Dalam melakukan analisa pada perkembangan instagram, Dibutuhkan sebuah tools instagram analytics untuk mempermudah menilai perkembangan social media instagram kamu. Dengan tools tersebut kamu dapat mengetahui mana strategi pemasaran Instagram kamu berhasil atau mengetahui postingan instagram mana yang paling baik.

Sayangnya, Untuk mengetahui analitik dari akun Instagram kamu mudah jika kamu menggunakan jenis profil instagram pribadi – Namun, ketika kamu mengubah ke Profil Bisnis instagram, kamu dapat mulai mengakses informasi yang jauh lebih bermanfaat.

Dengan memanfaatkan profil bisnis, Kamu bisa mendapatkan akses ke Instagram Insights, memberikan kamu berbagai statistik analitik dan kinerja untuk rata-rata pengguna Instagram. Untuk lebih mendapatkan informasi yang lebih banyak, Kamu bisa memanfaatkan beberapa tools. Nah berikut ini rekomendasi tools instagram analytics berbayar dan gratis terbaik:

1. Squarelovin

Tools Instagram Analytics
Squarelovin Instagram Tools

Squarelovin adalah salah satu tools analytics instagram gratis yang bisa kamu gunakan. Kamu dapat menggunakan Squarelovin untuk mendapatkan analisis bulanan dari posting dan informasi pertumbuhan terbaru akun instagram kamu.

Selain itu, Kamu bisa mengetahui riwayat konten kamu yang dikelompokkan berdasarkan jam, hari, bulan, atau tahun. Aplikasi ini juga menawarkan wawasan tentang preferensi dan minat audiens kamu, dan waktu mana yang terbaik atau terburuk untuk diposkan.

Dengan tools ini kamu bahkan dapat mengetahui Hashtag dan filter terbaik untuk digunakan, tergantung pada pos mana yang paling baik diterima oleh pengikut kamu. Tools dengan banyak fitur ini bisa kamu gunakan secara gratis.

2. Pixlee

Tools Instagram Analytics
Pixlee Instagram Tools

Pixlee adalah tools instagram yang membantu memonitor posting kamu yang berkinerja terbaik dan menghasilkan ide untuk konten baru. Pixlee sendiri memiliki fitur pelaporan intuitif yang memberikan laporan kinerja setiap minggu. Plus, Kamu dapat menggunakan datanya untuk menemukan influencer media sosial.

Pixlee juga menawarkan pelacakan Hashtag dan statistik, opsi untuk mengidentifikasi konten kamu yang paling menarik, dan cara untuk melacak pertumbuhan di pengikut Instagram. Kamu bisa menggunakan tools ini secara gratis untuk melakukan analisis terhadap akun instagram kamu.

3. Crowdfire

Crowdfire adalah tools yang menawarkan tampilan terperinci tentang kinerja akun bisnis Instagram kamu hingga tanggal tertentu. Kamu dapat memilih rentang: kemarin, 7 hari, 30 hari, dan 90 hari. Pilihan alternatif adalah memilih rentang tanggal khusus untuk maksimum 90 hari.

Selain itu, platform ini memungkinkan Kamu untuk memilih metrik Instagram apa pun yang ingin kamu bandingkan, termasuk posting, suka, jangkauan, pengikut, komentar, tampilan profil, klik tautan email bio, dan klik pesan teks.

Tools analytics ini memiliki versi gratis dan berbayar, Kamu bisa menggunakan versi gratisnya namun hanya bisa mengetahui informasi data selama satu hari terakhir. Untuk mengetahui informasi lebih banyak kamu bisa menggunakan versi premiumnya (Berbayar).

4. Hype Auditor

Tools Instagram Analytics
Hypeauditor – Instagram tools

Hype Auditor adalah tools yang bekerja menggunakan kecerdasan buatan untuk  mengindeks hampir 3 juta profil Instagram. Hype Auditor berisi banyak informasi, dan dapat dengan jelas membedakan influencer nyata dari mereka yang berpura-pura menjadi influencer palsu dengan pengikut yang juga palsu.

Dengan begitu, Ketika kamu membutuhkan influencer kamu bisa menggunakan tools ini untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan influencer tersebut dengan melihat datanya.

Tools ini akan memberikan nilai AQS (Skor Kualitas Pemirsa) yang menganalisis nilai influencer pada skala 1-100, Influencer dengan skor lebih tinggi dari 70 yang menunjukkan bahwa influencer tersebut  memiliki nilai yang baik. Untuk harganya, Paket dasar tools ini biayanya $ 299 per bulan. 

5. Smartmetrics

Smartmetrics adalah sebuah tools instagram yang mengumpulkan wawasan setiap jam untuk memberi kamu lebih dari 30 metrik Instagram tentang cerita, pos, dan akun Instagram kamu. Kamu juga dapat menggunakannya untuk melacak interaksi dengan pengikut kamu, melihat keterlibatan tagar setiap hari, dan bahkan memantau balasan yang kamu dapatkan dari cerita kamu. 

