Siapa yang tidak kenal dengan Aplikasi TikTok? Hampir semua pengguna internet int mengetahui aplikasi yang tengah viral tersebut. Pertanyaannya, Apakah aplikasi tersebut cocok untuk dibuat sebagai media marketing?

Dengan banyak jumlah pengguna TikTok saat ini, Tidak ada salahnya mulai menggunakan TikTok sebagai media marketing. Bahkan saat ini, Memungkinkan kamu untuk beriklan di TikTok.

Nah artikel ini akan membahas tentang apa itu aplikasi TikTok, Siapa saja pengguna tiktok, Apakah sesuai dengan target audience kita dan panduan cara beriklan di tiktok dengan mudah. Yuk Simak informasinya. 

Apa itu TikTok?

Tik Tok adalah sebuah aplikasi social media yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek dengan memberikan special effects unik dan menarik. Para penggunanya dapat dengan mudah menghasilkan sebuah video yang keren serta dapat dipamerkan kepada teman-teman atau pengguna lainnya.

Pengguna bukan hanya dapat membuat video, Pengguna secara pasif dapat menelusuri hasil video TikTok pengguna lain di feed. Jadi pengguna dapat menonton konten pengguna lain tanpa ikut berkontribusi membuat video.

Dengan pertumbuhan yang begitu cepat, Beberapa creator TikTok menjadi sangat populer dan menarik perhatian orang. Salah satu pengguna TikTok yang menjadi populer adalah Reemar Martin, Reemar merupakan salah satu pengguna TikTok yang sangat populer di kalangan remaja Indonesia. 

Saat ini, Berdasarkan data AppAnnie TikTok memiliki 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Dari banyaknya jumlah pengguna tersebut, Siapa saja yang menggunakan TikTok saat ini. Yuk ketahui informasinya. 

Siapa Saja Pengguna TikTok?

Sebagian besar pengguna TikTok adalah mereka yang berusia di bawah 30 tahun, terutama yang berasal dari Gen Z – 41 persen dari jumlah pengguna TikTok berusia antara 16 dan 24 tahun. Dari sini kalian tahu jika pada rentang usia ini kebanyakan memiliki habit daya beli yang meningkat.

Pengguna TikTok bukan hanya berasal dari kalangan biasa, Banyak artis yang terjun menjadi pengguna TikTok seperti Gisella Anastasia, Pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni, dan masih banyak lagi para artis yang menggunakan aplikasi ini.

Dari sini dapat disimpulkan jika pengguna TikTok bukan hanya dari kalangan bawah, Melainkan banyak dari kalangan atas menggunakan TikTok. Jadi, TikTok sangat tepat untuk dijadikan sebagai media pemasaran saat ini, Karena target audiens nya sangat luas.  

Apakah Beriklan di TikTok Worth It?

Jika kamu melihat dari jumlah dan siapa saja pengguna TikTok, Apakah menurut kamu dengan beriklan di TikTok akan mendapatkan banyak kelebihan? Mungkin kamu sadar jika Beriklan di TikTok memiliki peluang yang cukup tinggi untuk melakukan pemasaran.

Bahkan Pada awal 2019 peluncuran fitur beta periklanan TikTok sudah banyak orang menggunakannya. Sejak saat itu, beberapa brand besar seperti Grubhub, Nike, Fenty Beauty, dan Apple Music mulai beriklan di TikTok untuk mempromosikan produk dalam kampanye yang unik dan menarik secara visual. 

Dengan fitur penargetan canggih dan unik pembuatan iklan, Platform Iklan TikTok tidak seperti banyak pendahulunya. Ketika digunakan secara efektif, ini dapat membantu Anda memasuki salah satu kelompok pengguna yang paling menguntungkan.

Saat ini terdapat beberapa opsi pilihan iklan, Namun ini hanya tersedia di beberapa negara-negara tertentu dan memiliki label harga yang ketat. Iklan TikTok terdiri dari beberapa jenis, termasuk:

  • Pre-roll ads: Iklan Video yang dimulai setelah pengguna membuka aplikasi
  • In-feed ads: Iklan Video yang muncul saat pengguna scroll feed
  • Promoted hashtag challenges: Video yang mendorong para pengguna menggunakan tagar khusus
  • Branded effects: Filter efek khusus untuk digunakan oleh pembuat konten di video – mirip dengan yang ada di Snapchat dan Instagram tetapi menampilkan informasi khusus brand

Namun sebelum mulai beriklan di TikTok, Sebaiknya tanyakan pada diri kamu apakah platform iklan ini tepat untuk bisnis kamu, Karena tidak semua bisnis cocok untuk beriklan di TikTok. Jika kamu sudah menyiapkan biaya untuk beriklan, Yuk ketahui panduan dan cara bagaimana kamu memanfaatkan TikTok untuk social media marketing kamu.

