Apa itu Afiliasi? Inilah Contoh, Keuntungan & Cara Melakukannya

apa itu afiliasi

Afiliasi adalah salah satu program bisnis yang akhir-akhir ini cukup banyak dibicarakan. Tak jarang, bisnis ini dijadikan sebagai alternatif untuk menghasilkan uang dari internet.

Adapun salah satu keuntungan mengikuti program afiliasi adalah mendapatkan passive income dengan bekerja dari mana saja.

Di sisi lain, cara melakukan afiliasi pemasaran terbilang cukup mudah dan tak memerlukan banyak modal.

Nah, jika kamu tertarik, kali ini Jagoan Hosting akan mengulas secara lengkap langkah-langkah melakukan afiliasi hingga berbagai contoh programnya yang bisa Sob ikuti. Yuk simak!

Apa itu Afiliasi?

afiliasi adalah

Afiliasi adalah salah satu metode mendapatkan uang dengan cara mendaftarkan diri kepada perusahaan atau lembaga yang memberikan kesempatan untuk menjualkan kembali produk atau jasanya. 

Dengan demikian, pihak yang mendaftarkan diri atau afiliator ini akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh perusahaan atau lembaga tersebut. 

Sederhananya, arti afiliasi adalah kerjasama antara perusahaan dan individu untuk mempromosikan sebuah produk. 

Selanjutnya, individu tersebut akan memperoleh komisi jika mendapatkan penjualan, atau bisa mengundang orang lain agar dapat mempromosikan produk tersebut.

Kesimpulannya, jika semakin banyak produk terjual, maka komisi yang akan didapatkan pun juga meningkat. 

Nah, karena prinsip arti afiliasi adalah kerjasama dan kesepakatan, maka aktivitas afiliasi juga tidak bisa dilakukan sembarangan, Sob. 

Semua hal yang dilakukan tentunya harus memberikan keuntungan serta manfaat tertentu bagi perusahaan maupun afiliator. 

Jika tidak mendapatkan keuntungan, biasanya perusahaan tidak akan melanjutkan kerjasama afiliasi dengan individu tersebut. 

Meski demikian, program afiliasi adalah program yang cukup banyak diminati untuk saat ini, karena keuntungan atau komisi yang didapatkan afiliator bisa sangat menggiurkan. 

Bahkan kini, sudah banyak e-commerce yang memiliki program afiliasi, seperti Shopee, TikTok Shop, hingga Amazon yang bisa menawarkan komisi hingga 10% ke siapa saja yang berminat menjadi afiliator. 

Baca juga: 7 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan & Punya Prospek!

Cara Melakukan Afiliasi Pemasaran

Setelah mengetahui apa itu afiliasi dan potensi untuk mendapatkan komisinya, mungkin kamu mulai tertarik sekaligus penasaran bagaimana sih caranya?

Nah sebenarnya, ada beberapa cara melakukan afiliasi pemasaran yang harus kamu lakukan, yaitu: 

1. Daftar Program Afiliasi

Cara melakukan afiliasi pemasaran adalah dengan mendaftarkan diri terlebih  dahulu, Sob.

Biasanya, pendaftaran ini dilakukan melalui website maupun sosial media perusahaan yang membuka kesempatan afiliasi. 

Setelah berhasil mendaftar, afiliator akan mendapatkan kode referral unik dan tentunya berbeda dengan pendaftar lainnya. 

Cek Konten Lainnya:
7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Mudah, Yuk Coba!

Kode yang didapatkan ini digunakan untuk mengetahui apakah afiliator tersebut berhasil mendapatkan pembelian dari pelanggan atau tidak. 

Nah karena menjamurnya influencer atau KOL ini, sekarang ada program afiliasi tanpa harus mendaftar lho, Sob. 

Justru biasanya, pihak dari perusahaan yang menawarkan kepada para influencer dengan followers dan trafik besar untuk mempromosikan produk melalui kerjasama afiliasi.

