Payment Gateway – Definisi, Contoh & Cara Kerjanya

payment gateway Indonesia

Maraknya situs belanja online yang saat ini lebih banyak diminati oleh masyarakat, membuat berbagai teknologi terbarukan muncul. Salah satunya melalui payment gateway terbaik untuk memudahkan proses pembayaran secara online.

Namun, sayangnya nama payment gateway masih belum familiar di masyarakat. Padahal ketika kamu membayar belanjaan secara online menggunakan kartu kredit atau m-banking, itu juga merupakan contoh transaksi payment gateway.

Supaya lebih jelas apa definisi serta contoh dari payment gateway terbaik, kamu bisa menyimak pembahasan lengkapnya pada artikel kali ini.

Definisi Payment Gateway

Payment gateway adalah teknologi terbarukan yang membantu memudahkan transaksi antara pedagang dan pelangg an. Sehingga, pelanggan bisa dengan mudah membayar belanjaan secara digital.

Kenapa bisa memudahkan kedua pihak? Karena tanpa payment gateway, kamu sebagai pembeli harus membayarkan barang belanjaan melalui bank atau datang langsung ke ATM.

Selain tidak efisien, hal ini juga merugikan pedagang karena membutuhkan waktu lama untuk segera memproses pesanan. Belum lagi jika urusan error pada bank dan harus antri. Maka, pesanan kamu akan semakin lama terproses.

Keunggulan lain dari payment gateway Indonesia adalah telah dilengkapi dengan tool untuk mengecek penipuan. Contohnya seperti CVV (Card Verification Value) dan AVS (Address Verification Service).

Tidak hanya itu, payment gateway juga telah dilengkapi dengan autentikasi pembayaran sehingga sangat minim risiko pencurian maupun kehilangan data. Hal ini sangat menguntungkan pedagang untuk meningkatkan pemasarannya.

Daftar Payment Gateway Terbaik

Melihat potensi kerja dari payment gateway yang sangat besar. kamu tentu saja penasaran apakah ada payment gateway di Indonesia? Padahal layanan ini telah berkembang cukup lama, namun kamu yang belum mengenalnya secara detail.

Nah, berikut beberapa contoh payment gateway yang wajib kamu ketahui:

1. DOKU

doku payment gateway

Salah satu contoh payment gateway terbaik di Indonesia adalah DOKU. Perusahaan ini memberikan layanan transaksi online sejak tahun 2007 dan telah memiliki pengguna lebih dari 3 juta.

Jika kamu merupakan pengusaha dan ingin memanfaatkan layanan online untuk memudahkan transaksi. Maka, DOKU payment gateway bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, beberapa UMKM juga menjadi mitra dari DOKU seperti Lazada.

Keunggulan yang DOKU miliki adalah sistem pembayarannya yang sangat variatif. kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah melalui link, invoice, hingga website. 

2. DANA

dana payment gateway

Berikutnya payment gateway dana juga menjadi salah satu teknologi yang memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli. DANA sendiri di klaim memberikan fasilitas yang mudah kepada setiap penggunanya.

Apalagi DANA juga memberikan fasilitas gratis transfer ke bank untuk 10 transaksi pertama. Pembayaran juga bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun. Sehingga proses pembayaran ini cenderung fleksibel.

3. DUITKU

Layanan transaksi online yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia adalah DUITKU payment gateway. Payment gateway satu ini telah banyak dimanfaatkan oleh perusahaan nasional untuk proses jual beli seperti AKULAKU.

Penawaran yang DUITKU berikan cukup menggiurkan. Pasalnya perusahaan bergengsi satu ini hanya mengambil tarif apabila transaksi telah berhasil dilakukan. Di mana hal itu sudah termasuk ke dalam PPN.

Cek Konten Lainnya:
7 Jenis Email Bisnis yang Harus Masuk Listmu

4. Faspay

faspay

Faspay merupakan salah satu payment gateway tertua karena telah berdiri sejak tahun 2003. Perusahaan rekanan Faspay yang masih setia hingga sekarang adalah Kredivo, Starbucks, dan Tiket.com.

Fastpay sendiri juga memiliki layanan khusus untuk konsumen yaitu Faspay Business dan Fastpay Billing. Untuk Fastpay Business terdapat layanan transaksi online menggunakan debit maupun kredit untuk proses pembayaran.

