Setiap hal yang bersifat personal tentu akan berdampak lebih signifikan. Hal serupa juga dilakukan oleh tim pemasaran dalam mempromosikan produk atau jasa mereka. Direct marketing adalah salah satu strategi yang diterapkan dengan membangun kontak secara langsung kepada pelanggan.

Promosi melalui media memang banyak dilakukan, namun hingga saat ini, metode direct marketing masih dinilai efektif untuk menarik pembeli potensial. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat dan kelebihan direct marketing? Simak artikelnya sampai akhir untuk menemukan jawabannya, ya!

Pengertian direct marketing

Direct marketing adalah satu dari banyak strategi pemasaran yang diterapkan untuk menjangkau para pembeli. Metode direct marketing adalah membentuk sebuah interaksi langsung sehingga pesan komunikasi yang ingin disampaikan dapat dipastikan tersampaikan dengan tepat. Selain itu, direct marketing juga dinilai efektif untuk meningkatkan nilai penjualan.

Meski terkesan kurang praktis, direct marketing adalah upaya untuk membangun kedekatan dengan pelanggan. Tips utama saat menerapkan direct marketing adalah memilih target pembeli yang potensial. Dengan demikian, upaya komunikasi yang dilakukan dapat memberikan hasil sesuai target.

Direct marketing juga tidak melibatkan pihak ketiga dalam proses komunikasi. Artinya, respon yang diberikan oleh pelanggan dapat tersampaikan secara langsung kepada pihak yang melakukan promosi. 

Biasanya, alat promosi direct marketing adalah email, SMS, telepon, atau bahkan menemui secara pribadi atau kelompok pembeli potensial. Cara ini dianggap lebih personal dalam menargetkan calon pembeli sehingga mereka dapat merasa lebih dekat dengan produk atau brand yang dipasarkan. 

Misalnya, pernahkah Anda mendapatkan SMS dari suatu produk makanan terkait diskon yang sedang ditawarkan hari itu? Pesan tersebut adalah salah satu contoh direct marketing. Jika, Anda bergegas pergi untuk melakukan pembelian produk, maka hal ini menandakan bahwa metode direct marketing yang dilakukan berhasil. 

Baca juga: Apa itu AIDA Marketing? Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan

Tujuan direct marketing

Secara umum, tujuan direct marketing adalah membentuk komunikasi yang lebih personal dengan pelanggan sehingga meningkatkan peluang adanya konversi pembelian. Pendekatan secara langsung dan personal dinilai lebih efektif untuk mendorong respon pengguna. 

Variabel keputusan direct marketing

Beberapa poin yang ada dalam variabel keputusan direct marketing digunakan sebagai kerangka dasar dari metode direct marketing. Berikut penjelasannya:

  • Offering adalah bentuk penawaran dari produk yang akan ditawarkan saat memberikan pemasaran secara langsung kepada pelanggan. Biasanya penawaran yang diberikan menggunakan bentuk proposal yang berisi produk, layanan, harga, dan informasi lainnya.
  • Creative dalam direct marketing adalah elemen-elemen yang menyangkut platform penyalinan, elemen desain grafis, teknik, dan aspek manufaktur seperti kustomisasi. 
  • Media mengarah pada alat promosi direct marketing yang digunakan, seperti SMS, telepon, email, sosial media, website, dan lainnya.
  • Timing dan sequencing mengarah pada keleluasaan dan kontrol yang lebih tinggi terhadap apa yang ingin disampaikan dalam direct marketing. Hal ini meliputi, kapan email atau SMS dikirim, opsi media yang digunakan, dan target dari direct marketing.
  • Customer service adalah layanan yang perlu disediakan oleh perusahaan dimana pelanggan dapat mendapatkan kemudahan akses informasi atau saat menyampaikan keluhan.

Manfaat direct marketing

Terdapat beberapa manfaat direct marketing yang bisa didapatkan dengan implementasinya. Berikut penjelasannya:

Interaksi langsung yang diterapkan pada direct marketing adalah kunci dari terbentuknya loyalitas pelanggan. Hal ini secara tidak langsung membangun persepsi komunikasi yang lebih personal bagi pelanggan. Secara tidak langsung, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan memutuskan menjadi pelanggan tetap.