2. Lakukan Promosi Produk Afiliasi

Cara berikutnya adalah dengan mempromosikan produk afiliasi. Yup, bagaimana tidak, tanpa melakukan promosi, bagaimana seorang afiliator bisa mendapatkan komisi? 

Adapun beberapa cara mempromosikan produk afiliasi yang bisa kamu lakukan, di antaranya yaitu membuat review atau memasang banner di blog, melalui sosial media, atau melakukan promosi di sejumlah forum online seperti Kaskus atau Kompasiana.

3. Berikan Kode Referral

Perlu diketahu, salah satu kegiatan utama afiliasi adalah memberikan kode referral kepada orang-orang yang berpotensi menjadi pembeli atau pelanggan. 

Nah, supaya banyak pelanggan yang menggunakan kode referral, berikan tambahan diskon agar mereka tertarik untuk memakainya, Sob. 

Sebagai catatan, hal ini tidak akan mengurangi komisi yang akan kamu dapatkan. Bahkan sebenarnya, harga yang ditawarkan di produk afiliasi tetap sama saja.

Baca juga: 5 Cara Promosi Produk yang Efektif Bantu Tingkatkan Penjualan

4. Dapatkan Komisi

Kemudian setelah kode referralmu digunakan oleh para calon pelangan, maka kamu akan mendapatkan komisi atau sharing profit dengan pemilik brand. 

Sebagai tambahan informasi, ternyata komisi tidak hanya didapatkan dari pembelian, tetapi ada beberapa objektif yang bisa digunakan agar afiliator mendapatkan komisi di antaranya yaitu dari, penjualan, lead, atau klik. 

Apabila objektif dari program afiliasi adalah lead, maka biasanya, afiliator akan mendapatkan komisi jika audiens melakukan atau menyelesaikan sesuatu seperti mengisi form, mendaftar, subscribe, hingga mengunduh file tertentu. 

Sementara dengan klik, komisi akan diberikan jika target audiens mengklik link referral yang diharapkan.

Selain itu, biasanya landing page dari link tersebut adalah website perusahaan yang memberikan kesempatan untuk mengikuti program afiliasi.

Keuntungan Mengikuti Program Afiliasi

keuntungan afiliasi

Tidak hanya mendapatkan komisi, keuntungan yang bisa didapatkan dari program afiliasi ini ternyata masih banyak, Sob. 

Adapun salah satu keuntungan mengikuti program aifliasi adalah minim modal dan bisa dikerjakan di mana saja tanpa harus on site.

Tanpa berlama-lama, beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program afiliasi adalah sebagai berikut.

1. Bisa Kerja dari Mana Saja

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, keuntungan mengikuti program afiliasi adalah bisa bekerja di mana saja, Sob.

Yup, kamu tidak perlu datang ke kantor secara langsung atau on site. Dengan kata lain, kamu juga bisa membagikan kode referral dari rumah.

Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan mudah, cukup berbekal koneksi internet dan gadget yang mumpuni. 

Baca juga: 10 Tips untuk Menumbuhkan Bisnis Rumahan Bermodal Minim

2. Minim Modal

Kebalikan dengan reseller yang harus memiliki modal, mengikuti afiliasi adalah alternatif terbaik jika kamu ingin memulai bisnis namun belum memiliki bekal cukup.

Sebab biasanya, perusahaan sebagai pemilik produk tidak pernah memaksakan afiliator untuk membeli produk, cukup dengan hanya melakukan pendaftaran saja.

3. Jam Kerja Fleksibel

Afiliasi adalah program yang cocok jika kamu kurang nyaman dengan kerja kantoran, Sob.

Pasalnya, kamu bisa mengerjakan program ini tanpa harus mengikuti jam kerja pada umumnya. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan saatnya untuk promosi, Sob.

Cek Konten Lainnya:
8 Situs Freelance Indonesia Terbaik 2024

Nah biasanya, hal ini juga menjadi salah satu poin kesepakatan antara perusahaan dan afiliator.

4. Penghasilan Pasif

Tidak cukup dengan keuntungan tanpa modal dan bisa dikerjakan di mana saja, program afiliasi adalah pekerjaan yang memungkinkan pelakunya untuk mendapatkan penghasilan pasif. 

