Rasanya, hampir semua orang kini telah mengenal internet. Melihat fenomena ini, sebagai pebisnis, tentunya kamu dapat memanfaatkannya sebagai media online marketing. Selain lebih praktis dan mudah, internet marketing juga memungkinkanmu untuk menyaring pengguna sesuai target pasar yang telah kamu buat. Apakah kedengarannya menarik, Sob?

Pada artikel kali ini, Jagoan Hosting akan membahas seputar apa itu internet marketing lengkap hingga manfaat, cara, dan beberapa tipsnya. Yuk simak!

Apa itu internet marketing?

Pengertian internet marketing adalah salah satu strategi marketing yang dilakukan melalui jaringan internet dan juga berbagai platform online. Contoh platform internet marketing adalah website, email, blog, mesin pencari dan sosial media.

Dari penjelasan di atas, pasti kamu bertanya-tanya, Sob! Lalu, apa bedanya dengan digital marketing?

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran menggunakan media digital dan juga internet. Salah satu contohnya adalah melakukan pemasaran melalui sosial media, website, email, dan lain sebagainya. Pada dasarnya digital marketing menggunakan media digital dan harus terkoneksi.

Berbeda dengan pemasaran internet yang merupakan kegiatan marketing dengan memanfaatkan aplikasi dari internet dan teknologi-teknologi  seperti, internet, kabel, satelit, hardware, dan juga software yang terhubung dengan internet.

Selain itu, internet marketing adalah kegiatan pemasaran yang memiliki tujuan untuk membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara online.

Jenis internet marketing

Pemasaran internet dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya.

1. Facebook marketing

Facebook marketing adalah kegiatan yang dilakukan menggunakan Facebook account. Tujuannya adalah untuk memasarkan produk dan menjalin hubungan dengan target audiens secara lebih dekat.

Facebook marketing adalah salah satu platform yang berpotensi saat ini. Hal ini dikarenakan pengguna Facebook sangat besar dan terjadi peningkatan setiap harinya. Selain itu, Facebook juga dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan seller untuk memasarkan dan menjual produknya, salah satunya adalah fitur Facebook Ads yang kini juga menjadi salah satu trend pemasaran.

2. YouTube marketing

YouTube marketing adalah salah satu jenis pemasaran online melalui platform YouTube. Kegiatan pemasaran pada YouTube ini meliputi pembuatan dan pengunggahan video berhubungan dengan produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan.

Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan supaya melakukan pembelian pada produk atau jasa yang di tawarkan.

Baca juga: Pengertian Digital Marketing: Strategi, Manfaat dan Jenisnya

3. Website marketing

Website marketing adalah bentuk kegiatan pemasaran yang memiliki tujuan untuk meningkatkan traffic pada website atau situs tertentu.

Kegiatan pemasaran ini bisa dibilang berhasil apabila website yang kamu gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa memiliki banyak trafik. Dari tingginya traffic tersebut, maka akan banyak peluang untuk menjadikan visitor menjadi pelanggan.

Tujuan website marketing adalah guna mendapatkan peringkat teratas pada Search Engine seperti Google. Hal ini bisa dilakukan dengan mengoptimalkan mesin pencari (SEO), membuat konten yang berkualitas untuk dipasarkan, dan lain sebagainya.

4. SEO marketing

SEO marketing atau Search Engine Optimization adalah aktivitas pemasaran melalui internet dengan tujuan meningkatkan visibilitas situs web atau page website di search engine seperti Google.

Aktivitas ini dilakukan dengan cara memilih nama domain, konten website, dan juga mencari keyword yang tepat pada mesin pencari.

5. Content marketing

Jenis terakhir dari internet marketing adalah content marketing. Content marketing merupakan strategi yang mencakup kegiatan membuat dan menyebarkan konten. Konten di sini biasanya dapat mendeskripsikan bisnis secara jelas dan informatif.

Strategi untuk menggunakan content marketing adalah dengan menggunakan tiga sifat konten, yaitu, penting, relevan, dan konsisten. Ketika konten dapat memenuhi tiga sifat tersebut maka konten bisa berpotensi mendatangkan traffic yang besar.

Ciri-ciri internet marketing

Setelah mengetahui jenis internet marketing, berikut adalah penjelasan dari Jagoan Hosting tentang ciri-ciri pemasaran internet yang perlu kamu ketahui, Sob!

  • Internet marketing adalah jenis promosi yang lebih fleksibel dan tersebar. Promosi tersebut bisa dilakukan melalui artikel, update blog, status sosial media dan lain sebagainya.
  • Memiliki ruang lingkup pemasaran yang lebih luas, dapat diakses dan ditujukan kepada siapa saja tanpa batas ruang dan waktu.
  • Bersifat lebih responsif dan terbuka dengan para konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya marketplace yang melayani customer nya 24/7.
  • Memungkinkan mendapatkan timbal balik dan komunikasi yang bisa dilakukan pada banyak arah.

Elemen dalam internet marketing

Dalam kegiatan pemasaran melalui internet, ada banyak elemen yang harus kamu ketahui, agar proses berjalannya pemasaran bisa lebih efektif dan efisien. Berikut adalah elemen-elemennya.

