Apa itu Deep Web? Situs Web Tersembunyi & Faktanya

deep web adalah

Internet adalah jaringan yang menyimpan jutaan situs di seluruh dunia. Namun, dari banyaknya situs tersebut apakah mungkin kamu bisa mengaksesnya semua? Pasalnya, ada satu misteri dalam internet bernama Deep Web. Deep web adalah situs tersembunyi yang dianggap berbahaya dan ilegal.

Tentunya kamu sering mendengar istilah Deep Web, namun apa kamu tahu apa saja isi didalamnya dan bagaimana cara mengakses situs misteri ini? Yuk temukan penjelasannya pada artikel berikut ini.

Apa itu Deep Web?

Deep Web adalah sebuah situs yang pertama kali diperkenalkan oleh seorang pendiri BrightPlanet, Mike Bergman. Dibandingkan dengan Surface Web, Deep Web berisi informasi dan berbagai konten yang lebih lengkap mencapai 96% dari total data di seluruh internet.

Deep Web adalah situs yang sulit terjangkau, karena tidak bisa diakses oleh search engine pada umumnya, seperti Google dan Bing. sementara, surface web merupakan kumpulan halaman yang dapat diakses oleh publik melalui search engine biasa.

Deep Web seringkali disebut dengan DeepNet, Hidden Web atau Invisible Web. Istilah-istilah tersebut menggambarkan bahwa ini merupakan situs yang berisikan informasi terpendam dan sulit terjamah. Karena itu, cara masuk Deep Web tidak diketahui oleh semua orang.

Analoginya, jika internet merupakan sebuah samudra. Maka, Deep Web adalah palung yang sulit dijangkau oleh semua orang. Meski, beberapa orang tertentu bisa mengaksesnya dengan mudah, misalnya Hacker.

Deep Web Berisi Apa?

Situs Deep Web dikenal konten berbahaya dan menyeramkan. Pasalnya, ada banyak informasi mengenai “peristiwa tak tersentuh” oleh media besar di seluruh dunia. Misalnya, tips melakukan hack, transaksi ilegal, dan konten paling populer adalah video-video aneh yang bisa membuat penontonnya terkena serangan mental.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Software Engineer? Tugas, Jenjang Karir & Gaji

Menilik lebih jauh lagi, Deep Web adalah situs yang berisi data-data penting hasil penelitian suatu lembaga, pemerintah yang biasanya bersifat pribadi. Tak heran, jika kabarnya Deep Web menyimpan begitu banyak dokumen rahasia pemerintahan.

Lebih naasnya lagi, di dalam situs Deep web terdapat informasi penjualan dan penelitian manusia, eksploitasi seks pada anak-anak, pembunuh bayaran, black market hingga transaksi obat-obatan terlarang.

Fakta-Fakta Tentang Deep Web

Fakta pertama yang harus kamu ketahui dari Deep Web adalah besarnya informasi hingga 400-500 kali lipat dari web pada umumnya, dengan kapasitas mencapai 7500 TB. pun servernya 20 kali lipat lebih besar dari kapasitas Microsoft, Google maupun Facebook.

Perlu kamu ketahui pula bawah akses internet di seluruh dunia yang bisa digunakan saat ini tidak lebih dari 5% dari kapasitas yang ada. Sehingga Deep Web adalah situs dibalik server milik perusahaan seperti Facebook, Google atau Microsoft.

Cara Mengakses Deep Web

Berbicara mengenai cara mengakses Deep Web, tidak semua orang mengetahuinya. Bahkan, hanya orang tertentu yang mampu mengakses dan menjelajahinya. Pun bahaya Deep Web sangat berisiko bila kamu nekat untuk membukanya.

Situs ini tidak bisa diakses dengan search engine umum. Jika berminat, Anda bisa menggunakan Tor Browser. Selanjutnya, kamu tinggal mengetikkan url yang akan dituju. Meski begitu, tidak mudah untuk mencari informasi di sana, karan Deep Web tidak terindeks oleh sistem pencarian.