Sedangkan Fastpay Billing akan membantu kamu untuk memproses transaksi penagihan. Fitur unggulan lain yang tidak boleh kamu abaikan adalah Latest Fraud Detection System.

Sistem tersebut memberikan keamanan premium karena terdapat anti-fraud yang bisa mendeteksi transaksi mencurigakan. Fastpay juga memberikan fitur UNIcount yang akan membantu kamu untuk mendapat kemudahan dalam sistem pembayaran.

Mendapatkan payment gateway dengan tingkat keamanan tinggi pasti menjadi keinginan setiap orang. Prismalink hadir sebagai salah satu solusi untuk kamu. Pasalnya, prismalink diklaim menjadi layanan yang unggul dari segi keamanan.

Sehingga tidak heran jika Prismalink menjadi salah satu payment gateway terbaik. Penggunanya hingga saat ini juga telah mencapai ribuan tidak terkecuali perusahaan terkenal seperti Kalbe, ACT, dan Kitabisa.

Prismalink memberikan tingkat keamanan yang sangat tinggi dengan bekal sertifikasi PCI DSS. Oleh karena itu, tiap transaksi baik melalui debit maupun kredit, perusahaan akan melindungi data konsumen dengan baik.

Sistem keamanannya sendiri memanfaatkan verifikasi dua langkah (2FA) pada tiap transaksi. Fitur lain yang dapat kamu pertimbangkan adalah White Label Apps. Fitur ini memungkinkan kamu membangun payment gateway dengan brand sendiri.

6. Espay

Jika kamu mencari payment gateway termurah dalam transaksi ke bank maka Espay adalah jawabannya. Karena, Espay hanya memotong biaya transaksi sebesar Rp2000 saja ketika kamu transfer ke bank.

Selain itu, Espay juga menawarkan layanan B2C2B yang mana perusahaan dapat menerima pembayaran customer secara langsung dan menyalurkannya kepada supplier.

Karena Espay telah terintegrasi dengan layanan B2C2B, maka kamu tidak perlu melakukan input ulang. Prosesnya akan berjalan otomatis sehingga memudahkan kamu dalam berbisnis.

Beberapa e-commerce yang telah bekerja sama dengan Espay seperti Woocommerce, Prestashop, hingga Magento. kamu juga tidak perlu terlalu khawatir, karena Espay memiliki keamanan yang akurat dan bisa mendeteksi penipuan.

7. Veritrans

Bingung mencari payment gateway terbaik yang cocok dan menyediakan beragam metode pembayaran? Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa memilih Veritrans. Layanan satu ini memberikan penawaran transaksi yang mudah dengan berbagai metode.

Mulai dari internet banking, debit, maupun kartu debit. Tidak hanya itu, Veritrans juga memberikan penawaran seperti platform e-commerce yang menggiurkan. Contohnya adalah Magento, Shopify dan WooCommerce.

8. iPaymu

iPaymu menjadi sebuah solusi pembayaran bagi kamu yang membutuhkan sistem pembayaran Plug & Play pada e-Commerce, dropshipper, maupun reseller. Saat ini, iPaymu telah dipercaya oleh 218 mitra kerja.

Keunggulan lain yang iPaymu miliki adalah integrasi tanpa proses coding, keamanannya sendiri sangat tinggi. Meskipun begitu, kamu tidak perlu menambahkan biaya lagi.

Proses check out juga sangat mudah dan menyediakan layanan tanpa host to host ke bank, loh. Fitur unggulan dari iPaymu adalah pembayaran Cash on Delivery (COD) sehingga sangat disukai oleh masyarakat.

Proses pendaftaran akun di iPaymu juga sangat mudah. Tidak banyak persyaratan yang menyulitkan. Bahkan, iPaymu banyak dikenal sebagai payment gateway tanpa npwp, loh. Menyenangkan sekali, bukan?

9. Winpay

Payment gateway terbaik selanjutnya adalah Winpay. Layanan ini telah berdiri sejak tahun 2015 dan terus berinovasi pada sistem kerjanya sehingga bisa menyaring ribuan pengguna. Salah satunya adalah TiketKAI.com.

Cek Konten Lainnya:
Membuat Email Bisnis, Apakah Perlu?

Sebagai pebisnis, kamu juga bisa memanfaatkan Winpay sebagai salah satu payment gateway untuk mengintegrasi pada platform ecommerce. Tidak perlu ragu, karena Winpay sendiri telah mendapat kepercayaan dari berbagai e-commerce terkenal.