Selain itu, alat ini menawarkan cara untuk memantau aktivitas di sekitar brand kamu dengan melacak dan membalas penyebutan di Instagram. Kamu juga dapat mengekspor laporan Smartmetrics sebagai dokumen CSV atau PDF dan berbagi melalui email dengan satu klik. 

Untuk menggunakan tools analytics ini, Kamu harus mengeluarkan setidaknya $9/bulan. Dengan fitur yang tersedia, Harga dari tools ini sangat sebanding dengan berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan tools ini.

6. Hootsuite

Hootsuite adalah tools instagram analytics yang memungkinkan kamu dalam meninjau metrik Instagram kamu secara lebih luas. Kamu mendapatkan opsi untuk membuat jumlah laporan yang tidak terbatas dan membandingkan data historis untuk menganalisis kinerja kamu secara keseluruhan. 

Selain itu, Tools analis ini memungkinkan kamu untuk lebih mudah berbagi laporan dengan anggota tim yang berbeda langsung dari dashboard Hootsuite kamu. Harga tools ini mulai dari $ 19 per bulan.

7. Union Metrics

Union metrics adalah tools yang menawarkan pemeriksaan akun Instagram gratis setiap bulan. Tools ini akan memberi kamu wawasan tentang hashtag yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan keterlibatan, dan posting mana yang paling banyak ditonton audiens.  Tools ini bahkan akan memberitahumu mengenai waktu dimana pengikut kamu paling banyak aktif.

Jika kamu ingin mengakses analitik Instagram secara premium melalui platform ini, Kamu harus mengeluarkan biaya untuk mulai berlangganan. Sebagai pelanggan berbayar, Kamu dapat menangkap dan mengarsipkan data penting tentang brand kamu. Kamu juga dapat mengidentifikasi penggemar top kamu dan menerima wawasan terperinci dari Graph API mereka. 

Kamu juga bisa membuat laporan khusus dan menyimpan data analisis kamu sebagai PDF kapan saja. Untuk berlangganan versi premiumnya, Kamu setidaknya harus mengeluarkan $49 per bulan.

8. Keyhole

Tools Instagram Analytics
Keyhole Instagram Tools

Keyhole adalah Tools Instagram analytics terbaik yang memungkinkan kamu untuk melihat kinerja historis dan real-time dari akun instagram kamu. Tools Ini memungkinkan kamu untuk melacak hashtag, tag, kata kunci, URL dari posting kamu sebelumnya dan yang sudah ada.

Tool ini juga memungkinkan kamu untuk melihat trend hastag dan kinerja konten pada akun instagram kamu. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan Keyhole untuk melacak kinerja profil Instagram kompetitor kamu. Kamu dapat melacak data aktivitas, pertumbuhan, dan keterlibatan mereka selama periode tertentu. 

Dengan tool ini, Kamu bisa menggunakannya untuk menginformasikan KPI kamu sendiri. Untuk menggunakan ini kamu setidaknya harus mengeluarkan $ 99 sebulan.

9. Social Bakers

Socialbakers adalah tools analytics instagram terbaik untuk Profil Pribadi dan Bisnis. Tool Ini memberi kamu statistik pada postingan Instagram kamu yang paling populer, sehingga kamu dapat melacak kesuksesan dan mempelajari apa yang membuat audiens kamu menyukai postingan kamu.

Socialbakers membantu kamu dalam analitik yang lebih maju seperti wawasan Instagram Story, maka Anda harus mendaftar untuk suite pemasaran yang diberdayakan oleh AI Socialbakers. 

AI suite memungkinkan kamu untuk mengelola akun Instagram kamu dengan lebih cerdas dengan menggunakan analisis prediktif untuk mengidentifikasi cerita dan pos apa yang akan dipromosikan, kapan mempostingnya, dan segmen pengikut mana yang diprioritaskan.

10. Minter.io

Minter.io adalah tool analisis Instagram yang memungkinkan untuk membuat laporan PDF yang dapat memberi kamu wawasan tentang metrik seperti pertumbuhan pengikut Anda, posting dan tingkat keterlibatan profil, filter foto paling populer, dan banyak lagi.

Kamu juga mendapatkan opsi untuk mengekspor data kamu dalam format yang indah yang membantu kamu dalam menjaga pemangku kepentingan lainnya dalam lingkaran tentang upaya pemasaran Instagram kamu. 

Minter.io juga menawarkan uji coba gratis selama 14 hari yang dapat diperpanjang atas permintaan kamu. Minter.io memastikan bahwa kamu dapat mencobanya secara gratis untuk memastikan bahwa itu adalah aplikasi statistik Instagram yang tepat untuk kamu.

Itulah beberapa rekomendasi mengenai tools instagram analytics terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengelola akun instagram kamu menjadi lebih baik. Jika kamu tidak mempunyai biaya yang lebih, Kamu bisa menggunakan tools di atas yang bisa digunakan secara gratis.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like