Bahkan, jika sudah melakukan promosi, kamu hanya tinggal menunggu hasilnya saja lho, Sob! 

Kamu tidak perlu duduk di depan komputer terus menerus, atau harus bekerja di jam kerja yang ketat untuk mendapatkan penghasilan. Bagaimana, menarik bukan?

5. Bisa Mengikuti Banyak Program Sekaligus

Saat ini, sudah banyak perusahaan di Indoenesia yang membuka peluang afiliasi, khususnya yaitu e-commerce

Hal ini tentu bisa menjadi keuntungan, karena kamu dapat mengikuti program afiliasi di lebih dari satu perusahaan. 

Tentunya, semakin banyak program afiliasi yang kamu ikuti, maka akan semakin banyak pula komisi yang akan diperoleh.

Namun perlu diingat, biasanya hal tersebut disesuaikan dengan kesepakatan dengan perusahaan, Sob. 

Yup, bukan tidak mungkin perusahaan tidak ingin kamu mengikuti afiliasi kompetitornya.

Dengan kata lain, kesepakatannya bersifat eksklusif sehingga kamu bisa mendapatkan konsekuensi jika melanggarnya. 

Jadi, ada baiknya untuk memahami dengan jelas kesepakatan yang telah dibuat dengan perusahaan pemilik produk ya, Sob.

Baca juga: 5 Cara Bisnis Dropship yang Cepat Sukses Meski Tanpa Modal!

Contoh Program Afiliasi

Saat ini, ada banyak perusahaan yang memiliki program afiliasi, di antaranya yaitu Bukalapak, Shopify, hingga Jagoan Hosting, Sob.

Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai contoh afiliasi adalah sebagai berikut.

1. Bukalapak Affiliate Program

Pertama, contoh afiliasi adalah Bukalapak. Cara kerjanya, Bukalapak akan menawarkan produk hingga 100 pilihan untuk dipromosikan sesuai dengan jenis dan kategorinya.

Adapun objek dari program Bukalapak afiliasi adalah cost per sale. Jadi, afiliator baru akan mendapatkan komisi jika produk yang dipromosikan tersebut dibeli pelanggan. 

Berikutnya, fitur yang ditawarkan dari program afiliasi ini juga cukup bervariasi, seperti dynamic banner, link generator, hingga product search box

2. Shopify Affiliate

shopify affiliate

Shopify adalah salah satu industri yang menyediakan website e-commerce, di mana platform ini juga sudah cukup populer digunakan di Indonesia. 

Lebih lanjut, Shopify memberlakukan program afiliasi bagi para afiliator yang ingin bergabung untuk mengembangkan bisnis. 

Cara bergabungnya pun cukup mudah, hanya dengan mendaftar, afiliator sudah bisa mempromosikan produk Shopify melalui email blast, sosial media, banner, PPC, dan lain-lain.

3. Amazon Associate

amazon affiliate

Ketiga, contoh program afiliasi adalah program yang dibuat oleh Amazon Associate. Sampai saat ini, Amazon dikenal sebagai salah satu industri e-commerce terbesar. 

Tidak kalah dengan Shopify, Amazon juga menawarkan program afiliasi. Bahkan, komisi yang ditawarkan untuk program afiliasi ini mencapai hingga 10% lho, Sob. 

Jika tertarik, kamu bisa langsung bergabung dan memilih produk manakah yang ingin dipromosikan. 

Baca juga: 9 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dan Tips Menggunakannya

4. Jagoan Hosting Affiliate Program

contoh afiliasi

Berikutnya, Jagoan Hosting juga membuka program afiliasi dengan potensi keuntungan hingga 3 juta rupiah lho, Sob! 

Cara pendaftarannya pun mudah, cepat, dan gratis. Kamu hanya perlu memiliki akses ke member area Jagoan Hosting dulu. 

Jika tertarik, kamu bisa memilih produk-produk Jagoan Hosting seperti, VPS dengan nilai komisi 100ribu per transaksi, unnlimited hosting dengan komisi hingga 75ribu per transaksi.