1. Website

Website menjadi salah satu elemen pemasaran internet yang bisa membantumu untuk melakukan evaluasi. Dengan website, kamu juga bisa memperoleh data, seperti jenis pengguna yang masuk menjadi sebuah konversi, kemudian penilaian tentang kontenmu pada audiens, dan halaman mana yang paling sering dikunjungi oleh mereka.

2. E-commerce

E-commerce adalah elemen internet marketing yang mencakup kegiatan jual beli melalui media elektronik. Kegiatan jual beli ini dulunya dilakukan melalui televisi atau telepon, namun sekarang lebih banyak dilakukan melalui jaringan internet.

3. Artikel SEO

Artikel SEO juga bisa menjadi salah satu taktik atau elemen marketing melalui internet. Berbeda dengan artikel lainnya, artikel SEO dibuat sesuai teknik SEO. Dengan begitu, search engine seperti Google akan mudah mengetahui dan mengenali isi artikel dengan cepat.

Untuk menghasilkan artikel SEO kamu disarankan menggunakan kata kunci yang relevan dan paling banyak dicari oleh pengguna.

Baca juga: 7 Cara Cepat Belajar SEO untuk Pemula

4. Email marketing

Kata siapa email marketing sudah ditinggalkan? Faktanya, email marketing hingga saat ini masih banyak digunakan oleh marketer. Strategi untuk melakukan pemasaran melalui email adalah dengan memperhatikan hal-hal seperti memastikan email terkirim, membuat email yang menarik dan menghasilkan ketertarikan sehingga konsumen akan mengambil tindakan semacam melakukan pembelian atau minimal membalas email yang sudah kamu kirimkan.

5. SEM

Search Engine Marketing atau SEM juga merupakan elemen marketing melalui internet yang bertujuan mengoptimasi website agar bisa muncul pada halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan iklan berbayar.

6. Social media marketing

Social media marketing adalah salah satu cara paling efektif untuk melakukan pemasaran melalui internet, sehingga kamu bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan para audiens. Dengan menggunakan social media marketing, kamu bisa menjadi salah satu solusi untuk kebutuhan para audiens, juga bisa menerima timbal balik secara langsung.

7. Systemize follow-up

System follow-up memiliki definisi sebagai tindak lanjut. Menjadi salah satu jenis internet marketing, ini dilakukan dengan cara mengambil tindak lanjut setelah menawarkan atau memperkenalkan produk kepada orang lain.

8. Sales

Sales adalah salah satu elemen pemasaran internet yang meliputi aktivitas penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan penjual kepada pembeli. Sales juga disebut sebagai orang-orang yang melakukan penawaran dan penjualan kepada pelanggan maupun calon pelanggan yang biasa terdiri dari satu tim.

Tujuan internet marketing

Kegiatan pemasaran melalui internet memiliki tujuan penting yang juga harus kamu ketahui. Tujuan utama dari langkah ini, yaitu menarik perhatian calon konsumen. Baik untuk berjualan produk barang ataupun jasa, sistem pemasaran modern ini menjadi kebutuhan yang tidak terhindarkan.

Manfaat internet marketing

Beragam manfaat internet marketing bisa kamu rasakan pada banyak aspek. Internet marketing adalah metode yang punya banyak manfaat, seperti berikut.

1. Menjangkau audiens lebih luas

Penggunaan teknologi internet yang tidak memiliki batas ruang dan waktu memberikan jangkauan audiens lebih luas untuk kamu. Ini adalah manfaat pemasaran melalui internet jika kamu lakukan dengan tepat.

2. Menghemat biaya

Menekan biaya pemasaran juga menjadi satu manfaat internet marketing yang sangat penting. Anggaran tersebut nantinya bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan penting lain.

3. Mengukur performa bisnis lebih mudah

Banyak tips dan cara internet marketing yang sebenarnya mudah dilakukan. Karena semua data dan informasi bisa kamu akses secara online saat itu juga. Dengan begitu, performa metode pemasaran ini juga dapat diukur dengan mudah.

4. Memperoleh audiens yang relevan

Mencari audience yang lebih relevan juga dapat dilakukan secara otomatis jika menggunakan metode ini. Jadi, memahami apa itu internet marketing beserta tujuannya juga harus kamu lakukan lebih dulu, Sob.

5. Mempermudah perolehan leads

Lead adalah orang yang memiliki potensi besar untuk menggunakan produk kamu. Secara sederhana, manfaat internet marketing dapat membantu kamu meningkatkan jumlah lead serta sales atau penjualan.

6. Memudahkan usaha pemasaran

Karena ada beragam jenis dan elemen dari pemasaran internet, maka kamu bisa memilih cara termudah untuk melakukannya. Jika cara yang dipilih sesuai, maka usaha pemasaran pastinya dapat dilakukan dengan mudah pula.

