Trend menjalankan bisnis memang semakin ramai akhir-akhir ini. Terlebih untuk bisnis online yang sudah pasti bisa dijalankan siapapun, dimanapun dan kapanpun. Bermodal gadget dan koneksi internet, berbagai bisnis beromzet jutaan rupiah sudah terbukti bisa dilakukan dengan modal yang minim. Salah satu yang menjadi favorit dari menjalankan bisnis ini adalah bisnis ini dapat dijalankan dari dalam rumah. Tanpa perlu menyewa tempat mahal untuk memamerkan produk, bisnis rumahan bisa juga memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Selain bisnis online, bisnis rumahan banyak diminati oleh mereka yang tertarik dalam bidang kuliner, jasa laundry, kerajinan dan masih banyak lagi. Kemudahan dan juga modal yang tidak menyulitkan menjadi salah satu alasannya. Nah, berikut ini adalah tips yang dapat digunakan bagia Anda yang mungkin ingin mengembangkan bisnis rumahan dengan modal yang minim.

 

1. Fokus mengembangkan 1 produk atau layanan saja

fokus
Fokus via addicted2awesome.com

Banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh kita yang ingin memiliki bisnis rumahan. Mulai dari bisnis kuliner, fashion, jasa laundry, handy craft dan lain sebagainya. Tidak tanggung-tanggung, karena banyaknya hobi yang kita miliki dan kesenangan yang kita ingin lakukan, bisa jadi membuat kita ingin menjalankan semua bisnis. Tapi nyatanya menjalankan 1 bisnis dan fokus mengembangkannya, akan membuat kita jauh lebih maksimal dalam mempromosikan produk kita.

 

2. Memberikan banyak pilihan kemudahan untuk produk yang Anda jual

Memberikan banyak pilihan layanan
Memberikan banyak pilihan kemudahan via flickr.com

Setelah memiliki 1 jenis produk atau jasa yang paling ingin kita jual, kita bisa memberikan banyak pilihan kemudahan untuk produk yang kita jual. Misalnya saja, kita bisa menjual produk di dalam rumah, di garasi rumah, atau bahkan menjual produk kita di media online. Selain itu, cobalah untuk membuat produk Anda menjadi lebih menarik dari produk yang lainnya. Keunikan inilah yang akan membuat bisnis sederhana Anda menjadi sangat luar biasa.

 

3. Temukan cara unik untuk memasarkan produk Anda

creative selling ala Yoris Sebastian
Creative selling ala Yoris Sebastian via clarargh.blogspot.com

Teknik ini bahkan jauh lebih murah daripada mencari ide produk lain. Anda bisa menggunakan diskon atau bonus setiap pelanggan membeli produk Anda. Tanpa menambah pengeluaran untuk memasarkan produk, Anda bisa menarik perhatian pelanggan dari cara sederhana itu.

 

4. Mempekerjakan seseorang untuk membantu Anda

jobs and woz
Steve Wozniak and Steve Jobs via pinterest

Jika bisnis Anda sudah mulai memberikan hasil luar biasa, mulai mendapatkan banyak order dan bahkan lebih dari yang Anda targetkan. Anda bisa mulai memikirkan untuk menggunakan jasa orang lain, seperti freelancer, anak magang atau karyawan tetap. Sebab Anda membutuhkan waktu untuk fokus mengembangkan strategi bisnis yang dijalankan saat ini.

 

5. Buatlah sebuah media untuk mempromosikan produk Anda

Mebiso, media bisnis online
Mebiso, media bisnis online

Salah satu yang tidak bisa diabaikan dalam menjual produk adalah mempromosikan produk tersebut. Media yang saat ini sudah ada sangat bervariasi dan membuat para pebisnis menjadi lebih mudah dalam menjual produk yang mereka miliki. Mulai dari media konvensional seperti brosur, banner. Media online seperti sosial media, website toko online. Sampai dengan media promosi dengan biaya yang cukup mahal yaitu mengikuti pameran. Namun media-media promosi inilah yang harus kita gunakan untuk memperkenalkan dan menjual lebih banyak lagi produk bisnis kita.

