Sesuai namanya, pemasaran online atau online marketing adalah cara mempromosikan produk ataupun layanan secara online menggunakan internet. Terdengar simpel bukan? Nyatanya, kita memerlukan strategi marketing online yang efektif dalam prosesnya demi memperoleh hasil optimal.

Lalu, bagaimana strategi pemasaran online marketing yang dimaksud tersebut? Simak penjelasan serta panduan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Online Marketing

online marketing
Photo by Dominika Roseclay from Pexels

Secara sadar atau tidak, perkembangan sistem informasi dan komunikasi telah berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini. Tidak hanya orang-orang dengan profesi tertentu saja yang bisa merasakannya, namun perkembangan sistem informasi ini juga memberi pengaruh signifikan terhadap gaya hidup dari berbagai kalangan masyarakat.

Di era serba digital seperti saat ini, mungkin kamu sudah tidak asing lagi kan dengan apa itu online marketing? 

Pada dasarnya, pengertian online marketing adalah segala upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis atau perusahaan untuk menjangkau pelanggan melalui internet. Tidak hanya pelanggan, online marketing adalah strategi yang juga bertujuan menyampaikan pesan terkait produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen.

Dewasa ini, online marketing memang sering digunakan oleh banyak orang, pelaku bisnis, dan perusahaan. 

Misal saja, salah satu contoh online marketing adalah SEO. Ada yang sudah tahu soal SEO? Singkatnya, SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik atau upaya untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. 

Nah, akhir-akhir ini berbagai perusahaan dan pelaku bisnis saling berlomba dalam memaksimalkan SEO agar bisnisnya berada di peringkat teratas pencarian Google. 

Apakah SEO hanya memprioritaskan pencarian di Google saja? Bagaimana dengan situs pencarian lain seperti Microsoft Bing, Yahoo, Baidu, Ask.com dan lainnya? Jawabannya sederhana, yaitu karena Google adalah search engine favorit bagi mayoritas pengguna internet. 

Selain SEO, ada juga strategi marketing online yang efektif bernama SEM (Search Engine Marketing). Fungsinya hampir sama, yaitu untuk menempati halaman pertama google dengan keyword tertentu. 

Perbedaan SEM dengan SEO adalah, SEM ini berbayar. Jadi, kita menggunakan platform iklan Google Ads berbayar agar website bisa muncul pada halaman pertama Google dengan cepat. 

Selain itu, strategi online marketing yang sering dijumpai tentu saja melalui berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Siapa sih yang masih asing dengan media sosial tersebut? Bahkan rasanya sehari tidak mengunjungi satu diantaranya pun akan terasa ada yang kurang. 

Dari semua media sosial tersebut, seringkali kamu mendengar istilah advertising, kan? Dimana kamu bisa melakukan strategi online marketing dengan memasang iklan di salah satu atau bahkan semua media sosial yang kamu miliki.

Tak berhenti sampai di situ, strategi online marketing juga bisa melalui influencer marketing, email marketing, lead generation, dan lain-lain. 

Dilihat dari berbagai macam strategi tersebut, bisa dibilang cara marketing online cukup efektif digunakan pada era digital seperti sekarang ini. Selain bisa menjangkau seluruh dunia, biaya yang kamu keluarkan pun tidak akan bikin kantong jebol. 

Kelebihan Online Marketing

Banyaknya strategi online marketing yang dipakai oleh berbagai perusahaan membuktikan bahwa hal tersebut memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan offline marketing. Apa saja itu? Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran online:

online marketing
  1. Akses yang luas

Kamu bisa melakukan pemasaran produk ke ujung dunia manapun, tanpa harus repot memesan tiket pesawat dan mendatangi tempatnya langsung. Jika dunia bisa kamu kelilingi, apalagi daerah-daerah yang ada di Indonesia? 

Inilah alasan mengapa pemasaran online menjadi salah satu strategi yang paling diminati para pengusaha. Yup, karena kamu bisa menjangkau pasar di manapun, tanpa harus khawatir akses. 

  1. Mendapatkan feedback instan

Online marketing adalah strategi yang memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan feedback instan dari pelanggan. Pelanggan bisa memberitahumu pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk kamu dan memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah perlu dilakukan perbaikan layanan atau tidak. 