Baca juga: Direct Marketing: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Kelebihan

Cara internet marketing

Pembahasan menarik berikutnya, kamu juga bisa memilih berbagai macam cara untuk kegiatan pemasaran internet, Sob! Kamu dapat memilih salah satu atau bahkan banyak cara sekaligus, asalkan memang sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Buat website

Cara pertama adalah membuat website. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri, atau bisa juga dengan memperkerjakan penyedia jasa pembuatan website terbaik.

2. Tulis blog

Blog merupakan cara internet marketing modern yang banyak digunakan selama beberapa tahun terakhir. Ada kaidah yang harus kamu perhatikan supaya penulisan blog untuk keperluan bisnis bisa tepat dilakukan.

3. Gunakan teknik SEO

SEO sendiri pada dasarnya adalah metode untuk mempromosikan website dan kini juga banyak diterapkan pada aspek lain. Tidak hanya website, meningkatkan performa media sosial juga merupakan cara atau contoh internet marketing lainnya.

4. Iklankan situs di hasil pencarian

Jika ingin cepat masuk pada halaman pertama Google, kamu juga bisa menggunakan iklan berbayar. Dengan anggaran sesuai, kamu bisa mendapat manfaat internet marketing yang sangat besar.

5. Manfaatkan email marketing

Melakukan kegiatan pemasaran online menggunakan email juga bisa jadi contoh internet marketing yang pasti sudah sering kamu temui. Ini dapat kamu lakukan dengan bermodalkan database calon konsumen.

Namun, pastikan email marketing yang kamu gunakan stabil di situasi apapun ya, terutama di momen-momen high demand. Agar lebih yakin, jatuhkan saja pilihanmu kepada Corporate Hosting dari Jagoan Hosting yang menawarkan web hosting untuk aktivitas email. Jadi, kegiatan bisnismu pun akan lancar tanpa hambatan!

6. Terapkan guest blogging

Menerapkan guest blogging juga menjadi salah satu contoh internet marketing menarik lainnya. Menjadi penulis tamu di website lain, bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan website kamu dan blog kamu sendiri.

7. Jalin komunikasi dengan social media marketing

Menggunakan media sosial sebagai pemasaran merupakan cara terbaik. Apalagi jika produk kamu memiliki target pasar anak milenial yang sangat aktif di sosial media.

8. Gunakan Google Bisnisku

Tips berikutnya ialah gunakan Google Bisnisku yang sangat mudah kamu akses. Di dalamnya terdapat banyak fitur untuk membantu kamu mencapai tujuan pemasaran internet itu sendiri, Sob.

9. Terapkan affiliate marketing

Cara internet marketing dengan sistem affiliate tidak terlalu sulit dilakukan. Cara kerjanya adalah dengan mempromosikan penawaran produk barang dan jasa, dimana jika berhasil terjual maka penjual akan mendapat sejumlah komisi.

10. Kerja sama dengan influencer

Menjalin kerja sama dengan influencer adalah cara internet marketing terbaik. Pastikan influencer yang dipilih telah sesuai dengan produk jualan kamu, ya.

Tips internet marketing

Supaya bisa memberikan lebih banyak manfaat untuk kamu, Jagoan Hosting akan berikan tips internet marketing terbaik. Yuk simak!

1. Pahami image brand

Tips yang pertama adalah ketahui image dari produk yang akan kamu promosikan. Ini adalah tips internet marketing paling dasar sehingga harus kamu lakukan dengan baik.

2. Up to date

Berikutnya yang juga penting ialah mengikuti perkembangan informasi terbaru, Sob. Sebagai seorang marketer, tentunya kamu perlu update tentang berita-berita terkini yang mungkin sedang ramai diperbincangkan.

3. Mulai dari SEO

SEO adalah teknik dan contoh internet marketing yang mudah kamu lakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu paham dengan metode ini.

4. Belajar dengan yang lebih berpengalaman

Mempekerjakan profesional yang berpengalaman, merupakan tips internet marketing bagi kamu jika tidak paham caranya.

5. Lakukan analisis dan evaluasi

Setelah menerapkan beberapa strategi pemasaran internet, kamu harus memantau hasilnya. Lakukan analisa serta evaluasi jika target yang kamu inginkan belum bisa tercapai.

Nah, itu dia Sob penjelasan seputar apa itu internet marketing yang telah Jagoan Hosting rangkum untukmu. Bagaimana, sudah siap menerapkannya?

Dalam menjalankan internet marketing, fungsinya adalah sebagai platform untuk mendapatkan traffic atau lead yang dihasilkan dari email, iklan maupun SEO. Leads ini  yang kemudian akan di konversi menjadi customer. Sehingga memiliki website dengan performa stabil menjadi sebuah keharusan agar website tidak down ketika diakses oleh visitor. 

Ingin memiliki website dengan performa yang tinggi dan terjangkau? Unlimited hosting dari Jagoan Hosting bisa jadi solusi karena dengan harga mulai dari 9RIBU/bulan kamu sudah bisa mendapatkan hosting dengan performa stabil untuk menampung traffic tinggi. 

Kamu juga bisa mendapatkan web builder premium secara gratis, jadi kamu bisa bikin website hanya dengan drag & drop. Tunggu apalagi? Cek pilihan paketnya sekarang juga!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like