Payment gateway Indonesia adalah aplikasi yang mengesahkan pembayaran untuk bisnis elektronik seperti e-commerce, bisnis mortir, dan sebagainya. Sistem ini mengenkripsi informasi rahasia seperti nomor kartu kredit dan debit untuk membuat kamu yakin bahwa data yang dikirimkan antara pelanggan dan pedagang adalah rahasia dan aman.

Lalu, apa saja layanan payment gateway yang bisa kamu gunakan di Indonesia? Apakah layanan tersebut dapat memastikan pengalaman pembayaran online terbaik dan aman untuk kamu? Yuk, cek daftar di bawah ini.

Apa itu Payment Gateway Indonesia?

Pada dasarnya, payment gateway adalah layanan pembayaran secara online yang memudahkan pembeli maupun penjual dalam melakukan transaksi. Layanan ini memiliki peran penting dalam membantu berjalannya toko online lho, Sob.

Payment gateway Indonesia akan memastikan proses pembayaran berjalan dengan lancar menggunakan beberapa pilihan metode. Diantaranya ada kartu kredit, transfer bank, debit, virtual account, e-wallet hingga minimarket.

Sistem payment gateway mengharuskan penggunanya mengisi poin-poin informasi penting, seperti nomor rekening. Lalu, bagaimana dengan keamanannya Sob? Well, kamu tidak perlu khawatir karena perusahaan payment gateway Indonesia memiliki standar keamanan yang sangat ketat.

Beberapa standar keamanan tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Card Security Code: Setiap transaksi akan bisa diproses ketika mempunyai tiga angka terakhir dari nomor kartu debit/kredit.
  • 3D Secure Password: Pengguna dipastikan selalu menggunakan password ketika akan memproses transaksi, baik pembayaran maupun transfer.
  • Address Verification System: Sistem ini akan merekap dengan otomatis berapa tagihan kamu dalam virtual account sehingga tidak perlu khawatir salah jumlah transfer.

Cara Kerja Payment Gateway Indonesia

Proses pembayaran dalam payment gateway Indonesia sebenarnya cukup sederhana. Sama seperti yang biasa kamu lakukan saat berbelanja online. Lebih jelasnya, coba simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Customer akan melakukan transaksi di toko online. Dimulai dengan memilih produk dan menentukan metode pembayaran setelah checkout.
  2. Kemudian pihak toko online akan mengirimkan data pembelian kamu ke layanan payment gateway dan transaksi dilanjutkan ke bank atau lembaga keuangan yang terkait.
  3. Bank atau lembaga tersebut akan memproses transaksi. Tunggu sampai proses berhasil. Jangan sampai ada kesalahan atau transaksi bisa gagal.
  4. Layanan payment gateway akan memberikan informasi mengenai keberhasilan transaksi kepada toko online.
  5. Hasil pembayaran akan diteruskan kepada toko online, sehingga mereka bisa memproses belanja customer.

Baca juga: 6 Cara Membuat QR Code yang Mudah untuk Dicoba!

Manfaat Payment Gateway Indonesia

Payment gateway Indonesia merupakan layanan yang sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis online sekaligus para customer. Jadi, apa saja manfaat dari layanan ini? Berikut diantaranya.

  • Metode pembayaran lebih beragam.
  • Proses transaksi berjalan lebih mudah dan cepat.
  • Instalasinya cukup praktis.
  • Bisa menjangkau hingga lintas negara.
  • Keamanan transaksi sangat terjamin.
  • Proses transaksi tidak terbatas.

Daftar Payment Gateway Indonesia Terbaik

Adapun beberapa daftar payment gateway Indonesia yang berperan besar dalam berjalannya proses belanja kalian secara online. Berikut daftarnya.

1. Midtrans

Midtrans menjadi perusahaan payment gateway Indonesia yang berfokus pada pasar e-commerce. sederhananya, mereka menjadi pendukung perusahaan e-commerce dalam menyediakan layanan transaksi.

Layanannya mencakup kartu kredit, transfer bank (Rekening Permata Virtual, Pembayaran Tagihan Mandiri), internet banking, Indomaret, e-wallet (T-cash, XL Tunai, BBM Money, Indosat Dompetku, Mandiri eCash), atau metode pembayaran lainnya.

2. Faspay

Faspay menjadi salah satu best payment gateway Indonesia yang memungkinkan e-commerce kamu menerima pembayaran online. Kamu bisa memilih antara kanal Kredit atau Debit, mulai dari internet banking, akun virtual, hingga e-wallet.

