Halo, Sob! Kali ini Mimin akan membahas tentang otomasi chat. Apa sih otomasi chat itu? Otomasi chat adalah sistem pengiriman dan penerimaan pesan secara otomatis. Otomasi chat ini bisa kamu temui di media sosial atau e-commerce. Contoh dari otomasi chat adalah fitur jawaban otomatis yang ada di WhatsApp dan Shopee. Kamu pasti tau, kan?

Nah, otomasi chat ini penting banget, Sob. Otomasi chat menjadi salah satu layanan yang bisa diberikan online shop kepada pembeli dan calon pembelinya. Melalui otomasi chat ini, para calon pembeli bisa mendapatkan respons yang lebih cepat. Baru deh setelah itu pesan selanjutnya akan diambil alih oleh para admin.

Sssttt… Ini adalah salah satu value proposition yang cakep! Jadi, pastikan kamu menyimak semua informasinya, ya!

Balas sebelum calon pembelimu kabur

otomasi chat
gambar dari unsplash

Alasan kenapa menjawab pesan secara otomatis itu penting adalah untuk mengantisipasi para calon pembeli yang impulsif. Oops! Siapa nih yang di sini suka impulsif beli barang pas lagi gabut? Nah, untuk para pebisnis hal ini bisa jadi kesempatan lho.

Ketika kamu bisa merespons dengan cepat, maka kamu bisa lebih meyakinkan mereka. Akhirnya, kamu bisa membuat mereka benar-benar melakukan transaksi pembelian saat itu juga. Berbeda ketika kamu baru membalas chat calon pembeli setelah jeda beberapa waktu. Intensi mereka untuk beli udah nggak sebesar saat mereka melakukan chatting pertama kali. Keburu kabur deh, Sob!

Jadi, sebelum mereka kabur coba tahan dulu dengan balasan otomatis. Setelah itu baru deh kamu balas sebagai admin. Tanya kebutuhan mereka dan pikat hatinya agar segera check out barang-barangnya!

Meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan

otomasi chat
gambar dari unsplash

Performa chat adalah salah satu jenis pelayanan untuk pelanggan. Kamu bisa meningkatkan hal itu dengan cara mengaktifkan chat otomatis. Ini punya pengaruh yang cukup signifikan lho, Sob. Para calon pembeli yang mengirimkan chat akan merasa lebih percaya dan tertarik dengan balasan chat yang responsif.

Jika kamu masih kesulitan untuk segera membalas semua chat yang masuk, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan fitur balasan otomatis. Ini bisa kamu terapkan dengan melakukan otomasi chat untuk website atau toko online kamu.

Pelayanan 24 jam meningkatkan penjualan

otomasi chat
gambar dari unsplash

Kamu udah tau informasi menarik ini belum, Sob? Pelayanan 24 jam yang diberikan online shop menaikkan penjualan secara signifikan! Beneran! Hal ini pernah dibahas oleh seorang business development director ternama. Pelayanan yang mungkin selama ini masih dianggap sederhana dan kurang penting, padahal sebenarnya bisa menaikkan tingkat penjualan.

Siapa yang nggak mau tambah cuan? Pasti semua pebisnis ingin penjualannya terus meningkat. Nah, melakukan otomasi chat adalah salah satu cara kamu untuk menggapai hal itu.

Kamu tau nggak Sob kenapa balasan chat yang cepat ini bisa meningkatkan penjualan? Alasannya adalah karena ketika kamu bisa memberikan respons dengan cepat, kamu bisa semakin menarik para calon pembeli untuk segera membeli secara impulsif. Kalau ada jeda waktu antara chat pelanggan dengan balasan chat dari kamu, maka mereka akan punya waktu untuk berpikir ulang. Ujung-ujungnya malah nggak jadi beli deh!

Buat kamu yang belum memiliki toko online, bisa langsung konsultasi ke Customer Service Jagoan Hosting untuk pilih paketnya. Kamu juga bisa kontak mimin di Media Sosial Jagoan Hosting. Hosting yang kami hadirkan bukan kaleng kaleng! Dengan harganya yang worth it, kamu bisa dapatkan Hosting Terbaik di Indonesia loh.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like