Manfaatkan saja Google My Business, yaitu review di google terkait dengan bisnismu. Jika kamu mendapat banyak review positif, otomatis akan banyak orang yakin dan tertarik untuk mencoba produk yang kamu tawarkan!

  1. Biaya yang murah

Dibanding dengan media pemasaran lainnya, mempromosikan produk di internet juga jauh lebih murah. Hal inilah yang membuat para pelaku bisnis kecil dan menengah mudah untuk mengenalkan produk mereka. Bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, kamu bisa melakukan marketing secara online! 

Itulah mengapa ada profesi sebagai content marketing, yaitu seseorang yang mengelola media sosial sehingga terjadilah transaksi. Menarik kan, Sob?

  1. Terhubung tanpa batas waktu

Sebelum adanya strategi pemasaran ini, menjaga hubungan antara konsumen dan produsen pastinya memakan banyak waktu dan tenaga. Ketika media online sudah maksimal, hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada para konsumen. 

  1. Operasional dalam waktu singkat

Kelebihan selanjutnya dari pemasaran online adalah dapat membuat kegiatan operasional selesai dalam waktu singkat. Terkoneksinya dengan internet memungkinkan kamu menyelesaikan seluruh kebutuhan operasional dengan cepat dan singkat. 

  1. Iklan digital

Menentukan konten iklan bukanlah hal yang mudah, sama halnya dengan menentukan target iklan yang tepat. Namun, dengan hadirnya pemasaran online kamu sudah bisa bersantai sembari merencanakan hal tadi. 

Iklan digital dikenal dengan ketepatan dan segmentasi pasarnya, karena itu sangat memudahkan kamu dalam menentukan target calon konsumen. Dan yang pasti meminimalisir kemungkinan iklan yang sia-sia karena tidak tepat sasaran. 

Iklan digital juga memiliki kisaran harga lebih murah dibandingkan iklan konvensional seperti reklame atau baliho. 

  1. Available 24 jam

Online marketing adalah strategi yang juga memungkinkan bisnis kamu tersedia setiap hari selama 24 jam. Hal tersebut tentunya mampu meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha. 

  1. Bisa menghemat banyak waktu

Pemasaran online juga dapat menghemat waktu pelakunya. Seorang calon konsumen bisa memperoleh semua informasi terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui internet. 

Hal ini berlaku untuk penjual maupun pembeli. Pembeli bisa mengakses informasi kapanpun dan dimanapun, sedangkan penjual juga dapat bekerja kapanpun dimanapun. Sangat efisien, bukan?

  1. Bisa terus terhubung dengan pelanggan

Jaringan internet memungkinkan kamu untuk selalu terhubung dengan pembeli secara realtime. Jika kamu menerapkan sistem diskon, kamu bisa dengan mudah mengirimkan email ke pembeli dan mereka bisa mengirimkan beberapa pesan di saat yang sama. Ini berarti kamu juga bisa mengirimkan katalog produk kepada seluruh pelanggan. 

15 Strategi Online Marketing yang Efektif

Lain dengan strategi iklan secara konvensional atau offline yang hanya begitu-begitu saja. Strategi marketing online jauh lebih kompleks sehingga dapat kamu sesuaikan dengan berbagai jenis produk yang akan kamu jual atau promosikan. Berikut ini Jagoan Hosting rangkum beberapa strategi marketing online yang efektif untuk diterapkan.

  1. Fokus pada konsumen jadi nomor satu!

Cara marketing online yang pertama adalah fokus pada konsumen. Dalam bisnis apapun, konsumen selalu menjadi prioritas nomor satu. 

Pastikan kamu sendiri memahami apa saja yang diinginkan oleh pelanggan! Mulai dengan menanyakan beberapa question seputar bagaimana pelanggan menemukan produk milikmu dan bagaimana pengalaman mereka dengan produk tersebut. 

Selain mengetahui pelanggan sendiri, kamu juga perlu mempelajari bagaimana mereka membuat keputusan untuk memakai produkmu. Kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan untuk lebih memahami pola pikir mereka dalam memutuskan pembelian, seperti :

  • Bagaimana pelanggan menemukan produk ini?
  • Apa yang membuat pelanggan tertarik untuk memakai produk ini?
  • Bagaimana cara pelanggan memutuskan apakah mereka akan membeli suatu barang?

Melalui pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu bisa lebih memahami bagaimana seorang pembeli menjadi lebih tertarik dan memutuskan membeli produk kamu.

