Apa itu Enkripsi Data? Begini Manfaat dan Cara Kerjanya

apa itu enkripsi data

Tahukah kamu apa itu enkripsi data? Garis besarnya, enkripsi adalah proses mengonversi data menjadi kode rahasia sehingga data di dalamnya pun aman atau terlindungi. Contoh enkripsi data adalah seperti ini.

“Message you send to this chat and calls are now secured with end-to-end encryption. Tap for more.”

Pasti kamu merasa familiar kan, Sob? Kalimat itu merupakan kalimat yang pasti muncul kalau kamu mengirim pesan atau melakukan panggilan baru di WhatsApp. Kalimat itu menjelaskan bahwa WhatsApp menjamin keamanan data kamu karena mereka melakukan enkripsi data end-to-end. Namun, apa itu enkripsi data sebenarnya?

Kita bahas di bawah ini ya, Sob. Yuk, simak!

Apa itu enkripsi data?

apa itu enkripsi data
gambar dari unsplash

Enkripsi data adalah proses pengamanan data informasi. Gimana caranya pengamanan enkripsi data ini dilakukan? Enkripsi data mengamankan data informasi kamu dengan cara membuat data informasi tersebut nggak bisa dibaca tanpa bantuan khusus. Maksudnya, hanya kamu dan pihak yang terlibat aja yang bisa membaca pesan tersebut. Jadi, kamu nggak perlu takut chat kamu akan disadap atau semacamnya.

Enkripsi adalah bentuk pengamanan data yang sudah ada sejak dulu. Enkripsi data adalah proses yang biasanya diterapkan untuk menjaga keamanan data milik negara atau perusahaan. Enkripsi data menjaga keamanan informasi yang disampaikan dalam komunikasi antara satu negara dengan negara lainnya. Dengan enkripsi, informasi krusial yang dibicarakan dan dikirimkan bisa lebih terjaga kerahasiaannya.

Nah, sampai sekarang jenis keamanan ini masih sering dipakai. Banyaknya kita temui di media sosial yang biasa kita gunakan untuk mengirim pesan. Selain itu, enkripsi data biasanya diterapkan oleh e-commerce dan e-wallet.

Cek Konten Lainnya:
Node adalah: Pengertian dan Fungsinya pada Jaringan Komputer

Manfaat enkripsi data

Secara umum ada dua manfaat utama dari enkripsi. Pertama, fungsi enkripsi adalah sebagai tembok pelindung agar tidak ada penyusup atau pihak lain yang bisa mengetahui isi data informasi kita. Hanya kamu dan pihak yang kamu izinkan saja yang bisa mengetahui informasi tersebut.

Kedua, manfaat enkripsi adalah menjaga keamanan data kamu dari penyadapan. Kok bisa? Bisa, Sob! Seperti yang dijelaskan pada manfaat yang pertama, enkripsi adalah dinding pelindung. Hal inilah yang melindungi data kamu dari kemungkinan penyadapan oleh pihak luar.

Contoh dari keamanan data yang satu ini juga bisa kamu temui ketika kamu menggunakan aplikasi Line PC. Untuk bisa membaca pesan, kamu harus memasukkan kode yang dikirimkan ke handphone-mu terlebih dahulu. Setelah itu baru deh kamu bisa membaca pesan tersebut.

Baca juga: Pengertian Firewall, Fungsi, Cara Kerja hingga Jenisnya

Cara kerja enkripsi data

Cara kerja enkripsi data adalah mengubah data informasi yang asli menjadi data yang telah diubah menjadi kode yang tidak dapat dibaca oleh pihak luar. Contohnya gini, Sob. Misalnya kamu mengirim pesan berisi “Mimin, aku mau pakai layanan Cloud Hosting Indonesia”. Nah, pesan ini disebut dengan plaintext.

Ketika menggunakan sistem keamanan enkripsi, plaintext itu akan diubah menjadi chipertext. Ciphertext adalah plaintext yang sudah diubah menjadi kode tertentu yang hanya bisa dibaca oleh pengguna atau pemilik aslinya. Orang lain yang berusaha membuka informasi tersebut tidak akan bisa membaca plaintext tersebut.

Untuk melakukan enkripsi, bisa menggunakan public key atau private key. Kedua jenis kunci ini hanya dapat diketahui oleh pihak yang terlibat. Jadi, kamu bisa mengatur siapa yang bisa mengetahui kunci akses tersebut.

Dedicated Hosting
Cek Konten Lainnya:
Spam - Pengertian, Jenis, Contoh & Cara Mencegahnya

Enkripsi data ini juga dibutuhkan oleh kamu para pemilik bisnis online atau pelaku digitalisasi. Untuk mengoptimalkan keamanan, kamu tetap memerlukan server yang oke yang tangguh dan terjamin keamanannya. Seperti layanan Cloud Hosting Indonesia dan VPS Indonesia dari Jagoan Hosting yang sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan terkini.

Jagoan Hosting sudah menjadi salah satu perusahaan yang berhasil bekerja sama dengan Mutually Agreed Norms for Routing Security (MANRS). Kerja sama ini membuktikan kalau Jagoan Hosting berkomitmen untuk menjaga keamanan jaringan dari hijacking dan spoofing yang bisa membahayakan kamu.

Nah, di atas merupakan penjelasan mengenai apa itu enkripsi data, manfaat dan cara kerjanya. Enkripsi adalah salah satu bentuk pengamanan data agar pihak lain tidak dapat membacanya. Jadi, hanyak kamu yang bisa melihatnya, Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
writesonic
Read More
Writesonic: Tools AI untuk Bantu Menulis Konten
Artificial Intelligence atau AI sedang ramai diperbincangkan, terlebih sejak booming-nya program ChatGPT yang multitasking dan bisa membantu segala…
hacker adalah
Read More
Apa itu Hacker? Pengertian, Jenis & Cara Menghindarinya
Hacker adalah satu istilah yang pasti pernah kamu dengar selama ini. Dalam kehidupan masyarakat sendiri, sebutan hacker kerap…