah bisa semua produk toko online berada di Homepage?

Kamu bisa menampilkan produk toko online kamu di homepage dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Membaca > pada tampilan beranda kamu pilih halaman statis dan pilih laman shop sebagai homepage.

Apasaja metode pembayaran yang tersedia untuk toko online yang baru dibuat?

Saat kamu menggunakan plugin Woocommerce terdapat beberapa metode pembayaran yaitu bank transfer dan paypal. Kamu bisa menggunakan payment gateway untuk menambah metode pembayaran seperti via indomaret/alfamaret.

4. Tambahkan dan Update Produk Toko Online Kamu

Untuk menambahkan produk sudah dibahas dalam tutorial cara membuat toko online diatas, Kamu harus terus melakukan update produk agar toko online kamu bisa lebih banyak produk dan tentunya akan membuat toko kamu lebih disukai oleh customer atau pembeli.

Sebaiknya lakukan optimasi terhadap produk di toko online kamu, Optimasi yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meletakkan kata kunci produk kamu pada judul, permalink, deskripsi.

Hal tersebut bertujuan agar produk kamu bisa muncul dan mudah ditemukan di pencarian google, Namun saat ini cukup sulit karena hampir semua kata kunci untuk penjualan dikuasai oleh marketplace.

Kemudian lakukan Optimasi pada gambar dengan cara melakukan compress gambar, Tujuan dari compress gambar yaitu mempercepat load website. Kecepatan website sangat penting, Kamu pasti gak mau customer kabur karena load website kamu lambat. 

Tapi jika kamu menggunakan Corporate Hosting Hal tersebut tidak akan terjadi, Walaupun tanpa melakukan compress gambar, website kamu masih tetep kenceng saat diakses, Apalagi kalo kamu melakukan compress gambar, Makin cepet load website kamu.

5. Optimasi Website Toko Online Kamu

Yang dimaksud disini termasuk Optimasi SEO dan Optimasi User Experience, Dua hal ini sangat penting untuk dilakukan dan diterapkan saat membuat website toko online sendiri.

Optimasi SEO berfungsi untuk meningkatkan visitor/pengunjung ke website kamu, sedangkan Optimasi user Experience berfungsi untuk membuat customer lebih menyukai toko online kita.

Berikut beberapa cara optimasi website toko online yang bisa kamu Lakukan :

1. Compress Gambar

Compress image berfungsi untuk mempercepat loading website, Kecepatan website sangat berpangaruh baik dari segi SEO maupun User Experience. Google mengharuskan website memiliki load website yang cepat, Sedangkan kebanyakan customer akan meninggalkan website yang memiliki load yang cukup lama.

Maka dari itu kamu diharuskan melakukan compress image untuk membuat website toko online kamu lebih cepat.

Tampilan (User Interface dan User Experiance)

Interface atau tampilan menjadi hal yang penting, Sama halnya dengan compress gambar, tampilan website berpengaruh dari segi SEO dan user experience. Penjelasannya hampir sama dengan compress gambar.

Google mewajibkan semua website mobile friendly, Artinya website harus memiliki tampilan mobile yang nyaman dan mudah diakses di device mobile.

Dari segi User Experience tampilan website yang baik dapat meningkatkan brand awarenes tentang website kamu. Itulah mengapa saat membuat website toko online kamu harus memperhatikan user interfacenya.

3. Permalink

Permalink sangat penting untuk meningkatkan SEO website kamu, Untuk optimasi website online shop kamu bisa dengan cara merubah sedikit permalink website kamu. Jika defaultnya untuk permalink post produk yaitu namasitus.com/product/nama-product  kamu bisa merubah sedikit menjadi namasitus.com/jual/nama-product dari situ bisa sedikit meningkatkan SEO Onpage kamu. Kamu bisa merubah permalink di menu Settings > Permalink.

Itulah beberapa hal kecil yang bisa kamu optimasi sendiri, Untuk optimasi lebih lanjut bisa menggunakan jasa, Baik Jasa SEO, Custom website, dll. Nah bagaimana dengan tutorial cara buat website toko online tersebut?  

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +