Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Pengertian dan Cara Kerja Instagram Ads Adalah - jagoanhosting.com

Mengenal Instagram Ads 1 : Pengertian & Cara Kerja

Instagram ads adalah

Instagram merupakan sebuah social media yang tak asing lagi di telinga kita, bukan?. Tak heran, menurut data dari tempo.co, pada Juni 2017 Indonesia tercatat memiliki 45 juta pengguna aktif Instagram. Wow, jumlah yang cukup mencengangkan, bukan?. Sebagai seorang pebisnis online, tentu jumlah diatas menjadi peluang untuk mempromosikan produk dan menjangkau lebih banyak pelanggan melalui platform tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis, Instagram pun meluncurkan fitur Instagram Ads pada 24 Oktober 2013. Fitur ini pun segera mendapat respon positif di kalangan pebisnis. Terbukti pada Februari 2016, Instagram memiliki 200.000 pengiklan. Jumlah tersebut pun meningkat lebih dari 2 kali lipat pada September 2016 dengan jumlah 500.000 pengiklan aktif. Bahkan, update terakhir pada bulan Maret 2017, Instagram telah memiliki 1 juta pengiklan aktif. 


Instagram ads adalah

Sebenarnya, apa yang membuat Instagram Ads disukai banyak pebisnis online?

Instagram ads memiliki banyak keunggulan yang tak kalah dengan ads pada platform lain. Berikut merupakan keunggulan instagram ads adalah sebagai berikut.

  • Salah satu keunggulan instagram ads adalah bentuk iklan yang terlihat hampir sama dengan postingan foto & video biasa. Sehingga, membuatnya tidak terkesan agresif seperti tipe ads pada platform lain.
  • Setelah diakusisi oleh Facebook, Instagram Ads pun akhirnya menggunakan sistem targeting yang sama seperti Facebook. Memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk memperoleh informasi pengguna dan penargetan yang spesifik, seperti dari lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, ketertarikan, dll.
  • Instagram ads menyediakan beberapa variasi format ads yang beragam seperti gambar, video, atau carousell.[Baca selengkapnya, mengenai jenis Instagram Ads yang harus kamu tau DISINI]
  • Tak ketinggalan, Instagram ads juga memberi ajakan kepada para penggunanya untuk meningkatkan engangement, seperti dengan adanya button ajakan seperti, follow, mengunjungi website kita, atau men-download aplikasi pada Instagram ads.

Pengertian dan Cara Kerja Instagram Ads Adalah - jagoanhosting.comInstagram ads adalah

Lantas, bagaimana cara kerja Instagram Ads tersebut?

Seperti yang sudah diketahui, Facebook memang berhasil mengakuisisi Instagram pada tahun 2012 lalu. Untuk itu, segala pengaturan adsnya pun tak ketinggalan pun juga mengalami integrasi dan persamaan. Setelah proses akuisisi tersebut, segala pengaturan budgeting, scheduling, dll dilakukan melalui Power Editor yang berada pada platform Facebook.

Cloud Hosting Murah - jagoanhosting.com

Apa istilah – istilah pada Instagram Ads yang harus kita ketahui?

Pada Instagram Ads sendiri terdapat beberapa istilah -istilah yang harus kamu tau. Berikut diantaranya.

1. Ads Manager

 

Facebook Manager – via thenextweb.com

Ads Manager adalah tools iklan dari Facebook yang memungkinkan kita untuk membuat dan memanajemen Facebook dan Instagram Ads. Berikut ini merupakan fitur yang disediakan Ads Manager, antara lain.

  • Membuat dan menjalankan iklan
  • Melakukan targeting
  • Menentukan budget iklan
  • Melihat performance ads
  • Melihat ringkasan, history serta informasi metode pembayaran.

2. Power Editor (PE)

Pengertian dan Cara Kerja Instagram Ads Adalah - jagoanhosting.com
Facebook Power Editor – via megalytic.com

Power Editor adalah sebuah tools iklan dari Facebook yang dirancang untuk para pengiklan besar yang ingin membuat, mengedit dan menerbitkan beberapa iklan sekaligus. Juga, memiliki kontrol yang tepat untuk campaign ang mereka buat. Berikut merupakan fitur dari Power Editor yang akan kita dapatkan, antara lain.

  • Mengelola beberapa iklan sekaligus dalam satu waktu, termasuk membuat, menduplikasi, dan mengedit beberapa iklan sekaligus langsung dari akun kita.
  • Mengimpor iklan menggunakan Excel. Kita dapat mendownload template import iklan dari Power Editor ke Excel, kemudian mengisikan informasi yang dibutuhkan untuk iklan yang akan kita buat, lalu mengimpor kembali pekerjaan yang sudah kita buat ke Power Editor.
  • Menggunakan fitur pencarian dan filter yang dapat kita gunakan untuk menemukan campaign dan iklan di Power Editor

3. Business Manager

Pengertian dan Cara Kerja Instagram Ads Adalah - jagoanhosting.com
Facebook Business Manager – via amisampath.com

Business manager adalah sebuah fitur dalam facebook yang digunakan untuk beriklan. Business manager bersifat stand alone, yaitu berdiri sendiri, tidak tergantung pembuatnya, dan dapat dipindahkan. Oleh karena itu, satu facebook account bisa memiliki Business Manager lebih dari satu. Selain itu, Business Manager juga bersifat good standing, artinya satu business manager bisa memuat lebih dari 10 Ads. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fakta Business Manager yang perlu kita ketahui.

  • Dapat membuat atau mengelola lebih dari satu Ads Manager.
  • Memungkinkan kita untuk dapat melimpahkan wewenang atas orang pada Ad Account, Pixel, Page, dan sebagainya.
  • Di dalam Business Manager, fitur-fitur advertising baru lebih dulu muncul daripada Ads Manager biasa.
  • Untuk menghindari error, gunakan source payment yang berbeda.

Cloud Hosting NVMe Murah - jagoanhosting.com

Nah, itu dia beberapa penjelasan singkat mengenai apa itu Instagram Ads beserta keunggulan dan cara kerjanya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis Instagram Ads beserta cara membuat Instagram Ads, pada seri artikel Mengenal Instagram Ads dibawah ini.

[Baca seri artikel selanjutnya, mengenai jenis Instagram Ads yang harus kamu tau DISINI]

[Baca juga, mengenai panduan cara membuat Instagram Ads DISINI]

#LebihMerdeka dalam berkarya, kini .COM CUMA 78RB. Mau?

Ambil Sekarang!

+ +