  1. SEO (Search Engine Optimization)
online marketing

Hampir semua pelaku online marketing mengatakan bahwa SEO memiliki peran yang sangat penting dalam strategi pemasaran bisnis secara online. Hal ini juga diutarakan oleh Neil Patel, seorang profesional di bidang internet marketing dan entrepreneur. 

Melalui konten yang sudah dioptimasi menggunakan teknik SEO, akan membuat produk lebih mudah dijangkau pelanggan. Melalui SEO juga pemasaran yang dilakukan menjadi lebih tertarget, sehingga konversi yang terjadi akan jadi lebih besar. 

  1. SEM (Search Engine Marketing)

Sudah disinggung di atas, bahwa SEM berbeda dengan SEO. SEM memungkinkan kamu untuk langsung menduduki peringkat teratas pencarian Google. Namun, diperlukan biaya untuk menerapkan strategi ini. 

Persamaan SEO dan SEM adalah target pasarnya yang jauh lebih spesifik dan relevan dengan bisnis atau produk yang ingin kamu promosikan.

  1. SMM (Social Media Marketing)

Saat ini kekuatan sosial media sebagai strategi pemasaran online sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, yang perlu dipertimbangkan adalah penggunaan platform sosial media sesuai produk yang kamu tawarkan. 

Selain perlu mempertimbangkan platform yang tepat, kamu juga harus memiliki strategi content marketing yang baik agar kontennya relevan dengan pelanggan.

  1. Pay Per Click

Tak hanya SEO dan SEM, strategi marketing online yang efektif selanjutnya adalah PPC. Sesuai dengan namanya, kamu akan dikenakan sejumlah biaya setiap kali ada user mengklik iklan yang kamu buat. 

Strategi ini memang mirip-mirip dengan SEM, namun ada beberapa platform yang menampilkan iklan PPC kepada audience-nya sehingga tidak selalu membutuhkan mesin pencari seperti Google.

Platform periklanan yang paling populer digunakan untuk PPC sejauh ini adalah Google AdWords, Instagram Ads, dan Facebook Ads.

  1. Terapkan Affiliate Marketing

Affiliate marketing bukan lagi hal asing di dunia marketing. Amazon, Rakuten, eBay,  adalah beberapa perusahaan penyedia program afiliasi dari luar negeri. Di Indonesia pun banyak yang menyediakan program afiliasi seperti pada Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Matahari Mall, Tiket.com dan masih banyak lagi.

  1. Email Marketing

Strategi online marketing selanjutnya adalah menggunakan email marketing. Email marketing sangat cocok untuk kamu yang sudah mengumpulkan database dari pelanggan. Kelebihannya, pelanggan yang sudah engage dengan bisnis kamu akan tertarik terhadap informasi dan produk-produk keluaran terbaru yang kamu tawarkan melalui email. 

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan fitur email blast untuk mengirim email sekaligus ke semua pelanggan.

  1. Whatsapp Marketing

Selain email marketing, Whatsapp juga menjadi platform chat terpopuler karena fiturnya yang simple, mudah, dan cepat digunakan. Tidak hanya digunakan sebagai aplikasi chat saja, kini Whatsapp juga dimanfaatkan oleh pebisnis untuk berjualan dikarenakan banyaknya orang menggunakan Whatsapp. 

Whatsapp blast adalah salah satu cara untuk mengirim pesan sekaligus dalam jumlah banyak. Namun perlu diperhatikan, pesan promosi produk sebaiknya dikirimkan kepada customer yang sudah menghubungi kamu atau pelanggan setia sehingga mereka tidak merasa risih atau terganggu karena adanya pesan tersebut.

  1. Buat video Marketing

Video juga bisa menjadi salah satu jenis konten yang perlu kamu perhatikan untuk content marketing. Karena video dapat membuat pengunjung lebih lama mengunjungi blog kamu. Semakin lama waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di blog kamu, maka akan semakin bagus pula nilai di Google.

  1. Aktifkan Google bisnis
online marketing
Photo by Deepanker Verma from Pexels

Di Google Bisnis kamu bisa menampilan informasi lengkap bisnis mulai dari nama bisnis, alamat kantor, nomor telepon, email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto perusahaan, hingga review pelanggan. 

Dengan mendaftarkan bisnis kamu di Google Bisnis, maka usahamu tersebut otomatis akan muncul di Google. 