Menghemat biaya promosi

Hal lain yang menjadi manfaat direct marketing adalah mengurangi anggaran untuk aktivitas pemasaran. Hal ini disebabkan karena direct marketing tidak perlu menggunakan jasa periklanan, seperti melalui baliho atau iklan berbayar di media sosial.

Menjangkau pembeli yang potensial

Keberhasilan direct marketing dapat diraih jika ditargetkan pada orang yang memang memiliki ketertarikan terhadap produk yang akan ditawarkan. Dengan memberikan perhatian atau fokus lebih pada pembeli potensial, hal ini tentu juga berdampak pada keuntungan bisnis. 

Baca juga: Online Marketing Adalah: Ini Panduan Lengkapnya bagi Pemula

Jenis-jenis direct marketing

Ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk menerapkan direct marketing. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan pastikan untuk mengetahuinya dengan baik untuk memperoleh hasil yang maksimal. Berikut jenis-jenis direct marketing adalah:

SMS Marketing

SMS adalah salah satu alat promosi direct marketing yang cukup banyak digunakan. Melalui cara ini, suatu bisnis dapat menjangkau pelanggan secara individu dalam lingkup area tertentu dengan biaya yang terjangkau. Biasanya, isi dari SMS bisa berupa penawaran produk baru, diskon, atau tautan ke situs website.

Email Marketing

Selain menggunakan SMS, Anda juga bisa memilih email marketing untuk opsi mengirimkan pesan secara pribadi kepada setiap individu. Kelebihan lain dari email marketing adalah opsi pengiriman gambar dan file. Sehingga, Anda juga bisa melampirkan foto produk atau katalog. 

Telemarketing

Beberapa perusahaan juga menggunakan telemarketing sebagai salah satu media dalam direct marketing. Perusahaan menggunakan sambungan telepon untuk menjangkau pelanggan. Kelebihan dari cara ini adalah interaksi yang tercipta saat menggunakan telepon. Cara ini juga sangat efektif terutama dalam membantu pelanggan saat menemukan permasalahan. 

Direct Mail

Cara ini biasanya dilakukan dengan mendatangi rumah pelanggan secara langsung, baik untuk melakukan demo atau memberikan penawaran produk baru. Keuntungan menggunakan cara ini adalah komunikasi yang berjalan lebih jelas dan lancar. 

Social Media Marketing

Di era digital saat ini, media sosial adalah salah satu cara efektif untuk meraih pelanggan. Melalui berbagai fitur yang disediakan, Anda bisa membentuk interaksi langsung dengan calon pembeli termasuk bertukar informasi dengan mereka. Selain itu, media sosial juga memberi kesempatan kepada pelanggan untuk mengenal brand atau produk secara lebih detail.

Kelebihan direct marketing

Terdapat beberapa kelebihan dalam penggunaan direct marketing sebagai strategi pemasaran. Berikut kelebihan direct marketing adalah:

Komunikasi personal

Penerapan direct marketing memungkinkan bisnis untuk membangun komunikasi secara personal dengan pelanggan. Selain memberikan kesempatan untuk meningkatkan penjualan, direct marketing adalah salah satu media untuk mendengarkan langsung pendapat, saran, atau keluhan dari pelanggan. 

Target konsumen jelas

Keberhasilan direct marketing dapat terwujud melalui penentuan target konsumen yang jelas. Hal ini menjadi salah satu kelebihan direct marketing karena sasaran promosi tepat dan lebih berpeluang tinggi.

Baca juga: Teknik Pemasaran Instagram Tepat Untuk Menarik Banyak Konsumen

Informatif 

Direct marketing dapat menjadi media untuk memberikan informasi secara mendetail kepada pembeli terkait informasi produk atau jasa, seperti diskon dan keuntungan penawaran. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pembeli mendapatkan informasi yang terpercaya. 

Hasil yang terukur

Penggunaan strategi direct marketing juga dinilai mempermudah proses pengukuran keberhasilan suatu program. Anda dapat melihat berdasarkan jumlah pembelian yang diperoleh atau penawaran diskon melalui kode referral tertentu.

Itulah pembahasan mengenai pengertian direct marketing dan hal-hal terkait lainnya. Pada intinya, alasan masih populernya direct marketing adalah sifat personal yang ditujukan kepada calon pembeli. Hal ini dinilai lebih efektif untuk membangun komunikasi yang baik dengan mereka. Jadi, sudahkah bisnis Anda menerapkan direct marketing?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like