 

6. Bergabung dengan berbagai komunitas bisnis

Komunitas bisnis - Komunitas Tangan Di Atas
Komunitas bisnis – Komunitas Tangan Di Atas

Komunitas adalah salah satu jalan kita untuk mendapatkan banyak pelanggan dan juga partner dalam menjalankan bisnis. Meski berbisnis di rumah, tapi jangan menutup diri untuk tidak berkenalan dan bergabung dengan banyak komunitas bisnis. Di dalam komunitas ini kita bisa mendapatkan banyak teman dan juga ilmu baru untuk mengembangkan bisnis.

 

7. Temukan target dan sasar pasar lainnya

blue ocean startegy
blue ocean startegy

Jika sudah menemukan target pasar yang dirasa pas, jangan berhenti di situ. Temukan banyak target baru dan sasar pasar yang berbeda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Mencoba hal baru dan fokus mengembangkannya, justru membuat kita lebih mudah menemukan pola dari bisnis dan pemasaran produk kita.

 

8. Gunakan media modern untuk memasarkan

modern media
modern media

Jika sosial media sudah dirasa media lama untuk berbisnis, cobalah untuk menggunakan media baru, seperti memberikan penawaran melalui email, atau mengirimkan voucher bonus melalui SMS atau aplikasi chating dengan pelanggan. Siapa sangka pengguna email sama banyaknya dengan mereka yang menggunakan sosial media. Ini membuka peluang bagi para pebisnis untuk lebih dekat dengan pelanggan melalui media seperti email.

 

9. Coba pikirkan tentang mengubah bisnis Anda menjadi peluang bisnis lainnya

Alphabet
Alphabet via secnews.gr

Jika Anda dirasa sudah cukup mencapai target, jangan cepat puas. Anda bisa membuka peluang usaha lain dari bisnis Anda saat ini. Misalnya saja bisnis kuliner rumahan yang Anda jalani, bisa menjadi peluang usaha dan juga lapangan usaha bagi banyak orang, seperti membuka keagenan. Anda akan mudah mendapatkan banyak pelanggan dari para agen-agen tersebut.

 

10. Pilihkan partner yang tentu saja mendukung bisnis Anda

partner bisnis
partner bisnis via dailymail.co.uk

Selain kesembilan tips di atas, yang terpenting dari usaha rumahan yang Anda jalani adalah partner yang tepat untuk bisnis Anda. Anda mungkin sudah memahami bahwa kini semua bisnis sudah dijalankan melalui media online. Semua bisnis bisa dijalankan melalui media online, dan salah satu yang paling banyak digunakan adalah website toko online. Sebagian orang mengira berbisnis online itu sulit dan mahal. Padahal tidak. Jika Anda memilih partner yang tepat, Anda bisa tenang menjalankan bisnis online, karena selain sudah terjamin kualitasnya, harganyapun tidak akan membuat Anda merugi.

Sebab kini Anda bisa menemukan solusi ini di Jagoanhosting. Dimana ada produk terbaru yang menyediakan paket lengkap untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis online. Mulai dari WEBSITE, DOMAIN, HOSTING sampai dengan CLOUD EMAIL. Lengkap bukan? Lalu apakah paket ini mahal? Jagoanhosting memastikan tidak akan membuat Anda rugi hanya dengan mengeluarkan 30 RIBU saja.

WAW? Penasaran bagaimana produk terbaru ini cocok untuk Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis rumahan? Pastinya akan membuat Anda lebih fokus mengembangkan bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi?

Klik LINK ini untuk mengetahui semua manfaat yang Anda terima jika Anda menggunakan paket JADI BOS(Jualan Ampuh Di Internet Bisnis Online STARTERPACK) ini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like