Lebih dari satu domain – Bagi kalian para pelaku bisnis atau tokoh dengan kebutuhan penggunaan website, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan domain yang memiliki nama yang serupa, namun tak jarang ternyata saat dibuka sangat berbeda isinya. Hal ini membuktikan bahwa nama pada sebuah website merupakan hal yang penting. Tak hanya sebagai identitas, kepercayaan, profesionalisme, dan komersilitas, Memiliki domain website yang bagus menjadi hal yang patut untuk direncanakan.

Domain secara umum akan berakhiran .com, .net, .org, .biz, dll. Tergantung jenis bisnis atau spesifikasi konten yang akan ditampilkan. Nama domain saat ini akan semakin spesifik, sehingga orang tidak salah dalam penulisan dan mempermudah pengguna internet menemukan alamat web yang dimaksud.

Lalu apakah cukup mempunyai satu domain untuk bisnis kamu? Ataukah perlu mempunyai banyak
domain? Boleh kok, kalian punya banyak domain. Sebenarnya dengan satu domain pun bisa dikembangkan menjadi beberapa sub-domain untuk membantu pengguna internet menemukan konten dengan judul atau tema yang spesifik. Ternyata mempunyai domain lebih dari satu itu hal yang penting loh!

Berikut beberapa alasan mengapa hal ini menjadi penting:

lebih dari satu domain
gambar dari unsplash

Melindungi Identitas Brand

Nama merupakan sebuah identitas, sama halnya dengan domain pada sebuah website, domain akan
menjadi identitas dari website tersebut. Maka dari itu penting untuk melindungi identitas tersebut.
Salah satunya dengan menjaga nama brand tersebut sebagai nama kita, dan melindungi image dari
nama serta brand tersebut di kalangan masyarakat. Semakin baik image dari nama domain tersebut
akan berbanding lurus dengan representasi identitas brand.

Mencegah Cybersquatting

Cybersquatting adalah salah satu bentuk Cybercrimes atau kejahatan di dunia maya yang melakukan penjualan nama domain dengan harga yang sangat tinggi kepada perusahaan atau orang yang menginginkan untuk menggunakan domain tersebut.

Cybersquatting lebih dikenal dengan Penyerobotan Nama Domain. Pelaku cybersquatting tak segan-
segan untuk mengancam pemilik nama bisnis yang akan menggunakan domain tersebut dengan cara menurunkan atau memperburuk reputasi pemilik domain asli tersebut. Hal ini meresahkan bagi pemilik bisnis atau usaha yang namanya diserobot oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab.

Menghindari kesalahan penyebutan

Seiring banyaknya bisnis baru bermunculan, banyak nama usaha atau bisnis yang memiliki nama yang mirip, bahkan sama. Nah, dengan kita memiliki domain lebih dari satu akan memudahkan konsumen menemukan nama bisnis yang dimaksud.

Mengoptimalisasi SEO

Pencarian nama bisnis yang salah akan menyusahkan konsumen, namun jika kita memiliki domain lebih dari satu, akan memudahkan SEO bekerja dengan baik dan mengarahkan ke domain yang benar. Strategi ni sering digunakan oleh bisnis yang memiliki nama yang umum.

Apabila memiliki domain lebih dari satu akan membuat pengunjung diarahkan ke website kita, apalagi teknik ini sangat mengoptimalisasi dari algoritma SEO. Sangat mendapatkan potensi banjir pengunjung di website kita.

Sarana promosi atau perluasan bisnis

Domain yang banyak dapat mengurangi beban dari server website apabila setiap domain mengarah ke hosting/server yang berbeda, apalagi jika ingin melakukan promosi yang membuat kunjungan web sangat banyak, hingga perluasan bisnis dengan lini atau produk yang berbeda. Maka sangatlah
diperlukan domain dengan akhiran lain yang membedakan lini bisnis satu dengan yang lainnya.

Nah, sekarang kamu tau seberapa penting mempunyai domain lebih dari satu. Beban server pun
menjadi berkurang. Jika kalian biasanya memakai domain dengan akhiran .com , kamu bisa
menggantinya dengan menggunakan akhiran domain yang unik seperti .today, .life, .travel, .io, dsb.
Kamu juga bisa loh pakai VPS X dari Jagoanhosting. VPS X didukung dengan teknologi network tier-1upstream yang dapat secara mandiri mengelola network bandwidth sehingga network tidak akan dibagi ke pengguna VPS Lain.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like