Fungsi keamanan data – Ketika memiliki website, itu artinya kamu juga harus paham bagaimana menjaga keamanannya. Dan keamanan ini lingkupnya cukup besar dan nggak hanya dengan satu cara. Banyak sekali hacker yang mencoba masuk dan merusak, apalagi kalau itu adalah website perusahaan. Untuk itu, metode serangan yang mereka gunakan pun beragam, mulai dari malware, man in the middle, dan masih banyak lagi.

Selain itu, mereka juga bisa loh memanfaatkan celah keamanan website kamu untuk menyerangnya lagi di masa mendatang. Makanya Sob, fungsi keamanan data website itu sangat penting untuk diperhatikan. Lalu, kira-kira apa saja sih fungsinya? Jagoan Hosting bakal kasih pembahasannya berikut ini, simak ya!

Firewall bisa menyaring lalu lintas berbahaya

fungsi keamanan data
gambar dari unsplash

Firewall bisa membantu kamu untuk mendeteksi malware dan serangan berbahaya lainnya di hosting. Adanya IPS dalam firewall dapat memblokir ancaman sebelum masuk ke jaringan dengan melihat setiap paket data yang melintas. Ibaratnya, firewall ini adalah CCTV yang mengawasi semua aktivitas di dalam hosting. Data website kamu jadi nggak bocor karena nggak sembarangan user yang bisa masuk ke dalam hosting. 

Bebas kontrol hosting secara aman dengan SSH

Pernah dengan SSH (Secure Shell Connection)? Adanya fitur ini, bikin kamu nggak khawatir lagi kontrol hosting dari jarak jauh. Nggak perlu lagi tuh datang ke server fisik, lewat SSH saja kamu tetap bisa pantau log server, transfer data, dan masih banyak lagi lainnya. Terus sistem autentikasi juga ketat, nggak bisa sembarangan orang masuk Sob. Contohnya kayak SSH Keys Management di VM X Pro Jagoan Hosting, dimana pemilik server bisa berbagi akses ke user lain tanpa user itu tahu password-nya. Aman banget kan, Sob. 

HTTPS dan SSL bisa mengenkripsi datamu!

HTTPS merupakan versi secure dari HTTP. Dengan menggunakan protokol ini, data yang dikirim antara user dengan server website dapat terenkripsi, Sob. Nggak cuman itu, HTTPS bisa membantu blok ISP untuk mengirim iklan ke website. Jadinya website bisa lebih cepat dan optimal.

Tahu nggak, Google pun sudah menetapkan kalau penggunaan HTTPS jadi faktor algoritma ranking SEO loh. Nah, agar bisa menggunakan HTTPS, kamu perlu menginstal yang namanya SSL certificate. Buat kamu yang belum paham, kamu bisa baca artikel apa itu SSL.

File permission di cPanel bisa batasi akses

Semua website pasti punya data yang disimpan di hosting. Beberapa file tersebut berisikan script dan data-data yang membuat website bisa berjalan dengan semestinya. Nah, tiap file ini memiliki izin yang bisa kamu batasi aksesnya, Sob. Ada akses baca, tulis, dan eksekusi yang user-nya bisa kamu atur. Tinggal masuk ke cPanel, lalu pilih file yang kamu mau atur. Setelah itu setting permission-nya deh. 

Pentingnya Sistem Anti-DDoS

Website yang sudah online itu rentang banget kena berbagai serangan hacker. Contohnya kayak DDoS (Distributed Denial of Service) yang bisa membebani lalu lintas server, sehingga bisa terjadi overload. Akibatnya, server kamu jadi nggak bisa merespon karena dibanjiri request yang terlalu banyak. Makanya Sob, kamu butuh yang menyediakan DDoS Protection kayak server di Jagoan Hosting.

Fungsi Sistem Pencegahan SQLi

SQLi atau SQL Injection merupakan cara yang digunakan hacker dengan memanfaatkan celah keamanan database SQL. Hal ini bisa terjadi karena input user yang nggak difilter secara benar Sob. Lalu, tujuannya itu beda-beda, ada yang mau mengambil informasi sensitif websitemu, hapus data yang tersimpan di database, ubah data, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan menggunakan parameter query atau mendefinisikan seluruh kode SQL sebelum dikirimkan  ke lapisan query, bisa mencegah terjadinya SQLi.

Gimana, Sob? Sudah tahu kan sekarang betapa pentingnya fungsi keamanan data di website itu. Coba kamu bayangin kalau semua fitur di atas nggak dimiliki sama hostingan kamu? Makanya, dalam memilih hosting website itu nggak bisa sembarangan. Pilih cloud hosting terbaik yang pasti punya sistem keamanan yang kuat, kayak Jagoan Hosting. 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like