Cek Konten Lainnya:
Wow! Sistem HRD Berbasis Cloud Dorong Efisiensi Bisnis

Selanjutnya, ada juga cloud hosting dengan komisi 600ribu per transaksi, Mix Match Hosting dengan komisi 3 juta per transaksi, dan terakhir ada email hosting yang menawarkan komisi hingga 1,8 juta untuk setiap pembelian. 

contoh program afiliasi

Selain itu, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan komisi karena akan langsung ditransfer melalui rekening pribadimu!

Dijamin deh, gak bakalan nyesel gabung program Afiliasi Jagoan Hosting, Sob.

Itulah penjelasan seputar apa itu afiliasi yang perlu kamu tahu. Jika kamu ingin bekerja dari mana saja dengan jam yang fleksibel, maka bisnis afiliasi adalah pilihan tepat.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba afiliasi sebagai salah satu sumber pemasukan?

Jika iya, yuk segera daftar Program Afiliasi Hosting dari Jagoan Hosting dan dapatkan kesempatan memperoleh untung hingga jutaan rupiah!

FAQ Seputar Afiliasi

Apa Perbedaan Afiliasi dan Affiliate?

Meskipun terdengar mirip, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Afiliasi adalah sebuah program dimana seseorang atau perusahaan dapat menjadi mitra resmi dari suatu brand atau produk. Biasanya, afiliasi ini dilakukan dengan cara mengikuti program afiliasi yang disediakan oleh brand atau produk tersebut.

Dalam program ini, afiliasi akan diberikan komisi atau imbalan ketika berhasil menjual produk atau jasa dari brand tersebut.

Sementara itu, affiliate adalah seseorang atau perusahaan yang melakukan promosi terhadap suatu brand atau produk, namun tidak secara resmi terikat sebagai mitra resmi.

Affiliate dapat melakukan promosi melalui berbagai cara, seperti menggunakan link afiliasi atau kode diskon khusus. Ketika ada orang yang membeli produk melalui link atau kode diskon tersebut, maka affiliate akan mendapatkan komisi.

Apakah saya perlu membayar untuk bergabung dengan program afiliasi?

Tidak perlu! Bergabung dengan program afiliasi biasanya gratis. Kamu hanya perlu mendaftar dan menunggu persetujuan dari merchant.

Bagaimana cara kerja program afiliasi?

Setelah kamu bergabung dengan program afiliasi, kamu akan diberikan link afiliasi yang bisa kamu bagikan ke teman atau followers kamu. Setiap kali ada orang yang membeli produk melalui link afiliasi kamu, kamu akan mendapatkan komisi.

Berapa besar komisi yang bisa saya dapatkan?

Komisi yang kamu dapatkan tergantung dari merchant dan produk yang kamu promosikan. Biasanya, komisi berkisar antara 5-20% dari harga produk.

Apakah saya harus memiliki website atau blog untuk bergabung dengan program afiliasi?

Tidak harus! Kamu bisa mempromosikan produk melalui social media seperti Instagram atau Facebook. Namun, memiliki website atau blog bisa membantu kamu untuk mempromosikan produk dengan lebih efektif.

Apakah saya bisa bergabung dengan program afiliasi lebih dari satu?

Tentu saja! Kamu bisa bergabung dengan program afiliasi sebanyak-banyaknya sesuai dengan minat dan kesesuaian kamu.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan komisi?

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan komisi tergantung dari merchant dan kebijakan mereka. Biasanya, kamu akan mendapatkan komisi setelah pembayaran dari pembeli dikonfirmasi oleh merchant.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
12 Tips Viral di Instagram dengan Postingan yang Menarik
Kita tahu media sosial memegang peranan penting dalam membesarkan nama sebuah bisnis. Misalnya, dengan adanya postingan Instagram yang…
Apa itu Webinar
Read More
Apa itu Webinar? Manfaat dan Cara Menggelarnya
Apa itu webinar? Beberapa dari kalian pasti pernah menjadi salah satu partisipan acara ini, bukan? Ya, webinar adalah…