Perbedaan Dark Web dan Deep Web

Baik itu Dark Web maupun Deep Web memiliki kesan yang sama, yaitu suatu situs ilegal dan berbahaya serta sulit untuk diakses. Meski begitu, ternyata keduanya dianggap berbeda lho. Lalu, bagaimana perbedaannya?

Cek Konten Lainnya:
Begini Lho Ternyata Cara SEO Bekerja

Perbedaan Dark Web dan Deep Web lebih kepada informasi dan konten di dalamnya. Deep Web biasanya mencakup database, yaitu sekumpulan file bersifat pribadi yang tidak terhubung dengan area web lain.

Termasuk juga di dalam Deep Web adalah Intranet, yaitu jaringan internal suatu perusahaan guna memantau kepentingan pribadi. Sementara, Dark Web lebih fokus untuk melindungi aktivitas ilegal seperti eksploitasi dan transaksi terlarang.

Bahaya Deep Web

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Deep Web memang dikenal sebagai situs yang berbahaya. Bagaimana bahaya Deep Web bagi pengaksesnya? Simak penjelasan berikut.

1. Rentan terkena virus

Deep Web dianggap sebagai situs sarang virus. Dimana, ketika kamu tidak melakukan proteksi dengan maksimal saat mengaksesnya, maka serangan virus tersebut sangat mudah masuk ke perangkatmu.

2. Terkena cyber crime

Saat kamu mencoba masuk dalam situs Deep Web, maka jangan heran jika informasi pribadi kamu bisa tersebar. Jika hal itu terjadi, maka kamu bisa lebih mudah terjebak dalam tindakan cyber crime.

Baca juga: Cracking Adalah Cyber Crime yang Lebih Berbahaya dari Hacking

3. Berisiko terkena gangguan mental

Deep Web berisi berbagai konten yang tidak jelas dari mana asal dan apa maksudnya. Sehingga. Seringkali kita melihat beberapa video menyeramkan berasal dari Deep Web tersebar dalam internet. Beberapa orang beranggapan bahwa konten tersebut bisa menyebabkan gangguan mental.

Fungsi Positif Deep Web

Di luar sisi bahayanya, ternyata Deep Web memiliki fungsi positif pada bidang tertentu, utamanya perihal keamanan. Simak lebih lanjut penjelasannya.

1. Menggagalkan upaya terorisme

Deep Web terkadang berisi informasi mengenai plan aksi terorisme dari suatu komunitas atau kelompok tertentu. Jika berhasil mencari kata kunci tepat dan menjelajahinya, bukan tidak mungkin kamu menemukan fakta mengejutkan. Karena itu, Deep Web sangat berguna dalam dunia kepolisian.

Cek Konten Lainnya:
Carding Adalah: Jenis, Kasus & Cara Mengatasinya

2. Menyimpan informasi pribadi perusahaan

Informasi suatu perusahaan atau negara biasanya bersifat sangat rahasia, sehingga diharapkan tidak ada yang bisa mengaksesnya. Salah satu cara untuk menyimpan data-data rahasia tersebut adalah melalui Deep Web. Dengan begitu, orang awam tidak bisa menjangkaunya.

3. Leluasa mengumbar rahasia

Dalam Deep Web tidak sedikit orang yang membicarakan informasi bersifat rahasia. Pasalnya, di dalam sana, privasi kamu sangat terjaga. Pun informasi yang sedang dibicarakan tidak akan tersebar.

Berbicara mengenai Deep Web adalah topik yang cukup menarik. Meski membuat penasaran namun tidak banyak orang berani mengunjungi. Itulah penjelasan mengenai apa itu Deep Web dan seputar fakta-faktanya. Setidaknya, informasi tersebut bisa mengobati rasa penasaran kamu terhadap situs tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pencuri membawa uang
Read More
Carding Adalah: Jenis, Kasus & Cara Mengatasinya
Semakin berkembangnya teknologi saat ini, juga mengakibatkan munculnya berbagai tindak kejahatan berbasis digital, seperti cyber crime. Selain itu,…
cara-mengecilkan-ukuran-foto
Read More
10 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Maupun Offline
Ukuran foto seringkali menjadi persyaratan penting dalam pengisian dokumen. Selain itu, ukuran foto juga menjadi peritmbangan penting dalam…