Selain itu, jika kamu bermitra dengan Bank dan Telco terkemuka di Indonesia, kamu akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk kemampuan untuk menerima pembayaran dari 120 Bank nasional.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Faspay adalah Faspay Billing. Faspay Billing memungkinkan kamu untuk membuat dan memproses data transaksi penagihan. Faspay Billing telah terintegrasi dengan berbagai jenis pembayaran seperti:

  • Kartu kredit
  • Transfer bank/POS
  • Internet banking
  • E-wallet

Baca juga: Ini 5 Cara Membuat Toko Online Sendiri Mudah untuk Pemula!

3. DOKU

DOKU adalah solusi pembayaran elektronik lokal untuk menawarkan opsi pembayaran baru kepada pelanggan. Pelanggan dapat memilih salah satu dari empat opsi di bawah ini untuk melakukan pembayaran.

  • DOKU E-Wallet
  • Internet Banking
  • Transfer Bank
  • Minimarket 

4. iPay

iPaymu adalah penyedia pembayaran online yang akan memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi melalui Internet dari 137 bank yang beroperasi di Indonesia, serta melalui layanan pos negara yaitu Pos Indonesia.

Startup ini menyediakan layanan pembayaran online melalui kartu kredit dan kartu ATM serta pembelian elektronik untuk kredit ponsel, e-wallet, dan transfer uang. iPaymu tergolong mudah digunakan karena mereka meminimalkan pengetahuan yang diperlukan tentang aplikasi bisnis online yang mana kamu tidak perlu belajar tentang pemrograman untuk dapat memiliki sistem pembayaran online sendiri pada bisnis situs web kamu.

5. Espay

Espay menawarkan solusi pembayaran online dengan satu-satunya konsep B2C2B (business-to-consumer-to-business) di Indonesia. Gateway pembayaran Espay menyediakan tanda terima pembayaran melalui kartu kredit, bank, outlet, dan agen tunai.

Selain gateway pembayaran yang bisa disambungkan ke situs web atau e-commerce, Espay juga menyediakan portal bernama Tagih.ID dan Kasir.ID. Tagih.ID adalah solusi penagihan atau Penyajian dan Pembayaran Faktur Elektronik (EIPP) dengan berbagai saluran untuk menerima pembayaran real-time dan rekonsiliasi.

Sedangkan Kasir.ID adalah solusi untuk menerima pembayaran dan rekonsiliasi untuk Usaha Mikro dan Menengah dengan kanal pembayaran paling lengkap.

Layanan lain yang juga disediakan oleh Espay adalah Instruksi Pembayaran Espay yang merupakan solusi distribusi dana ke berbagai rekening mitra di semua bank Indonesia secara real-time online.

6. Xendit

Xendit adalah gateway pembayaran yang membuat pembayaran untuk semua jenis bisnis di Indonesia jauh lebih mudah. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk menerima dan mengirim uang dengan integrasi sederhana.

Setiap transaksi dapat dengan mudah direkonsiliasi dan dicatat dengan deteksi dana otomatis dan pemberitahuan instan. Xendit memungkinkan perusahaan menerima pembayaran melalui Akun Virtual dan Kartu Kredit. 

Itu dia pembahasan mengenai apa itu Payment Gateway Indonesia. Nah, sekarang kamu sudah paham akan pentingnya layanan ini bagi toko online kamu. Dengan dukungan dari payment Gateway, aktivitas transaksi atau proses pembayaran pada bisnis online kamu bisa berjalan baik.

7. Duitku

Duitku adalah salah satu payment gateway yang memberikan pilihan metode pembayaran terlengkap seperti transfer bank (Virtual Account), kartu kredit, e-wallet, paylater, dan gerai retail (alfamart/Indomaret/Pos Indonesia dan pegadaian) dengan harga yang bersahabat. Anda dapat menyambungkan website atau aplikasi Anda untuk menerima dan mengirimkan pembayaran ke 120+ bank di indonesia.

Duitku memiliki beberapa plugins yang bisa langsung disambungkan dengan platform e-commerce seperti woocommerce, prestashop, magento, WHMCS, dan lainnya. Dashboard akun Duitku termasuk mudah dan simpel untuk digunakan. Di dalamnya terdapat fitur live chat yang bisa digunakan untuk menanyakan pertanyaan kepada customer service Duitku, hingga jam 12 malam.

13 Shares:
2 comments
  1. Great job right here. I truly enjoyed what you had to say. Keep heading because you definitely bring a new voice to this subject. Not many people would say what youve said and still make it interesting. Properly, at least Im interested. Cant wait to see more of this from you.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like