Siapa yang nggak tau online course? Sejak semua kegiatan berubah menjadi serba online, hal ini sudah jadi primadona. Hampir semua pihak mengakses pembelajaran via daring. Baik pembelajaran formal maupun informal. Kamu juga pasti udah nggak asing, dong?

Siswa, mahasiswa, pekerja, dan orang pada umumnya semakin sering berhadapan dengan layar. Mengikuti pembelajaran via daring yang juga disebut dengan online course. Nggak melulu formal, banyak orang yang sengaja mengikuti kegiatan ini untuk mengisi kegiatan atau menambah skill agar bisa survive di tengah pandemi.

Kabar baiknya, hal ini jadi pertanda bahwa hal ini menjadi salah satu peluang usaha yang mungkin bisa jadi cuan kamu! Simak penjelasannya, ya!

online course
gambar dari unsplash

Cari pasarnya

Nggak cuma untuk bisnis yang satu ini, semua usaha pasti harus dimulai dengan langkah ini. Sebagai pebisnis, kamu kamu harus pintar mencari pasar. Untuk peluang bisnis yang satu ini, sebenarnya hampir semua orang bisa jadi target pasar kamu. Namun, ada baiknya kamu fokus untuk kelompok tertentu. Misalnya nih kalau Mimin Jagoan Hosting mau mencoba bisnis ini, maka Mimin akan menjadikan kamu para developer keren sebagai target pasarnya. Gitu, Sob!

Rumuskan value propositions online course buatan kamu

Value propositions, sebuah istilah yang harus mulai diakrabkan di telinga kamu, Sob! Untuk bisa memulai usaha yang satu ini kamu harus tau apa nilai tambahan yang bisa kamu sisipkan. Materi video udah bertebaran di Youtube, banyak ilmu yang bisa kamu download di Google, dan banyak infografis yang bisa diakses secara gratis di berbagai platform. Lalu, apa yang membedakan online course kamu dengan ilmu-ilmu gratis yang bertebaran itu?

Jawabannya bisa kamu jadikan sebagai value proportions kamu. Beberapa nilai tambahan yang menjual online course kamu.

Racik bahannya!

Pada dua poin sebelumnya kamu sudah mengetahui informasi seputar langkah awal membangun usaha yang punya peluang besar ini. Sekarang waktunya kita lihat kebutuhan yang diperlukan. Catat baik-baik, ya!

  1. Manusia

Semua bisnis pasti butuh manusia, Sob! Dalam usaha ini, manusia dibutuhkan untuk menjadi pembuat materi kelas, menjadi narator bahkan mentor, dan menjadi pihak-pihak pendukung di balik layar. Mulai dari penanggung jawab proses produksi hingga pemasaran. Nggak cuma itu, developer juga jadi salah satu manusia yang dibutuhkan. Kenapa? Developer dibutuhkan untuk menghasilkan platform online course yang nyaman dan aman. Baik untuk pemilik bisnis atau para pengikut online course tersebut.

  1. Alat perekam

Sebagian besar online course diberikan dalam bentuk materi tertulis, suara, dan video. Dengan begitu, kamu otomatis membutuhkan alat perekam untuk merekam materi. Baik materi yang hanya disampaikan lewat suara atau juga video.

  1. Media pemasaran

Nggak akan cuan kalo nggak dijual! Biar menghasilkan, jual online course kamu di media yang tepat. Bisa dioptimalkan dengan bantuan iklan. Kalau masih ragu, kamu bisa coba belajar ilmunya dulu. Kamu juga bisa merekrut orang untuk melakukan proses pemasaran.

  1. Media online course

Usaha ini bisa dikategorikan sebagai usaha di bidang digital. Maka nggak heran kalau salah satu “bahan” wajibnya adalah platform atau media digital. Bisa berupa website, aplikasi, atau platform lainnya. Ini menjadi “bahan” wajib agar online course kamu bisa diakses dengan nyaman dan aman.

Nyaman karena mudah diakses. Istilahnya nih user friendly! Para pengikut online course kamu akan merasa nyaman ketika mengaksesnya. Ini bisa menjadi salah satu value proposition juga lho, Sob.

Platform apa aja sih yang bisa kamu pakai sebagai platform online course? Kamu bisa membuat website khusus sebagai sarana kelas yang ditawarkan. Kamu juga bisa lho menggunakan YouTube atau media sebagai platform, nanti tinggal lakukan embed link ke website kamu.

Untuk urusan yang satu ini, bisa kamu percayakan ke Jagoan Hosting. Mimin siapa ngebantu kamu membuat website yang keren dan user friendly! Kamu bisa request website seperti apa yang kamu mau. Cek penawarannya di sini ya, Sob!

Tertarik? Hubungi Mimin ya, Sob! Kami selalu siap menemani kamu berdiskusi untuk mendapatkan layanan terbaik dengan harga yang terbaik pula.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like