Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram dan Syaratnya

akun instagram centang biru
Photo by Kerde Severin from Pexels

Apa yang kamu pikirkan ketika melihat lambang centang biru Instagram? Hal pertama yang terlintas tentu kredibilitas dari pemilik akun tersebut. Memiliki lambang resmi ini tentu memberikan keunggulan tersendiri, terutama untuk memberikan pamor yang lebih terpercaya dan resmi. Sayangnya, cara mendapatkan centang biru di instagram ini tidak bisa dilakukan sembarangan. 

Pihak Instagram memberikan fitur ini untuk sejumlah pengguna yang memenuhi persyaratan, seperti para influencer. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya tidak semua orang bisa mengajukan centang biru Instagram lho, Sob. Lalu sebenarnya, apa saja syarat centang biru Instagram dan bagaimana cara mendapatkannya?

Apa arti centang biru di Instagram?

Centang biru Instagram adalah salah satu cara Instagram untuk memberikan identitas resmi kepada penggunanya. Sebuah akun yang dilengkapi dengan lambang ini artinya telah mendapatkan verifikasi resmi dari pihak Instagram. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir adanya akun duplikat oleh pihak tidak bertangung jawab.

Selain itu, adanya centang biru Instagram juga memberikan rasa aman kepada pengguna lainnya untuk mempercayai informasi dari akun tersebut. Umumnya, akun jenis ini banyak dimiliki oleh public figure, sebuah brand ternama, atau badan lembaga tertentu. Semua pihak memang bisa mengajukan lencana biru dari Instagram ini, namun cara mendapatkan centang biru di Instagram tidak hanya sekedar proses pengisian persyaratan. 

Saat proses pengajuan, Instagram akan meninjau kembali akun yang mengajukan. Singkatnya, adanya centang biru Instagram membantu pengguna lain untuk mengidentifikasi kredibilitas pemilik akun dan kredibilitas informasi yang disampaikannya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Brand Awareness? Contoh, Fungsi & Strateginya

Syarat centang biru Instagram

Dalam konteks seorang artis atau public figure, jumlah akun Instagram yang seolah menyerupai mereka ada banyak. Oleh karena itu, Instagram merilis adanya fitur lencana biru, sehingga orang lain dapat membedakan mana akun asli dan mana yang hanya berupa akun palsu atau dikelola oleh penggemar saja. Berikut syarat centang biru Instagram

Memiliki popularitas

Salah satu syarat utama untuk mendapatkan centang biru Instagram adalah popularitas. Pada dasarnya, centang biru Instagram dibuat juga sebagai tanda pengenal resmi untuk seorang tokoh atau lembaga. Dengan demikian, orang lain dapat menemukan akun asli si pemilik tanpa kesulitan membedakan dengan akun penggemar yang serupa. 

Seperti yang bisa dilihat bahwa akun dengan centang biru Instagram adalah mereka yang memiliki jumlah followers banyak. Saat peninjauan akun, pihak Instagram akan mengecek setiap informasi mengenai akun tersebut, termasuk jumlah followers, likes, komentar, dan informasi lainnya yang dikirimkan pemilik akun untuk proses verifikasi.

Akun autentik dan unik

Cara mendapatkan centang biru di Instagram yang kedua adalah akun yang memiliki keunikan dan originalitas. Hal ini dinilai berdasarkan jenis konten yang kamu buat, Sob! Apakah akun yang kamu buat berupa akun edukasi, komersial, lembaga pemerintahan atau pendidikan, atau akun pribadi seorang public figure. Dalam hal ini, arti centang biru Instagram pada sebuah akun merupakan representasi atau perwakilan dari suatu entitas yang dikenal oleh masyarakat umum.

Baca juga: Panduan Cara Membuat Instagram Bisnis Lengkap untuk Pemula

Melengkapi persyaratan centang biru di Instagram

Centang biru Instagram juga baru bisa didapatkan apabila si pemilik akun telah melengkapi semua berkas persyaratan yang dibutuhkan. Jika, kamu berniat mendaftarkan akunmu untuk centang biru Instagram, maka pastikan untuk memberikan informasi secara detail dan jelas ya, Sob! Jika tidak, pihak Instagram tidak akan melakukan verifikasi pada akun kamu.

Cek Konten Lainnya:
10+ Tools Social Media Terbaik Untuk Digital Marketer

Cara mendapatkan centang biru di Instagram

akun instagram centang biru
www.trovoacademy.com

Setelah memenuhi setiap persyaratan mengajukan centang biru di Instagram, maka kamu sudah bisa langsung mengajukan permohonan verifikasi pada pihak Instagram. Proses cara mendapatkan centang biru di instagram terbilang mudah karena bisa diakses langsung melalui aplikasi Instagram ini sendiri. Selain itu, tidak ada biaya apapun yang dipungut untuk proses cara mendapatkan centang biru di instagram. 

Ikuti beberapa cara mendapatkan centang biru di instagram berikut agar akun mu terkesan lebih kredibel:

  • Cara mendapatkan centang biru di instagram yang pertama adalah dengan memilih menu pengaturan di akun Instagram milik kamu. Caranya dengan mengklik ikon tiga garis di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan dan berlanjut ke Akun.
  • Saat berada di menu Akun, isilah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Instagram, seperti nama lengkap, kartu identitas, dan jenis akun yang dipilih.
  • Tunggu proses verifikasi dari Instagram kurang lebih selama 30 hari. 

Jika setelah 30 hari pengajuan yang diajukan ditolak, kamu bisa melakukan cara mendapatkan centang biru di Instagram dari awal hingga berhasil diverifikasi. Namun, sebelum itu kamu perlu memeriksa persyaratan yang diajukan dan memastikan bahwa semuanya benar.

Jadi, itu dia, Sob informasi mengenai cara mendapatkan centang biru Instagram. Centang biru ini bukan sekedar sebagai hiasan saja, melainkan sebagai tanda bahwa akun tersebut populer dan sudah terverifikasi secara resmi oleh pihak Instagram terkait kredibilitasnya.

Ngomongin popularitas dan kredibilitas, kamu tau nggak sih kalau saat ini Jagoan Hosting dikenal sebagai salah satu penyedia jasa layanan hosting terbaik di Indonesia? Gimana nggak, selain punya banyak layanan produk yang bisa mendukungmu untuk go digital, Jagoan Hosting juga menawarkan harga yang super terjangkau! 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Carousel? Cara Membuat dan Contohnya

Mau bikin website untuk toko onlinemu? Bisa. Bikin email bisnis? Bisa juga. Atau mau langganan domain, hosting, dan VPS? Bisa banget! Apapun yang kamu butuhkan, Jagoan Hosting siap membantumu go digital.
Untuk informasi lebih lengkap jangan ragu hubungi hotline kami di 0341 565 353 atau bisa juga klik websitenya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
roas (return on ad spend)
Read More
Mengenal ROAS, Rumus Cara Hitung dan Tipsnya
Seiring perkembangan digital marketing yang semakin pesat, perhitungan yang ada di dalamnya pun semakin bervariasi. Salah satunya adalah…
facebook ads
Read More
Mengenal Facebook Ads dan Panduan Iklan untuk Bisnis
Di tengah berkembanganya promosi iklan melalui media sosial, Facebook Ads adalah salah satu kanal marketing yang paling patut…