Panduan Lengkap Cara Beriklan di TikTok

1. Buat Akun Iklan TiktTok

Beriklan di TikTok
Halaman Depan Laman TikTok Ads

Jika kamu belum mempunyai akun periklanan TikTok, Kamu bisa mendaftar akun TikTok ads terlebih dahulu. Akun inilah yang nantinya kamu gunakan untuk mengelola dan mengatur iklan kita kamu. Tak perlu khawatir kesulitan untuk mulai mendaftar, Karena cara daftarnya pun sangat mudah.

Kamu juga cukup mengisi detail informasi sesuai yang diminta untuk persyaratan mendaftar akun untuk digunakan untuk beriklan nantinya. Setelah selesai mendaftar, Kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya. 

2. Buat TikTok Ad Campaign

Pada dashboard Iklan TikTok kamu, klik tab Kampanye di bagian atas halaman, Kemudian klik tombol Buat. Selanjutnya, pilih tujuan kampanye (briklan), yang merupakan tujuan utama kamu beriklan di tiktok.

Beriklan di TikTok
Membuat Campign TikTok Ads

Terdapat tiga pilihan opsi yang bisa kamu pilih: Lalu Lintas, Konversi, dan Pemasangan Aplikasi.

Untuk menetapkan anggaran Anda di tingkat kampanye, pilih opsi Anggaran Harian atau Total Anggaran di bawah Pengaturan. Yang perlu kamu perhatikan adalah untuk beriklan kamu harus menyiapkan anggaran harian dengan total anggaran minimal harus $ 500.

3. Setting Placement, Detail, dan Target Iklan TikTok

Salah satu kelebihan beriklan di TikTok Ads adalah kamu bisa menjalankan iklan bukan hanya di satu platform, Melainkan dibeberapa platform lain yang bermitra dengan TikTok. Misalnya Vigo Video yang hanya tersedia di India, Buzz Video, News Republic, dan beberapa platform lainnya.

Untuk penempatan iklan. Kamu bisa membuatnya secara otomatis dan nantinya TikTok akan mengarahkan ke mana sebaiknya iklan kamu dimunculkan sebaik mungkin pada platform terbaik untuk iklan yang kamu jalankan. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang tidak tahu harus ditempatkan dimana atau tidak punya waktu lebih untuk mengatur placement iklan. 

Setelah itu, Untuk menjalankan iklan, Kamu diharuskan untuk memasukkan semua detail mengenai iklan kamu. Pastikan masukan kata kunci yang sesuai dengan target dan paling relevan agar TikTok dapat membantu kamu dalam menemukan audiens yang paling tepat untuk jenis iklan yang Anda buat.

4. Kontrol pengeluaran iklan, durasi, dan tujuan

Seperti yang disebutkan, Beriklan di TikTok cukup mahal – Jika kamu memiliki budget iklan $500/hari kamu bisa membaginya pada beberapa bagian(grup). Setiap iklan (bagian) setidaknya harus memiliki anggaran masing-masing $50 untuk anggaran harian. Namun di beberapa negara terdapat anggaran minimal $20.

Setting Budget Iklan TikTok
Setting Budget Iklan TikTok

Setelah itu, jangan lupa untuk menentukan durasi tampilan atau berjalannya iklan kamu. Kamu dapat mengaturnya secara harian atau mingguan untuk setiap iklan

Kamu harus mulai menentukan tujuan kamu beriklan di TikTok, Terdapat beberapa tujuan yang bisa kamu pilih, Misalnya konversi, Klik, atau Tayangan, dan nantinya TikTok akan memaksimalkan iklan yang kalankan sesuai tujuan kamu.

Kamu bisa juga memanfaatkan Smart Optimization yang tersedia pada fitur TikTok ads untuk memaksimalkan iklan kamu. Jika kamu memilih Klik atau Tayangan untuk tujuan iklan kamu, maka disarankan untuk mematikan saja fitur ini. Fitur ini bekerja untuk memaksimalkan konversi secara terus-menerus.

5. Desain Iklan Iklan Kamu menggunakan Aplikasi Tiktok

Pengguna TikTok sering membuat konten mereka pada tren dan meme. Sehingga sebuah tren  dapat berubah dengan cepat,  Apa yang populer dalam seminggu ini tidak akan selalu menjadi panas di minggu depan.

Dalam hal merancang aset kreatif untuk iklan kam, prosesnya cukup mudah. Iklan yang tampil TikTok dapat berupa video dan gambar berbentuk horizontal, vertikal, atau persegi. Hal terbaik tentang platform iklan adalah alat yang disebut Video Creation Kit.

Dengan kamu menyediakan template video dan gambar yang kamu sesuaikan menggunakan gambar yang ada. Ini juga dilengkapi dengan 300+ pilihan untuk musik latar gratis. Semua dapat kamu gunakan untuk membuat video iklan kamu di dalam aplikasi dengan cepat dan mudah.

Itulah beberapa informasi mengenai cara beriklan di TikTok, Kamu bisa mulai belajar untuk menjadikan TikTok sebagai media marketing bisnis yang kamu jalankan. Jangan lupa mencoba dan dapatkan lebih banyak peningkatan penjualan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like