  1. Respon review online

Jika kamu bertanya bagaimana strategi marketing pemasaran online marketing yang efektif, maka salah satu jawabannya adalah dengan merespons review online. 

Biasanya, calon pembeli akan mencari review produk yang hendak dibelinya dari blog review, forum online, media sosial, hingga di profil Google Bisnis. 

Menurut Trustklik, 70% dari konsumen Indonesia mempercayai review online pelanggan lain. Bahkan 12 kali lebih percaya kepada review online dibanding keterangan dari produk itu sendiri.

Oleh karena itu, jika terdapat pelanggan yang mereview produk kamu secara online, jangan lupa untuk meresponsnya. Apalagi kalau review tersebut menggambarkan rasa kurang puas terhadap produk, pastikan kamu menanyakan hal apa yang membuatnya kurang puas atau berikan klarifikasi jika memang terjadi miskomunikasi saat proses pemesanan.

  1. Bekerja sama dengan influencer
online branding
Photo by Miriam Alonso from Pexels

Influencer terbagi menjadi 2, yaitu makro dan mikro. Mikro influencer adalah orang biasa yang memiliki followers kurang dari 10rb di sosial media. Sedangkan makro influencer adalah orang yang sudah terkenal, seperti artis, atlet, penyanyi, komedian, dan lainnya. Biasanya followersnya berkisar antara 100rb hingga jutaan.

Untuk kamu yang baru merintis bisnis, mulailah bekerjasama dengan mikro influencer karena makro influencer cenderung memakan biaya cukup tinggi, mengingat popularitas dan jangkauannya sudah sangat luas. 

  1. Menggunakan program referral 

Referral program memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui promosi yang dilakukan pelanggan kamu sendiri. Tentu kamu perlu memberikan reward kepada pelanggan yang melakukan promosi.

  1. Aktif di komunitas online

Cara marketing online yang selanjutnya adala aktif di komunitas online. Komunitas online seperti Quora, grup Facebook, Kaskus, FemaleDaily, dan Reddit bisa membantumu memahami calon pelanggan. Temukan forum yang masih ada kaitannya dengan bisnis dan produkmu. 

Di forum tersebut kamu juga bisa menemukan trend terbaru di kalangan konsumen, masalah yang sering dihadapi konsumen, dan masukan untuk bisnismu sendiri. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan berdasarkan resume dari forum online tersebut.

  1. Buat go online apapun bisnis kamu!
online marketing
Photo by Tobias Dziuba from Pexels

Kamu bisa menerapkan go online meski dimulai dari bisnis kecil. Dengan metode ini, kamu bahkan mampu meningkatkan profit perusahaan sebab mengurangi pengeluaran. Digitalisasi yang kamu terapkan akan memangkas biaya-biaya marketing lain, misal biaya cetak brosur, spanduk, ataupun reklame. 

Misal saja kamu memiliki bisnis kerudung. Yang diperlukan hanyalah kerudung itu sendiri, model peraga (bisa kamu lakukan sendiri atau meminta orang terdekat melakukannya), media sosial, aplikasi dan website toko online yang berisikan katalog produk.

Untuk membuat toko online yang keren, kamu pastinya akan membutuhkan layanan hosting berkualitas untuk mendukung website toko onlinemu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pelanggan puas saat menelusuri toko online kamu, seperti tidak perlu menunggu loading gambar produk yang lama muncul, tidak khawatir proses pembelian terhenti di tengah jalan, dan sebagainya.

Kalau urusan hosting untuk website toko online, percayakan saja sama Jagoan Hosting! Jagoan Hosting adalah penyedia layanan cloud hosting terbaik dengan paket terlengkap seperti toko online siap pakai dengan harga dan performa yang luar biasa! 

Tunggu apa lagi Sob? Segera go online bersama Jagoan Hosting untuk menerapkan strategi online marketing.

Kesimpulan

Bagaimana? Susah-susah gampang bukan menjalankan strategi pemasaran berbasis internet tersebut? Tapi, jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, tentu saja semuanya bisa berjalan lancar. 

Online marketing adalah salah satu cara yang wajib ada dalam strategi bisnis mu. Mengingat di zaman sekarang, hampir semua orang sudah menggunakan internet untuk mendukung aktivitas sehari-harinya. Jadi, besar kemungkinan usaha pemasaran secara online ini akan berhasil!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like