Mulai dari Prestashop, WooCommerce, hingga Magento.

10. Midtrans

Payment gateway terbaik yang bisa kamu temukan berikutnya adalah Midtrans. Nama perusahaan ini sebelumnya adalah Veritrans Indonesia, di mana asalnya dari Jepang. Namun, Midtrans telah bermitra dengan Gojek sejak tahun 2017.

Meskipun kurang begitu terkenal, ternyata Midtrans telah memiliki 500 ribu merchant di Indonesia, lho. Beberapa diantaranya seperti Tokopedia dan juga TaniHub.

Midtrans membangun bisnisnya dengan memberikan layanan menggunakan web dan pesan singkat atau SMS.

11. NicePay

Jika kamu mencari layanan payment gateway dengan pembayaran all-in-one, maka NicePay adalah pilihan terbaik. kamu bisa menyelesaikan transaksi dengan transfer melalui bank maupun Indomaret.

NicePay sendiri telah digunakan oleh 1000 pengguna di seluruh dunia, Mulai dari Prudential, RedDoorz, hingga Line. Bisa bertahan dengan pengguna yang sangat banyak, NicePay terkenal karena fitur unggulan yang dimiliki.

Salah satunya adalah keunggulan dari segi dukungan terhadap banyak platform seperti email, ponsel, hingga website.

Tidak hanya itu, fitur Fraud & Risk Identification System & Knowledge (FRISK) memungkinkan setiap penggunanya untuk melakukan transaksi online dengan aman.

Sebab, fitur satu ini memberikan verifikasi dua arah yang lengkap dan memastikan setiap transaksi berjalan dengan valid. kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini 24 jam penuh untuk transaksi pada banyak platform.

12. Xendit

Perusahaan finansial yang terbilang baru dan cukup tervalidasi oleh masyarakat adalah Xendit. Meskipun masih baru, tetapi fitur layanan dari perusahaan ini sangat menggiurkan, loh.

Terbukti dari beberapa perusahaan bergengsi yang menjalin mitra dengan Xendit. Contohnya seperti Samsung, Traveloka, Lazada, OYO, dan juga Bukalapak. Fitur Xendit yang terkenal di kalangan e-commerce adalah XenPayments.

Pasalnya, layanan ini memberikan kemudahan pada tiap konsumennya untuk membayar transaksi menggunakan virtual account (VA), transfer bank, hingga kartu kredit.

Keunggulan lain yang Xendit tawarkan adanya fitur real time notification. Di mana, setiap kali konsumen melakukan pembayaran akan mendapatkan notifikasi. Payment gateway ini juga telah terintegrasi lengkap mulai dari link, plugin, hingga API.

Cara Kerja Payment Gateway

Meskipun telah mengenal beberapa macam dari payment gateway. Tidak jarang pengguna masih bingung dengan cara kerja payment gateway.

Meskipun secara fungsi memberikan keamanan dalam menyalurkan detail transaksi dari berbagai pihak. Informasi ini akan langsung diotorisasi oleh pihak bank. Setelah itu pembayaran akan diterima oleh pihak bank.

Apabila sudah terkonfirmasi, payment gateway akan memberikan notifikasi kepada pemilik toko atau website untuk menyelesaikan orderan.

Secara sederhana, cara kerja dari payment gateway ini sebenarnya cukup mudah. Beberapa langkah kerjanya seperti ini :

  • Pertama, calon pembeli harus mengunjungi sebuah website sebuah toko online. Kemudian, calon pembeli bisa memilih produk yang tersedia pada sebuah website. Apabila ada produk yang dirasa cocok. Maka, konsumen bisa melakukan pembelian dengan transaksi melalui payment gateway.
  • Kedua, langkah ini berfokus pada sistem payment gateway yang melanjutkan informasi dari pembeli kepada payment processor dari bank. Di mana Bank ini yang mencetak kartu konsumen.
  • Ketiga, setelah informasi diterima oleh payment processor maka akan langsung diteruskan ke asosiasi penerbit kartu yang konsumen gunakan. Bisa dalam bentuk mastercard maupun visa.
  • Keempat, penerbit kartu (BANK) akan menerima permintaan pembayaran dan mengirimkan balasan kepada processor. Proses ini akan menggunakan kode khusus dengan notifikasi keberhasilan atau gagalnya transaksi.
  • Kelima, berikutnya payment processor akan memberikan notifikasi kepada payment gateway yang diteruskan ke website atau situs merchant. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan notifikasi hingga transaksi berhasil dilakukan.
Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Customer Retention? Keuntungan & Strateginya

Meskipun secara penjelasan proses ini terkesan memakan banyak waktu. Tetapi secara pelaksanaan tidak berjalan demikian. Proses transaksi menggunakan payment gateway cenderung mudah dan cepat. 

Setelah menentukan payment gateway yang mudah dan instan untuk website bisnismu, pastikan juga kamu pilih platform website yang cepat juga seperti Insta Web Platform dari Jagoan Hosting yang menjamin kecepatan load time 5 detik.

Di Insta kamu juga disupport plugin SEO, ratusan template siap pakai dan sudah terintegrasi dengan WhatsApp chat.

FAQ

Apakah Payment Gateway Aman?

Beberapa pengguna mungkin masih ragu apakah payment gateway aman? Namun, kamu tidak perlu khawatir karena payment gateway sangat aman sebab menggunakan teknologi terbarukan.

Selain itu, beberapa perusahaan dengan sistem payment gateway juga memberikan keamanan dengan sistem verifikasi dua arah. Sehingga, sangat minim sekali terjadi kebocoran data.

Apa itu Payment Gateway dan Contohnya?

Payment gateway merupakan jembatan dalam layanan e-commerce untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit dengan cepat.

Beberapa contoh payment gateway yang ada di Indonesia bisa kamu temukan seperti:

  • DUITKU
  • DANA
  • Midtrans
  • Bank Mandiri
  • Espay
  • iPaymu
  • WinPay
  • DBS
  • DOKU
  • Veritrans
  • Xendit
  • dll

Apa itu Layanan Payment Gateway?

Layanan payment gateway merupakan sebuah layanan perintah yang memberikan informasi berupa pesan atau perintah dalam melakukan pembayaran. (Contohnya seperti dari ecommerce > konsumen > bank)

Kenapa Perlu Payment Gateway

Menggunakan Payment Gateway memberikan banyak manfaat kepada kamu. Apalagi jika kamu memiliki website toko online. Beberapa alasan kenapa perlu payment gateway antara lain :

1. Proses instalasi payment gateway pada website bisnis jauh lebih mudah. Apalagi jika kamu menggunakan WordPress yang memiliki banyak pilihan plugin seperti Midtrans WooCommerce.

2. Menggunakan payment gateway akan membuat transaksi lebih cepat karena berjalan secara otomatis. Sehingga pembayaran akan lebih efisien karena kamu tidak perlu datang langsung ke bank.

3. Tingkat keamanan transaksi yang sangat tinggi. Payment gateway memiliki banyak fitur keamanan yang menjamin data kamu tersimpan dengan aman. Seperti autentikasi, deteksi penipuan, hingga enkripsi.

4. Jangkauan pasar yang sangat luas. Payment gateway memungkinkan kamu menjalin kerjasama pemasaran hingga ke mancanegara, loh.

5. Metode pembayaran pada payment gateway sangat variatif. Hal ini memudahkan kamu dalam memilih metode termudah. Mulai dari virtual account, kredit, maupun debit.

Penutup

Nah, itulah beberapa informasi terkait payment gateway terbaik yang bisa kamu jadikan referensi. Nikmati kemudahan teknologi dengan sistem pembayaran yang mudah dan cepat.

Tingkat keamanannya sendiri pun terjamin karena telah terverifikasi dengan baik. Jadi, tunggu apa lagi. Segera lakukan perubahan metode pembayaran pada bisnis online kamu menggunakan payment gateway.

2 comments
  1. Great job right here. I truly enjoyed what you had to say. Keep heading because you definitely bring a new voice to this subject. Not many people would say what youve said and still make it interesting. Properly, at least Im interested. Cant wait to see more of this from you.
  2. I like this article yet do not concur with all your points. Cannot argue with the general tone though. Well written as well!
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Dropshipping Vs Affiliate Marketing
Read More
Dropshipping Vs Affiliate Marketing: Mana yang Lebih Menguntungkan?
Dropshipping vs Affiliate marketing, Menurut kamu mana yang lebih menguntungkan? Dua  bisnis online tersebut menjadi pilihan favorit banyak…
strategi marketing b2b
Read More
15+ Strategi Marketing B2B untuk Maksimalkan Bisnis
Tidak hanya kepada pembeli perorangan, ada sebuah strategi marketing yang bisa dilakukan jika kamu ingin memasarkan produk ke…